Difference between revisions of "User:Mnabilarta"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Created page with "250px|thumb|right ===Data Pribadi=== Nama : M Nabil Arta NPM : 1506734885 TTL : Jakarta, 18 Desember 1996 Jurusan : Teknik Perkapalan...")
 
 
(68 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 2: Line 2:
  
  
===Data Pribadi===
+
==Data Pribadi==
  
 
Nama    : M Nabil Arta
 
Nama    : M Nabil Arta
Line 14: Line 14:
 
Angkatan : 2015
 
Angkatan : 2015
  
email : thenabilarta@gmail.com
+
Email : thenabilarta@gmail.com
  
===Perkenalan Singkat===
 
Saya merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Makanan favorit saya adalah mie ayam bakso apalagi kalau gratis pasti lebih enak lagi.
 
  
  
===Pengalaman Pemrograman===
+
==Pengalaman Pemrograman==
Kebetulan saya sudah menyelesaikan program skripsi tetapi masih ada mata kuliah yang belum selesai. Ketika skripsi, saya dibimbing dosen saya Pak Dr.Ir.Gunawan, M.Eng untuk membuat sebuah program menggunakan bahasa C#. Program tersebut dibuat untuk memperkirakan tata letak komponen pada kamar mesin kapal seefisien mungkin.
+
Kebetulan saya sudah menyelesaikan program skripsi tetapi masih ada mata kuliah yang belum selesai. Ketika skripsi, saya dibimbing dosen saya Pak Dr. Ir. Gunawan, M.Eng. untuk membuat sebuah program menggunakan bahasa C#. Program tersebut dibuat untuk memperkirakan tata letak komponen pada kamar mesin kapal seefisien mungkin.
  
===Phyton===
 
Saya sangat tertarik dengan bahasa pemrograman Phyton karena memang banyak sekali digunakan oleh masyarakat luas dan karena dari mata kuliah metode numerik ini saya bisa tahu bahwa Phyton sering digunakan dalam komputasi perhitungan di science khususnya teknik.
 
  
 +
==Pertemuan Pertama==
 +
Pertemuan pertama kelas metode numerik ini diisi oleh perkenalan dosen yang akan mengajar kelas metode numerik yaitu Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara dan Prof.Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng. dilanjutkan oleh langsung membuat halaman pada wiki.
  
===Pertemuan Pertama===
+
Tugas 1 : Menentukan nilai f(x)= x^2-1/x-1 dengan x=1
Pertemuan pertama kelas metode numerik ini diisi oleh perkenalan dosen yang akan mengajar kelas metode numerik yaitu Dr.Ir.Ahmad Indra Siswantara dan Prof.Dr.Ir.Harinaldi, M.Eng. dilanjutkan oleh langsung membuat halaman pada wiki.
 
  
Tugas 1 -> Menentukan nilai f(x)= x^2-1/x-1 , dengan x=1
 
  
===Pertemuan Kedua===
+
[[File:manualnabil1.jpg|300px]]
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
Menggunakan Phyton Spyder 3.7
 +
 
 +
 
 +
[[File:12nabil.jpg|500px]]
 +
 
 +
 
 +
[[File:23nabil.jpg|500px]]
 +
 
 +
 
 +
[[File:34nabil.jpg|500px]]
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
Analisis:
 +
Phyton terbukti dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah perhitungan matematika sederhana. Penggunaan Phyton akan jauh lebih baik digunakan ketimbang perhitungan manual apabila melibatkan perhitungan yang banyak dan rumit. Akan tetapi, untuk dapat menyelesaikan persoalaan menggunakan Phyton, kita terlebih dahulu harus mempelajari bahasa pemrograman dari Phyton itu sendiri.
 +
 
 +
 
 +
 
 +
==Pertemuan Kedua==
 
Metode Numerik sangat baik untuk digunakan oleh mahasiswa atau orang-orang yang berkutat di ilmu pengetahuan karena kemampuannya menyelesaikan persoalan rumit apabila sudah mengerti bahasa pemrogramannya.
 
