Difference between revisions of "Nur Kholis Majid"
Nur.kholis (talk | contribs) |
Nur.kholis (talk | contribs) |
||
(38 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 1: | Line 1: | ||
− | + | Mata Kuliah Metode Numerik | |
− | + | Nur Kholis Majid 1706036431 | |
− | + | [[File:Kholis.jpg|500px|thumb|centre| ]] | |
+ | =='''BERIKUT ADALAH RIWAYAT PEMBELAJARAN MINGGUAN'''== | ||
− | == Kuliah Metode Numerik | + | '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 03 September 2019)''' |
+ | |||
+ | *Resume 3 September 2019[[https://ccitonline.com/wiki/index.php/Resume_3_September_2019_Nur_Kholis_Majid]] | ||
+ | |||
+ | '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 10 September 2019)''' | ||
+ | |||
+ | *Resume 10 September 2019[[https://ccitonline.com/wiki/index.php/Resume_10_September_2019_Nur_Kholis_Majid]] | ||
+ | |||
+ | '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 17 September 2019)''' | ||
+ | |||
+ | *Resume 17 September 2019[[https://ccitonline.com/wiki/index.php/Resume_17_September_2019_Nur_Kholis_Majid]] | ||
+ | |||
+ | '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 24 September 2019)''' | ||
+ | |||
+ | *Resume 24 September 2019[[https://ccitonline.com/wiki/index.php/Resume_24_September_2019_Nur_Kholis_Majid]] | ||
+ | |||
+ | '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 01 Oktober 2019)''' | ||
+ | |||
+ | *Resume 01 Oktober 2019[[https://ccitonline.com/wiki/index.php/Resume_01_Oktober_2019_Nur_Kholis_Majid]] | ||
+ | |||
+ | == '''PEMBELAJARAN MATA KULIAH METODE NUMERIK SETELAH UJIAN TENGAH SEMESTER''' == | ||
+ | |||
+ | == '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 29 Oktober 2019)''' == | ||
+ | |||
+ | Minggu ini kelas mempelajari tentang python yaitu merupakan salah satu bahasa mesin yang tidak rumit karena mudah dioperasikan. Bahasa mesin ini dituangkan dalam code yang merupakan gagasan apa yang akan dikomunikasikan. | ||
+ | |||
+ | Kelas dimulai dengan membaca buku python yang diberikan dosen, kemudian dibantu asisten dosen dalam membuat dan mengoperasikan code python yang diberikan, code-code tersebut merupakan aplikasi operasi matematika sederhana. Komputer merupakan alat bantu yang "lebih jujur" dalam memecahkan sebuah masalah matematika. Code atau perintah tersebut yaitu: | ||
+ | |||
+ | import math | ||
+ | |||
+ | math.sqrt (x) | ||
+ | |||
+ | perintah import math diatas membuat Phyton DLB memuat fungsi matematika, sedangkan perintah math.sqrt (x) adalah perintah akar kuadrat, dan x adalah angka yang dikehendaki dicari akarnya. | ||
+ | |||
+ | Perintah math.sqrt juga bisa diganti menjadi perintah lain, yaitu dengan memasukkan kata perintah yang dikehendaki diikuti sama dengan math.sqrt, contohnya: | ||
+ | |||
+ | akar = math.sqrt | ||
+ | |||
+ | '''TUGAS''' | ||
+ | |||
+ | Kemudian kelas dilanjutkan dengan dosen yang memberikan suatu kasus yaitu: | ||
+ | Mencari waktu untuk menempuh kecepatan maksimum pada sebuah mobil, seperti berikut | ||
+ | |||
+ | [[File:Waktu.PNG|1000px]] | ||
+ | |||
+ | F drive = Gaya dorong yang dilakukan mesin mobil | ||
+ | F drag = Gaya tekan udara terhadap mobil | ||
+ | F friction = Gaya gesek ban dengan jalan | ||
+ | |||
