Difference between revisions of "Achmad Djakaria"
(→UTS METODE NUMERIK) |
|||
(60 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 2: | Line 2: | ||
" '''Assalamualaikum Wr. WB.''' " | " '''Assalamualaikum Wr. WB.''' " | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
== Biografi == | == Biografi == | ||
Line 7: | Line 10: | ||
Nama : Achmad Djakaria | Nama : Achmad Djakaria | ||
− | NPM : 1806202475 | + | NPM : 1806202475 |
− | TTL : Cirebon, 01 November 1999 | + | TTL : Cirebon, 01 November 1999 |
Jurusan : Teknik Perkapalan | Jurusan : Teknik Perkapalan | ||
− | Kampus : Universitas Indonesia | + | Kampus : Universitas Indonesia |
Perkenalkan Nama saya Achmad Djakaria Mahasiswa Teknik Perkapalan Universitas Indonesia tahun 2018 dengan NPM 1806202475. | Perkenalkan Nama saya Achmad Djakaria Mahasiswa Teknik Perkapalan Universitas Indonesia tahun 2018 dengan NPM 1806202475. | ||
Line 22: | Line 25: | ||
Menjadi seorang IT merupakan salah satu cita cita saya pada saat kecil pada saat SD saya sudah mulai belajar bagaimana menggunakan Programming data seperti Ms.word dan juga Excel kemudian pembelajaran itu dilanjut pada saat SMP kita Belajar bagaimana Menggunakan Ms.word kembali dan juga belajar bagaimana cara membuat blogspot namun ilmu itupun masih belum seberapa. kemudian dilanjut belajar pada saat SMA yaitu mulai membuat animasi bergerak yang sederhana. lalu pada saat kuliah pun belajar mulai mempelajari hal baru mengenai aplikasi AutoCad, Maxsurf, dan juga inventor untuk mempermudah pekerjaan perkuliahan dan juga akan bermanfaat di masa kedepannya. | Menjadi seorang IT merupakan salah satu cita cita saya pada saat kecil pada saat SD saya sudah mulai belajar bagaimana menggunakan Programming data seperti Ms.word dan juga Excel kemudian pembelajaran itu dilanjut pada saat SMP kita Belajar bagaimana Menggunakan Ms.word kembali dan juga belajar bagaimana cara membuat blogspot namun ilmu itupun masih belum seberapa. kemudian dilanjut belajar pada saat SMA yaitu mulai membuat animasi bergerak yang sederhana. lalu pada saat kuliah pun belajar mulai mempelajari hal baru mengenai aplikasi AutoCad, Maxsurf, dan juga inventor untuk mempermudah pekerjaan perkuliahan dan juga akan bermanfaat di masa kedepannya. | ||
− | == Pertemuan tanggal 7 Februari 2020 == | + | == Pertemuan 01, tanggal 7 Februari 2020 == |
− | pada pertemuan pertama ini yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2020. kami diajarkan oleh bapak dr. Ir Ahmad Indra Siswantara bagaimana cara membuat akun wiki di website air.eng.ui.ac.id disini lah kita diajarkan bagaimana cara membuat dan juga menjalankan serta menjadi salah satu media pembelajaran baru melalui website ini. di hari pertama ini kita sudah belajar mengenai bagaimana cara menguploud foto dan juga membuat sebuah suatu tulisan di website tersebut terutama di akun website kita masing masing. disitulah kita mulai membuat biografi dan juga pengalaman pemograman sebelumnya. setelah itu kita juga mendapatkan tugas yaitu menyelesaikan soal tentang formula F(x) yang nantinya kita akan selesaikan dengan cara manual dan juga melalui komputer (aplikasi). | + | pada pertemuan pertama ini yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2020. kami diajarkan oleh bapak dr. Ir Ahmad Indra Siswantara bagaimana cara membuat akun wiki di website [[air.eng.ui.ac.id]] disini lah kita diajarkan bagaimana cara membuat dan juga menjalankan serta menjadi salah satu media pembelajaran baru melalui website ini. di hari pertama ini kita sudah belajar mengenai bagaimana cara menguploud foto dan juga membuat sebuah suatu tulisan di website tersebut terutama di akun website kita masing masing. disitulah kita mulai membuat biografi dan juga pengalaman pemograman sebelumnya. setelah itu kita juga mendapatkan tugas yaitu menyelesaikan soal tentang formula F(x) yang nantinya kita akan selesaikan dengan cara manual dan juga melalui komputer (aplikasi). |
