Difference between revisions of "Helmi Suryaputra"
(→=Bagaimana anda menjelaskan secara rasional pertanyaan berapa nilai dari persamaan tersebut jika x = 1 ?) |
(→PERTEMUAN XIV, 6 Mei 2019) |
||
(42 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 1: | Line 1: | ||
− | =DATA DIRI= | + | ='''DATA DIRI'''= |
[[File:HSP001.png]] | [[File:HSP001.png]] | ||
'''NAMA : HELMI SURYAPUTRA | '''NAMA : HELMI SURYAPUTRA | ||
Line 8: | Line 8: | ||
'''DOSEN : Dr. Ahmad Indra Siswantara (Pak DAI) | '''DOSEN : Dr. Ahmad Indra Siswantara (Pak DAI) | ||
− | =PERTEMUAN I, 4 Februari 2019= | + | ='''PERTEMUAN I, 4 Februari 2019'''= |
− | == | + | ==PERKULIAHAN== |
Syarat manusia untuk mempelajari sesuatu iyalah harus berakal sehat. ini dimaksud agar pelajaran pelajaran yang dipelajari dapat dipahami dan diterapkan baik dilingkungan kita maupun lingkungan disekitar kita, sehingga kita dan lingkungan disekitar kita mendapat manfaat, kebaikan dan ilmu. Sebagian besar pelajaran pelajaran yang dipelajari merupakan sesuatu yang ghoib, dan setiap umat muslim percaya kepada hal yang ghoib merupakan rukun iman. artinya dengan keimanan yang kita percayai dan kita miliki akan menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam mempelajari dan memahami pelajaran/ ilmu yang kita pelajari. Matakuliah Komputer teknik secara objectif mempelajari konsep konsep dari aljabar, algoritma, error, iterasi, akurasi dan lainnya. dimana dalam memodelkan sesuatu membutuhkan hardware, software, dan brainware. Selain itu mahasiswa yang mengikuti matakuliah komputer teknik diharapkan menjadi bertambah pengetahuan dalam pemaanan konsep konsep infinite yang dapat diterapkan dan lebih memahami kembali konsep keimanan. | Syarat manusia untuk mempelajari sesuatu iyalah harus berakal sehat. ini dimaksud agar pelajaran pelajaran yang dipelajari dapat dipahami dan diterapkan baik dilingkungan kita maupun lingkungan disekitar kita, sehingga kita dan lingkungan disekitar kita mendapat manfaat, kebaikan dan ilmu. Sebagian besar pelajaran pelajaran yang dipelajari merupakan sesuatu yang ghoib, dan setiap umat muslim percaya kepada hal yang ghoib merupakan rukun iman. artinya dengan keimanan yang kita percayai dan kita miliki akan menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam mempelajari dan memahami pelajaran/ ilmu yang kita pelajari. Matakuliah Komputer teknik secara objectif mempelajari konsep konsep dari aljabar, algoritma, error, iterasi, akurasi dan lainnya. dimana dalam memodelkan sesuatu membutuhkan hardware, software, dan brainware. Selain itu mahasiswa yang mengikuti matakuliah komputer teknik diharapkan menjadi bertambah pengetahuan dalam pemaanan konsep konsep infinite yang dapat diterapkan dan lebih memahami kembali konsep keimanan. | ||
Line 52: | Line 52: | ||
jika nilai x =1 maka nilai dari fungsi x tersebut adalah f^' (x)= (2(1))/1=2 | jika nilai x =1 maka nilai dari fungsi x tersebut adalah f^' (x)= (2(1))/1=2 | ||
− | =PERTEMUAN II, 11 Februari 2019= | + | ='''PERTEMUAN II, 11 Februari 2019'''= |
− | ==Menghitung Cakar Ayam dengan Software EES== | + | ==PERKULIAHAN== |
+ | ==TUGAS== | ||
+ | ===Menghitung Cakar Ayam dengan Software EES=== | ||
− | =PERTEMUAN III, 18 Februari 2019= | + | ='''PERTEMUAN III, 18 Februari 2019'''= |
− | ==Menghitung Biaya Pembuatan Rumah dengan Software EES== | + | ==PERKULIAHAN== |
+ | ==TUGAS== | ||
+ | ===Menghitung Biaya Pembuatan Rumah dengan Software EES=== | ||
− | =PERTEMUAN IV, 25 Februari 2019= | + | ='''PERTEMUAN IV, 25 Februari 2019'''= |
+ | ==PERKULIAHAN== | ||
==Kuis 1, Membuat Model Komputasi dari Bangunan Kost kostan untuk Usaha== | ==Kuis 1, Membuat Model Komputasi dari Bangunan Kost kostan untuk Usaha== | ||