+ | Untuk mencari waktu yang diperlukan untuk mencapai kecepatan maksimum, maka perlu mengetahui akselerasi. Akselerasi dapat diketahui dengan mengurangi F Drive dengan F Drag dan F Friction lagu membaginya dengan massa mobil. Nilai akselerasi nanti akan membagi nilai kecepatan maksimum agar mendapat nilai t maksimal. Dengan persamaan demikian, maka program yang dituliskan di Phyton adalah sebagai berikut | ||
+ | |||
+ | [[File:Code.PNG|400px]] | ||
+ | |||
+ | '''Untuk pekerjaan rumah berikutnya dikerjakan berkelompok, dengan susunan anggota sebagai berikut:''' | ||
+ | |||
+ | Ahmad Muzakki - 1706986284 | ||
+ | |||
+ | Andi Aditya - 1706036463 | ||
+ | |||
+ | Nur Kholis Majid - 1706036531 | ||
+ | |||
+ | Mahasiswa diberi tugas untuk membuat video presentasi mengenai kode di atas. Untuk kelompok kami, video dapat dilihat di bawah: | ||
+ | |||
+ | [[File:MetNum-04_November_2019.mp4]] | ||
+ | |||
+ | == '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 5 November 2019)''' == | ||
+ | |||
+ | Pertemuan 5 November 2019 mahasiswa mempelajari Metode Runge-Kutta untuk menyelesaikan suatu penyelesaian matematika. Metode ini adalah metode yang termasuk dalam golongan metode iteratif implisit dan eksplisit, sama seperti dengan metode Euler. | ||
+ | |||
+ | Lalu, mahasiswa diajarkan perangkat lunak CFDSOF-NG oleh asisten dosen. CFDSOF-NG berguna untuk mempelajari aliran fluida pada suatu benda. Langkah yang diajarkan menggunakan CFDSOF adalah sebagai berikut: | ||
+ | |||
+ | 1. Buat ''case'' baru dengan memasukkan nama proyek, lalu tekan ''create case'' | ||
+ | |||
+ | [[File:CFDSOF_1.JPG|500px]] | ||
+ | |||
+ | 2. Masukkan model STL yang akan disimulasikan dengan menekan ''import geometry'' | ||
+ | |||
+ | [[File:CFDSOF_2.JPG|1000px]] | ||
+ | |||
+ | 3. Pindah ke bagian ''base mesh'' dan ubah ''mesh'' sesuai kehendak. | ||
+ | |||
+ | [[File:CFDSOF_3_1.JPG|1000px]] | ||
+ | |||
+ | 4. Pindah ke bagian ''generate mesh'', dan pastikan titik kuning (titik referensi) berada di luar benda. Untuk memunculkan titik kuning, tekan tombol yang dilingkari dengan lingkaran kuning. Setelah itu tekan ''generate mesh'' | ||
+ | |||
+ | [[File:CFDSOF_4.JPG|1000px]] | ||
+ | |||
+ | 5. Pindah ke bagian ''check mesh'' lalu klik ''check mesh''. Jika muncul tulisan ''mesh OK'' maka ia siap dipakai | ||
+ | |||
+ | [[File:CFDSOF_5.JPG|1000px]] | ||
+ | |||
+ | 6. Pindah ke bagian ''Simulation model'' dan atur kondisi simulasi sesuai keinginan | ||
+ | |||
+ | [[File:CFDSOF_6.JPG|1000px]] | ||
+ | |||
+ | 7. Lalu pindah ke CFD Solve | ||
+ | |||
+ | == '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 12 November 2019)''' == | ||
+ | |||
+ | Pada perkuliahan 12 November 2019 mahasiswa diminta untuk menggunakan CFDSOF namun menggunakan airfoil sesuai keinginan mahasiswa. Tugas ini dikerjakan berkelompok. Airfoil yang kelompok kami gunakan adalah airfoil MH-43. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendesain airfoil menggunakan perangkat lunak desain 3D. | ||
+ | |||
+ | [[File:Airfoil22.jpg|1000px]] | ||
+ | |||
+ | Setelah itu file dikonversi menjadi format STL dan dicari nilai drag dan lift melalui tahapan CFDSOF | ||
+ | |||
+ | [[File:Airfoil2.jpg|1000px]] | ||
+ | |||
+ | == '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 19 November - 03 Desember 2019)''' == | ||
+ | |||
