Difference between revisions of "Refa Farras Hanifah"
Refafarras (talk | contribs) |
Refafarras (talk | contribs) |
||
(46 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 1: | Line 1: | ||
[[File:refafarras.jpg|200px|thumb|left| ]] | [[File:refafarras.jpg|200px|thumb|left| ]] | ||
+ | |||
+ | بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم | ||
+ | |||
+ | السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ | ||
Full Name : Refa Farras Hanifah | Full Name : Refa Farras Hanifah | ||
Line 14: | Line 18: | ||
I've designed a "Visualisasi dan Permodelan Kapal" through Autocad and making a formula template through excel | I've designed a "Visualisasi dan Permodelan Kapal" through Autocad and making a formula template through excel | ||
− | I've | + | I've seen my friend work on python and C language through hackerrank, then I was curious to try and finally, I am interested. But, I think my experiences aren't enough and still have a lot to learn. |
Saya senang belajar hal baru dan mengajari teman-teman apabila mereka meminta. Saya harap mata kuliah Metode Numerik dapat menjadikan saya memahami lebih dalam terkait programming khususnya Python yang diaplikasikan dengan ilmu-ilmu perkapalan yang akan berguna untuk kehidupan kampus serta pasca kampus kelak. | Saya senang belajar hal baru dan mengajari teman-teman apabila mereka meminta. Saya harap mata kuliah Metode Numerik dapat menjadikan saya memahami lebih dalam terkait programming khususnya Python yang diaplikasikan dengan ilmu-ilmu perkapalan yang akan berguna untuk kehidupan kampus serta pasca kampus kelak. | ||
+ | ==Tugas 9 '''UTS Metode Numerik'''== | ||
+ | |||
+ | '''2 April 2020''' | ||
+ | |||
+ | Assalamualaikum wr.wb | ||
+ | |||
+ | Berikut merupakan video UTS berisi : | ||
+ | |||
+ | 1. tutorial model AUV sederhana submarine '''(1 : 00)''' | ||
− | + | 2. CFDSOF untuk mencari drag kapal '''(1 : 46)''' | |
− | + | 3. Perhitungan Persamaan Regresi Pangkat 2 '''(18 : 58)''' | |
+ | |||
+ | Submarine memiliki data Lpp = 79,956 m ; B = 11,067 m ; H = 17,177 m ; Cb = 0,31 ; T = 16,29 m dengan kecepatan 10.5 m/s sampai 15 m/s | ||
− | |||
− | + | [https://youtu.be/xx2wqHTtl3Q UTS Video Metode Numerik Model AUV Sederhana Submarine Refa Farras Hanifah 1806149734] | |
− | ==Tugas 1 | + | ==Tugas 1 Metnum== |
Perhitungan y = f(x) = (x^2-2) / (x-1) | Perhitungan y = f(x) = (x^2-2) / (x-1) | ||
Line 60: | Line 74: | ||
− | ==Pertemuan 2 Metode Numerik== | + | ==Tugas 2 Ngerjain soal bebas dari buku== |
+ | |||
+ | ====[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_2_Refa_Farras_Hanifah Tugas 2.1 Refa Farras Hanifah ]==== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ==Tugas 3 Membuat Soal dan menghitung gerak jatuh bebas== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ====[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_2.2_Initial_Value_Problems_-_Refa_Farras_Hanifah Tugas 2.2 Initial Value Problems Refa Farras Hanifah ]==== | ||
+ | |||
+ | ====[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_2.3_Presentasi_Progress_Belajar_-_Refa_Farras_Hanifah Tugas 2.3 Progress Belajar Metode Numerik Refa Farras Hanifah ]==== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ==Tugas 4 Menghitung 2 soal dengan Initial Value Problem== | ||
+ | |||
+ | ====[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_3.1_Refa_Farras_Hanifah_-_Aplikasi_Soal_Runge_Kutta Tugas 3.1 Aplikasi Soal Runge Kutta Refa Farras Hanifah ]==== | ||
+ | |||