Metode Numerik sangat baik untuk digunakan oleh mahasiswa atau orang-orang yang berkutat di ilmu pengetahuan karena kemampuannya menyelesaikan persoalan rumit apabila sudah mengerti bahasa pemrogramannya.
 +
 +
Ilmu metode numerik sangat menarik dan menyenangkan untuk dipelajari. Dengan mempelajari ilmu ini kita seharusnya semakin kagum dengan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Diibaratkan seperti mencelupkan jari ke dalam lautan. Ketika jari kembali diangkat dari air, tetesan air dari jari tersebut adalah ilmu metode numerik dibandingkan dengan lautan yang merupakan ilmu pengetahuan sang pencipta.
 +
 +
Kita juga harus berjuang melawan KEM (Ketidaktahuan, Egois, dan Malas). Caranya adalah mendorong diri kita sendiri agar selalu menjadi pribadi yang lebih baik.
 +
 +
 +
Tugas pertemuan kedua (1) : Penyelesaian matrix menggunakan Phyton
 +
 +
Tugas pertemuan kedua berkaitan dengan membahas soal tentang aljabar linear dan teori Newton Fisika diselesaikan dengan menggunakan Phyton.
 +
 +
 +
[[File:Soaltugas2nbl.jpg|500px]]
 +
 +
 +
 +
 +
Menggunakan kalkulator matrix didapatkan
 +
 +
 +
[[File:Jawabantugasnbl.jpg|500px]]
 +
 +
 +
[[File:Jawabantugasnbl2.jpg|500px]]
 +
 +
 +
 +
 +
Perhitungan matrix menggunakan Phyton Spyder
 +
 +
 +
[[File:Jawabannbl.jpg|800px]]
 +
 +
 +
 +
 +
Tugas pertemuan kedua (2) : Initial Value Problem
 +
 +
Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan GLBB gerak jatuh bebas di Phyton.
 +
 +
 +
[[File:Soalnbl2.jpeg|500px]]
 +
 +
 +
Dengan menggunakan Phyton Spyder
 +
 +
 +
[[File:Jawabannbltugas2.jpg|800px]]
 +
 +
 +
 +
 +
Tugas pertemuan kedua (3) : Power Point
 +
 +
Progres belajar metode numerik.
 +
 +
 +
[[File:Lappembelajarannbl1.JPG|800px]]
 +
 +
 +
[[File:Lappembelajarannbl2.JPG|800px]]
 +
 +
 +
[[File:Lappembelajarannbl3.JPG|800px]]
 +
 +
 +
==Pertemuan Ketiga==
 +
Semua rumus hanya berupa pendekatan karena tidak ada rumus atau simulasi yang akan sama dengan kejadian aslinya.
 +
Permodelan diantaranya yaitu : prinsip konservasi massa, hukum newton (F = m.a), hukum konservasi energi.
 +
 +
Mencari modul matematis dari pegas yaitu gerakan bolak-balik.
 +
 +
Tugas Asistensi : PPT Laporan Asistensi
 +
 +
 +
[[File:Pptassist1nbl1.JPG|800px]]
 +
 +
 +
[[File:Pptassist1nbl2.JPG|800px]]
 +
 +
 +
[[File:Pptassist1nbl3.JPG|800px]]
 +
 +
 +
 +
Tugas Aplikasi Runge-Kutta pada soal
 +
 +
 +
[[File:Rungekuttanblsoal.jpg]]
 +
 +
 +
[[File:Rungekuttanbljawab1.jpg|800px]]
 +
 +
 +
==Pertemuan Keempat==
 +
Pada pertemuan keempat, Pak Da'i menjelaskan tentang rumus-rumus. Rumus-rumus hanya merupakan pendekatan jadi tidak bisa dianggap bahwa rumus akan sepenuhnya menyamai kondisi keadaan sesungguhnya. Selanjutnya diisi dengan asistensi dengan sebuah program CFD yaitu program yang mensimulasikan sebuah kapal selam yang berada di dalam laut. Program tersebut menghitung hubungan fluida dengan kapal selam tersebut dengan variabel seperti hambatan, turbulensi, dan semacamnya.
 +
 +
 +
[[File:Imagenbl1.jpg|800px]]
 +
 +
 +
[[File:Imagenbl2.jpg|800px]]
 +
 +
 +
Saya sudah mengikuti contoh yang disediakan di tutorial dan mengambil salah satu contoh file obj kapal selam dari internet. Saya sudah melakukan langkah yang sama seperti yang dilakukan pada tutorial akan tetapi saya belum dapat menghasilkan penyelesaian yang sama.
 +
 +
Pada sesi Asistensi, kami ditugaskan untuk mengubah grafik yang didapat menjadi lebih dapat dihitung dengan menggunakan regresi. Regresi itu sendiri dilakukan pada pemrograman Phyton.
 +
 +
Tugas pertemuan keempat : resume
 +
 +
 +
[[File:Pptassist2nbl1.JPG|800px]]
 +
 +
 +
[[File:Pptassist2nbl2.JPG|800px]]
 +
 +
 +
[[File:Pptassist2nbl3.JPG|800px]]
 +
 +
 +
==Pertemuan kelima==
 +
Nilai merupakan ukuran performa dari seorang murid.
 +
Tujuan dasar metode numerik adalah kemampuan menyelesaikan konsep dalam perhitungan sederhana. Pada zaman sekarang sudah ada tiga cara memecahkan sebuah kasus yaitu dengan teori, numerik, dan eksperimen.
 +
 +
Perbedaan antara Boundary dan Initial Value Problem. Pada Boundary Value Problem kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam proses tapi kita tahu batas-batasannya yang dievaluasi setiap waktu.
 +
 +
Initial Value problem kita tahu sesaat sebelum proses akan dimulai dan hanya memiliki satu solusi yang unik.
 +
 +
Resume pertemuan kelima : resume
 +
 +
 +
[[File:Pptassist3nbl1.JPG|800px]]
 +
 +
 +
[[File:Pptassist3nbl2.JPG|800px]]
 +
 +
 +
[[File:Pptassist3nbl3.JPG|800px]]
 +
 +
 +
Tugas pertemuan kelima : Initial and bounday problem
 +
 +
Menggunakan metode RungeKutta untuk menemukan hasil dari persamaan differensial.
 +
 +
[[File:Rungekuttanbl5.png|800px]]
 +
 +
Menggunakan regresi linear untuk menentukan hubungan antara hambatan dengan kecepatan kapal
 +
 +
[[File:Hambatan5nbl.png|800px]]
 +
 +
 +
==Pertemuan keenam==
 +
Pertemuan keenam diisi oleh asisten dosen tentang optimasi.
 +
 +
Optimasi adalah suatu proses untuk mencapai hasil yang ideal atau optimasi (nilai efektif yang dapat dicapai). Optimasi dapat diartikan sebagai suatu bentuk mengoptimalkan sesuatu hal yang sudah ada, ataupun merancang dan membuat sesusatu secara optimal.
 +
 +
 +
[[File:Pertemuan6nbl.jpg|800px]]
 +
 +
 +
Tugas pertemuan keenam : Optimasi
 +
 +
 +
[[File:Pertemuan6nbl2.jpg|800px]]
 +
 +
Tugas Video Optimasi
 +
 +
 +
[[File:Videonblmetnum.mp4]]
 +
 +
 +
==Ujian Tengah Semester==
 +
Berikut adalah link dari video ujian tengah semester metode numerik.
 +
 +
[https://www.youtube.com/watch?v=Yd-d7W8JIug video tugas ujian tengah semester metode numerik]

