Difference between revisions of "Athoillah Azadi"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(ANALISIS PONDASI RUMAH PANGGUNG)
(PEMODELAN STRUKTUR BEAM BANGUNAN 2 LANTAI MENGGUNAKAN PROGRAM FRAME3DD)
 
(45 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 1: Line 1:
  
  
'''RESUME MATA KULIAH KOMPUTASI TEKNIK'''
+
'''MATA KULIAH KOMPUTASI TEKNIK'''
  
'''''Oleh : ATHOILLAH AZADI'''''''
 
  
 +
'''NPM : 1806244351'''
  
 +
'''PEMINATAN : PERANCANGAN DAN MANUFAKTUR PRODUK'''
  
----
 
  
== '''KONSEP AKAL DAN BERAKAL''' ==
+
[[File:FOTO ATOK3.jpg|200px|thumb|]]
  
  
Manusia diciptakan Tuhan dengan kesempurnaan tersendiri dibandingkan dengan makhluk lainya, dimana dibekali akal dan budi. Secara linguistik, kata akal  (al-‘aql) dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi reason, intelligence, intellect, understanding, dan intellectual powers. Banyaknya kata yang digunakan untuk menerjemahkan kata al-‘aql menunjukkan kompleksitas makna kata asal tersebut.
 
  
Akal bagi manusia dipergunakan untuk memikirkan dan memahami makna setiap ciptaan Tuhan, baik yang ada pada diri manusia maupun yang ada di luar diri manusia (lingkungan hingga alam semesta) dengan tujuan untuk mencapai kedamaian maupun kenyamanan dalam hidup. Dalam pandangan Islam, manusia diwajibkan mempergunakan akal fikirannya untuk menggali secara luas, dalam, dan tinggi segala ciptaan Tuhan untuk tujuan masa sekarang (duniawi) maupun tujuan masa depan yang lebih kekal (akhirat).
+
== '''KONSEP AKAL DAN BERAKAL''' ==
  
Kata "akal" dan aneka bentuknya dalam jumlah yang sedemikian banyak mengisyaratkan pentingnya peranan akal. Bahkan kedudukan itu diperkuat oleh ketetapan al-Qur’an tentang pencabutan/pembatasan wewenang mengelola dan membelanjakan harta-walau milik seseorang bagi yang tidak memiliki akal/pengetahuan (Q.S. An-Nisa ayat 5). Bahkan pengabaian akal berpotensi mengantar seseorang tersiksa di dalam neraka (Q.S. Al-Mulk ayat 11). Melalui akal, lahir kemampuan menjangkau pemahaman sesuatu yang pada gilirannya mengantar pada dorongan berakhlak luhur. Ini dapat dinamai al-‘aql al-wazi’, yakni akal pendorong.Akal juga digunakan untuk memperhatikan dan menganalisis sesuatu guna mengetahui rahasia-rahasia yang terpendam untuk memperoleh kesimpulan ilmiah dan hikmah yang dapat ditarik dari analisis tersebut. Kerja akal di sini membuahkan ilmu pengetahuan sekaligus perolehan hikmah yang mengantar pemiliknya mengetahui dan mengamalkan apa yang diketahuinya. Ini dinamai al’aql al-mudrik, yakni akal penjangkau (pengetahuan).
 
 
Di samping kedua fungsi di atas, masih ada lagi yang melebihi keduanya, yaitu yang mencakup keduanya, tapi dalam bentuk yang sempurna dan matang sehingga tidak ada lagi kekurangan atau kekeruhan. Memang, bisa saja ada akal yang menghasilkan pengetahuan, tetapi (masih berpotensi mengandung) kekurangan hikmah. Demikian juga bisa jadi ada hikmah yang dilahirkan oleh mereka yang tidak berpengetahuan.
 
 
Telaah manfaat keberakalan dan pemanfaatan akal pada setiap fenomena kehidupan akan menjadikan manusia memiliki kelebihan dan keutamaan dibandingkan dengan manusia lainnya yang tidak menggunakan akal, diantaranya : keluasan pandangan; kepandaian memilih dan memutuskan perkara yang memberi manfaat dan tidak bermanfaat; mampu memilih perkara yang memberikan dampak kekekalan meskipun sulit proses/jalan yang dihadapi; kemampuan menaksir harga diri dan rugi-untungnya memanfaatkan waktu apakah telah dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna ataukah sia-sia; memiliki kemampuan berbantah dengan diri sendiri sehingga setiap melangkah dan ingin memutuskan sesuatu akan mempertimbangkan baik-buruk maupun manfaat-kesia-siaan; memiliki kemampuan introspeksi diri dengan mengingat kekurangan dalam diri; memiliki kemampuan untuk tidak larut pada kesedihan akan segala hal yang bersifat duniawi seperti tidak tercapainya cita-cita akan sesuatu hal; memiliki kecerdasan sosial untuk memilih lingkungan pergaulan dengan sesama orang berakal; memiliki kecerdasan tidak memandang remeh setiap persoalan dan kesalahan; memiliki pemahaman akan kehidupan dan kebahagiaan sejati dimana orang berakal paham bahwa kehidupan yang baik, benar, dan mulia adalah hidup yang bermanfaat bagi manusia lain dan lingkungannya; memiliki keringuan pada tiga hal yaitu kerinduan akan pasca kehidupan dunia, kerinduan akan ketenangan jiwa, serta kerinduan akan pencarian makna hidup sesungguhnya.
 
  
 +
Manusia diciptakan Tuhan dengan kesempurnaan tersendiri dibandingkan dengan makhluk lainya, dimana dibekali akal dan budi. Secara linguistik, kata akal  (al-‘aql) dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi reason, intelligence, intellect, understanding, dan intellectual powers. Banyaknya kata yang digunakan untuk menerjemahkan kata al-‘aql menunjukkan kompleksitas makna kata asal tersebut.
  
----
+
Pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada link [[Konsep Akal dan Berakal (Oleh : Athoillah Azadi)]]
  
 
== '''KONSEP KEBENARAN''' ==
 
== '''KONSEP KEBENARAN''' ==
  
  
Manusi a sebagai mahluk pencari kebenaran dalam perenungannya akan menemukan tiga bentuk eksistensi yaitu agama, ilmu pengetahuan dan filsafat. Agama mengantarkan pada kebenaran sejati sedangkan ilmu pengetahuan dan filsafat membuka jalan untuk mencari kebenaran sejati tersebut. Sebagai mahluk yang dinamis manusia selalu berusaha menemukan kebenaran. Beberapa cara ditempuh untuk memperoleh kebenaran, antara lain dengan menggunakan rasio seperti para rasionalis dan melalui pengalaman atau empiris. Pengalaman-pengalaman yang diperoleh manusia membuahkan prinsip-prinsip yang lewat penalaran rasional, kejadian-kejadian yang berlaku di alam itu dapat dimengerti.
+
Manusia sebagai mahluk pencari kebenaran dalam perenungannya akan menemukan tiga bentuk eksistensi yaitu agama, ilmu pengetahuan dan filsafat. Agama mengantarkan pada kebenaran sejati sedangkan ilmu pengetahuan dan filsafat membuka jalan untuk mencari kebenaran sejati tersebut. Sebagai mahluk yang dinamis manusia selalu berusaha menemukan kebenaran. Beberapa cara ditempuh untuk memperoleh kebenaran, antara lain dengan menggunakan rasio seperti para rasionalis dan melalui pengalaman atau empiris. Pengalaman-pengalaman yang diperoleh manusia membuahkan prinsip-prinsip yang lewat penalaran rasional, kejadian-kejadian yang berlaku di alam itu dapat dimengerti.
  