+ | ====[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_3.2_Refa_Farras_Hanifah_-_Laporan_Asistensi Tugas 3.2 Laporan Asistensi Runge Kutta Refa Farras Hanifah ]==== | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ==Tugas 5 dan 6 Simulasi CFDSOF mendapatkan 10 hambatan di 10 kecepatan, Regresi Linier Hambatan== | ||
+ | |||
+ | ====[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_4.1_Regresi_dari_CFDSOF_Refa_Farras_Hanifah Tugas 4.1 Regresi dari 10 Data kecepatan dan Drag CFDSOF Refa Farras Hanifah ]==== | ||
+ | |||
+ | ====[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_4.2_Laporan_Asistensi_Refa_Farras_Hanifah Tugas 4.2 Laporan Asistensi Boundary Value Problems Refa Farras Hanifah ]==== | ||
+ | |||
+ | ==Tugas 7 Membuat Permasalahan dengan menerapkan Boundary Value Problem dan Initial Value Problem pada kasus hambatan== | ||
+ | |||
+ | ====[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_5.1_-_Contoh_soal_Initial_dan_Boundary_Value_Problem_Refa_Farras_Hanifah Tugas 5.1 Refa Farras Hanifah Contoh Soal Initial dan Boundary Value Problem ]==== | ||
+ | |||
+ | ====[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_5.2_Laporan_Asistensi_ke_3_Refa_Farras_Hanifah Tugas 5.2 Refa Farras Hanifah Laporan Asistensi ke 3 dan Progress Belajar ]==== | ||
+ | |||
+ | ==Tugas 8 Optimasi dengan Scipy== | ||
+ | |||
+ | ===[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_6_Optimasi_Membentuk_Lapangan_dengan_Kayu_20m_Refa_Farras_Hanifah Tugas 6 Optimasi Membentuk Lapangan dengan Kayu 20 m Refa Farras Hanifah]=== | ||
+ | |||
+ | ===[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_6.2_Progress_Belajar_Scipy_Refa_Farras_HanifahTugas 6.2 Progress Belajar Scipy Pertemuan 6 Refa Farras Hanifah]=== | ||
+ | |||
+ | =='''Tugas Video'''== | ||
+ | |||
+ | ===[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Tugas_Video_Scipy_Optimasi_Python_akuarium_Refa_Farras_Hanifah Tugas Video Optimasi Minimum Scipy Python Akuarium Refa Farras Hanifah]=== | ||
+ | |||
+ | =='''Pertemuan 1 Metode Numerik'''== | ||
+ | |||
+ | '''Jumat, 7 Februari 2020''' | ||
+ | |||
+ | Membahas menngenai aturan kelas dan pandangan Pak DAI terkait absensi mahasiswa. | ||
+ | |||
+ | Diberikan juga berbagai motivasi melalui quotes dan cerita dari Pak DAI. | ||
+ | |||
+ | kemudian diberikan pr mengenai perhitungan y = f(x) = (x^2-2) / (x-1) dengan manual dan software. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | =='''Pertemuan 2 Metode Numerik'''== | ||
+ | |||
+ | '''Jumat, 14 Februari 2020''' | ||
Mengapa 0/0 disebut tak terdefinisi? Saya akan menjawab pertanyaan ini dengan analogi sederhana saya. Misalkan saya ingin memberikan biskuit kepada teman saya. Namun, saya lupa membawa biskuit itu, maka jadinya saya tidak memberi apa-apa ke satupun teman saya. Hal tersebut jadi sia-sia atau tidak terdefinisi. | Mengapa 0/0 disebut tak terdefinisi? Saya akan menjawab pertanyaan ini dengan analogi sederhana saya. Misalkan saya ingin memberikan biskuit kepada teman saya. Namun, saya lupa membawa biskuit itu, maka jadinya saya tidak memberi apa-apa ke satupun teman saya. Hal tersebut jadi sia-sia atau tidak terdefinisi. | ||
Line 66: | Line 135: | ||
Persoalan ada yang bisa kita selesaikan manual dan analitis.Pak DAI senang apabila mahasiswanya belajar karena ingin belajar bukan di dorong untuk belajar. Kita harus berfikir, malas dalam diri kita seharusnya membuat kita malu sama Tuhan YME, sebab Tuhan sudah baik dengan kita dan kita harus bersyukur akan hal itu. | Persoalan ada yang bisa kita selesaikan manual dan analitis.Pak DAI senang apabila mahasiswanya belajar karena ingin belajar bukan di dorong untuk belajar. Kita harus berfikir, malas dalam diri kita seharusnya membuat kita malu sama Tuhan YME, sebab Tuhan sudah baik dengan kita dan kita harus bersyukur akan hal itu. | ||
