Difference between revisions of "M Iqbal Abdi Tanjung"
(10 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 17: | Line 17: | ||
Bagi Pak DAI, salah satu syarat mahasiswa untuk mengikuti kelas beliau adalah mahasiswa harus orang yang berakal. Dengan kata lain, selama perkuliahan, mahasiswa dituntut untuk tidak hanya menyerap informasi, namun juga memastikan bahwa informasi yang didapatkan adalah benar adanya dan dapat dipertanggungjawabkan. | Bagi Pak DAI, salah satu syarat mahasiswa untuk mengikuti kelas beliau adalah mahasiswa harus orang yang berakal. Dengan kata lain, selama perkuliahan, mahasiswa dituntut untuk tidak hanya menyerap informasi, namun juga memastikan bahwa informasi yang didapatkan adalah benar adanya dan dapat dipertanggungjawabkan. | ||
− | '''Konsep infinite''' | + | |
+ | == '''Konsep infinite''' == | ||
+ | |||
Infintite melambangkan suatu yang tidak terbatas, tidak terikat dan tidak berujung. Dalam bilangan, infinite merujuk pada nilai yang lebih besar dari bilangan manapun. Infinite sering diperlakukan seperti bilangan, namun itu bukan bilangan yang sama dengan bilangan real. Infinite digunakan sebagai hasil operasi pembagian suatu bilangan dengan nol atau operasi luar biasa lainnya. | Infintite melambangkan suatu yang tidak terbatas, tidak terikat dan tidak berujung. Dalam bilangan, infinite merujuk pada nilai yang lebih besar dari bilangan manapun. Infinite sering diperlakukan seperti bilangan, namun itu bukan bilangan yang sama dengan bilangan real. Infinite digunakan sebagai hasil operasi pembagian suatu bilangan dengan nol atau operasi luar biasa lainnya. | ||
Infinite juga merujuk pada kekuasaan Tuhan YME yang tidak terbatas dan jauh melebihi kemampuan makhluk-makhluknya | Infinite juga merujuk pada kekuasaan Tuhan YME yang tidak terbatas dan jauh melebihi kemampuan makhluk-makhluknya | ||
− | '''Bagaimana menjelaskan secara rasional atas pertanyaan berapa nilai (x2-1)/(x-1) pada x=1''' | + | |
+ | == '''Bagaimana menjelaskan secara rasional atas pertanyaan berapa nilai (x2-1)/(x-1) pada x=1''' == | ||
+ | |||
Pada persamaan tersebut di atas, diketahui bahwa pada x=1, maka pembilang dan penyebut akan bernilai nol (0). Hal ini akan menghasilkan pembagian antara nol dengan nol, dimana nilainya tidak dapat terdefinisi. Sehingga pertanyaan tersebut di atas tidak dapat terjawab dengan langsung memasukkan nilai x=1 pada persamaan. | Pada persamaan tersebut di atas, diketahui bahwa pada x=1, maka pembilang dan penyebut akan bernilai nol (0). Hal ini akan menghasilkan pembagian antara nol dengan nol, dimana nilainya tidak dapat terdefinisi. Sehingga pertanyaan tersebut di atas tidak dapat terjawab dengan langsung memasukkan nilai x=1 pada persamaan. | ||
Line 29: | Line 33: | ||
− | == Tugas 2 komputasi Teknik == | + | == '''Tugas 2 komputasi Teknik''' == |
Analisa Struktur sederhana 1D menggunakan software EES | Analisa Struktur sederhana 1D menggunakan software EES | ||
[[https://ccitonline.com/wiki/index.php/Analisa_struktur_sederhana]] | [[https://ccitonline.com/wiki/index.php/Analisa_struktur_sederhana]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Resume Kuliah Ketiga == | ||