== Tugas Hari ke 1 == | == Tugas Hari ke 1 == | ||
− | + | [[Tugas 01 Achmad Djakaria]] | |
− | [[File: | + | |
+ | == Pertemuan 02, tanggal 14 Februari 2020 == | ||
+ | |||
+ | Ilmu metode Ilmiah ini dapat di ibaratkan seperti jari kelingking yang dicelupkan kedalam lautan, pada saat kita mengangkat jari kita keatas tetesan air itu merupakan ilmu yang ada di dunia namun lautan yang kita celupkan itu merupakan ilmu yang dimiliki oleh sang pencipta kita. disinilah kita dapat sadari bahwa ilmu kita itu tidak ada apa apanya, oleh karena itu kita harus selalu bersyukur dan semangat dalam mencari ilmu. | ||
+ | |||
+ | pada pertemuan kedua ini kita memulai dengan membaca suatu buku Metode Numerik yaitu '''Python 3''' | ||
+ | |||
+ | disinilah kita memulai mengkaji daftar isi dari buku tersebut dan menemukan ketertarikan kita pada suatu bab tertentu lalu jika kita sudah menemukan bab yang kita tertariki dan kita mulai mencari soalnya. disinilah saya mulai tertarik di bab 2 yaitu " SYSTEMS OF LINEAR ALGEBRAIC EQUATIONS " disinilah saya mulai tertarik pada soal di problem set 2.1 pada nomer 2 | ||
+ | |||
+ | [[File:IMG_20200214_171205.jpg|200px]] | ||
+ | |||
+ | soal ini diambil dari buku '''Numerical Methods''' In Engineering with '''Python 3''' yang ditulis oleh '''Jaan Kiusalaas''' | ||
+ | |||
+ | == Tugas 2 == | ||
+ | [[Tugas 02 Achmad Djakaria]] | ||
+ | |||
+ | [[Tugas 02 Initial Value Problem]] | ||
+ | |||
+ | Power Point Proses Pembelajaran Metode Numerik | ||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | selama 2 pekan kita telah belajar mata kuliah Metode Numerik, dan disini saya akan menampilkan sebuah power point mengenai proses pembelajaran Metode Numerik | ||
+ | |||
+ | [[File:ppt 1.PNG|500px]] | ||
+ | |||
+ | [[File:ppt 2.PNG|500px]] | ||
+ | |||
+ | [[File:ppt 3.PNG|500px]] | ||
+ | |||
+ | [[File:ppt 4.PNG|500px]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pertemuan 03, 21 Februari 2020 == | ||
+ | |||
+ | pada pertemuan ketiga kita belajar mengenai permodelan. dimana pada suatu permodelan fenomena maka fenomena tersebut tidak akan menyamai dengan fenomena yang actualnya dimana pada saat kita menghitung permasalahan dari suatu fenomena maka akan fenomena tersebut akan memiliki nilai error atau berbedanya nilai fenomena pada soal dengan fenomena pada actualnya. | ||
+ | |||
+ | disini kita membahas salah satu contoh mengenai pegas, dimana suatu pegas akan mengalami osilasi, dimana osilasi adalah variasi periodik terhadap waktu dari suatu hasil pengukuran. pada pegas kita mengetahui bahwa rumus dari Pegas adalah F = K dX dan kita juga belajar bagaimana cara penurunan rumus dari rumus pegas tersebut. | ||
+ | |||
+ | == Tugas 3 == | ||
+ | |||
+ | [[Tugas PPT Hasil Asistensi Runge Kutta]] | ||
+ | |||
+ | [[Tugas Aplikasi soal Runge Kutta]] | ||
+ | |||
+ | == Pertemuan 4, 28 Februari 2020 == | ||
+ | |||
+ | dalam pertemuan ke 4 ini kita mulai diajarkan mengenai aplikasi CFDSOF v1.5 | ||
+ | dengan langkah langkah yang akan dijelaskan dibawah ini untuk menjalankan aplikasi ini untuk menghitung hambatan pada kapal selam. | ||
+ | |||
+ | Langkah-Langkah pengerjaan CFDSOF v1.5 | ||
+ | |||
+ | 1. buka CFDSOF v1.5 klik folder pada '''Geometry preparation''' => ussAlbacore | ||
+ | |||
+ | 2. kemudian klik kanan pada '''Geometry list''' => Scale => ubah jadi 0.001 semua | ||
+ | |||
+ | 3. kemudian klik '''Geometry Mesh''' ubah min dan max pada '''surface refinement''' min, max => 3, 4 | ||