Anda diminta untuk membuat sebuah model komputasi untuk membuat bangunan yang akan digunakan untuk usaha service penyewaan rumah Jalankan simulasi terhadap model tersebut untuk memutuskan kelayakan terhadap usaha tersebut (Teknis dan ekonomi) Buka Wiki Pengetahuan anda terlebih dahulu, mulai mengisi dengan analisis awal | Anda diminta untuk membuat sebuah model komputasi untuk membuat bangunan yang akan digunakan untuk usaha service penyewaan rumah Jalankan simulasi terhadap model tersebut untuk memutuskan kelayakan terhadap usaha tersebut (Teknis dan ekonomi) Buka Wiki Pengetahuan anda terlebih dahulu, mulai mengisi dengan analisis awal | ||
Line 96: | Line 101: | ||
- BEP Kokosan 10 Pintu = 747.000.000 / 72.000.000 = 10,25 Tahun | - BEP Kokosan 10 Pintu = 747.000.000 / 72.000.000 = 10,25 Tahun | ||
− | =PERTEMUAN V, 4 Maret 2019= | + | ='''PERTEMUAN V, 4 Maret 2019'''= |
− | ==Mempelajari software struktur sederhana== | + | ==PERKULIAHAN== |
+ | ==TUGAS== | ||
+ | ===Mempelajari software struktur sederhana=== | ||
Study Case yang dipelajari adalah sebuah struktur batang (Beam) sederhana dengan menggunakan Software Catia untuk static Analisis. | Study Case yang dipelajari adalah sebuah struktur batang (Beam) sederhana dengan menggunakan Software Catia untuk static Analisis. | ||
- ukuran 200 x 200 mm dan panjang 2500 mm. | - ukuran 200 x 200 mm dan panjang 2500 mm. | ||
Line 107: | Line 114: | ||
(Gambar Hasil Analisis) | (Gambar Hasil Analisis) | ||
− | =PERTEMUAN VI, 11 Maret 2019= | + | ='''PERTEMUAN VI, 11 Maret 2019'''= |
− | == | + | ==PERKULIAHAN== |
Kelas dimulai dengan Sharing hasil dari latihan analisa truss dengan menggunakan Software Frame3D. | Kelas dimulai dengan Sharing hasil dari latihan analisa truss dengan menggunakan Software Frame3D. | ||
Line 128: | Line 135: | ||
==Analisis Truss dengan Frame3D== | ==Analisis Truss dengan Frame3D== | ||
− | =PERTEMUAN VII, 18 MARET 2019= | + | ='''PERTEMUAN VII, 18 MARET 2019'''= |
− | == | + | ==PERKULIAHAN== |
==TUGAS, Analisa Beam dengan Frame3D== | ==TUGAS, Analisa Beam dengan Frame3D== | ||
Line 137: | Line 144: | ||
- 4. Laporan Tugas Analisis Struktur Beam [https://drive.google.com/file/d/1KAQJGFX8goLH_X7L5GB-ok0EiEwqk7EO/view?usp=sharing] | - 4. Laporan Tugas Analisis Struktur Beam [https://drive.google.com/file/d/1KAQJGFX8goLH_X7L5GB-ok0EiEwqk7EO/view?usp=sharing] | ||
− | =PERTEMUAN VIII, 25 MARET 2019= | + | ='''PERTEMUAN VIII, 25 MARET 2019'''= |
− | == | + | ==PERKULIAHAN== |
Dinamik adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan perubahan ataupun pergerakan yang dapat dipelajari sebabnya. Konsep Dinamik merupakan suatu gagasan atau ide atau rancangan yang mempelajari penyebab penyebab terjadinya perubahan ataupun pergerakan. Dimana secara dinamik setiap perubahan atau pergerakan komponen akan mempengaruhi pergerakan komponen yang lain, sehingga pemodelan dari sistem dinamika akan menghasilkan suatu keterkaitan. | Dinamik adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan perubahan ataupun pergerakan yang dapat dipelajari sebabnya. Konsep Dinamik merupakan suatu gagasan atau ide atau rancangan yang mempelajari penyebab penyebab terjadinya perubahan ataupun pergerakan. Dimana secara dinamik setiap perubahan atau pergerakan komponen akan mempengaruhi pergerakan komponen yang lain, sehingga pemodelan dari sistem dinamika akan menghasilkan suatu keterkaitan. | ||
Aplikasi dari konsep dinamik dapat dilihat dari kehidupan sehari hari. Contoh aplikasi dari konsep dinamik adalah sebagai berikut : | Aplikasi dari konsep dinamik dapat dilihat dari kehidupan sehari hari. Contoh aplikasi dari konsep dinamik adalah sebagai berikut : | ||
Line 155: | Line 162: | ||
- review Konsep Dinamik dan Aplikasinya [https://drive.google.com/open?id=1yOwJGcesGcep_KdIajx7O0vWIc8zfSDv] | - review Konsep Dinamik dan Aplikasinya [https://drive.google.com/open?id=1yOwJGcesGcep_KdIajx7O0vWIc8zfSDv] | ||
− | =PERTEMUAN IX, 1 April 2019= | + | ='''PERTEMUAN IX, 1 April 2019'''= |