− | |||
− | [[File: | + | ===Tugas di Kelas=== |
+ | |||
+ | Analisis soal : | ||
+ | |||
+ | Saya tertarik dengan Example 2.13 matriks di BAB 2 buku '''Numerical Methods in Engineering with Python 3''', Kita diminta untuk menentukan fungsi inverse dari matriks A berordo 3x3. Disini saya juga menemukan library baru yaitu LUpivot dan numpy. Yang membuat saya tertarik adalah matriks tersebut merupakan matriks 3x3 yang lumayan memakan waktu untuk dicari jawabannya secara manual, karena kita perlu mencari minor, kofaktor, adjoin, determinan kemudian baru mendapatkan inverse. Cara lainnya dengan menggunakan matriks identitas yang kemudian diselesaikan dengan cara swapping menggunakan metode gauss jordan. Disini, saya menemukan solusi dengan menggunakan programming dan terlihat lebih rapih serta cukup sederhana untuk menyelesaikan inverse matriks 3x3 tersebut. Tetapi, saya harus belajar banyak lagi mengenai syntax-syntax dan kode penamaan baru disini. Karena saya belum se handal itu untuk menerapkannya. | ||
+ | |||
+ | [[File:tugas2metnum2.jpg|200px|thumb|center| ]] | ||
+ | |||
+ | Referensi foto : Kiusalaas,Jaas. 2013. Numerical Methods In Engineering With Python 3. New York. Cambridge University Press | ||
+ | |||
+ | ===BAB 7=== | ||
+ | |||
+ | '''INITIAL VALUE PROBLEMS''' | ||
+ | |||
+ | Penyelesaian Analitis : | ||
+ | 1. statistical | ||
+ | 2. deterministic | ||
+ | 3. gabungan | ||
+ | |||
+ | |||
+ | =='''Pertemuan 3 Metode Numerik'''== | ||
+ | |||
+ | '''21 Februari 2020''' | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan kali ini, Pak DAI menjelaskan macam-macam penerapan permodelan fisika, perbedaan laju perubahan total dan parsial. Ada sebuah pegas yang ditarik sepanjang delta x sehingga kembali naik ke atas karena mempunyai kelembaman dan balik lagi ke bawah karena memiliki berat. Hal inin dapat juga dikerjakan dengan python. Dengan software Computational Fluid Dynamics (CFD) dapat membantu kita untuk melihat terjadinya hambatan yang merupakan fungsi dari kecepatan dengan metode regresi dan bisa melakukan optimasi bentuk. Pak DAI juga membahas tentang kesetimbangan energi, hukum fisika maupun matematika dapat dikerjakan dengan aplikasi Python. Terdapat 3 prinsip ilmu dasar teknik, antara lain : | ||
+ | |||
+ | 1. prinsip konservasi massa (jumlah massa masuk = massa keluar) | ||
+ | |||
+ | 2. prinsip konservasi momentum | ||
+ | |||
+ | 3. prinsip konservasi energi | ||
+ | |||
+ | |||
+ | =='''Pertemuan 4 Metode Numerik (Progress Belajar CFDSOF)'''== | ||
+ | |||
+ | '''28 Februaru 2020''' | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan ini, kami membahas tentang CFDSOF dari kapal selam, berikut langkah-langkahnya : | ||
+ | |||
+ | [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Cara_Mengerjakan_CFDSOF_-_Refa_Farras_Hanifah Langkah-Langkah Mengerjakan CFDSOF - Refa Farras Hanifah] | ||
+ | |||
+ | =='''Pertemuan 5 Metode Numerik'''== | ||
+ | |||
+ | '''Jumat, 6 Maret 2020''' | ||
+ | |||
+ | Menurut saya, Initial Value Problem itu adalah penyelesaian suatu kondisi masalah yang di ukur dari tinjauan yang sama. Sementara, Boundary Value Problem adalah penyelesaian suatu kondisi masalah yang diukur dari tinjauan berbeda. | ||
+ | |||
+ | Kita misalkan contoh kasus submarine pada CFDSOF kemarin | ||
+ | |||
+ | IVP : Drag dari submarine pada kecepatan tertentu (misalnya hanya pada v = 11m/s) | ||
+ | |||
+ | BVP : Drag dari submarine dari berbagai variasi kecepatan | ||