+ | |||
+ | 4. Kemudian klik '''Base Mesh''' ubah '''Min coordinate''' menjadi -2, -5, -5. dan ubah '''Max Coordinate''' menjadi 13, 0, 5. | ||
+ | |||
+ | ubah juga pada '''Box Mesh Properties''' pada Divisionnya menjadi 75, 25, 50 | ||
+ | |||
+ | Ubah '''Box Mesh Boundaries''' seperti pada gambar dibawah ini | ||
+ | |||
+ | [[File:174304.jpg|300px]] | ||
+ | |||
+ | 5. Kemudian klik '''Generate Mesh''' lalu ubah Output Format menjadi Binary | ||
+ | |||
+ | lalu ubah '''Mesh Location''' menjadi 0, -3, -2 lalu klik pin berwarna kuning di bawah dan klik Generate Mesh | ||
+ | |||
+ | 6. Pastikan '''Check Mesh Quality''' sampai muncul Mesh OK. End | ||
+ | |||
+ | 7. Kemudian klik '''Simulation Model''' dan ubah menu '''Turbulance''' menjadi RANS | ||
+ | |||
+ | 8. Kemudian Klik '''Turbulance''' ubah Turbulence Model menjadi Standar k-w dan centang Use Default Coefficient | ||
+ | |||
+ | 9. Kemudian Klik '''Material''' ubah Material Name => Water, Density => 1000, Dynamic Viscosity => 0.00089 | ||
+ | |||
+ | 10. Kemudian Klik '''Boundary Properties''' | ||
+ | |||
+ | Face Name => Inlet 1, Face Type => Patch, Boundary Conditions Type => Velocity Inlet, lalu ubah Reference Value bebas angkanya | ||
+ | |||
+ | Face Name => Outlet1, Face Type => Patch, Boundary Conditions Type => Outflow | ||
+ | |||
+ | Face Name => Boundary1, Face Type => Patch, Boundary Conditions Type => Far-Field | ||
+ | |||
+ | Face Name => Symmetry1, Face Type => symmetry, Boundary Conditions Type => Symmetry | ||
+ | |||
+ | Face Name => ussAlbacore, Face Type => Wall, Boundary Conditions Type => Stationary Wall | ||
+ | |||
+ | 11. Klik '''CFD-SOlVE''' kemudian klik '''Run solver''' ubah Write Control => Run Time, 1000 | ||
+ | |||
+ | 12. lalu klik Run Solver dan tunggu hingga selesai perhitungan dan akan keluarnya grafik seperti dibawah ini | ||
+ | |||
+ | [[File:174326.jpg|300px]] | ||
+ | |||
+ | 13. lalu Klik '''CFD-POST''' lalu klik gambar yang 3 warna maka dia akan muncul halaman seperti dibawah ini | ||
+ | |||
+ | [[File:174322.jpg|300px]] | ||
+ | |||
+ | 14. centang ussAlbacore lalu klik Apply maka akan muncul kapal selam | ||
+ | |||
+ | [[File:174321.jpg|300px]] | ||
+ | |||
+ | 15. lalu Klik '''Calculator''' lalu samakan pada gambar dibawah ini kemudian apply | ||
+ | |||
+ | [[File:174323.jpg|300px]] | ||
+ | |||
+ | 16. Klik Filters => Alphabetical => Generates Surface Normals | ||
+ | |||
+ | 17. centang '''Compute Cell Normals'''kemudian Apply | ||
+ | |||
+ | 18. Klik '''calculator''' kemudian samakan pada gambar dibawah ini dan apply | ||
+ | |||
+ | [[File:174323.jpg|300px]] | ||
+ | |||
+ | 19. lalu klik Filters => Alphabetical => Integrate Variable | ||
+ | |||
+ | 20. kemudian centang '''Devide Cell Data By Volume''' kemudian Apply | ||
+ | |||
+ | 21. lalu akan muncul tabel seperti ini | ||
+ | |||
+ | [[File:174325.jpg|300px]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Tugas 4 == | ||
+ | |||
+ | [[Tugas Regresi dan CFDSOF]] | ||
+ | |||
+ | [[Tugas PPT Hasil Asistensi 2]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pertemuan 5, 6 Maret 2020 == | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan ini kita berdiskusi mengenai Perbedaan Initial Value Problem dengan Boundary Value Problem, dan juga kita mulai membuat salah satu contoh dari masing masing dari initial value problem dan juga boundary value problem yang nantinya kita masukan kedalam satu web di air.eng.ui.ac.id yang berupa tulisan dari setiap masing masing anak kapal. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Tugas 5 == | ||
+ | |||
+ | [[Laporan Asistensi pertemuan 3]] | ||