+ | |||
+ | Sebelum melanjutkan perkuliahan harus dilakukan fine tuning agar tujuan perkuliahan sesuai dengan harapan | ||
+ | Fine tuning sama dengan halnya resonansi | ||
+ | Jika frekuensi eksitasi sama dengan frekuensi natural, maka akan dihasilkan gelombang dengan amplitudo maksimal, bahkan bisa mencapai infinite | ||
+ | Bisa jadi pada saat dunia hancur, disebabkan adanya fekuensi eksitasi yang sama dengan frekuensi natural pada bumi sehingga akan ada goncangan yang sangat dahsyat yang dapat menghancurkan bumi itu sendiri | ||
+ | |||
+ | Jika bumi hancur, apa yang tersisa ? | ||
+ | Salah seorang mahasiswa menjawab bahwa yang tersisa adalah amal baik | ||
+ | Apa itu Amal Baik ? | ||
+ | Siapa yang tahu bahwa amal itu baik ? | ||
+ | Jawabannya ada pada hati setiap manusia yang bisa dibolak balik oleh Tuhan | ||
+ | |||
+ | Proses Pemecahan Masalah menggunakan Komputasi Teknik | ||
+ | |||
+ | Analisis Masalah | ||
+ | Pemodelan | ||
+ | Simulasi | ||
+ | Cek Hasil | ||
+ | Verifikasi & Validasi | ||
+ | |||
+ | Verifikasi : menguji apakah kita telah memecahkan masalah dengan benar | ||
+ | |||
+ | Validasi : menguji apakah kita memecahkan peermasalahan yang benar, seberapa jauh hasil yang didapatkan sudah mendekati kondisi aktual | ||
+ | |||
+ | Komputasi adalah seni untuk membuat suatu fiksi, dengan menggunakan asumsi-asumsi yang dapat mewakili suatu permasalahan yang akan diselesaikan | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pekan Ke tiga == | ||
+ | |||
+ | Tugas 3 Komputasi Teknik [https://drive.google.com/file/d/1Xxzzo0ZIybWCLmGSVFWX2we1G0ktgSqM/view] | ||
+ | |||
+ | Quiz 1 Komputasi Teknik [https://drive.google.com/file/d/1pL3Ys17F1IFJa5XehCY27TYLt5j7L50T/view] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pekan Ke Empat == | ||
+ | |||
+ | Tugas 4 Komputasi Teknik | ||
+ | |||
+ | 1. Penjabaran Pengerjaan Simulasi [https://drive.google.com/file/d/1FCrrCCiFzaxV3144rpwv7Ub3yEwbuYAK/view] | ||
+ | |||
+ | 2. File Excel Hasil Simulasi [https://drive.google.com/file/d/1Eic6Caynw4x0TT1xHN0PM3c9jOgbxbM6/view] | ||
+ | |||
+ | 3. File gnuplot Hasil Simulasi [https://drive.google.com/file/d/1tzzl5YEMmZyIDoZ72CNFp9aLBPuWfDg9/view] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | == Pekan ke Lima == | ||
+ | |||
+ | Tugas 5 Komputasi Teknik | ||
+ | |||
+ | 1. Penjabaran Pengerjaan Simulasi [https://drive.google.com/file/d/1GfOLtmSd1MXDOfZ1UuGQ3K6wgjw4MAkO/view] | ||
+ | |||
+ | 2. File Excel Input dan Hasil Simulasi [https://drive.google.com/file/d/1-rfzX362ruk2YLDcLXWASmJte480whhD/view] [https://drive.google.com/file/d/1ttSjPPqWj_BJoG5q7eawRZ2cYiz92inf/view] | ||
+ | |||
+ | 3. File gnuplot Hasil Simulasi [https://drive.google.com/file/d/1RuIBZCWF9h2rQ1VuvEgy8zvMoOdiC4WZ/view] | ||
+ | |||
+ | 4. List Pertanyaan terkait software SAP 2000 [https://drive.google.com/file/d/1UkPQpwXCmvSvCG-AUFfiXT-s7Xp0EeUM/view] | ||
+ | |||
+ | == Pekan ke Tujuh == | ||
+ | |||
+ | Tugas 7 Komputasi Teknik | ||
+ | |||
+ | 1. Penjabaran Tugas [https://drive.google.com/file/d/1lfzl7MYTVNhXQaIGlwwT9yrDV2-bXioN/view] | ||
+ | |||