− | ==TUGAS UTS= | + | ==PERKULIAHAN== |
+ | ==TUGAS UTS== | ||
- Laporan Moment Inertia [https://drive.google.com/open?id=1Nnrmbh0uCXnSXfa7BovOlNalsHyBn4Tt] | - Laporan Moment Inertia [https://drive.google.com/open?id=1Nnrmbh0uCXnSXfa7BovOlNalsHyBn4Tt] | ||
- Program EES [https://drive.google.com/open?id=1EESbWcb_d-vZLJrXyjpVHpjjymISTG4F] | - Program EES [https://drive.google.com/open?id=1EESbWcb_d-vZLJrXyjpVHpjjymISTG4F] | ||
+ | |||
+ | ='''PERTEMUAN X, 8 April 2019'''= | ||
+ | ==PERKULIAHAN== | ||
+ | |||
+ | ==TUGAS== | ||
+ | ===Analisa Fluida Pada Bangunan [https://drive.google.com/file/d/1HuXUVDf0aC8JrGHqmcW28uBhT4ODozfa/view?usp=drivesdk]=== | ||
+ | |||
+ | ='''PERTEMUAN XI, 15 April 2019'''= | ||
+ | ==PERKULIAHAN== | ||
+ | Tugas Besar dengan tema : Aplikasi Komputasi Teknik dalam desain dan Analisis "ZERO ENERGY BUILDING (ZEB)" Min. Bangunan 3 lantai. diharapkan hasil akhir tidak berupa margin saja tetapi value atau berguna bagi orang lain. | ||
+ | (Bisa dengan mengurangi pemakaian energi, pengolahan sampah, penggunaan energi matahari, angin atau pemanfaatan sungai) | ||
+ | |||
+ | Setiap minggu mulai paparan (acak) | ||
+ | |||
+ | Secara aspek teknis bangunan kita adalah efisien dan realeble. | ||
+ | secara Non teknis adalah Value (economic) | ||
+ | |||
+ | |||
+ | Unutk meminimalisis kesalahan dalam penilaian dan pengenalan pada diri sendiri maka, Sebagian mahasiswa tulis sinopsis sebagian ke lab. | ||
+ | |||
+ | Ekonomi dan Finansial hanya komponen saja dikarenakan cuma mementingkan keuntungan saja. | ||
+ | |||
+ | Contoh ukuran progres, dalam 1 minggu berapa jam yang digunakan untuk mengerjakan tugas atau belajar. | ||
+ | |||
+ | Dibagi 2 cakupan dalam tugas besar, bagi yang senang struktur maka cukup struktur begitu juga bagian energi. | ||
+ | |||
+ | Catatan: | ||
+ | - Buat Sinopsis untuk tugas besar (target minggu depan)(googling konsep green building atau ZEB) | ||
+ | - Buat kelompok paling banyak 5 orang (max) untuk diskusi dan saling sharing | ||
+ | - Pemilihan Konten dan Bobotnya pada klompok kerja | ||
+ | - 1 kelompok group bangunannya sama | ||
+ | - pada pengurangan energi ada perhitungannya. | ||
+ | - menggunakan program EES untuk optimasi secara keceluruhan energy dan strukturnya | ||
+ | - | ||
+ | |||
+ | Quote : Berapa pantasnya kita menghargai diri sendiri | ||
+ | |||
+ | ==TUGAS== | ||
+ | - Laporan Analisa Distribusi suhu pada bidang 2D dan 3D [https://drive.google.com/open?id=1E4Zk7hii0esHNgupCPzVu5wotk9DHFno] | ||
+ | - File 2d EES [https://drive.google.com/open?id=15Ti-Kr34II8aUDIJ27Qa4JrKn_mXdhdc] | ||
+ | - File 3D EES [https://drive.google.com/open?id=1Qyiflsq4hSxqv-EUwQB3O7FwK2R-5ns2] | ||
+ | |||
+ | ==SINOPSIS TUGAS BESAR== | ||
+ | |||
+ | Komputasi teknik merupakan ilmu atau algoritma yang mempelajari konsep konsep dan dasar dasar dari komputasi yang digunakan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan komputasi. Tujuan dalam mempelajari Komputasi teknik adalah untuk lebih mengenal kemampuan diri sendiri dan dapat memahami konsep konsep komputasi teknik dan mampu dalam melakukan penerapannya dalam kehidupan sehari hari. Seperti halnya pada tugas besar mata kuliah ini yaitu "Aplikasi Komputasi Teknik dalam Desain dan Analisa "ZERO ENERGY BUILDING (ZEB)" dengan minimal bangunan 3 lantai. Konsep ZEB merupakan konsep bangunan dengan NOL Emisi carbon dan mengkonsumsi NOL energi fosil tiap tahunnya, konsep ini merupakan cara terbaik dalam mengurangi efek rumah kaca dan dampak buruk terhadap lingkungan hidup. | ||
+ | |||
+ | Konsep bangunan ZEB yang ramah lingkungan mendapat energi listrik dari energi matahari, energi angin bahkan aliran air (energy non fosil). Gedung Green Acres, New Paltz-Amerika, merupakan gedung pertama di amerika yang menerapkan konsep ZEB dengan sumber energi 100 persen dari solar cell yaitu sebesar 1490 kWh. | ||
