Difference between revisions of "Arnetta Idelia Hapsari"
(→UJIAN AKHIR SEMESTER) |
|||
(6 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 1: | Line 1: | ||
Arnetta Idelia Hapsari | Arnetta Idelia Hapsari | ||
1706042005 | 1706042005 | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pertemuan 1 == | ||
Metode Numerik (06 februari 2019) | Metode Numerik (06 februari 2019) | ||
Line 11: | Line 14: | ||
maka dari itu, kita sebagai mahasiswa harus berpikir dengan kritis, mendetail, dan mempertanyakan setiap hal. karena semua hal yang terjadi harus ada alasan yang jelas dan masuk akal. dengan kata lain, kita dapat menganalisis setiap masalah berdasarkan sudut pandang yang berbeda-beda dengan alasan yang masuk akal. | maka dari itu, kita sebagai mahasiswa harus berpikir dengan kritis, mendetail, dan mempertanyakan setiap hal. karena semua hal yang terjadi harus ada alasan yang jelas dan masuk akal. dengan kata lain, kita dapat menganalisis setiap masalah berdasarkan sudut pandang yang berbeda-beda dengan alasan yang masuk akal. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pertemuan 2 == | ||
+ | |||
+ | 13 februari 2019 | ||
+ | |||
+ | print ('Persamaan linear dua variabel \n ax + by = c\n px + qy = r ') | ||
+ | |||
+ | a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r =")) | ||
+ | |||
+ | |||
+ | if a == p : | ||
+ | |||
+ | i = b - q | ||
+ | j = c - r | ||
+ | y = j/i | ||
+ | x = (c -(b*y))/a | ||
+ | print("nilai y=",y,"nilai x =",x) | ||
+ | |||
+ | elif a == 0: | ||
+ | |||
+ | y = c / b | ||
+ | x = (r - (q * y)) / p | ||
+ | print("nilai y=", y, "nilai x =", x) | ||
+ | |||
+ | elif b == 0: | ||
+ | |||
+ | x = c / a | ||
+ | y = (r - (p * x)) / q | ||
+ | print("nilai y=", y, "nilai x =", x) | ||
+ | |||
+ | elif p == 0: | ||
+ | |||
+ | y = r / q | ||
+ | x = (c - (a * y)) / b | ||
+ | print("nilai y=", y, "nilai x =", x) | ||
+ | |||
+ | elif q == 0: | ||
+ | |||
+ | x = r / p | ||
+ | y = (c - (a * x)) / b | ||
+ | print("nilai y=", y, "nilai x =", x) | ||
+ | |||
+ | elif a != p : | ||
+ | |||
+ | a2= a*p | ||
+ | b2=b*p | ||
+ | c2=c*p | ||
+ | p2=p*a | ||
+ | q2=q*a | ||
+ | r2=r*a | ||
+ | i2 = b2 - q2 | ||
+ | j2 = c2 - r2 | ||
+ | y = j2 / i2 | ||
+ | x = (c - (b * y))/a | ||
+ | print("nilai y=", y, "nilai x =", x) | ||
+ | |||
+ | input() | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pertemuan 3 == | ||
+ | pada pertemuan kali ini, kami diajarkan menggunakan aplikasi python. hal yang paling dasar dapat diterapkan dalam python adalah aljabar linear. dengan kita menggunakan python ini maka dapat dikatakan kita mampu berkomunikasi dengan komputer. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pertemuan 4 == | ||
+ | |||
+ | import numpy as np | ||
+ | |||
+ | #define the matrix A | ||
+ | A=np.array ([[4,-2,1],[-2,4,-2],[1,-2,4]], float) | ||
+ | print(A) | ||
+ | |||
+ | #define the matrix B | ||
+ | B=np.array ([11,-16,17], float) | ||
+ | print (B) | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pertemuan 5 == | ||
+ | |||
+ | pondasi tersebut kuat atau tidak untuk menahan beban. kemampuan menghitung kekuatan pondasi tersebut dengan ilmu struktur. permodelan adalah mempelajari suatu sistem yang kompleks dalam aplikasi yang simpel | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Tugas FEM == | ||
+ | https://youtu.be/vefF-3u6JGk | ||
+ | |||
+ | == UJIAN AKHIR SEMESTER == | ||
+ | |||
+ | Untuk memenuhi Nilai Ujian Akhir Semester, maka dengan ini dibuatlah suatu penyelesaian masalah menggunakan metode numerik. https://drive.google.com/folderview?id=1KQOzZIF1VcNbvx5mUeU3tgp6USwIUnbB |
Latest revision as of 21:37, 29 May 2019
Arnetta Idelia Hapsari 1706042005
Contents
Pertemuan 1
Metode Numerik (06 februari 2019)
untuk pertemuan pertama kelas Metode Numerik ini disebutkan bahwa kita akan mempelajari flowchart, algoritma, penyelesaian aljabar simultan, diferensial, integral, dan optimasi. untuk sumber pembelajaran boleh dari mana saja, tidak dibatasi.