+ | Pada 3 pertemuan tersebut saya dan kedua teman kelompok (Andi Aditya dan Ahmad Muzakki) memfokuskan pembelajaran pada proses dari Tugas Besar yang diberikan oleh Pak Dai, Tugas ini menggunakan aplikasi CFD, excel hingga hasilnya bisa dicek pada laman berikut: | ||
+ | |||
+ | [[Report Tugas Kelompok 6 : Metode Numerik 2019]] | ||
+ | |||
+ | == '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 10 Desember 2019)''' == | ||
+ | |||
+ | Kali ini saya belajar suatu materi baru yaitu tentang Artificial Neural Network (ANN), yaitu Jaringan Syaraf Tiruan yang merupakan sebuah teknik atau pendekatan pengolahan informasi yang terinspirasi oleh cara kerja sistem saraf biologis, khususnya pada sel otak manusia dalam memproses informasi. | ||
+ | Setelah itu dilanjutkan dengan mencari suatu hasil dari data airfoil yang telah saya kerjakan pada tugas sebelumnya menggunakan coding yang telah disiapkan oleh asisten dosen. | ||
+ | Berikut merupakan hasil dari pemograman: | ||
+ | |||
+ | [[File:ANN 11.png|500px|center]] | ||
+ | [[File:ANN 12.png|500px|center]] | ||
+ | [[File:ANN 13.png|500px|center]] | ||
+ | [[File:ANN 14.png|500px|center]] | ||
+ | [[File:ANN 15.png|500px|center]] | ||
+ | [[File:ANN 16.png|500px|center]] | ||
+ | |||
+ | Setelah mendapatkan nilai yang ada, mahasiswa membuat resumbe berkaitan materi kelas hari ini dengan menjawab pertanyaan apa itu ANN, pembuatan ANN hingga perbandingan antara setiap grafik. | ||
+ | |||
+ | [https://colab.research.google.com/drive/1GyOrUQjvwkCcW0Dzf1DajbarcjVLwBt-#scrollTo=AME_Dl8QORS5 Pengerjaan ANN Majid] |
Latest revision as of 14:48, 17 December 2019
Mata Kuliah Metode Numerik
Nur Kholis Majid 1706036431
Contents
- 1 BERIKUT ADALAH RIWAYAT PEMBELAJARAN MINGGUAN
- 2 PEMBELAJARAN MATA KULIAH METODE NUMERIK SETELAH UJIAN TENGAH SEMESTER
- 3 Kuliah Metode Numerik (Selasa, 29 Oktober 2019)
- 4 Kuliah Metode Numerik (Selasa, 5 November 2019)
- 5 Kuliah Metode Numerik (Selasa, 12 November 2019)
- 6 Kuliah Metode Numerik (Selasa, 19 November - 03 Desember 2019)
- 7 Kuliah Metode Numerik (Selasa, 10 Desember 2019)
BERIKUT ADALAH RIWAYAT PEMBELAJARAN MINGGUAN
Kuliah Metode Numerik (Selasa, 03 September 2019)
- Resume 3 September 2019[[1]]
Kuliah Metode Numerik (Selasa, 10 September 2019)
- Resume 10 September 2019[[2]]
Kuliah Metode Numerik (Selasa, 17 September 2019)
- Resume 17 September 2019[[3]]
Kuliah Metode Numerik (Selasa, 24 September 2019)
- Resume 24 September 2019[[4]]
Kuliah Metode Numerik (Selasa, 01 Oktober 2019)
- Resume 01 Oktober 2019[[5]]
PEMBELAJARAN MATA KULIAH METODE NUMERIK SETELAH UJIAN TENGAH SEMESTER
Kuliah Metode Numerik (Selasa, 29 Oktober 2019)
Minggu ini kelas mempelajari tentang python yaitu merupakan salah satu bahasa mesin yang tidak rumit karena mudah dioperasikan. Bahasa mesin ini dituangkan dalam code yang merupakan gagasan apa yang akan dikomunikasikan.
Kelas dimulai dengan membaca buku python yang diberikan dosen, kemudian dibantu asisten dosen dalam membuat dan mengoperasikan code python yang diberikan, code-code tersebut merupakan aplikasi operasi matematika sederhana. Komputer merupakan alat bantu yang "lebih jujur" dalam memecahkan sebuah masalah matematika. Code atau perintah tersebut yaitu:
import math
math.sqrt (x)
perintah import math diatas membuat Phyton DLB memuat fungsi matematika, sedangkan perintah math.sqrt (x) adalah perintah akar kuadrat, dan x adalah angka yang dikehendaki dicari akarnya.