+ | |||
+ | Pada Tugas Besar mata kuliah komputasi teknik ini kasus yang diambil yaitu bangunan 3 lantai dengan panjang 24,5 meter dan lebar 19 meter untuk tiap lantainya. Bangunan ini diperuntukkan untuk usaha kos kosan dengan ukuran kamar 3 x 5 meter dan jumlah kamar sebanyak 11 kamar tiap lantainya, sehingga total kamar yang tersedia sebanyak 33 kamar. Bangunan ini memiliki konsep bangunan modern, sehingga tidak menggunakan kerangka baja ringan pada bagian atap. Sedangkan output yang diharapkan dari tugas besar ini yaitu analisa struktur dari bangunan 3 lantai, perhitungan ekonomi dari bangunan tersebut, sistem pengolahan air bersih, air limbah, sampah, dan value yang dihasilkan | ||
+ | |||
+ | Sesuai dengan konsep ZEB pada bangunan, maka pada bagian atas gedung akan dimanfaatkan untuk penempatan peralatan solar cell untuk menghasilkan energi listrik dan penampungan air hujan untuk penggunaan air bersih. Berikut merupakan Ilustrasi dari bangunan kos kosan 3 lantai. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ='''PERTEMUAN XII, 22 April 2019'''= | ||
+ | ==PERKULIAHAN== | ||
+ | Renold Number | ||
+ | |||
+ | ==TUGAS== | ||
+ | |||
+ | ='''PERTEMUAN XIII, 29 April 2019'''= | ||
+ | ==PERKULIAHAN== | ||
+ | Food Energy water | ||
+ | menggunakan Energi alternatif lain atau genset | ||
+ | Objectif | ||
+ | Belajar | ||
+ | Perubahan dalam diri | ||
+ | Memahami konsep komputasi teknikdan mampu mengaplikasikannya | ||
+ | mengenal diri | ||
+ | Setiap kelompok harus bahas AE (Genset) | ||
+ | |||
+ | ==PROGRESS INDIVIDU TUGAS BESAR== | ||
+ | - Sinopsis Tugas Besar[https://drive.google.com/open?id=1YiqQLwk4UA7fu_Sj2HAKCu_dMxGYNQO0] | ||
+ | - progress tugas Besar 45 persen | ||
+ | |||
+ | ='''PERTEMUAN XIV, 6 Mei 2019'''= | ||
+ | ==PERKULIAHAN== | ||
+ | Asumsi itu praduga | ||
+ | kriteria s1, s2, dan s3. | ||
+ | equation of state persamaan keadaan | ||
+ | yang menyebabkan energi mengalir, gerak, dan gaya adalah delta t. | ||
+ | untuk tugas besar sesuai dengan laju perubahan, merupakan buah dari pelajaran. | ||
+ | semua melakukan modeling dalam bentuk optimasi | ||
+ | Setiap progres buat presentasi dan di upload ke youtub | ||
+ | Buat video perjalanan perkuliahan 1 semester dan tugas besar | ||
+ | belajar meningkatkan knowladge, skill, dan value | ||
+ | syarat lebih PD, harus mengenal diri | ||
+ | Bagaimana cara optimasi | ||
+ | |||
+ | PR. Mengumpulkan video belajar | ||
+ | |||
+ | |||
+ | NB: Setiap individu Wajib melakukan perhitungan Optimasi (Tugas Besar) | ||
+ | ==NO TUGAS== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ='''PERTEMUAN XIV, 13 Mei 2019'''= | ||
+ | ==PERKULIAHAN== | ||
+ | |||
+ | ==TUGAS== |
Latest revision as of 07:43, 13 May 2019
Contents
- 1 DATA DIRI
- 2 PERTEMUAN I, 4 Februari 2019
- 3 PERTEMUAN II, 11 Februari 2019
- 4 PERTEMUAN III, 18 Februari 2019
- 5 PERTEMUAN IV, 25 Februari 2019
- 6 PERTEMUAN V, 4 Maret 2019
- 7 PERTEMUAN VI, 11 Maret 2019
- 8 PERTEMUAN VII, 18 MARET 2019
- 9 PERTEMUAN VIII, 25 MARET 2019
- 10 PERTEMUAN IX, 1 April 2019
- 11 PERTEMUAN X, 8 April 2019
- 12 PERTEMUAN XI, 15 April 2019
- 13 PERTEMUAN XII, 22 April 2019
- 14 PERTEMUAN XIII, 29 April 2019
- 15 PERTEMUAN XIV, 6 Mei 2019
- 16 PERTEMUAN XIV, 13 Mei 2019
DATA DIRI
NAMA : HELMI SURYAPUTRA NPM : 1806244414 DEPARTEMEN : TEKNIK MESIN S2 PEMINATAN : PERANCANGAN DAN MANUFAKTUR PRODUK MATA KULIAH : KOMPUTASI TEKNIK (2 SKS) DOSEN : Dr. Ahmad Indra Siswantara (Pak DAI)
PERTEMUAN I, 4 Februari 2019
PERKULIAHAN