Latest revision as of 23:02, 7 May 2020

Nabil.JPG


Data Pribadi

Nama  : M Nabil Arta

NPM  : 1506734885

TTL  : Jakarta, 18 Desember 1996

Jurusan  : Teknik Perkapalan

Angkatan : 2015

Email  : thenabilarta@gmail.com


Pengalaman Pemrograman

Kebetulan saya sudah menyelesaikan program skripsi tetapi masih ada mata kuliah yang belum selesai. Ketika skripsi, saya dibimbing dosen saya Pak Dr. Ir. Gunawan, M.Eng. untuk membuat sebuah program menggunakan bahasa C#. Program tersebut dibuat untuk memperkirakan tata letak komponen pada kamar mesin kapal seefisien mungkin.


Pertemuan Pertama

Pertemuan pertama kelas metode numerik ini diisi oleh perkenalan dosen yang akan mengajar kelas metode numerik yaitu Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara dan Prof.Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng. dilanjutkan oleh langsung membuat halaman pada wiki.

Tugas 1 : Menentukan nilai f(x)= x^2-1/x-1 dengan x=1


Manualnabil1.jpg



Menggunakan Phyton Spyder 3.7


12nabil.jpg


23nabil.jpg


34nabil.jpg



Analisis: Phyton terbukti dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah perhitungan matematika sederhana. Penggunaan Phyton akan jauh lebih baik digunakan ketimbang perhitungan manual apabila melibatkan perhitungan yang banyak dan rumit. Akan tetapi, untuk dapat menyelesaikan persoalaan menggunakan Phyton, kita terlebih dahulu harus mempelajari bahasa pemrograman dari Phyton itu sendiri.


Pertemuan Kedua

Metode Numerik sangat baik untuk digunakan oleh mahasiswa atau orang-orang yang berkutat di ilmu pengetahuan karena kemampuannya menyelesaikan persoalan rumit apabila sudah mengerti bahasa pemrogramannya.

Ilmu metode numerik sangat menarik dan menyenangkan untuk dipelajari. Dengan mempelajari ilmu ini kita seharusnya semakin kagum dengan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Diibaratkan seperti mencelupkan jari ke dalam lautan. Ketika jari kembali diangkat dari air, tetesan air dari jari tersebut adalah ilmu metode numerik dibandingkan dengan lautan yang merupakan ilmu pengetahuan sang pencipta.

Kita juga harus berjuang melawan KEM (Ketidaktahuan, Egois, dan Malas). Caranya adalah mendorong diri kita sendiri agar selalu menjadi pribadi yang lebih baik.