Ilmu pengetahuan dipahami sebagai suatu kemampuan berpikir dengan menggunakan rasio dalam objek yang menjadi sasaran kebenaran itu sendiri yang belum pasti melekat dalam objek. Terkadang hanya dapat dibenarkan oleh persepsi-persepsi (dzon) belaka. Dari fakta tersebut kebenaran itu berarti dapat didefinisikan berdasarkan dengan paradigma yang dipakai. Kebenaran dapat berarti kebenaran diri, kebenaran bersama, dan kebenaran yang sejati. Kebenaran diri merupakan kebenaran yang bersifat relatif menurut persepsi, sudut pandang, serta intensitas pandang tiap manusia yang sangat mungkin berbeda-beda. Kebenaran bersama adalah kebenaran yang disepakati secara bersama-sama dengan tujuan untuk memperoleh kebaikan dan kemaslahatan bersama. Kebenaran sejati/hakiki adalah kebenaran yang berasal langsung dari Tuhan, contohnya Al Qur’an, kebenaran ini pun ketika diterjemahkan tiap manusia (ditafsirkan) dapat berbeda-beda tergantung tingkat pengetahuan dan pemahamannya. Contoh lain, sebagai warga negara Indonesia, kita sepakati (kebenaran bersama) bahwa Pancasila adalah sebuah kebenaran, meskipun begitu pemahaman setiap orang atau kelompok tentang konsep Pancasila sangatlah mungkin berbeda-beda. Oleh karena itu kebenaran terhadap suatu hal yang diyakini oleh seseorang atau kelompok masyarakat tidak boleh menjadikannya sebagai kebenaran mutlak apalagi menyalahkan orang lain yang tidak sepaham, sehingga dibutuhkan kedewasaan untuk saling menghargai pada kebenaran menurut persepsi masing-masing, sejauh dalam memahami kebenaran tersebut output yang dihasilkan adalah sebuah KEBAIKAN dan KEDAMAIAN bagi bersama, masyarakat, dan lingkungan yang lebih luas (bangsa dan dunia).
+
Pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada link [[Konsep Kebenaran (Oleh : Athoillah Azadi)]]
 
 
Dalam mencari setiap kebenaran yang sejati/hakiki maka terdapat 4 hal yang menghalangi manusia dari memahami kebenaran sejati tersebut, yaitu:
 
 
 
1. Kehormatan/kedudukan, pencarian kebenaran apabila dibalik pencarian tersebut memiliki tendensi pada naiknya martabat, kehormatan, dan kedudukan di masyarakat maka akan menghalangi diperolehnya kebenaran yang sejati.
 
 
 
2. Materi, baik harta maupun pengetahuan, ketika menjadi niat dalam mencari kebenaran, maka kebenaran yang didapatkan adalah kebenaran yang semu, atau malah kebohongan.
 
 
 
3. Ikut-ikutan, atau taklid pada orang-orang tertentu, yaitu ketika dalam mencari kebenaran sejati melalui persepsi dan kebenaran tokoh/orang tertentu, maka kebenaran yang diperoleh akan tercemari dan tertutupi pada pengkultusan dan pembenaran terhadap persepsi tokoh tersebut.
 
 
 
4. Berbuat maksiat, pencarian kebenaran membutuhkan kemurnian dan kebersihan hati dan fikiran, sehingga dengan berbuat maksiat maka telah tertutuplah jalan dalam mencari kebenaran sejati.
 
 
 
 
 
 
 
----
 
  
 
== '''TUJUAN PELAJARAN KOMPUTASI TEKNIK''' ==
 
== '''TUJUAN PELAJARAN KOMPUTASI TEKNIK''' ==
Line 51: Line 32:
 
Mata kuliah komputasi teknik didefinisikan sebagai cara untuk memahami respons sebuah sistem mekanik yang kompleks jika diberi beban dengan menggunakan pendekatan komputasi, salah satunya finite element maupun finite volume. Beban di sini dapat berarti sebuah beban yang sekali datang, beban kejut, maupun beban gradual terus menerus. Sebuah benda yang diam atau tidak mengalami percepatan pun bisa jadi mengalami beban. Respons sesuatu terhadap beban sendiri sesungguhnya tidak linier, rumus-rumus eksak yang ada kebanyakan merupakan linearisasi dari kondisi sesungguhnya yang belum tentu selalu benar. Mata kuliah komputasi teknik membahas metode lain memecahkan masalah-masalah yang sesungguhnya tidak dapat dihitung menggunakan cara eksak yang cenderung linier. Namun demikian, metode ini pun memiliki batasan, yaitu seluruh perhitungan dianggap sesuatu yang berhingga dan berdigit (finite), padahal kuasa Tuhan menciptakan alam semesta adalah tak berhingga, atau infinite. Setelah mengikuti mata kuliah komputasi teknik, mahasiswa diharapkan memenuhi dua kriteria yang ditetapkan, yaitu:
 
Mata kuliah komputasi teknik didefinisikan sebagai cara untuk memahami respons sebuah sistem mekanik yang kompleks jika diberi beban dengan menggunakan pendekatan komputasi, salah satunya finite element maupun finite volume. Beban di sini dapat berarti sebuah beban yang sekali datang, beban kejut, maupun beban gradual terus menerus. Sebuah benda yang diam atau tidak mengalami percepatan pun bisa jadi mengalami beban. Respons sesuatu terhadap beban sendiri sesungguhnya tidak linier, rumus-rumus eksak yang ada kebanyakan merupakan linearisasi dari kondisi sesungguhnya yang belum tentu selalu benar. Mata kuliah komputasi teknik membahas metode lain memecahkan masalah-masalah yang sesungguhnya tidak dapat dihitung menggunakan cara eksak yang cenderung linier. Namun demikian, metode ini pun memiliki batasan, yaitu seluruh perhitungan dianggap sesuatu yang berhingga dan berdigit (finite), padahal kuasa Tuhan menciptakan alam semesta adalah tak berhingga, atau infinite. Setelah mengikuti mata kuliah komputasi teknik, mahasiswa diharapkan memenuhi dua kriteria yang ditetapkan, yaitu:
  
1. Memahami dan mampu mempraktekkan konsep aritmatika, flow-chart, dan '''[[pemodelan]] matematika''', algoritma, parsial, differensial, error, dll
+
1. Memahami dan mampu mempraktekkan konsep aritmatika, flow-chart, dan '''[[Pemodelan/Modelling (Oleh : Athoillah Azadi)]] matematika''', algoritma, parsial, differensial, error, dll
  
 
2. Menjadi lebih tahu diri mahasiswa melalui tingkat pemahaman, konsep infinite yang dipraktekkan dalam pelajaran kaitannya untuk memahami konsep keimanan pada Tuhan.
 
2. Menjadi lebih tahu diri mahasiswa melalui tingkat pemahaman, konsep infinite yang dipraktekkan dalam pelajaran kaitannya untuk memahami konsep keimanan pada Tuhan.
  
  
----
 
  
== '''PEMODELAN ([[MODELING]])''' ==
+
== '''PEMODELAN''' ==
  
  
 
'''Pemodelan''' adalah sebuah proses penyederhanaan dari sebuah sistem yang rumit. Tujuan pemodelan adalah untuk mempelajari behaviour dari target masalah yang dikaji. Misal dalam permasalahan perencanaan jembatan di selat Sunda yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Sumatera, maka dilakukan simplifikasi dalam pemodelannya. Hal ini dilakukan simplifikasi khususnya factor dominan yang mempengaruhi konstruksi dan keamanan dari jembatan yang akan dibuat, factor dominan tersebut adalah kecepatan dan arah angin yang berpotensi membebani struktur jembatan tersebut.  
 