Syarat manusia untuk mempelajari sesuatu iyalah harus berakal sehat. ini dimaksud agar pelajaran pelajaran yang dipelajari dapat dipahami dan diterapkan baik dilingkungan kita maupun lingkungan disekitar kita, sehingga kita dan lingkungan disekitar kita mendapat manfaat, kebaikan dan ilmu. Sebagian besar pelajaran pelajaran yang dipelajari merupakan sesuatu yang ghoib, dan setiap umat muslim percaya kepada hal yang ghoib merupakan rukun iman. artinya dengan keimanan yang kita percayai dan kita miliki akan menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam mempelajari dan memahami pelajaran/ ilmu yang kita pelajari. Matakuliah Komputer teknik secara objectif mempelajari konsep konsep dari aljabar, algoritma, error, iterasi, akurasi dan lainnya. dimana dalam memodelkan sesuatu membutuhkan hardware, software, dan brainware. Selain itu mahasiswa yang mengikuti matakuliah komputer teknik diharapkan menjadi bertambah pengetahuan dalam pemaanan konsep konsep infinite yang dapat diterapkan dan lebih memahami kembali konsep keimanan. Kesimpulan dari perkuliahan Komputasi teknik ini adalah terdapat beberapa hal yang menghalangi manusia dari kebenaran yaitu :
• kehormatan atau kedudukan seseorang dalam suatu jabatan atau organisasi • Materi atau Harta yang dimiliki seseorang, sehingga mereka memandang rendah orang dibawahnya • Ilmu yang mereka anggap sudah tinggi melebihi orang lain
TUGAS
KONSEP INFINITE
Dalam ilmu matematika, dapat kita jumpai berbagai macam simbol-simbol matematika. Simbol-simbol tersebut diperkenalkan oleh para matematikawan. Karena banyaknya simbol-simbol dalam matematika, sering kali pengertian simbol itu tidak dijelaskan dan dianggap maknanya telah diketahui. Hal ini kadang menyulitkan bagi mereka yang awam dengan simbol-simbol dalam matematika. Maka dari itu, adanya daftar yang diorganisir menurut jenis simbolnya dimaksudkan untuk mempermudah pencarian simbol-simbol yang kurang dikenal dari penampakannya. Dari sekian banyak simbol dalam matematika dengan bentukyang sangat unik, penulis hanya akan membahas secara mendalam salah satu simbol saja yaitu simbol tak hingga (infinity). Namun, sebelum membahas secara mendalam mengenai simbol tak hingga, kita akan membahas tentang pemahaman bentuk simbol tak hingga terlebih dahulu. Ternyata sebagian orang dari kita memiliki perbedaan dalam pemahaman simbol tak hingga, ada yang beranggapan bahwa simbol tak hingga itu adalah ∞, tapi ada juga yang beranggapan lain bahwa simbol tak hingga yaitu ~. Untuk meluruskan perbedaan pemahaman mengenai simbol tak hingga itu, maka penulis akan memaparkan sebenarnya simbol tak hingga yang tepat itu yang mana, apakah ∞ atau ~?. Sesungguhnya simbol ~ bukanlah simbol tak hingga dari keterhinggaan, melainkan simbol tersebut merupakan sebutan atau bacaan lain dari nama distribusi probabilitas dapat dibaca juga tak hingga yang termasuk kategori statistika dalam daftar terorganisir menurut jenis simbol matematika. Mungkin, dari situlah ada yang beranggapan kalau simbol tak hingga adalah ~ karena bacaannya yang sama. Atau kemungkinan lainnya, pertama kali mengetahui bentuk simbol tak hingga seperti ini: ~, maka yang mereka tau untuk simbol tak hingga adalah ~.Jika kita lihat dalam daftar yang telah terorgaanisir menurut jenis simbol, maka kita akan mengetahui bahwa simbol tak hinggaatau keterhinggaan itu yang lebih tepatnya adalah ∞. Jika kita berbicara tentang definisi, Definisi dari simbol tak hingga (Infinity) adalah sebuah konsep abstrak yang menggambarkan sesuatu yang tanpa batas dan relevan dalam sejumlah bidang, terutama matematika dan fisika.Tak hingga (Infinity) itu dalam daftar simbol matematika yang telah diorganisir menurut jenis simbolnya termasuk ke dalam daftar simbol bukan huruf yang lain dan merupakan kategori bilangan.Namun, ada beberapa orang yang berpendapat bahwa tak hingga bukan benar-benar bilangan. Tak berlaku seperti bilangan yang biasa kita gunakan. Bilangan yang kita gunakan seluruhnya memiliki akhir, tetapi tak hingga tidak memilikinya. Beberapa orang juga ada yang berpendapat bahwa tak hingga ialah tiap bilangan (kecuali 0) yang dibagi oleh 0 sehingga bernilai tak hingga.