Tugas pertemuan kedua (1) : Penyelesaian matrix menggunakan Phyton

Tugas pertemuan kedua berkaitan dengan membahas soal tentang aljabar linear dan teori Newton Fisika diselesaikan dengan menggunakan Phyton.


Soaltugas2nbl.jpg



Menggunakan kalkulator matrix didapatkan


Jawabantugasnbl.jpg


Jawabantugasnbl2.jpg



Perhitungan matrix menggunakan Phyton Spyder


Jawabannbl.jpg



Tugas pertemuan kedua (2) : Initial Value Problem

Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan GLBB gerak jatuh bebas di Phyton.


Soalnbl2.jpeg


Dengan menggunakan Phyton Spyder


Jawabannbltugas2.jpg



Tugas pertemuan kedua (3) : Power Point

Progres belajar metode numerik.


Lappembelajarannbl1.JPG


Lappembelajarannbl2.JPG


Lappembelajarannbl3.JPG


Pertemuan Ketiga

Semua rumus hanya berupa pendekatan karena tidak ada rumus atau simulasi yang akan sama dengan kejadian aslinya. Permodelan diantaranya yaitu : prinsip konservasi massa, hukum newton (F = m.a), hukum konservasi energi.

Mencari modul matematis dari pegas yaitu gerakan bolak-balik.

Tugas Asistensi : PPT Laporan Asistensi


Pptassist1nbl1.JPG


Pptassist1nbl2.JPG


Pptassist1nbl3.JPG


Tugas Aplikasi Runge-Kutta pada soal


Rungekuttanblsoal.jpg


Rungekuttanbljawab1.jpg


Pertemuan Keempat

Pada pertemuan keempat, Pak Da'i menjelaskan tentang rumus-rumus. Rumus-rumus hanya merupakan pendekatan jadi tidak bisa dianggap bahwa rumus akan sepenuhnya menyamai kondisi keadaan sesungguhnya. Selanjutnya diisi dengan asistensi dengan sebuah program CFD yaitu program yang mensimulasikan sebuah kapal selam yang berada di dalam laut. Program tersebut menghitung hubungan fluida dengan kapal selam tersebut dengan variabel seperti hambatan, turbulensi, dan semacamnya.


Imagenbl1.jpg


Imagenbl2.jpg


Saya sudah mengikuti contoh yang disediakan di tutorial dan mengambil salah satu contoh file obj kapal selam dari internet. Saya sudah melakukan langkah yang sama seperti yang dilakukan pada tutorial akan tetapi saya belum dapat menghasilkan penyelesaian yang sama.

Pada sesi Asistensi, kami ditugaskan untuk mengubah grafik yang didapat menjadi lebih dapat dihitung dengan menggunakan regresi. Regresi itu sendiri dilakukan pada pemrograman Phyton.

Tugas pertemuan keempat : resume


Pptassist2nbl1.JPG


Pptassist2nbl2.JPG


Pptassist2nbl3.JPG


Pertemuan kelima

Nilai merupakan ukuran performa dari seorang murid. Tujuan dasar metode numerik adalah kemampuan menyelesaikan konsep dalam perhitungan sederhana. Pada zaman sekarang sudah ada tiga cara memecahkan sebuah kasus yaitu dengan teori, numerik, dan eksperimen.

Perbedaan antara Boundary dan Initial Value Problem. Pada Boundary Value Problem kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam proses tapi kita tahu batas-batasannya yang dievaluasi setiap waktu.

Initial Value problem kita tahu sesaat sebelum proses akan dimulai dan hanya memiliki satu solusi yang unik.

Resume pertemuan kelima : resume


Pptassist3nbl1.JPG


Pptassist3nbl2.JPG


Pptassist3nbl3.JPG


Tugas pertemuan kelima : Initial and bounday problem

Menggunakan metode RungeKutta untuk menemukan hasil dari persamaan differensial.

Rungekuttanbl5.png

Menggunakan regresi linear untuk menentukan hubungan antara hambatan dengan kecepatan kapal

Hambatan5nbl.png


Pertemuan keenam

Pertemuan keenam diisi oleh asisten dosen tentang optimasi.

Optimasi adalah suatu proses untuk mencapai hasil yang ideal atau optimasi (nilai efektif yang dapat dicapai). Optimasi dapat diartikan sebagai suatu bentuk mengoptimalkan sesuatu hal yang sudah ada, ataupun merancang dan membuat sesusatu secara optimal.


Pertemuan6nbl.jpg


Tugas pertemuan keenam : Optimasi


Pertemuan6nbl2.jpg

Tugas Video Optimasi



Ujian Tengah Semester

Berikut adalah link dari video ujian tengah semester metode numerik.

video tugas ujian tengah semester metode numerik