|
|
(One intermediate revision by the same user not shown) |
Line 1: |
Line 1: |
− | == Pengenalan ==
| |
− | Disyaratkan "BERAKAL" sebagai kunci untuk menimba ilmu di kelas metode numerik. Menurut KBBI, pengertian berakal adalah
| |
− | '''berakal''' /ber·a·kal/ v 1 mempunyai akal: manusia adalah makhluk yg berakal; 2 pandai mencari ikhtiar; cerdik; pandai: orang yg berakal tidak mudah putus asa;
| |
− | Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang mengikuti kelas Metode Numerik diharapkan menggunakan akal yang secara fitrah telah diberikan oleh Allah SWT. serta tidak berputus asa apabila mendapati kesulitan.
| |
| | | |
− | "Bahwa matematika dapat membantu dan menyesatkan." Pernyataan ini disampaikan AKI DAI. Saya sependapat dengan beliau. Matematika dapat kita gunakan untuk menyelesaikan keperluan dan masalah yang ada di dunia ini, tetapi perlu diingat bahwa manusia sebagai khalifah di bumi harusnya memikirkan kebaikan seluruh umat dan makhluk yang tinggal di bumi. Jangan sampai dengan matematika kita melakukan kejahatan dan keburukan bagi alam. Salah satu contohnya, bahwa pada saat ini sudah sangat berkembang penelitian dan penerapan robot pada banyak aktivitas yang biasa dilakukan manusia. Terdapat sisi positif yaitu robot dapat menggantikan posisi manusia pada peristiwa ''high risk'' misalnya memadamkan kebakaran. Disisi lain, sisi negatifnya suatu saat nanti, manusia tidak dapat dan perlu berikhtiar sedangkan semua pekerjaan sudah dilakukan robot.
| |
− |
| |
− | Selanjutnya dalam mata kuliah metode numerik, beberapa ilmu akan dipergunakan dan ditelaah lebih dalam yaitu diantaranya:
| |
− |
| |
− | '''1. Algoritma, Flow Chart, Pemrograman, Metode Iterative'''
| |
− |
| |
− | '''2. Penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan'''
| |
− |
| |
− | '''3. Differensial dan integral'''
| |
− | Konsep yang dipelajari dalam kalkulus salah satunya diferensial dan integral.
| |
− |
| |
− | '''4. Optimasi'''
| |
− | adalah suatu cara untuk mendapatkan hasil yang maksimum atau minimum sesuai yang diharapkan. Pak Gunawan adalah seorang ahli Optimasi dengan berbagai pengalaman dan penelitian.
| |
− |
| |
− | '''5. Studi Kasus'''
| |
− |
| |
− |
| |
− | == Algoritma, Flowchart, Program Python ==
| |
− |
| |
− | Salah satu contoh kasus dari algoritma, adalah spagetti yang sudah masak. Untuk mendapatkan output (spagetti yang masak) kita memerlukan pasta, saus, daging dan topping. Bahan-bahan tersebut sebagai inputannya. Di algoritma biasanya terdiri dari banyak cara, dalam konteks spagetti, cara-cara itu bisa berupa jenis pasta yang berbeda, saus yang berbeda, daging yang berbeda dan topping yang berbeda atau urutan bahan mana yang diolah lebih dulu, tetapi akan menjadi satu hidangan yang diharapkan muncul sebagai output. Algoritma juga diharapkan mampu menemukan solusi secepat mungkin yang umumnya ''computerized''.
| |
− |
| |
− | Flowchart bertujuan untuk menghasilkan output dengan tahapan langkah per langkah, dapat berupa simbol grafis yang menyatakan alur algoritma.
| |
− |
| |
− | Program Python, ''script'' python tidak perlu di''compile'' kedalam suatu kode mesin apapun, karena ia dapat dijalankan cukup dengan bantuan ''interpreter'' seperti halnya matlab.
| |
− | Termasuk dasar-dasar pemrograman Python yaitu :
| |
− |
| |
− | '''1. Variabel'''
| |
− |
| |
− | '''2. Bilangan Integer dan float'''
| |
− |
| |
− | '''3. Lists'''
| |
− |
| |
− | '''4. Module'''
| |
− |
| |
− | '''5. Function'''
| |
− |
| |
− | '''6. Membuat Matrik'''
| |
− |
| |
− | '''7. Cara mengcopy matrik'''
| |
− |
| |
− |
| |
− | == Pertemuan ke 3 ==
| |
− | Metode numerik adalah menyelesaikan persamaan kontinuu seperti persamaan dengan integral. Baris ke 1 di python adalah range ke-0
| |
− | n = jumlah baris/kolom
| |
− | i = baris ke-...
| |
− | j = kolom
| |
− | k = pivot
| |
− |
| |
− | [[File:Screenshot_1.jpg]]
| |
− |
| |
− |
| |
− | == Pertemuan ke 4 ==
| |
− | Fungsi array adalah mendefinisikan bahwa bilangan tersebut merupakan matrix. Tanda # merupakan catatan saja, tidak terbaca sebagai code pada python. Umumnya menuliskan import numpy, berarti fungsi numpy yang akan dipakai pada code selanjutnya. i sebagai yang mau dieksekusi, sedangkan k sebagai baris acuan/pivot. != adalah tanda tidak sama dengan.
| |
− |
| |
− | [[File:Untitled.png]]
| |
− |
| |
− | == Pertemuan ke 5 ==
| |
− | Aljabar merupakan cara yang digunakan banyak aplikasi canggih, maka dari itu ditekankan pada mata kuliah metode numerik secara lebih dalam dan luas.
| |
− |
| |
− | Youtube: [https://youtu.be/xz9zjvJa7ng]
| |
− | Contoh aplikasi perhitungan pegas dengan python:
| |
− | [[File:pegas.png]]
| |
− |
| |
− | Coding dan run module-nya
| |
− | [[File:Pegasss.png]]
| |
− |
| |
− | == Pertemuan ke 6 ==
| |
− |
| |
− | Penyelesaian tugas
| |
− |
| |
− | [[File:pegas2(1).jpg]]
| |
− | [[File:pegas2(2).jpg]]
| |
− |
| |
− | Youtube: [https://youtu.be/a1W0X8YOmok]
| |
− |
| |
− | == Pengumpulan UAS ==
| |
− | Di dalam link GDRIVE tersebut terdapat PPT, link youtube, dan program python
| |
− | https://drive.google.com/open?id=1jdSkZbDer6NDgzZAh38o9ZlkessvO6aF
| |
− | Maaf apabila ada salah kata dan perilaku.
| |
− | Terimakasih Pak DAI dan Pak Gunawan, tidak lupa terimakasih asisten dan teman2
| |