'''Pemodelan''' adalah sebuah proses penyederhanaan dari sebuah sistem yang rumit. Tujuan pemodelan adalah untuk mempelajari behaviour dari target masalah yang dikaji. Misal dalam permasalahan perencanaan jembatan di selat Sunda yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Sumatera, maka dilakukan simplifikasi dalam pemodelannya. Hal ini dilakukan simplifikasi khususnya factor dominan yang mempengaruhi konstruksi dan keamanan dari jembatan yang akan dibuat, factor dominan tersebut adalah kecepatan dan arah angin yang berpotensi membebani struktur jembatan tersebut.  
  
'''Komputasi Teknik''' adalah suatu pelajaran yang memiliki tujuan membekali diri dengan pengetahuan untuk menyelesaikan permasalahan Teknik dengan metode pemodelan/modeling. Misal pada permasalahan perancangan dan pembuatan jembatan, dilakukan dengan memodelkan secara numerik. Komputasi Teknik dimulai dari adanya permasalahan (problem). Dalam memahami masalah yang akan diselesaikan, tahap pertama adalah melakukan analisis awal (pemikiran awal). Pemikiran awal merupakan suatu hipotesis, yaitu sebuah tesis yang belum ''firmly accepted'' yang akan dibuktikan dengan percobaan.
+
Pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada link [[Pemodelan/Modelling (Oleh : Athoillah Azadi)]]
 
 
 
 
 
 
----
 
'''Tahap-tahap pemodelan'''
 
 
 
1. Menentukan permasalahan
 
 
 
2. Melakukan analisis awal (pemikiran awal). Dalam tahap ini dilakukan asumsi-asumsi yang berupa hipotesis untuk dibuktikan dalam percobaan.
 
 
 
3. Algoritma
 
 
 
4. Model Komputasi
 
 
 
5. Eksekusi model (simulasi)
 
 
 
6. Hasil perhitungan
 
 
 
7. Report
 
 
 
 
 
 
'''Komputasi Teknik''' dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu atau mendapatkan ilmu, sehingga pada akhirnya memperoleh pemahaman dengan akal bahwa hasil yang diperoleh dari pembelajaran tersebut bermanfaat/berguna bagi diri sendiri, bukan untuk Tuhan (karena Tuhan memiliki sifat infinite).
 
Ilmu mekanik adalah disiplin ilmu yang mempelajari gerak laku sebuah benda. material disini memiliki arti luas tidak terbatas pada material logam, tapi seluruh material baik tubuh manusia, angina, tumbuhan dan seterusnya. Sebuah gaya adalah tarikan atau dorongan. jadi mekanikal bisa berbentukfisik atau non fisik. Dalam fisik, gaya berlaku pada suatu materi.
 
 
 
'''''Contoh Kasus''''' : Salah satu tantangan dalam desain adalah menghasilkan desain yang kuat, tahan lama, dan ekonomis. Misal dalam kasus pembuatan pondasi bangunan rumah panggung. Parameter dari desain pondasi tersebut adalah tahan lama, kuat, dan ekonomis. Hal ini disebut dengan structure integrity, dimana integrity disini bermakna struktur yang didesain bersifat kuat, tahan lama, dan ekonomis, dengan mengikuti batas ijin dan memasukkan FOS (Factor of Safety)
 
 
 
----
 
  
 
== '''KONSEP INFINITE''' ==
 
== '''KONSEP INFINITE''' ==
  
  
Definisi dari simbol tak hingga (Infinity) adalah sebuah konsep abstrak yang menggambarkan sesuatu yang tanpa batas dan relevan dalam sejumlah bidang, terutama matematika dan fisika. Tak hingga (Infinity) itu dalam daftar simbol matematika yang telah diorganisir menurut jenis simbolnya termasuk ke dalam daftar simbol bukan huruf yang lain dan merupakan kategori bilangan. Namun, ada beberapa yang berpendapat bahwa tak hingga bukan benar-benar bilangan. Tak berlaku seperti bilangan yang biasa kita gunakan. Bilangan yang kita gunakan seluruhnya memiliki akhir, tetapi tak hingga tidak memilikinya. Beberapa orang juga ada yang berpendapat bahwa tak hingga ialah tiap bilangan (kecuali 0) yang dibagi oleh 0 sehingga bernilai tak hingga.
+
Simbol tak hingga (Infinity) adalah sebuah konsep abstrak yang menggambarkan sesuatu yang tanpa batas dan relevan dalam sejumlah bidang, terutama matematika dan fisika. Tak hingga (Infinity) itu dalam daftar simbol matematika yang telah diorganisir menurut jenis simbolnya termasuk ke dalam daftar simbol bukan huruf yang lain dan merupakan kategori bilangan. Namun, ada beberapa yang berpendapat bahwa tak hingga bukan benar-benar bilangan. Tak berlaku seperti bilangan yang biasa kita gunakan. Bilangan yang kita gunakan seluruhnya memiliki akhir, tetapi tak hingga tidak memilikinya. Beberapa orang juga ada yang berpendapat bahwa tak hingga ialah tiap bilangan (kecuali 0) yang dibagi oleh 0 sehingga bernilai tak hingga.
  
Dalam wikipedia, bahwa tak hingga atau ananta yang sering ditulis ∞, ialah bilangan yang lebih besar dari pada tiap-tiap yang kemungkinan dapat dibayangkan. Oleh Aria Turn, tak hingga atau infinity yang dinotasikan ∞  (diambil dari kata latin “infinitas” yang artinya tak terbatas/ unbounded) adalah sebuah konsep BUKAN bilangan atau angka seperti yang disangka banyak orang. Dalam matematika ∞ adalah “sesuatu” yang lebih besar dari bilangan manapun tetapi sesuatu itu BUKAN bilangan,  dengan kata lain tidak ada bilangan yang lebih besar dari ∞. Karena ∞ bukan sebuah bilangan maka ∞ tidak ganjil, tidak genap, dan tidak juga prima. Tak hingga juga dapat didefinisikan sebagai bilangan yang tak dapat terhitung besarnya atau tak terbatas dan bilangan itu bukan bilangan real, maka dari itu digunakanlah simbol tak hingga (∞) sebagai tanda nilai yang tak terhitung besarnya.
+
Pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada link [[Konsep Infinite (Oleh : Athoillah Azadi)]]
  
 +
== '''PENJELASAN PERTANYAAN BERAPA NILAI (X^2-1)/(X-1)? JIKA X=1''' ==
  
'''Penggunaan simbol tak terhingga'''
+
Persamaan ((x^2-1))/((x-1)) adalah tidak terdefinisi saat x=1, karena 0/0 adalah tak tentu (indeterminate). Tapi, jika dinyatakan sebagai suatu fungsi f(x)=((x^2-1))/((x-1)) adalah terdefinisi saat x≠1, dan tidak terdefinisi saat x=1, dengan domain definisi adalah R \ {1}. Dari pada menyelesaikannya untuk x = 1.
Simbol tak terhingga itu merupakan suatu “angka” yang dapat dioperasionalkan dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, namun hasilnya tidak berubah selain daripada dirinya sendiri. “Angka” itu merupakan angka yang bukan angka, tetapi dianggap sebagai perwakilan sebuah angka namun tidak memiliki prinsip sebagai angka (baca: nilai). Sebagai prinsip, simbol tak-terhingga ini menjadi satu bentuk sebagai paradoks ditengah-tengah angka yang terhingga.
 
  
 +
Penjelasan secara lengkap dapat diakses melalui link [[PENJELASAN PERTANYAAN BERAPA NILAI (X^2-1)/(X-1)? JIKA X=1 (Oleh : Athoillah Azadi)]]
  
'''Penggunaan Simbol Infinity Tak Terhingga ∞ dalam Matematika'''
+
== '''ANALISIS PONDASI RUMAH PANGGUNG''' ==
  
Dalam matematika, simbol infinity digunakan lebih sering untuk mewakili potensi infinity, daripada untuk mewakili kuantitas yang sebenarnya tak terbatas seperti nomor urut dan nomor kardinal (yang menggunakan notasi lainnya). Misalnya, dalam notasi matematika untuk penjumlahan dan batasan seperti  dalam Rumus Kalkulus – Limit, Turunan, Integral, Teorema Dasar, Deret Geometri atau Deret Ukur, Rumus Trigonometri Invers (arckosinus, arctangen, arckotangen, arcsekan, arckosekan), Teorema Dasar Kalkulus dan masih banyak lagi.
 