+ | |||
+ | Maka dari itu tugas kita adalah membuat regresi dari hubungan hambatan (drag) dengan variasi kecepatan yang telah kita tentukan sebelumnya. | ||
+ | |||
+ | Karena realitanya nanti di dunia kerja, kebanyakan masalah yang kita selesaikan adalah menurut berbagai tinjauan atau ukuran dan kita tentukan sendiri batasnya (boundary nya). | ||
+ | |||
+ | =='''Pertemuan 6 Metode Numerik'''== | ||
+ | |||
+ | '''Jumat, 13 Maret 2020''' | ||
+ | |||
+ | Assalamualaikum wr, wb | ||
+ | |||
+ | Kelas dimulai dengan berdoa serta mendokan pak DAI yang sedang sakit agar diberi kesehatan seperti sedia kala. Hari ini kami belajar bersama Bang Hendro, mahasiswa S2 mengenai fungsi objektif. | ||
+ | |||
+ | '''Fungsi Objektif''' | ||
+ | |||
+ | Contoh : Apabila kita ingin membuat pager rumah dengan kayu persegi sepanjang 20 meter, ingin memagari rumah dengan luas halaman paling besar | ||
+ | |||
+ | Berarti, fungsi objektifnya : Luas halaman ; A = p x l | ||
+ | |||
+ | Masalah : kita hanya memiliki 20 meter kayu (2p + 2l = 20). Di dunia optimasi, persamaan ini bernama constraint (ada suatu batas yang membatasi). | ||
+ | |||
+ | Permintaan owner : di dalem pagar, anak saya bisa main bola. Minimal p >= 8 meter. (Jadi sebuah constraint lagi). Constraint = 2 | ||
− | + | Perbedaan kedua constraint : Luas = equality constraint (berupa persamaan) ; p>= 8 meter = inequality constraint. |
Latest revision as of 18:13, 7 May 2020
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Full Name : Refa Farras Hanifah
Nick Name : Refa
NPM : 1806149734
Place & Date of Birth : Jakarta, December 8th 2000
Naval Architecture and Marine Engineering Student 2018 University of Indonesia
I've designed a "Visualisasi dan Permodelan Kapal" through Autocad and making a formula template through excel
I've seen my friend work on python and C language through hackerrank, then I was curious to try and finally, I am interested. But, I think my experiences aren't enough and still have a lot to learn.
Saya senang belajar hal baru dan mengajari teman-teman apabila mereka meminta. Saya harap mata kuliah Metode Numerik dapat menjadikan saya memahami lebih dalam terkait programming khususnya Python yang diaplikasikan dengan ilmu-ilmu perkapalan yang akan berguna untuk kehidupan kampus serta pasca kampus kelak.
Contents
- 1 Tugas 9 UTS Metode Numerik
- 2 Tugas 1 Metnum
- 3 Tugas 2 Ngerjain soal bebas dari buku
- 4 Tugas 3 Membuat Soal dan menghitung gerak jatuh bebas
- 5 Tugas 4 Menghitung 2 soal dengan Initial Value Problem
- 6 Tugas 5 dan 6 Simulasi CFDSOF mendapatkan 10 hambatan di 10 kecepatan, Regresi Linier Hambatan
- 7 Tugas 7 Membuat Permasalahan dengan menerapkan Boundary Value Problem dan Initial Value Problem pada kasus hambatan
- 8 Tugas 8 Optimasi dengan Scipy
- 9 Tugas Video
- 10 Pertemuan 1 Metode Numerik
- 11 Pertemuan 2 Metode Numerik
- 12 Pertemuan 3 Metode Numerik
- 13 Pertemuan 4 Metode Numerik (Progress Belajar CFDSOF)
- 14 Pertemuan 5 Metode Numerik
- 15 Pertemuan 6 Metode Numerik
Tugas 9 UTS Metode Numerik
2 April 2020
Assalamualaikum wr.wb
Berikut merupakan video UTS berisi :
1. tutorial model AUV sederhana submarine (1 : 00)
2. CFDSOF untuk mencari drag kapal (1 : 46)
3. Perhitungan Persamaan Regresi Pangkat 2 (18 : 58)
Submarine memiliki data Lpp = 79,956 m ; B = 11,067 m ; H = 17,177 m ; Cb = 0,31 ; T = 16,29 m dengan kecepatan 10.5 m/s sampai 15 m/s
UTS Video Metode Numerik Model AUV Sederhana Submarine Refa Farras Hanifah 1806149734
Tugas 1 Metnum
Perhitungan y = f(x) = (x^2-2) / (x-1)
dengan manual dan software
- Manual
Menggunakan metode limit.