+ | 2. File Excel Output Simulasi [https://drive.google.com/file/d/1pVlzAk5SVUm8zWlQKKdkqGrXyvUA-Sxa/view] | ||
+ | |||
+ | 3. Konsep Dinamika dan Aplikasinya [https://drive.google.com/file/d/1pVlzAk5SVUm8zWlQKKdkqGrXyvUA-Sxa/view] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | == Tugas Besar Komputasi Teknik == | ||
+ | |||
+ | Nama : M Iqbal Abdi Tanjung | ||
+ | |||
+ | NPM : 1806155320 | ||
+ | |||
+ | Uraian tugas besar yang akan dilakukan | ||
+ | |||
+ | Sub Topik : Energi sistem pencahayaan, natural dan artificial | ||
+ | |||
+ | Tugas yang akan dilakukan : | ||
+ | |||
+ | • Menentukan orientasi bangunan | ||
+ | |||
+ | • Menentukan jenis kaca yang akan digunakan | ||
+ | |||
+ | • Menentukan jenis lampu yang akan digunakan | ||
+ | |||
+ | • Menentukan besar bukaan kaca yang akan digunakan | ||
+ | |||
+ | • Mengoptimasi besar bukaan kaca dan jenis kaca yang digunakan untuk dapat dimanfaatkan sebagai pencahayaan alami di siang hari, | ||
+ | namun tidak memberikan beban pendinginan yang terlalu besar | ||
+ | |||
+ | Untuk mendapatkan besarnya natural lighting dan artificial lighting dilakukan simulasi menggunakan software DiaLux. | ||
+ | |||
+ | [[http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=PERANCANGAN_APARTEMEN_SUBAK]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | == Update Progress Tugas Besar == | ||
+ | |||
+ | Berikut adalah link untuk file EES untuk progress Tugas Besar yang telah dilakukan. Pada EES sudah dicoba lakukan optimasi, tinggal melengkapi beberapa data yang diperlukan. Secara persamaan sebagian besar sudah dibuat. | ||
+ | |||
+ | https://drive.google.com/file/d/1ltMtTlqx0NWVX1lkytHFC6A7-DR1bWtD/view?usp=sharing |
Latest revision as of 14:56, 12 May 2019
Resume Perkuliahan Hari Pertama Komputasi Teknik
Pada kuliah pertama komputasi teknik dengan Pak Dr Ahmad Indra (Pak DAI), dibahas beberapa topik yang dianggap penting sebagai landasan sebelum materi perkuliahan diberikan. Belajar itu apa ? Di awal Pak DAI bertanya tentang beberapa hal yang terkait pada belajar. Bebera pa pertanyaan yang sempat ditanyakan kepada mahasiswa antara lain belajar itu apa ? Apakah orang yang membaca sesuatu dikatakan belajar ? Apakah belajar bisa dari buku saja ? Bagaimana jika ada kesalahan pada buku ? Apakah belajar perlu seorang guru/dosen/pembimbing ? Bagaimana jika guru/dosen/pembimbing memberikan ilmu yang salah ? Dari sederetan pertanyaan tersebut, teradapat beberapa diskusi yang dilakukan antara beberapa mahasiswa yang menanggapi pertanyaan dari Pak DAI tersebut. Dari diskusi tersebut, yang bisa saya pahami adalah, belajar itu merupakan proses mencari kebenaran terhadap sesuatu. Kebenaran itu sendiri merupakan sesuatu yang telah disepakati oleh semua orang, dimanapun sesuatu itu berada. Dan kebenaran mutlak hanyalah milik Allah, tuhan semesta alam. Sesuatu yang dianggap benar oleh manusia atau kebenaran yang ditemukan dan disetujui oleh manusia (seperti hukum Fisika) dapat dipatahkan oleh kebenaran lain yang ditemukan setelahnya. Sebelumnya, semua orang telah sepakat dengan persamaan yang ditemukan oleh Newton, sehingga dianggap suatu kebenaran pada masa tersebut. Kemuadian Einstein