  
 +
Salah satu jenis pondasi rumah yang banyak dipakai di Indonesia, khususnya pada konstruksi rumah adat atau tradisional adalah pondasi berbentuk trapezoidal pada rumah panggung. Pada pondasi tersebut berfungsi menopang seluruh beban bangunan di bagian atas rumah, baik beban stasis/mati maupun beban dinamis.
  
'''Tak Terhingga ∞ sebagai Manifestasi Tuhan'''
+
Adapun simulsi gaya yang bekerja pada tiap pondasi dapat dilihat pada link [https://drive.google.com/file/d/17g0NlDT9IqOfPSX92wxe7UV-UWaX0zqo/view?usp=sharing] ini atau [[Analisis Pondasi Rumah Panggung (Oleh : Athoillah Azadi)]] dimana akan dilakukan simulasi menggunakan software EES.
  
Setiap individu mempunyai bayangan mengenai Tuhan, Allah Swt. Ia dapat bersifat sementara, lama, kabur, jelas, berulang, atau bahkan bayangan yang langsung gaib ketika dilihat. Adanya alam semesta beserta seluruh isinya merupakan bukti adanya Tuhan yang menciptakannya. Keajaiban alam semesta menunjukkan kebesaran Allah. Tiada satupun yang ada di alam ini dapat hadir tanpa adanya Allah. Segala sesuatu di alam ini, yang merupakan perkembangan kehidupan alam semesta sejak pertama kali diciptakan hingga hari akhirnya merupakan manifestasi adanya Allah. Marilah kita menggambarkan hal di atas dengan bahasa matematika, dengan konsep barisan dan deret. Lihatlah persamaan-persamaan berikut: atau
+
== '''OPTIMASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN RUMAH ==
  
  
1/2=1− 1/2
+
Analisis biaya pembangunan rumah dinyatakan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pengertian RAB adalah perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan atau proyek tertentu. Untuk  menghitung rincian biaya pembangunan sebuah rumah, maka secara detail dapat dibuka link [https://ccitonline.com/wiki/index.php/Analisis_Biaya_Pembangunan_Rumah_oleh_Athoillah_Azadi] ini [[Analisis Biaya Pembangunan Rumah oleh Athoillah Azadi]]
  
1/4=1/2−1/4
 
  
1/8=1/4−1/8
+
=='''QUIZ 1 : MODEL KOMPUTASI BANGUNAN UNTUK USAHA PENYEWAAN RUMAH/KAMAR'''==
  
1/2 n =(1/2n−1)- (1/2n)
+
Berikut analisis pembangunan untuk usaha hotel/homestay dapat dilihat pada link [[Quiz Komputasi Teknik 1 (Oleh : Athoillah Azadi)]]
  
  
Jika kedua kolom pada sisi kiri kita tambahkan tentunya kan sama dengan penjumlahan kolom pada sisi kanan, sehingga diperoleh
 
  
 +
=='''ANALISIS STRUKTUR RUMAH DUA LANTAI MENGGUNAKAN PROGRAM SAP2000'''==
  
½+ ¼+ 1/6+ … + ½^n = 1- ½
+
Seri Program SAP merupakan salah satu program analisis dan perancangan struktur yang telah dipakai secara luas di seluruh dunia, di mana program ini adalah hasil penelitian dan pengembangan oleh tim dari University of California, Berkeley di bawah pimpinan Prof. Edward L. Wilson selama lebih dari 25 tahun.
 +
Peluncuran program pertama kali sejak tahun 1970, dengan versi awal merupakan program berbasis teks (DOS). Input dimasukkan lewat teks dengan format tertentu yang kemudian dianalisis dan bisa ditampilkan hasilnya ataupun dilakukan pemeriksaan model struktur baik dalam bentuk teks maupun grafis, walau demikian perubahan terhadap model tetap harus dilakukan pada teks input data, tidak langsung pada tampilan grafisnya.
  
 +
Setelah versi SAP90, mulai dipasarkan versi SAP2000 yang sudah berbasis grafis dan beroperasi dalam sistem Windows. Dengan sistem yang sudah berbasis grafis ini maka proses pembuatan model, pemeriksaan, tampilan hasil sampai pada perancangan dapat dilakukan secara interaktif langsung terhadap gambar model di layar, walaupun versi ini juga bisa menerima input data teks. Kepraktisan tersebut membuat SAP2000 menjadi lebih familier dan user-friendly bagi penggunanya.
  
Andaikata kita membuat n menjadi sedemikian besar hingga kita pun tidak dapat menghitungnya maka 1/2n akan menjadi sangatlah kecil atau mendekati nol dibandingkan dengan kesatuan. Bahkan sebenarnya, setelah proses pembesaran nilai n berjalan cukup lama namun jumlah akhir seluruhnya dari deret bilangan itu akan hanya sedikit lebih besar dari nol dibandingkan dengan kesatuan. Hal ini telah dibuktikan pada kalkulus matematika dengan konsep limit tak terhingga yaitu:
+
Dalam SAP2000, proses analisis dan desain dapat dilakukan langsung dalam satu program yang terintegrasi sehingga memudahkan pekerjaan. Setelah analisis selesai dilakukan dan didapat hasil yang benar selanjutnya dapat langsung dilakukan desain struktur untuk memperoleh dimensi profil atau tulangan baja yang mencukupi. Analisis ulang dan redesain juga dapat dengan cepat dan mudah dilakukan kembali.
  
 +
langkah-langkah memulai program SAP2000 dalam salah satu contoh pembuatan struktur bangunan dua lantai menggunakan I beam dapat dilihat pada link ini [https://drive.google.com/file/d/1IxPbmTzcwHhigIOAcMd-NP5f6bvB0QYP/view?usp=sharing]  atau https://drive.google.com/file/d/1IDbTGKe36VH-1kmnrmjAxWH-KK8kvFek/view?usp=sharing
  
lim n ∞ 1/(2^n) = 0
+
File SAP2000 program tersebut ada di sini [https://drive.google.com/file/d/1TizPTlr_2Xvu1murXZzi2P7Ssz_Qvzul/view?usp=sharing] atau https://drive.google.com/file/d/1sSh_dXmlM3q9NLf_fF7LsyaKYIaFru1Z/view?usp=sharing
  
 +
File hasil analisis disini https://drive.google.com/file/d/10-GM3tGFRNWJaG8DZC2-LOv3VO_b-Yvo/view?usp=sharing
  
Oleh karena itu dapatlah dikatakan bahwa jika nilai n sebesar tak terhingga, maka deret bilangannya menjadi
 
  
 +
=='''PEMODELAN RANGKA ATAP (TRUSS) DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM FRAME3DD'''==
  
½+ ¼+ 1/16+ … + ½^n = 1
+
Salah satu program yang dapat digunakan untuk menganalisis struktur (misal analisa rangka atap/truss sebuah bangunan) adalah Program Frame 3dd. Untuk melakukan analisa truss menggunakan program frame 3dd dilakukan dengan melakukan rekayasa program (coding). Coding ini akan membantu dalam melakukan pengolahan pada 3DD Frame. Coding dibuat dalam bentuk file .csv. Pada file tersebut terdapat beberapa keterangan diantaranya :
  
  
Dengan penalaran serupa dapat pula ditunjukkan bahwa:
+
1. Jumlah Node dan koordinat tiap node pada desain atap
  