Dalam wikipedia, bahwa takhingga atau ananta yang sering ditulis ∞, ialah bilangan yang lebih besar dari pada tiap-tiap yang kemungkinan dapat dibayangkan. Kemudian, ada juga yang mendefinisikan yang lain tentang tak hingga dalam blog wordpress-nya by Aria Turn bahwa Tak hingga atau infinity yang dinotasikan ∞ diambil dari kata latin “infinitas” yang artinya tak terbatas/ unbounded adalah sebuah konsep BUKAN bilangan atau angka seperti yang disangka banyak orang. Dalam matematika ∞ adalah “sesuatu” yang lebih besar dari bilangan manapun tetapi sesuatu itu BUKAN bilangan, dengan kata lain tidak ada bilangan yang lebih besar dari ∞.
Karena ∞ bukan sebuah bilangan maka ∞ tidak ganjil, tidak genap dan tidak prima. Dalam kamus matematika Carol Vorderman, definisi tak hingga adalah tanpa batas-batas ukuran atau jumlah, tidak terbatas, tidak ada akhirnya. Jika penulis berpendapat mengenai definisi tak hingga, pendapat penulis tidak jauh berbeda dengan definisi pada umumnya, bahwa tak hingga itu diguakan untuk bilangan yang tak dapat terhitung besarnya atau tak terbatas dan bilangan itu bukan bilangan real, maka dari itu digunakanlah simbol tak hingga (∞) sebagai tanda nilai yang tak terhitung besarnya.
Referensi
1. http://ratumugitaa.blogspot.com/2015/07/menguak-simbol-tak-hingga.html 2. https://books.google.co.id/books?id=_1VkCgAAQBAJ&pg=PA109&lpg=PA109&dq=konsep+infinite&source=bl&ots=YTLYxOt9nb&sig=ACfU3U2sM4oDLQEwHNB4y8UFAbHx-jDNDQ&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjurryFrrDgAhUL4o8KHSmtDWIQ6AEIPTAK#v=onepage&q=konsep%20infinite&f=false
Bagaimana anda menjelaskan secara rasional pertanyaan berapa nilai dari persamaan tersebut jika x = 1 ?
Jika persamaan tersebut langsung dimasukkan nilai x = 1, makan pembilang dan penyebut memiliki nilai NOL, dan hasil yang didapat tidak dapat terdefinisi. untuk mendapatkan nilai yang terdefinisi solusi penyelesaian dari persamaan tersebut dapat dilakukan dengan penyederhanaan bentuk kuadrat atau menggunakan persamaan limit atau juga dapat diselesaikan dengan penurunan persamaan.
Bentuk kuadrat (x^2- 1)/(x-1)= (x^2- 1^2)/(x-1)= ((x+1)(x-1))/((x-1))=(x+1)
Jika nilai x = 1, maka nilai yang didapat adalah 2 (dua)
Menggunakan Limit jika x mendekati 1 yaitu 1.1
〖Lim〗_(x→1) ((x^2- 1)/(x-1))= ((〖1,1〗^2-1)/(1,1-1))= ((1.21-1)/(1.1-1))=(0.21/0.1)=2,1
Artinya dengan pendekatan limit dapat menyelesaikan persamaan yang tidak dapat terdefinisi menjadi suatu hasil yang mempunyai nilai.
Penurunan Persamaan Jika Fungsi x F(x) = ((x^2- 1)/(x-1)) maka turunan dari persamaan tersebut adalah f^' (x)= 2x/1 jika nilai x =1 maka nilai dari fungsi x tersebut adalah f^' (x)= (2(1))/1=2
PERTEMUAN II, 11 Februari 2019
PERKULIAHAN
TUGAS
Menghitung Cakar Ayam dengan Software EES
PERTEMUAN III, 18 Februari 2019
PERKULIAHAN
TUGAS
Menghitung Biaya Pembuatan Rumah dengan Software EES
PERTEMUAN IV, 25 Februari 2019
PERKULIAHAN
Kuis 1, Membuat Model Komputasi dari Bangunan Kost kostan untuk Usaha
Anda diminta untuk membuat sebuah model komputasi untuk membuat bangunan yang akan digunakan untuk usaha service penyewaan rumah Jalankan simulasi terhadap model tersebut untuk memutuskan kelayakan terhadap usaha tersebut (Teknis dan ekonomi) Buka Wiki Pengetahuan anda terlebih dahulu, mulai mengisi dengan analisis awal
ANALISIS AWAL KOST-KOSTAN
- Jumlah kamar : 10 pintu dengan bangunan 1 lantai - Lokasi dekat dengan kampus - Sasaran Mahasiswa - Luas tanah panjang 20 meter dan lebar 9 meter = 180 meter persegi - Luas bangunan sebesar 15 x 9 meter = 135 meter persegi - Bangunan Kamar memiliki luas 3 x 3 meter dengan kamar mandi dalam
PEMODELAN
- harga per 1 kamar ditetapkan Rp. 1.000.000, - Di perkirakan rata rata kamar yang terisi tiap bulannya sebanyak 8 kamar - Pemasukan tiap bulan sebesar Rp. 8.000.000, - Operational dan pemeliharaan Bulanan Rp. 2.000.000 - Pemasukan Bersih tiap Bulan Rp. 6.000.000, - Pemasukan Bersih tiap tahun 72.000.000,-
SIMULASI
- LT = 180 meter persegi - LB = 135 meter persegi - Harga Tanah Rp. 2.000.000 per meter - Harga bangunan Rp. 2.500.000 per meter - Harga furniture Rp. 5.000.000 per kamar - Harga tanah Rp. 360.000.000 - Biaya bangunan RP. 337.500.000 - Biaya furniture Rp. 50.000.000 - Total Biaya keseluruhan Rp. 747.000.000
VERIFIKASI
- BEP Kokosan 10 Pintu = 747.000.000 / 72.000.000 = 10,25 Tahun
PERTEMUAN V, 4 Maret 2019
PERKULIAHAN
TUGAS
Mempelajari software struktur sederhana
Study Case yang dipelajari adalah sebuah struktur batang (Beam) sederhana dengan menggunakan Software Catia untuk static Analisis.