- Software Spyder (Python 3.7)
Menurut saya, pemakaian software lebih memudahkan user daripada manual apabila memerlukan banyak sample input. Karena, kita tidak perlu membuat rumus berkali-kali dan menghitung dengan banyak tahap dan berulang. Cukup dengan rumus permisalan yang telah dibuat di python, user dapat memberi banyak sample input dan hasilnya langsung muncul. Namun, sebelum menggunakan python harus terlebih dahulu mengerti syntax-syntax yang ada agar tidak terdapat error.
Deskripsi diri : Refa adalah pribadi yang easy going namun cepat bosan dan ingin cepat pulang ke rumah untuk melakukan apa yang dia sukai. Refa selalu ceria dan semangat dalam memimpin atau mengerjakan sesuatu, tapi terkadang Refa juga orang yang mood nya mudah berganti ketika suasana hatinya sedang kacau. Refa sedikit susah diatur dan lebih memilih mengalah untuk berdebat apabila suasananya sudah panas. Karena mengalah bukan berarti kalah, hubungan baik dengan orang lain lebih penting untuk dijaga menurut Refa.
Tugas 2 Ngerjain soal bebas dari buku
Tugas 2.1 Refa Farras Hanifah
Tugas 3 Membuat Soal dan menghitung gerak jatuh bebas
Tugas 2.2 Initial Value Problems Refa Farras Hanifah
Tugas 2.3 Progress Belajar Metode Numerik Refa Farras Hanifah
Tugas 4 Menghitung 2 soal dengan Initial Value Problem
Tugas 3.1 Aplikasi Soal Runge Kutta Refa Farras Hanifah
Tugas 3.2 Laporan Asistensi Runge Kutta Refa Farras Hanifah
Tugas 5 dan 6 Simulasi CFDSOF mendapatkan 10 hambatan di 10 kecepatan, Regresi Linier Hambatan
Tugas 4.1 Regresi dari 10 Data kecepatan dan Drag CFDSOF Refa Farras Hanifah
Tugas 4.2 Laporan Asistensi Boundary Value Problems Refa Farras Hanifah
Tugas 7 Membuat Permasalahan dengan menerapkan Boundary Value Problem dan Initial Value Problem pada kasus hambatan
Tugas 5.1 Refa Farras Hanifah Contoh Soal Initial dan Boundary Value Problem
Tugas 5.2 Refa Farras Hanifah Laporan Asistensi ke 3 dan Progress Belajar
Tugas 8 Optimasi dengan Scipy
Tugas 6 Optimasi Membentuk Lapangan dengan Kayu 20 m Refa Farras Hanifah
6.2 Progress Belajar Scipy Pertemuan 6 Refa Farras Hanifah
Tugas Video
Tugas Video Optimasi Minimum Scipy Python Akuarium Refa Farras Hanifah
Pertemuan 1 Metode Numerik
Jumat, 7 Februari 2020
Membahas menngenai aturan kelas dan pandangan Pak DAI terkait absensi mahasiswa.
Diberikan juga berbagai motivasi melalui quotes dan cerita dari Pak DAI.
kemudian diberikan pr mengenai perhitungan y = f(x) = (x^2-2) / (x-1) dengan manual dan software.
Pertemuan 2 Metode Numerik
Jumat, 14 Februari 2020
Mengapa 0/0 disebut tak terdefinisi? Saya akan menjawab pertanyaan ini dengan analogi sederhana saya. Misalkan saya ingin memberikan biskuit kepada teman saya. Namun, saya lupa membawa biskuit itu, maka jadinya saya tidak memberi apa-apa ke satupun teman saya. Hal tersebut jadi sia-sia atau tidak terdefinisi.
Persoalan ada yang bisa kita selesaikan manual dan analitis.Pak DAI senang apabila mahasiswanya belajar karena ingin belajar bukan di dorong untuk belajar. Kita harus berfikir, malas dalam diri kita seharusnya membuat kita malu sama Tuhan YME, sebab Tuhan sudah baik dengan kita dan kita harus bersyukur akan hal itu.