  
½ = ¼+ 1/8+ 1/16+ …
+
2. Constraint dari atap tersebut, dimana pada simuasi ini constrint diletakan pada seluruh node pada bagian bawah
  
¼ = 1/8+ 1/16+ 1/32 + …
 
  
1/8 = 1/16+ 1/32 + 1/64 +…
+
3. Jumlah frame yang terdapat pada desain atap, ditambah dengan beberapa informasi seperti: besar luas penampang dari tiap frame, inersia frame, modulus elastisitas, modulus geser dan massa jenis
  
1/16 = 1/32 + 1/64 + 1/128 + …
 
  
 +
4. Arah dan gaya gravitasi yang bekerja pada model uji
  
atau
 
  
 +
5. Jumlah kasus pembebanan statis yang dialami oleh model uji
  
1/(2^n) = 1/(2^(n+1))+ 1/(2^(n+2))+ 1/(2^(n+3))+…
 
  
 +
Artikel lengkap dapat dilihat pada link berikut [[Media:Frame3dd_model_rangka]]
  
Hasil dari penjumlahan di atas membuktikan bahwa kesatuan itu sama dengan jumlah bagian-bagian dari barisan bilangan ini :
 
  
 +
Sedangkan file coding untuk melakukan analisa truss atap dapat dilihat pada link berikut [[File:coding_rangka]]
  
½ , ¼, 1/6, …, 1/(2^n)
 
  
  
Jika n semakin besar tak terhingga maka setiap bagian dalam barisan bilangan ini akan sama dengan penjumlahan semua bagian yang mengikutinya dalam barisan bilangan tersebut. Pemikiran demikian membuktikan secara matematis bahwa suatu keseluruhan (Kesatuan) dapat dikembangkan menjadi sederet bilangan bagian dan deret bilangan itu dapat dijadikan deret bilangan yang tak terhinga ataupun terbatas menurut kehendak kita, karena persamaan
 
  
 +
==PEMODELAN STRUKTUR BEAM BANGUNAN 2 LANTAI MENGGUNAKAN PROGRAM FRAME3DD==
  
½ + ¼+ 1/6+ … + 1/(2^n) = 1 - 1/(2^n)
+
===a. Artikel lengkap ===
 +
dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1HEP5c8ojEgaW20qjgkxExbch44etGM9i/view?usp=sharing
  
 +
===b. File input CSV ===
 +
dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1Ij1vGCSOxWby_hfJ5VlwQIaGQTs2BuAC/view?usp=sharing
  
akan berlaku untuk semua n bilangan natural (asli). Tetapi jika n dibuat menjadi tak terhingga, maka jumlah dari bagian yang terbatas dari akhir deret bilangan, yaitu
+
===c. File output===
 +
dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1IkDzBM8mBrJmi_2sHszEU-wJK1d7CcET/view?usp=sharing
  
 +
===d. Tampilan gnulpot===
 +
dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1UPYHkVk2wSMEQNYiGNZhodlpkgQ5UjsX/view?usp=sharing
  
1/(2^n) = 1/(2^(n+1))+ 1/(2^(n+2))+ 1/(2^(n+3))+…
+
==PEMODELAN STRUKTUR BALOK BENTANGAN 6 METER MENGGUNAKAN PROGRAM FRAME3DD==
  
  
tidak akan mempengaruhi nilai akhir secara keseluruhannya. Dengan kata lain, sebuah deret bilangan akhir itu tidak akan mengubah nilai keseluruhannya, karena nilainya mendekati nol dibandingkan dengan kesatuan.
+
a. Materi diskusi perkuliahan : Review konsep dinamika dan aplikasinya
  
Dengan teorema kalkulus limit dibuktikan bahwa
+
Konsep : adalah abstraksi dari ide yang dikemukakan pada suatu peristiwa. Dinamika : adalah lmu yang mempelajari gerak dengan menganalisis seluruh penyebab yang menyebabkan terjadinya gerak tersebut. Contoh dinamika adalah penghitungan jatuh sebuah benda yang memperhatikan perlambatan yang disebabkan oleh tekanan udara. Untuk mempelajari suatu dinamika, maka dibuatlah suatu asumsi, dengan harapan mempermudah dalam proses menganalisa.
  
 +
Pada peristiwa pegas-massa berlaku hukum kesetimbangan momentum. Hukum kesetimbangan gaya mengatakan bahwa pada saat benda ditarik maka terjadi gaya reaksi dari pegas yang sama denga gaya tariknya. Ketika benda tersebut dilepaskan, maka terjadi kecepatan yang dinamis/tidak konstant. Hukum Hooke menyebutkan bahwa F = k.dx. Akan tetapi ketika benda tersebut telah mencapai pada kecepatan 0 setelah dilepaskan, maka yang terjadi adalah gaya inersia yaitu gaya kelembaman sehingga pegas memantulkan kembali benda tersebut berkebalikan arah, bolak-balik, hingga seimbang dan benda tersebut diam. Sehingga persamaan terakhir yang terjadi adalah
  
lim n ∞ 1/(2^n) = lim n ∞ (1/(2^(n+1))+ 1/(2^(n+2))+ 1/(2^(n+3))+…)
+
X - (k/m)x = 0
  
= lim n ∞ 1/(2^(n+1)) + lim n ∞ 1/(2^(n+2))+ lim n ∞ 1/(2^(n+3))+…
+
Komputasi teknik pada dasarnya adalah mempelajari suatu fenomena keteknikan terutama terkait dengan dimensi waktu. Komputasi teknik berisi pemodelan dengan cara simplifikasi berbagai fenomena untuk memudahkan proses analisis.
  
= lim n ∞ 1/2(2^n) + lim n ∞ 1/(2^2 (2^n))+ lim n ∞ 1/(2^3(2^n))+…
+
b. Artikel "Analisis balok bentangan 6 meter" lengkap dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1PAnTK-lJP1-aCDmFsbNugkVMLYRZdopV/view?usp=sharing atau di https://drive.google.com/file/d/14ZOFfJCEGi7lMypKuKa0T7eqa0avtPlz/view?usp=sharing
  
= ½ (lim n ∞ 1/(2^n)) + ¼ (lim n ∞ 1/(2^n)) + 1/8 (lim n ∞ 1/(2^n)) +…
+
c. File input CSV "Analisis balok bentangan 6 meter" dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1iQzn_UhY4SfHVF883AY988X1fsch_EQc/view?usp=sharing
  
= ½ (0) + ¼ (0) + 1/8 (0) + …
+
d. File output "Analisis balok bentangan 6 meter" dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1B1_QXKEYm296AjcjDOFmIKKkvP8DbXGr/view?usp=sharing
  
= 0
+
e. Tampilan gnulpot "Analisis balok bentangan 6 meter" dapat dilihat pada link berikut
 +
https://drive.google.com/file/d/1IfOt9BHcDIHXVP3jI55EG1FFS4EbOEJe/view?usp=sharing
  
  
Artinya, masing-masing nol itu adalah nol hanya jika dibandingkan dengan kesatuan. Jika nilai itu berdiri sendiri maka ia adalah nilai ganda dari nol. Seperti halnya nilai 12 adalah nilai ganda dari 14 , yaitu 12 = 2(14), dan 14 adalah nilai ganda dari 18 , dan seterusnya. Jadi secara komparatif dapatlah dikatakan bahwa nol juga merupakan nilai.
 