- ukuran 200 x 200 mm dan panjang 2500 mm. - Beban 5000 Newton/m2 - Material : Stone Wall
(Kurang gambar proses analisis) Hasil yang didapat adalah gaya von misses dan displacement pada beam. (Gambar Hasil Analisis)
PERTEMUAN VI, 11 Maret 2019
PERKULIAHAN
Kelas dimulai dengan Sharing hasil dari latihan analisa truss dengan menggunakan Software Frame3D.
Truss merupakan sebuah konsep apabila beban di beri gaya hanya bisa meneruskan gaya secara aksial saja, sedangkan Beam merupakan konsep struktur bukan hanya meneruskan beban aksial, namun dapat meneruskan beban puntir dan bending
Dimana Kekakuan untuk
- Pegas dinyatakan dengan "k" - Truss dinyatakan dengan "EA/L" - Beam dinyatakan dengan "EI/L"
Pada sebuah node, dimisalkan ada frame dengan 3 node maka matrik perkaliannya dapat dinyatakan dengan
|K11 K12 K13| |U1| |F1| |K21 K22 K23| |U2| = |F2| |K31 K32 K33| |U3| |F3|
Pelajaran yang diambil dari hasil belajar analisis frame pada truss dengan software Frame3D adalah HARUS BANYAK LATIHAN
Analisis Truss dengan Frame3D
PERTEMUAN VII, 18 MARET 2019
PERKULIAHAN
TUGAS, Analisa Beam dengan Frame3D
- 1. File Input (.csv) Link[1] - 2. File Output (.csv)[2] - 3. Tampilan Gnuplot [3] - 4. Laporan Tugas Analisis Struktur Beam [4]
PERTEMUAN VIII, 25 MARET 2019
PERKULIAHAN
Dinamik adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan perubahan ataupun pergerakan yang dapat dipelajari sebabnya. Konsep Dinamik merupakan suatu gagasan atau ide atau rancangan yang mempelajari penyebab penyebab terjadinya perubahan ataupun pergerakan. Dimana secara dinamik setiap perubahan atau pergerakan komponen akan mempengaruhi pergerakan komponen yang lain, sehingga pemodelan dari sistem dinamika akan menghasilkan suatu keterkaitan. Aplikasi dari konsep dinamik dapat dilihat dari kehidupan sehari hari. Contoh aplikasi dari konsep dinamik adalah sebagai berikut : 1. Struktur dari bangunan atau rangka dari rumah, jembatan, gedung, dan lainnya 2. Kondisi lingkungan seperti penyebaran fluida, angin, api dan lainnya 3. Peralatan peralatan yang saling berhubungan aksi dan reaksi
TUGAS
Analisis Balok dengan Frame3DD
- 1. File Input (.csv) Link[5] - 2. File Output (.csv)[6] - 3. Tampilan Gnuplot [7] - 4. Laporan Tugas Analisis Struktur Beam [8]
Review Konsep Dinamik dan Aplikasinya
- review Konsep Dinamik dan Aplikasinya [9]
PERTEMUAN IX, 1 April 2019
PERKULIAHAN
TUGAS UTS
- Laporan Moment Inertia [10] - Program EES [11]
PERTEMUAN X, 8 April 2019
PERKULIAHAN
TUGAS
Analisa Fluida Pada Bangunan [12]
PERTEMUAN XI, 15 April 2019
PERKULIAHAN
Tugas Besar dengan tema : Aplikasi Komputasi Teknik dalam desain dan Analisis "ZERO ENERGY BUILDING (ZEB)" Min. Bangunan 3 lantai. diharapkan hasil akhir tidak berupa margin saja tetapi value atau berguna bagi orang lain. (Bisa dengan mengurangi pemakaian energi, pengolahan sampah, penggunaan energi matahari, angin atau pemanfaatan sungai)
Setiap minggu mulai paparan (acak)
Secara aspek teknis bangunan kita adalah efisien dan realeble. secara Non teknis adalah Value (economic)
Unutk meminimalisis kesalahan dalam penilaian dan pengenalan pada diri sendiri maka, Sebagian mahasiswa tulis sinopsis sebagian ke lab.