Tugas di Kelas
Analisis soal :
Saya tertarik dengan Example 2.13 matriks di BAB 2 buku Numerical Methods in Engineering with Python 3, Kita diminta untuk menentukan fungsi inverse dari matriks A berordo 3x3. Disini saya juga menemukan library baru yaitu LUpivot dan numpy. Yang membuat saya tertarik adalah matriks tersebut merupakan matriks 3x3 yang lumayan memakan waktu untuk dicari jawabannya secara manual, karena kita perlu mencari minor, kofaktor, adjoin, determinan kemudian baru mendapatkan inverse. Cara lainnya dengan menggunakan matriks identitas yang kemudian diselesaikan dengan cara swapping menggunakan metode gauss jordan. Disini, saya menemukan solusi dengan menggunakan programming dan terlihat lebih rapih serta cukup sederhana untuk menyelesaikan inverse matriks 3x3 tersebut. Tetapi, saya harus belajar banyak lagi mengenai syntax-syntax dan kode penamaan baru disini. Karena saya belum se handal itu untuk menerapkannya.
Referensi foto : Kiusalaas,Jaas. 2013. Numerical Methods In Engineering With Python 3. New York. Cambridge University Press
BAB 7
INITIAL VALUE PROBLEMS
Penyelesaian Analitis : 1. statistical 2. deterministic 3. gabungan
Pertemuan 3 Metode Numerik
21 Februari 2020
Pada pertemuan kali ini, Pak DAI menjelaskan macam-macam penerapan permodelan fisika, perbedaan laju perubahan total dan parsial. Ada sebuah pegas yang ditarik sepanjang delta x sehingga kembali naik ke atas karena mempunyai kelembaman dan balik lagi ke bawah karena memiliki berat. Hal inin dapat juga dikerjakan dengan python. Dengan software Computational Fluid Dynamics (CFD) dapat membantu kita untuk melihat terjadinya hambatan yang merupakan fungsi dari kecepatan dengan metode regresi dan bisa melakukan optimasi bentuk. Pak DAI juga membahas tentang kesetimbangan energi, hukum fisika maupun matematika dapat dikerjakan dengan aplikasi Python. Terdapat 3 prinsip ilmu dasar teknik, antara lain :
1. prinsip konservasi massa (jumlah massa masuk = massa keluar)
2. prinsip konservasi momentum
3. prinsip konservasi energi
Pertemuan 4 Metode Numerik (Progress Belajar CFDSOF)
28 Februaru 2020
Pada pertemuan ini, kami membahas tentang CFDSOF dari kapal selam, berikut langkah-langkahnya :
Langkah-Langkah Mengerjakan CFDSOF - Refa Farras Hanifah
Pertemuan 5 Metode Numerik
Jumat, 6 Maret 2020
Menurut saya, Initial Value Problem itu adalah penyelesaian suatu kondisi masalah yang di ukur dari tinjauan yang sama. Sementara, Boundary Value Problem adalah penyelesaian suatu kondisi masalah yang diukur dari tinjauan berbeda.
Kita misalkan contoh kasus submarine pada CFDSOF kemarin
IVP : Drag dari submarine pada kecepatan tertentu (misalnya hanya pada v = 11m/s)
BVP : Drag dari submarine dari berbagai variasi kecepatan
Maka dari itu tugas kita adalah membuat regresi dari hubungan hambatan (drag) dengan variasi kecepatan yang telah kita tentukan sebelumnya.
Karena realitanya nanti di dunia kerja, kebanyakan masalah yang kita selesaikan adalah menurut berbagai tinjauan atau ukuran dan kita tentukan sendiri batasnya (boundary nya).
Pertemuan 6 Metode Numerik
Jumat, 13 Maret 2020
Assalamualaikum wr, wb
Kelas dimulai dengan berdoa serta mendokan pak DAI yang sedang sakit agar diberi kesehatan seperti sedia kala. Hari ini kami belajar bersama Bang Hendro, mahasiswa S2 mengenai fungsi objektif.
Fungsi Objektif
Contoh : Apabila kita ingin membuat pager rumah dengan kayu persegi sepanjang 20 meter, ingin memagari rumah dengan luas halaman paling besar
Berarti, fungsi objektifnya : Luas halaman ; A = p x l
Masalah : kita hanya memiliki 20 meter kayu (2p + 2l = 20). Di dunia optimasi, persamaan ini bernama constraint (ada suatu batas yang membatasi).
Permintaan owner : di dalem pagar, anak saya bisa main bola. Minimal p >= 8 meter. (Jadi sebuah constraint lagi). Constraint = 2
Perbedaan kedua constraint : Luas = equality constraint (berupa persamaan) ; p>= 8 meter = inequality constraint.