datang dengan teori baru yang membuktikan bahwa hukum Newton yang sebelumnya dianggap suatu kebenaran, ternyata tidak berlaku pada benda yang bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa kebenaran yang diklaim oleh manusia mengenai ilmu pengetahuan dapat bekembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri. Sama halnya dalam perkuliahan yang merupakan proses belajar untuk menemukan kebenaran yang sebelumnya belum pernah didapatkan. Kebenaran itu dapat bersumber dari pengajar, buku, internet dan sumber lain yang dapat diakses oleh setiap mahasiswa. Dalam proses pencarian ilmu, salah satu hal yang sangat penting dilakukan adalah untuk dapat melakukan seleksi dari setiap informasi yang didapatkan, apakah ada hal yang bertentangan satu sama lain atau tidak. Proses seleksi informasi ini merupakan proses yang sangat penting agar nantinya ilmu yang didapatkan adalah suatu kebenaran dan dapat diaplikasikan dan dipertanggungjawabkan. Proses menyeleksi informasi ini menunjukkan bahwa pencari ilmu tidak hanya menyerap informasi yang didapatkan selama proses belajar, namun juga melakukan konfirmasi, komparasi dan evaluasi untuk menentukan apakah informasi yang didapatkan benar adanya. Hal ini juga menunjukkan bahwa pembelajar tersebut adalah orang yang berakal. Bagi Pak DAI, salah satu syarat mahasiswa untuk mengikuti kelas beliau adalah mahasiswa harus orang yang berakal. Dengan kata lain, selama perkuliahan, mahasiswa dituntut untuk tidak hanya menyerap informasi, namun juga memastikan bahwa informasi yang didapatkan adalah benar adanya dan dapat dipertanggungjawabkan.
Contents
Konsep infinite
Infintite melambangkan suatu yang tidak terbatas, tidak terikat dan tidak berujung. Dalam bilangan, infinite merujuk pada nilai yang lebih besar dari bilangan manapun. Infinite sering diperlakukan seperti bilangan, namun itu bukan bilangan yang sama dengan bilangan real. Infinite digunakan sebagai hasil operasi pembagian suatu bilangan dengan nol atau operasi luar biasa lainnya. Infinite juga merujuk pada kekuasaan Tuhan YME yang tidak terbatas dan jauh melebihi kemampuan makhluk-makhluknya
Bagaimana menjelaskan secara rasional atas pertanyaan berapa nilai (x2-1)/(x-1) pada x=1
Pada persamaan tersebut di atas, diketahui bahwa pada x=1, maka pembilang dan penyebut akan bernilai nol (0). Hal ini akan menghasilkan pembagian antara nol dengan nol, dimana nilainya tidak dapat terdefinisi. Sehingga pertanyaan tersebut di atas tidak dapat terjawab dengan langsung memasukkan nilai x=1 pada persamaan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dapat dilakukan pendekatan matematis agar didapatkan nilai real yang dapat mendekati jawaban yang sebenarnya. Pendekatan ini dilakukan dari kedua sisi, baik nilai x>1 maupun x<1. Dengan pendekatan ini, akan didapatkan nilai bilangan yang real baik pada x<1 dan x>1 karena pembilang dan penyebut terdiri dari bilangan real sehingga akan didapatkan hasil perhitungan yang juga merupakan bilangan real. Metode pendekatan juga biasa disebut dengan limit. Dari hasil pendekatan kedua sisi, maka bisa dilihat apakah hasilnya konvergen ke suatu nilai atau menjadi divergen.