  
 +
== Pertemuan ke 8 (25 Maret 2018) ==
  
Deret bilangan
+
1. Pemahaman konsep tentang ujian
  
  
½ + ¼+ 1/6+ … + 1/(2^n) + … = 1
+
== Pertemuan ke 11 (15 April 2019) ==
  
 +
[[Tema : Aplikasi Komputasi Teknik dalam Desain dan Analisis "Zero Energy Building (ZEB) oleh Athoillah]]
  
sangatlah sederhana tetapi sangat berguna. Ia menunjukkan bahwa suatu keseluruhan dapat dikembangkan menjadi sejumlah bagian dan masing- masing bagian itu merupakan bagian dari kesatuan, tetapi kesatuan itu berada di luar semua bagian-Nya namun mencakup semua bagian-Nya. Kita tidak menyatakan bahwa Allah atau Kenyataan itu serupa dengan deret bilangan itu. Dia sudah jelas diperluas menjadi banyak deret bilangan. Cukuplah dikatakan bahwa Dia mampu, jika ingin, untuk memberikan keinginan-Nya yang tak terhingga kepada semua makhluk-Nya dan tetap merupakan suatu keutuhan yang tak akan pudar sebanyak apapun Allah menciptakan makhluk-Nya dan sampai kapanpun. Dengan deret bilangan di atas dapatlah ditafsirkan bahwa Allah hanya memerlukan untuk mengatakan dan dari makhluk-Nya untuk menyatakan “jadilah” dan sesuatu itupun terjadi, sebagaimana dalam ayat-ayat al Qur’an, diantaranya adalah:
 
  
 +
== Pertemuan ke 15 (6 Mei 2019) ==
  
“Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia.” (QS:36:82)
 
  
 +
=== Pembahasan progress Tugas Besar ===
  
“Sesungguhnya perkataan Kami terhadap sesuatu apabila Kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan kepadanya: "kun (jadilah)", maka jadilah ia.” (QS:16:40)
+
Pembahasan simulasi udara pada bangunan bertingkat dengan konsep ZEB menggunakan software cfdsof dapat dilihat pada link youtube berikut
  
 +
====Simulasi 1 ====
 +
link channel : https://youtu.be/NpxwxLuEFPo
  
“Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): "Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: "Jadilah", lalu jadilah dia.” (QS:3:47)
+
====Simulasi 2====
 +
link channel : https://youtu.be/KI7dx-6xgHo
  
 +
====Simulasi 3====
 +
link channel : https://youtu.be/5dxZS6WRDVY
  
“Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan, maka apabila Dia menetapkan sesuatu urusan, Dia hanya bekata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia.” (QS:40:68)
 
 
 
 
 
----
 
 
== '''PENJELASAN PERTANYAAN BERAPA NILAI (X^2-1)/(X-1)? JIKA X=1''' ==
 
 
 
 
Persamaan ((x^2-1))/((x-1)) adalah tidak terdefinisi saat x=1, karena 0/0 adalah tak tentu (indeterminate). Tapi, jika dinyatakan sebagai suatu fungsi f(x)=((x^2-1))/((x-1)) adalah terdefinisi saat x≠1, dan tidak terdefinisi saat x=1, dengan domain definisi adalah R \ {1}. Dari pada menyelesaikannya untuk x = 1, mari kita coba mendekatinya lebih dekat dan lebih dekat:
 
 
{| class="wikitable"
 
|-
 
!x!!                              (x^2 − 1)/ (x − 1)!
 
|-
 
|0.5||                            1.50000
 
|-
 
|0.9||                            1.90000
 
|-
 
|0.99||                          1.99000
 
|-
 
|0.999||                        1.99900
 
|-
 
|0.9999 ||                      1.99990
 
|-
 
|0.99999||                    1.99999
 
|-
 
|…||                                      …
 
|}
 
 
 
Sekarang kita tahu bahwa saat x mendekati 1 maka ((x^2-1))/((x-1)) mendekati 2.
 
 
Jika kita dekati dari sisi sebelahnya, nilainya juga mendekati 2.
 
 
 
{| class="wikitable"
 
|-
 
!x !!                                    (x^2 − 1)/ (x − 1)!
 
|-
 
|1.5||                                    2.50000
 
|-
 
|1.1 ||                                    2.10000
 
|-
 
|1.01 ||                                  2.01000
 
|-
 
|1.001 ||                                2.00100
 
|-
 
|1.0001 ||                              2.00010
 
|-
 
|1.00001 ||                            2.00001
 
|-
 
|…              ||                              …
 
|}
 
 
 
Sekarang kita mempunyai 2 kondisi: Saat x=1 kita tidak tahu jawabannya (indeterminate) Tapi dapat dilihat bahwa nilainya mendekati 2
 
 
Saat kita akan menjawab 2 tidak bisa, jadi dalam matematika disebut limit, yaitu Limit fungsi f(x) mendekati 1. Sehingga dapat ditulis menjadi:
 
 
 
 
lim(x→1)⁡=〖(x^2-1)/(x-1)〗=lim(x→1)⁡〖((x-1)(x+1))/(x-1)〗=lim(x→1) (x+1)=2
 
 
 
 
Jadi itu adalah cara khusus untuk mengatakan, "mengabaikan apa yang terjadi ketika kita sampai di sana, tetapi ketika kita semakin dekat dan semakin dekat jawabannya semakin dekat ke 2".
 
 
Jadi, sebenarnya, kita tidak bisa mengatakan apa nilai di x = 1. Tetapi kita dapat mengatakan bahwa ketika kita mendekati 1, batasnya adalah 2.
 
 
 
 
----
 
 
== '''ANALISIS PONDASI RUMAH PANGGUNG''' ==
 
 
 
Salah satu jenis pondasi rumah yang banyak dipakai di Indonesia, khususnya pada konstruksi rumah adat atau tradisional adalah pondasi berbentuk trapezoidal pada rumah panggung. Pada pondasi tersebut berfungsi menopang seluruh beban bangunan di bagian atas rumah, baik beban stasis/mati maupun beban dinamis.
 
 
Adapun simulsi gaya yang bekerja pada tiap pondasi dapat dilihat pada link [https://drive.google.com/file/d/17g0NlDT9IqOfPSX92wxe7UV-UWaX0zqo/view?usp=sharing] ini atau [[Analisis Pondasi Rumah Panggung (Oleh : Athoillah Azadi)]] dimana akan dilakukan simulasi menggunakan software EES.
 
 
== '''OPTIMASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN RUMAH ==
 
 
 
Analisis biaya pembangunan rumah dinyatakan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pengertian RAB adalah perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan atau proyek tertentu. Untuk  menghitung rincian biaya pembangunan sebuah rumah, maka secara detail dapat dibuka link [https://ccitonline.com/wiki/index.php/Analisis_Biaya_Pembangunan_Rumah_oleh_Athoillah_Azadi] ini [[Analisis Biaya Pembangunan Rumah oleh Athoillah Azadi]]
 
  
  
 +
=== Diskusi ===
  
 +
tujuan dari setiap pelajaran adalah untuk lebih memahami/mengenal diri sendiri. Termasuk disini adalah pelajaran komputasi teknik untuk melakukan simulasi. Simulasi dibentuk berdasarkan prasangka/dugaan awal. dimana dugaan awal tersebut didasarkan pada asumsi-asumsi. kemiripan hasil simulasi dengan kondisi sebenarnya tergantung pada akurasi asumsi-asumsi yang digunakan.
  
'''Referensi'''
+
== Referensi==
  
  

Latest revision as of 10:10, 12 May 2019


MATA KULIAH KOMPUTASI TEKNIK


NPM : 1806244351

PEMINATAN : PERANCANGAN DAN MANUFAKTUR PRODUK


FOTO ATOK3.jpg


KONSEP AKAL DAN BERAKAL

Manusia diciptakan Tuhan dengan kesempurnaan tersendiri dibandingkan dengan makhluk lainya, dimana dibekali akal dan budi. Secara linguistik, kata akal (al-‘aql) dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi reason, intelligence, intellect, understanding, dan intellectual powers. Banyaknya kata yang digunakan untuk menerjemahkan kata al-‘aql menunjukkan kompleksitas makna kata asal tersebut.

Pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada link Konsep Akal dan Berakal (Oleh : Athoillah Azadi)

KONSEP KEBENARAN

Manusia sebagai mahluk pencari kebenaran dalam perenungannya akan menemukan tiga bentuk eksistensi yaitu agama, ilmu pengetahuan dan filsafat. Agama mengantarkan pada kebenaran sejati sedangkan ilmu pengetahuan dan filsafat membuka jalan untuk mencari kebenaran sejati tersebut. Sebagai mahluk yang dinamis manusia selalu berusaha menemukan kebenaran. Beberapa cara ditempuh untuk memperoleh kebenaran, antara lain dengan menggunakan rasio seperti para rasionalis dan melalui pengalaman atau empiris. Pengalaman-pengalaman yang diperoleh manusia membuahkan prinsip-prinsip yang lewat penalaran rasional, kejadian-kejadian yang berlaku di alam itu dapat dimengerti.

Pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada link Konsep Kebenaran (Oleh : Athoillah Azadi)

TUJUAN PELAJARAN KOMPUTASI TEKNIK

Mata kuliah komputasi teknik didefinisikan sebagai cara untuk memahami respons sebuah sistem mekanik yang kompleks jika diberi beban dengan menggunakan pendekatan komputasi, salah satunya finite element maupun finite volume. Beban di sini dapat berarti sebuah beban yang sekali datang, beban kejut, maupun beban gradual terus menerus. Sebuah benda yang diam atau tidak mengalami percepatan pun bisa jadi mengalami beban. Respons sesuatu terhadap beban sendiri sesungguhnya tidak linier, rumus-rumus eksak yang ada kebanyakan merupakan linearisasi dari kondisi sesungguhnya yang belum tentu selalu benar. Mata kuliah komputasi teknik membahas metode lain memecahkan masalah-masalah yang sesungguhnya tidak dapat dihitung menggunakan cara eksak yang cenderung linier. Namun demikian, metode ini pun memiliki batasan, yaitu seluruh perhitungan dianggap sesuatu yang berhingga dan berdigit (finite), padahal kuasa Tuhan menciptakan alam semesta adalah tak berhingga, atau infinite. Setelah mengikuti mata kuliah komputasi teknik, mahasiswa diharapkan memenuhi dua kriteria yang ditetapkan, yaitu:

1. Memahami dan mampu mempraktekkan konsep aritmatika, flow-chart, dan Pemodelan/Modelling (Oleh : Athoillah Azadi) matematika, algoritma, parsial, differensial, error, dll

2. Menjadi lebih tahu diri mahasiswa melalui tingkat pemahaman, konsep infinite yang dipraktekkan dalam pelajaran kaitannya untuk memahami konsep keimanan pada Tuhan.


PEMODELAN

Pemodelan adalah sebuah proses penyederhanaan dari sebuah sistem yang rumit. Tujuan pemodelan adalah untuk mempelajari behaviour dari target masalah yang dikaji. Misal dalam permasalahan perencanaan jembatan di selat Sunda yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Sumatera, maka dilakukan simplifikasi dalam pemodelannya. Hal ini dilakukan simplifikasi khususnya factor dominan yang mempengaruhi konstruksi dan keamanan dari jembatan yang akan dibuat, factor dominan tersebut adalah kecepatan dan arah angin yang berpotensi membebani struktur jembatan tersebut.

Pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada link Pemodelan/Modelling (Oleh : Athoillah Azadi)

KONSEP INFINITE

Simbol tak hingga (Infinity) adalah sebuah konsep abstrak yang menggambarkan sesuatu yang tanpa batas dan relevan dalam sejumlah bidang, terutama matematika dan fisika. Tak hingga (Infinity) itu dalam daftar simbol matematika yang telah diorganisir menurut jenis simbolnya termasuk ke dalam daftar simbol bukan huruf yang lain dan merupakan kategori bilangan. Namun, ada beberapa yang berpendapat bahwa tak hingga bukan benar-benar bilangan. Tak berlaku seperti bilangan yang biasa kita gunakan. Bilangan yang kita gunakan seluruhnya memiliki akhir, tetapi tak hingga tidak memilikinya. Beberapa orang juga ada yang berpendapat bahwa tak hingga ialah tiap bilangan (kecuali 0) yang dibagi oleh 0 sehingga bernilai tak hingga.

Pembahasan lebih lengkap dapat dilihat pada link Konsep Infinite (Oleh : Athoillah Azadi)

PENJELASAN PERTANYAAN BERAPA NILAI (X^2-1)/(X-1)? JIKA X=1

Persamaan ((x^2-1))/((x-1)) adalah tidak terdefinisi saat x=1, karena 0/0 adalah tak tentu (indeterminate). Tapi, jika dinyatakan sebagai suatu fungsi f(x)=((x^2-1))/((x-1)) adalah terdefinisi saat x≠1, dan tidak terdefinisi saat x=1, dengan domain definisi adalah R \ {1}. Dari pada menyelesaikannya untuk x = 1.

Penjelasan secara lengkap dapat diakses melalui link PENJELASAN PERTANYAAN BERAPA NILAI (X^2-1)/(X-1)? JIKA X=1 (Oleh : Athoillah Azadi)

ANALISIS PONDASI RUMAH PANGGUNG

Salah satu jenis pondasi rumah yang banyak dipakai di Indonesia, khususnya pada konstruksi rumah adat atau tradisional adalah pondasi berbentuk trapezoidal pada rumah panggung. Pada pondasi tersebut berfungsi menopang seluruh beban bangunan di bagian atas rumah, baik beban stasis/mati maupun beban dinamis.

Adapun simulsi gaya yang bekerja pada tiap pondasi dapat dilihat pada link [1] ini atau Analisis Pondasi Rumah Panggung (Oleh : Athoillah Azadi) dimana akan dilakukan simulasi menggunakan software EES.

OPTIMASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN RUMAH

Analisis biaya pembangunan rumah dinyatakan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pengertian RAB adalah perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah, serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan atau proyek tertentu. Untuk menghitung rincian biaya pembangunan sebuah rumah, maka secara detail dapat dibuka link [2] ini Analisis Biaya Pembangunan Rumah oleh Athoillah Azadi


QUIZ 1 : MODEL KOMPUTASI BANGUNAN UNTUK USAHA PENYEWAAN RUMAH/KAMAR

Berikut analisis pembangunan untuk usaha hotel/homestay dapat dilihat pada link Quiz Komputasi Teknik 1 (Oleh : Athoillah Azadi)


ANALISIS STRUKTUR RUMAH DUA LANTAI MENGGUNAKAN PROGRAM SAP2000

Seri Program SAP merupakan salah satu program analisis dan perancangan struktur yang telah dipakai secara luas di seluruh dunia, di mana program ini adalah hasil penelitian dan pengembangan oleh tim dari University of California, Berkeley di bawah pimpinan Prof. Edward L. Wilson selama lebih dari 25 tahun. Peluncuran program pertama kali sejak tahun 1970, dengan versi awal merupakan program berbasis teks (DOS). Input dimasukkan lewat teks dengan format tertentu yang kemudian dianalisis dan bisa ditampilkan hasilnya ataupun dilakukan pemeriksaan model struktur baik dalam bentuk teks maupun grafis, walau demikian perubahan terhadap model tetap harus dilakukan pada teks input data, tidak langsung pada tampilan grafisnya.

Setelah versi SAP90, mulai dipasarkan versi SAP2000 yang sudah berbasis grafis dan beroperasi dalam sistem Windows. Dengan sistem yang sudah berbasis grafis ini maka proses pembuatan model, pemeriksaan, tampilan hasil sampai pada perancangan dapat dilakukan secara interaktif langsung terhadap gambar model di layar, walaupun versi ini juga bisa menerima input data teks. Kepraktisan tersebut membuat SAP2000 menjadi lebih familier dan user-friendly bagi penggunanya.