Ekonomi dan Finansial hanya komponen saja dikarenakan cuma mementingkan keuntungan saja.
Contoh ukuran progres, dalam 1 minggu berapa jam yang digunakan untuk mengerjakan tugas atau belajar.
Dibagi 2 cakupan dalam tugas besar, bagi yang senang struktur maka cukup struktur begitu juga bagian energi.
Catatan:
- Buat Sinopsis untuk tugas besar (target minggu depan)(googling konsep green building atau ZEB) - Buat kelompok paling banyak 5 orang (max) untuk diskusi dan saling sharing - Pemilihan Konten dan Bobotnya pada klompok kerja - 1 kelompok group bangunannya sama - pada pengurangan energi ada perhitungannya. - menggunakan program EES untuk optimasi secara keceluruhan energy dan strukturnya -
Quote : Berapa pantasnya kita menghargai diri sendiri
TUGAS
- Laporan Analisa Distribusi suhu pada bidang 2D dan 3D [13] - File 2d EES [14] - File 3D EES [15]
SINOPSIS TUGAS BESAR
Komputasi teknik merupakan ilmu atau algoritma yang mempelajari konsep konsep dan dasar dasar dari komputasi yang digunakan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan komputasi. Tujuan dalam mempelajari Komputasi teknik adalah untuk lebih mengenal kemampuan diri sendiri dan dapat memahami konsep konsep komputasi teknik dan mampu dalam melakukan penerapannya dalam kehidupan sehari hari. Seperti halnya pada tugas besar mata kuliah ini yaitu "Aplikasi Komputasi Teknik dalam Desain dan Analisa "ZERO ENERGY BUILDING (ZEB)" dengan minimal bangunan 3 lantai. Konsep ZEB merupakan konsep bangunan dengan NOL Emisi carbon dan mengkonsumsi NOL energi fosil tiap tahunnya, konsep ini merupakan cara terbaik dalam mengurangi efek rumah kaca dan dampak buruk terhadap lingkungan hidup.
Konsep bangunan ZEB yang ramah lingkungan mendapat energi listrik dari energi matahari, energi angin bahkan aliran air (energy non fosil). Gedung Green Acres, New Paltz-Amerika, merupakan gedung pertama di amerika yang menerapkan konsep ZEB dengan sumber energi 100 persen dari solar cell yaitu sebesar 1490 kWh.
Pada Tugas Besar mata kuliah komputasi teknik ini kasus yang diambil yaitu bangunan 3 lantai dengan panjang 24,5 meter dan lebar 19 meter untuk tiap lantainya. Bangunan ini diperuntukkan untuk usaha kos kosan dengan ukuran kamar 3 x 5 meter dan jumlah kamar sebanyak 11 kamar tiap lantainya, sehingga total kamar yang tersedia sebanyak 33 kamar. Bangunan ini memiliki konsep bangunan modern, sehingga tidak menggunakan kerangka baja ringan pada bagian atap. Sedangkan output yang diharapkan dari tugas besar ini yaitu analisa struktur dari bangunan 3 lantai, perhitungan ekonomi dari bangunan tersebut, sistem pengolahan air bersih, air limbah, sampah, dan value yang dihasilkan
Sesuai dengan konsep ZEB pada bangunan, maka pada bagian atas gedung akan dimanfaatkan untuk penempatan peralatan solar cell untuk menghasilkan energi listrik dan penampungan air hujan untuk penggunaan air bersih. Berikut merupakan Ilustrasi dari bangunan kos kosan 3 lantai.
PERTEMUAN XII, 22 April 2019
PERKULIAHAN
Renold Number
TUGAS
PERTEMUAN XIII, 29 April 2019
PERKULIAHAN
Food Energy water menggunakan Energi alternatif lain atau genset Objectif Belajar Perubahan dalam diri Memahami konsep komputasi teknikdan mampu mengaplikasikannya mengenal diri Setiap kelompok harus bahas AE (Genset)
PROGRESS INDIVIDU TUGAS BESAR
- Sinopsis Tugas Besar[16] - progress tugas Besar 45 persen
PERTEMUAN XIV, 6 Mei 2019
PERKULIAHAN
Asumsi itu praduga kriteria s1, s2, dan s3. equation of state persamaan keadaan yang menyebabkan energi mengalir, gerak, dan gaya adalah delta t. untuk tugas besar sesuai dengan laju perubahan, merupakan buah dari pelajaran. semua melakukan modeling dalam bentuk optimasi Setiap progres buat presentasi dan di upload ke youtub Buat video perjalanan perkuliahan 1 semester dan tugas besar belajar meningkatkan knowladge, skill, dan value syarat lebih PD, harus mengenal diri Bagaimana cara optimasi
PR. Mengumpulkan video belajar
NB: Setiap individu Wajib melakukan perhitungan Optimasi (Tugas Besar)