Perintah math.sqrt juga bisa diganti menjadi perintah lain, yaitu dengan memasukkan kata perintah yang dikehendaki diikuti sama dengan math.sqrt, contohnya:
akar = math.sqrt
TUGAS
Kemudian kelas dilanjutkan dengan dosen yang memberikan suatu kasus yaitu: Mencari waktu untuk menempuh kecepatan maksimum pada sebuah mobil, seperti berikut
F drive = Gaya dorong yang dilakukan mesin mobil F drag = Gaya tekan udara terhadap mobil F friction = Gaya gesek ban dengan jalan
Untuk mencari waktu yang diperlukan untuk mencapai kecepatan maksimum, maka perlu mengetahui akselerasi. Akselerasi dapat diketahui dengan mengurangi F Drive dengan F Drag dan F Friction lagu membaginya dengan massa mobil. Nilai akselerasi nanti akan membagi nilai kecepatan maksimum agar mendapat nilai t maksimal. Dengan persamaan demikian, maka program yang dituliskan di Phyton adalah sebagai berikut
Untuk pekerjaan rumah berikutnya dikerjakan berkelompok, dengan susunan anggota sebagai berikut:
Ahmad Muzakki - 1706986284
Andi Aditya - 1706036463
Nur Kholis Majid - 1706036531
Mahasiswa diberi tugas untuk membuat video presentasi mengenai kode di atas. Untuk kelompok kami, video dapat dilihat di bawah:
Kuliah Metode Numerik (Selasa, 5 November 2019)
Pertemuan 5 November 2019 mahasiswa mempelajari Metode Runge-Kutta untuk menyelesaikan suatu penyelesaian matematika. Metode ini adalah metode yang termasuk dalam golongan metode iteratif implisit dan eksplisit, sama seperti dengan metode Euler.
Lalu, mahasiswa diajarkan perangkat lunak CFDSOF-NG oleh asisten dosen. CFDSOF-NG berguna untuk mempelajari aliran fluida pada suatu benda. Langkah yang diajarkan menggunakan CFDSOF adalah sebagai berikut:
1. Buat case baru dengan memasukkan nama proyek, lalu tekan create case
2. Masukkan model STL yang akan disimulasikan dengan menekan import geometry
3. Pindah ke bagian base mesh dan ubah mesh sesuai kehendak.
4. Pindah ke bagian generate mesh, dan pastikan titik kuning (titik referensi) berada di luar benda. Untuk memunculkan titik kuning, tekan tombol yang dilingkari dengan lingkaran kuning. Setelah itu tekan generate mesh
5. Pindah ke bagian check mesh lalu klik check mesh. Jika muncul tulisan mesh OK maka ia siap dipakai
6. Pindah ke bagian Simulation model dan atur kondisi simulasi sesuai keinginan
7. Lalu pindah ke CFD Solve
Kuliah Metode Numerik (Selasa, 12 November 2019)
Pada perkuliahan 12 November 2019 mahasiswa diminta untuk menggunakan CFDSOF namun menggunakan airfoil sesuai keinginan mahasiswa. Tugas ini dikerjakan berkelompok. Airfoil yang kelompok kami gunakan adalah airfoil MH-43. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendesain airfoil menggunakan perangkat lunak desain 3D.
Setelah itu file dikonversi menjadi format STL dan dicari nilai drag dan lift melalui tahapan CFDSOF
Kuliah Metode Numerik (Selasa, 19 November - 03 Desember 2019)
Pada 3 pertemuan tersebut saya dan kedua teman kelompok (Andi Aditya dan Ahmad Muzakki) memfokuskan pembelajaran pada proses dari Tugas Besar yang diberikan oleh Pak Dai, Tugas ini menggunakan aplikasi CFD, excel hingga hasilnya bisa dicek pada laman berikut:
Report Tugas Kelompok 6 : Metode Numerik 2019
Kuliah Metode Numerik (Selasa, 10 Desember 2019)
Kali ini saya belajar suatu materi baru yaitu tentang Artificial Neural Network (ANN), yaitu Jaringan Syaraf Tiruan yang merupakan sebuah teknik atau pendekatan pengolahan informasi yang terinspirasi oleh cara kerja sistem saraf biologis, khususnya pada sel otak manusia dalam memproses informasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mencari suatu hasil dari data airfoil yang telah saya kerjakan pada tugas sebelumnya menggunakan coding yang telah disiapkan oleh asisten dosen. Berikut merupakan hasil dari pemograman:
Setelah mendapatkan nilai yang ada, mahasiswa membuat resumbe berkaitan materi kelas hari ini dengan menjawab pertanyaan apa itu ANN, pembuatan ANN hingga perbandingan antara setiap grafik.