+ | |||
+ | [[Initial Value Problem]] | ||
+ | |||
+ | [[Boundary Value Problem]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pertemuan 6, 13 Maret 2020 == | ||
+ | |||
+ | pada pertemuan kali ini kita diajarkan oleh bang edo mahasiswa s2 yang merupakan mahasiswa bimbingan pak dai, dikarenakan pak dai berhalangan datang dikarenakan sedang sakit, bang edo ini menyampaikan materi mengenai Optimasi, dimana optimasi adalah suatu cara untuk mengoptimalkan suatu benda atau sesuatu hingga mendapat nilai yang lebih effisien. pada pertemuan kali ini kita diajarkan juga mengenai pengcoddingan pengcoddingan sederhana pada pyhton secara bertahap dan pelan pelan, dan pada pertemuan kali ini juga kita diminta untuk menginstall Scipy untuk memerintah optimasi pada aplikasi pyhton, dan juga kita mulai pengcoddingan di pyhton dengan bantuan scipy dalam menyelesaikan kasus optimasi. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Tugas 6 == | ||
+ | [[optimasi]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Tugas Vidio Optimasi 1 == | ||
+ | |||
+ | Soal Metode Numerik | ||
+ | |||
+ | Suatu Rumah dengan lahan yang cukup ingin dikelilingi oleh kawat berduri agar maling tidak dapat memasuki rumah tersebut. Pemilik rumah tersebut hanya memiliki panjang kawat 200 meter, nah berapa maximal lahan yang bisa dikelilingi oleh kawat berduri ini dengan Lebar lahan minimal 50 meter | ||
+ | Dengan keliling dinyatakan 200 meter, dengan rumus keliling 2p+2L=200 dengan fungsi objektif luasan adalah P x L | ||
+ | |||
+ | [[File:Optimasi_Metode_Numerik_Achmad_Djakaria.mp4|500px]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == UTS METODE NUMERIK == | ||
+ | |||
+ | Dibawah ini merupakan salah satu tugas dalam menyelesaikan UTS METODE NUMERIK dengan menguploud vidio mengenai pembuatan kapal AUV dan juga mencari nilai hambatan, yaitu drag dari aplikasi CFDSOF dan juga dibantu dengan menggunakan aplikasi Maxsurf | ||
− | + | https://youtu.be/NDUKlprUB1s | |
− |
Latest revision as of 22:32, 2 April 2020
" Assalamualaikum Wr. WB. "
Contents
- 1 Biografi
- 2 Pengalaman Programming
- 3 Pertemuan 01, tanggal 7 Februari 2020
- 4 Tugas Hari ke 1
- 5 Pertemuan 02, tanggal 14 Februari 2020
- 6 Tugas 2
- 7 Pertemuan 03, 21 Februari 2020
- 8 Tugas 3
- 9 Pertemuan 4, 28 Februari 2020
- 10 Tugas 4
- 11 Pertemuan 5, 6 Maret 2020
- 12 Tugas 5
- 13 Pertemuan 6, 13 Maret 2020
- 14 Tugas 6
- 15 Tugas Vidio Optimasi 1
- 16 UTS METODE NUMERIK
Biografi
Nama : Achmad Djakaria
NPM : 1806202475
TTL : Cirebon, 01 November 1999
Jurusan : Teknik Perkapalan
Kampus : Universitas Indonesia
Perkenalkan Nama saya Achmad Djakaria Mahasiswa Teknik Perkapalan Universitas Indonesia tahun 2018 dengan NPM 1806202475. Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia dan salah satu kampus impian yang akhirnya impian tersebut terwujud bisa kuliah di Universitas Indonesia ini. sekarang sudah memasuki semester 4 di prodi teknik perkapalan, disinilah pembelajaran seputar perkapalan sudah mulai terasa
Pengalaman Programming
Menjadi seorang IT merupakan salah satu cita cita saya pada saat kecil pada saat SD saya sudah mulai belajar bagaimana menggunakan Programming data seperti Ms.word dan juga Excel kemudian pembelajaran itu dilanjut pada saat SMP kita Belajar bagaimana Menggunakan Ms.word kembali dan juga belajar bagaimana cara membuat blogspot namun ilmu itupun masih belum seberapa. kemudian dilanjut belajar pada saat SMA yaitu mulai membuat animasi bergerak yang sederhana. lalu pada saat kuliah pun belajar mulai mempelajari hal baru mengenai aplikasi AutoCad, Maxsurf, dan juga inventor untuk mempermudah pekerjaan perkuliahan dan juga akan bermanfaat di masa kedepannya.