Tugas 2 komputasi Teknik
Analisa Struktur sederhana 1D menggunakan software EES [[1]]
Resume Kuliah Ketiga
Sebelum melanjutkan perkuliahan harus dilakukan fine tuning agar tujuan perkuliahan sesuai dengan harapan Fine tuning sama dengan halnya resonansi Jika frekuensi eksitasi sama dengan frekuensi natural, maka akan dihasilkan gelombang dengan amplitudo maksimal, bahkan bisa mencapai infinite Bisa jadi pada saat dunia hancur, disebabkan adanya fekuensi eksitasi yang sama dengan frekuensi natural pada bumi sehingga akan ada goncangan yang sangat dahsyat yang dapat menghancurkan bumi itu sendiri
Jika bumi hancur, apa yang tersisa ? Salah seorang mahasiswa menjawab bahwa yang tersisa adalah amal baik Apa itu Amal Baik ? Siapa yang tahu bahwa amal itu baik ? Jawabannya ada pada hati setiap manusia yang bisa dibolak balik oleh Tuhan
Proses Pemecahan Masalah menggunakan Komputasi Teknik
Analisis Masalah Pemodelan Simulasi Cek Hasil Verifikasi & Validasi
Verifikasi : menguji apakah kita telah memecahkan masalah dengan benar
Validasi : menguji apakah kita memecahkan peermasalahan yang benar, seberapa jauh hasil yang didapatkan sudah mendekati kondisi aktual
Komputasi adalah seni untuk membuat suatu fiksi, dengan menggunakan asumsi-asumsi yang dapat mewakili suatu permasalahan yang akan diselesaikan
Pekan Ke tiga
Tugas 3 Komputasi Teknik [2]
Quiz 1 Komputasi Teknik [3]
Pekan Ke Empat
Tugas 4 Komputasi Teknik
1. Penjabaran Pengerjaan Simulasi [4]
2. File Excel Hasil Simulasi [5]
3. File gnuplot Hasil Simulasi [6]
Pekan ke Lima
Tugas 5 Komputasi Teknik
1. Penjabaran Pengerjaan Simulasi [7]
2. File Excel Input dan Hasil Simulasi [8] [9]
3. File gnuplot Hasil Simulasi [10]
4. List Pertanyaan terkait software SAP 2000 [11]
Pekan ke Tujuh
Tugas 7 Komputasi Teknik
1. Penjabaran Tugas [12]
2. File Excel Output Simulasi [13]
3. Konsep Dinamika dan Aplikasinya [14]
Tugas Besar Komputasi Teknik
Nama : M Iqbal Abdi Tanjung
NPM : 1806155320
Uraian tugas besar yang akan dilakukan
Sub Topik : Energi sistem pencahayaan, natural dan artificial
Tugas yang akan dilakukan :
• Menentukan orientasi bangunan
• Menentukan jenis kaca yang akan digunakan
• Menentukan jenis lampu yang akan digunakan
• Menentukan besar bukaan kaca yang akan digunakan
• Mengoptimasi besar bukaan kaca dan jenis kaca yang digunakan untuk dapat dimanfaatkan sebagai pencahayaan alami di siang hari, namun tidak memberikan beban pendinginan yang terlalu besar
Untuk mendapatkan besarnya natural lighting dan artificial lighting dilakukan simulasi menggunakan software DiaLux.
[[15]]
Update Progress Tugas Besar
Berikut adalah link untuk file EES untuk progress Tugas Besar yang telah dilakukan. Pada EES sudah dicoba lakukan optimasi, tinggal melengkapi beberapa data yang diperlukan. Secara persamaan sebagian besar sudah dibuat.
https://drive.google.com/file/d/1ltMtTlqx0NWVX1lkytHFC6A7-DR1bWtD/view?usp=sharing