Dalam SAP2000, proses analisis dan desain dapat dilakukan langsung dalam satu program yang terintegrasi sehingga memudahkan pekerjaan. Setelah analisis selesai dilakukan dan didapat hasil yang benar selanjutnya dapat langsung dilakukan desain struktur untuk memperoleh dimensi profil atau tulangan baja yang mencukupi. Analisis ulang dan redesain juga dapat dengan cepat dan mudah dilakukan kembali.

langkah-langkah memulai program SAP2000 dalam salah satu contoh pembuatan struktur bangunan dua lantai menggunakan I beam dapat dilihat pada link ini [3] atau https://drive.google.com/file/d/1IDbTGKe36VH-1kmnrmjAxWH-KK8kvFek/view?usp=sharing

File SAP2000 program tersebut ada di sini [4] atau https://drive.google.com/file/d/1sSh_dXmlM3q9NLf_fF7LsyaKYIaFru1Z/view?usp=sharing

File hasil analisis disini https://drive.google.com/file/d/10-GM3tGFRNWJaG8DZC2-LOv3VO_b-Yvo/view?usp=sharing


PEMODELAN RANGKA ATAP (TRUSS) DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM FRAME3DD

Salah satu program yang dapat digunakan untuk menganalisis struktur (misal analisa rangka atap/truss sebuah bangunan) adalah Program Frame 3dd. Untuk melakukan analisa truss menggunakan program frame 3dd dilakukan dengan melakukan rekayasa program (coding). Coding ini akan membantu dalam melakukan pengolahan pada 3DD Frame. Coding dibuat dalam bentuk file .csv. Pada file tersebut terdapat beberapa keterangan diantaranya :


1. Jumlah Node dan koordinat tiap node pada desain atap


2. Constraint dari atap tersebut, dimana pada simuasi ini constrint diletakan pada seluruh node pada bagian bawah


3. Jumlah frame yang terdapat pada desain atap, ditambah dengan beberapa informasi seperti: besar luas penampang dari tiap frame, inersia frame, modulus elastisitas, modulus geser dan massa jenis


4. Arah dan gaya gravitasi yang bekerja pada model uji


5. Jumlah kasus pembebanan statis yang dialami oleh model uji


Artikel lengkap dapat dilihat pada link berikut Media:Frame3dd_model_rangka


Sedangkan file coding untuk melakukan analisa truss atap dapat dilihat pada link berikut File:Coding rangka



PEMODELAN STRUKTUR BEAM BANGUNAN 2 LANTAI MENGGUNAKAN PROGRAM FRAME3DD

a. Artikel lengkap

dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1HEP5c8ojEgaW20qjgkxExbch44etGM9i/view?usp=sharing

b. File input CSV

dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1Ij1vGCSOxWby_hfJ5VlwQIaGQTs2BuAC/view?usp=sharing

c. File output

dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1IkDzBM8mBrJmi_2sHszEU-wJK1d7CcET/view?usp=sharing

d. Tampilan gnulpot

dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1UPYHkVk2wSMEQNYiGNZhodlpkgQ5UjsX/view?usp=sharing

PEMODELAN STRUKTUR BALOK BENTANGAN 6 METER MENGGUNAKAN PROGRAM FRAME3DD

a. Materi diskusi perkuliahan : Review konsep dinamika dan aplikasinya

Konsep : adalah abstraksi dari ide yang dikemukakan pada suatu peristiwa. Dinamika : adalah lmu yang mempelajari gerak dengan menganalisis seluruh penyebab yang menyebabkan terjadinya gerak tersebut. Contoh dinamika adalah penghitungan jatuh sebuah benda yang memperhatikan perlambatan yang disebabkan oleh tekanan udara. Untuk mempelajari suatu dinamika, maka dibuatlah suatu asumsi, dengan harapan mempermudah dalam proses menganalisa.

Pada peristiwa pegas-massa berlaku hukum kesetimbangan momentum. Hukum kesetimbangan gaya mengatakan bahwa pada saat benda ditarik maka terjadi gaya reaksi dari pegas yang sama denga gaya tariknya. Ketika benda tersebut dilepaskan, maka terjadi kecepatan yang dinamis/tidak konstant. Hukum Hooke menyebutkan bahwa F = k.dx. Akan tetapi ketika benda tersebut telah mencapai pada kecepatan 0 setelah dilepaskan, maka yang terjadi adalah gaya inersia yaitu gaya kelembaman sehingga pegas memantulkan kembali benda tersebut berkebalikan arah, bolak-balik, hingga seimbang dan benda tersebut diam. Sehingga persamaan terakhir yang terjadi adalah

X - (k/m)x = 0

Komputasi teknik pada dasarnya adalah mempelajari suatu fenomena keteknikan terutama terkait dengan dimensi waktu. Komputasi teknik berisi pemodelan dengan cara simplifikasi berbagai fenomena untuk memudahkan proses analisis.

b. Artikel "Analisis balok bentangan 6 meter" lengkap dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1PAnTK-lJP1-aCDmFsbNugkVMLYRZdopV/view?usp=sharing atau di https://drive.google.com/file/d/14ZOFfJCEGi7lMypKuKa0T7eqa0avtPlz/view?usp=sharing

c. File input CSV "Analisis balok bentangan 6 meter" dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1iQzn_UhY4SfHVF883AY988X1fsch_EQc/view?usp=sharing

d. File output "Analisis balok bentangan 6 meter" dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1B1_QXKEYm296AjcjDOFmIKKkvP8DbXGr/view?usp=sharing

e. Tampilan gnulpot "Analisis balok bentangan 6 meter" dapat dilihat pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1IfOt9BHcDIHXVP3jI55EG1FFS4EbOEJe/view?usp=sharing


Pertemuan ke 8 (25 Maret 2018)

1. Pemahaman konsep tentang ujian


Pertemuan ke 11 (15 April 2019)

Tema : Aplikasi Komputasi Teknik dalam Desain dan Analisis "Zero Energy Building (ZEB) oleh Athoillah


Pertemuan ke 15 (6 Mei 2019)

Pembahasan progress Tugas Besar

Pembahasan simulasi udara pada bangunan bertingkat dengan konsep ZEB menggunakan software cfdsof dapat dilihat pada link youtube berikut

Simulasi 1

link channel : https://youtu.be/NpxwxLuEFPo

Simulasi 2

link channel : https://youtu.be/KI7dx-6xgHo

Simulasi 3

link channel : https://youtu.be/5dxZS6WRDVY


Diskusi

tujuan dari setiap pelajaran adalah untuk lebih memahami/mengenal diri sendiri. Termasuk disini adalah pelajaran komputasi teknik untuk melakukan simulasi. Simulasi dibentuk berdasarkan prasangka/dugaan awal. dimana dugaan awal tersebut didasarkan pada asumsi-asumsi. kemiripan hasil simulasi dengan kondisi sebenarnya tergantung pada akurasi asumsi-asumsi yang digunakan.

Referensi

Firdaus, 2015. Konsep Al-Rububiyah (Ketuhanan) dalam Alquran. Jurnal Diskursus Islam Volume 3 Nomor 1, Tahun 2015, Hal: 102-118.

J. Ronald, 2015. Implikasi “Tak terhingga” Dalam Matematika dan Filsafat. https://jimmyronald.wordpress.com/2015/09/02/tak-terhingga-dalam-keterbatasan/

Rudy Rucker. Infinity. https://www.britannica.com/science/infinity-mathematics. https://www.mathsisfun.com/calculus/limits.html.

Sitti Trinurmi, Hakekat Dan Tujuan Hidup Manusia Dan Hubungannya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.

http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bayan/article/download/875/689