Pertemuan 01, tanggal 7 Februari 2020
pada pertemuan pertama ini yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2020. kami diajarkan oleh bapak dr. Ir Ahmad Indra Siswantara bagaimana cara membuat akun wiki di website air.eng.ui.ac.id disini lah kita diajarkan bagaimana cara membuat dan juga menjalankan serta menjadi salah satu media pembelajaran baru melalui website ini. di hari pertama ini kita sudah belajar mengenai bagaimana cara menguploud foto dan juga membuat sebuah suatu tulisan di website tersebut terutama di akun website kita masing masing. disitulah kita mulai membuat biografi dan juga pengalaman pemograman sebelumnya. setelah itu kita juga mendapatkan tugas yaitu menyelesaikan soal tentang formula F(x) yang nantinya kita akan selesaikan dengan cara manual dan juga melalui komputer (aplikasi).
Tugas Hari ke 1
Pertemuan 02, tanggal 14 Februari 2020
Ilmu metode Ilmiah ini dapat di ibaratkan seperti jari kelingking yang dicelupkan kedalam lautan, pada saat kita mengangkat jari kita keatas tetesan air itu merupakan ilmu yang ada di dunia namun lautan yang kita celupkan itu merupakan ilmu yang dimiliki oleh sang pencipta kita. disinilah kita dapat sadari bahwa ilmu kita itu tidak ada apa apanya, oleh karena itu kita harus selalu bersyukur dan semangat dalam mencari ilmu.
pada pertemuan kedua ini kita memulai dengan membaca suatu buku Metode Numerik yaitu Python 3
disinilah kita memulai mengkaji daftar isi dari buku tersebut dan menemukan ketertarikan kita pada suatu bab tertentu lalu jika kita sudah menemukan bab yang kita tertariki dan kita mulai mencari soalnya. disinilah saya mulai tertarik di bab 2 yaitu " SYSTEMS OF LINEAR ALGEBRAIC EQUATIONS " disinilah saya mulai tertarik pada soal di problem set 2.1 pada nomer 2
soal ini diambil dari buku Numerical Methods In Engineering with Python 3 yang ditulis oleh Jaan Kiusalaas
Tugas 2
Tugas 02 Initial Value Problem
Power Point Proses Pembelajaran Metode Numerik
selama 2 pekan kita telah belajar mata kuliah Metode Numerik, dan disini saya akan menampilkan sebuah power point mengenai proses pembelajaran Metode Numerik
Pertemuan 03, 21 Februari 2020
pada pertemuan ketiga kita belajar mengenai permodelan. dimana pada suatu permodelan fenomena maka fenomena tersebut tidak akan menyamai dengan fenomena yang actualnya dimana pada saat kita menghitung permasalahan dari suatu fenomena maka akan fenomena tersebut akan memiliki nilai error atau berbedanya nilai fenomena pada soal dengan fenomena pada actualnya.
disini kita membahas salah satu contoh mengenai pegas, dimana suatu pegas akan mengalami osilasi, dimana osilasi adalah variasi periodik terhadap waktu dari suatu hasil pengukuran. pada pegas kita mengetahui bahwa rumus dari Pegas adalah F = K dX dan kita juga belajar bagaimana cara penurunan rumus dari rumus pegas tersebut.
Tugas 3
Tugas PPT Hasil Asistensi Runge Kutta
Tugas Aplikasi soal Runge Kutta
Pertemuan 4, 28 Februari 2020
dalam pertemuan ke 4 ini kita mulai diajarkan mengenai aplikasi CFDSOF v1.5 dengan langkah langkah yang akan dijelaskan dibawah ini untuk menjalankan aplikasi ini untuk menghitung hambatan pada kapal selam.