tujuan dari belajar Metode Numerik ini adalah memahami ilmu ataupun konsep-konsep yang telah dijelaskan maupun diajarkan agar bisa diaplikasikan ke kehidupan kita.
pada umumnya Metode Numerik ini akan berkaitan dengan angka matematika. matematika dapat menyelesaikan masalah ataupun juga dapat menyesatkan, semua itu bergantung kepada kita memilih dari sisi yang mana.
maka dari itu, kita sebagai mahasiswa harus berpikir dengan kritis, mendetail, dan mempertanyakan setiap hal. karena semua hal yang terjadi harus ada alasan yang jelas dan masuk akal. dengan kata lain, kita dapat menganalisis setiap masalah berdasarkan sudut pandang yang berbeda-beda dengan alasan yang masuk akal.
Pertemuan 2
13 februari 2019
print ('Persamaan linear dua variabel \n ax + by = c\n px + qy = r ')
a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))
if a == p :
i = b - q j = c - r y = j/i x = (c -(b*y))/a print("nilai y=",y,"nilai x =",x)
elif a == 0:
y = c / b x = (r - (q * y)) / p print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
elif b == 0:
x = c / a y = (r - (p * x)) / q print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
elif p == 0:
y = r / q x = (c - (a * y)) / b print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
elif q == 0:
x = r / p y = (c - (a * x)) / b print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
elif a != p :
a2= a*p b2=b*p c2=c*p p2=p*a q2=q*a r2=r*a i2 = b2 - q2 j2 = c2 - r2 y = j2 / i2 x = (c - (b * y))/a print("nilai y=", y, "nilai x =", x)
input()
Pertemuan 3
pada pertemuan kali ini, kami diajarkan menggunakan aplikasi python. hal yang paling dasar dapat diterapkan dalam python adalah aljabar linear. dengan kita menggunakan python ini maka dapat dikatakan kita mampu berkomunikasi dengan komputer.
Pertemuan 4
import numpy as np
- define the matrix A
A=np.array ([[4,-2,1],[-2,4,-2],[1,-2,4]], float) print(A)
- define the matrix B
B=np.array ([11,-16,17], float) print (B)
Pertemuan 5
pondasi tersebut kuat atau tidak untuk menahan beban. kemampuan menghitung kekuatan pondasi tersebut dengan ilmu struktur. permodelan adalah mempelajari suatu sistem yang kompleks dalam aplikasi yang simpel
Tugas FEM
UJIAN AKHIR SEMESTER
Untuk memenuhi Nilai Ujian Akhir Semester, maka dengan ini dibuatlah suatu penyelesaian masalah menggunakan metode numerik. https://drive.google.com/folderview?id=1KQOzZIF1VcNbvx5mUeU3tgp6USwIUnbB