Langkah-Langkah pengerjaan CFDSOF v1.5
1. buka CFDSOF v1.5 klik folder pada Geometry preparation => ussAlbacore
2. kemudian klik kanan pada Geometry list => Scale => ubah jadi 0.001 semua
3. kemudian klik Geometry Mesh ubah min dan max pada surface refinement min, max => 3, 4
4. Kemudian klik Base Mesh ubah Min coordinate menjadi -2, -5, -5. dan ubah Max Coordinate menjadi 13, 0, 5.
ubah juga pada Box Mesh Properties pada Divisionnya menjadi 75, 25, 50
Ubah Box Mesh Boundaries seperti pada gambar dibawah ini
5. Kemudian klik Generate Mesh lalu ubah Output Format menjadi Binary
lalu ubah Mesh Location menjadi 0, -3, -2 lalu klik pin berwarna kuning di bawah dan klik Generate Mesh
6. Pastikan Check Mesh Quality sampai muncul Mesh OK. End
7. Kemudian klik Simulation Model dan ubah menu Turbulance menjadi RANS
8. Kemudian Klik Turbulance ubah Turbulence Model menjadi Standar k-w dan centang Use Default Coefficient
9. Kemudian Klik Material ubah Material Name => Water, Density => 1000, Dynamic Viscosity => 0.00089
10. Kemudian Klik Boundary Properties
Face Name => Inlet 1, Face Type => Patch, Boundary Conditions Type => Velocity Inlet, lalu ubah Reference Value bebas angkanya
Face Name => Outlet1, Face Type => Patch, Boundary Conditions Type => Outflow
Face Name => Boundary1, Face Type => Patch, Boundary Conditions Type => Far-Field
Face Name => Symmetry1, Face Type => symmetry, Boundary Conditions Type => Symmetry
Face Name => ussAlbacore, Face Type => Wall, Boundary Conditions Type => Stationary Wall
11. Klik CFD-SOlVE kemudian klik Run solver ubah Write Control => Run Time, 1000
12. lalu klik Run Solver dan tunggu hingga selesai perhitungan dan akan keluarnya grafik seperti dibawah ini
13. lalu Klik CFD-POST lalu klik gambar yang 3 warna maka dia akan muncul halaman seperti dibawah ini
14. centang ussAlbacore lalu klik Apply maka akan muncul kapal selam
15. lalu Klik Calculator lalu samakan pada gambar dibawah ini kemudian apply
16. Klik Filters => Alphabetical => Generates Surface Normals
17. centang Compute Cell Normalskemudian Apply
18. Klik calculator kemudian samakan pada gambar dibawah ini dan apply
19. lalu klik Filters => Alphabetical => Integrate Variable
20. kemudian centang Devide Cell Data By Volume kemudian Apply
21. lalu akan muncul tabel seperti ini
Tugas 4
Pertemuan 5, 6 Maret 2020
Pada pertemuan ini kita berdiskusi mengenai Perbedaan Initial Value Problem dengan Boundary Value Problem, dan juga kita mulai membuat salah satu contoh dari masing masing dari initial value problem dan juga boundary value problem yang nantinya kita masukan kedalam satu web di air.eng.ui.ac.id yang berupa tulisan dari setiap masing masing anak kapal.
Tugas 5
Pertemuan 6, 13 Maret 2020
pada pertemuan kali ini kita diajarkan oleh bang edo mahasiswa s2 yang merupakan mahasiswa bimbingan pak dai, dikarenakan pak dai berhalangan datang dikarenakan sedang sakit, bang edo ini menyampaikan materi mengenai Optimasi, dimana optimasi adalah suatu cara untuk mengoptimalkan suatu benda atau sesuatu hingga mendapat nilai yang lebih effisien. pada pertemuan kali ini kita diajarkan juga mengenai pengcoddingan pengcoddingan sederhana pada pyhton secara bertahap dan pelan pelan, dan pada pertemuan kali ini juga kita diminta untuk menginstall Scipy untuk memerintah optimasi pada aplikasi pyhton, dan juga kita mulai pengcoddingan di pyhton dengan bantuan scipy dalam menyelesaikan kasus optimasi.
Tugas 6
Tugas Vidio Optimasi 1
Soal Metode Numerik
Suatu Rumah dengan lahan yang cukup ingin dikelilingi oleh kawat berduri agar maling tidak dapat memasuki rumah tersebut. Pemilik rumah tersebut hanya memiliki panjang kawat 200 meter, nah berapa maximal lahan yang bisa dikelilingi oleh kawat berduri ini dengan Lebar lahan minimal 50 meter Dengan keliling dinyatakan 200 meter, dengan rumus keliling 2p+2L=200 dengan fungsi objektif luasan adalah P x L
UTS METODE NUMERIK
Dibawah ini merupakan salah satu tugas dalam menyelesaikan UTS METODE NUMERIK dengan menguploud vidio mengenai pembuatan kapal AUV dan juga mencari nilai hambatan, yaitu drag dari aplikasi CFDSOF dan juga dibantu dengan menggunakan aplikasi Maxsurf