Difference between revisions of "Rifqi Muhammad Farid"
(52 intermediate revisions by 2 users not shown) | |||
Line 1: | Line 1: | ||
− | [[File: | + | [[File:Rifqi Muhammad Farid-Kapal 18.jpg|200px|thumb|left|Rifqi Muhammad Farid]] |
== Biodata == | == Biodata == | ||
Nama : Rifqi Muhammad Farid | Nama : Rifqi Muhammad Farid | ||
+ | |||
NPM : 1806202481 | NPM : 1806202481 | ||
+ | |||
Prodi : Teknik Perkapalan | Prodi : Teknik Perkapalan | ||
== Biografi == | == Biografi == | ||
− | |||
− | == | + | Perkenalkan nama saya Rifqi Muhammad Farid dari Teknik perkapalan Universitas Indonesia angkatan 2018. saya anak kedua dari dua bersaudara. saya lahir dibekasi tanggal 28 maret 2000. hobi saya nongkrong dan mendengarkan lagu. Saya ialah orang yang pantang menyerah. pada saat saya masih kecil, saya pernah membuat mod untuk game yang saya mainkan. |
+ | |||
+ | == Pertemuan pertama == | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan pertama tanggal 7 Februari 2020, kami berkenalan dengan dosen mata kuliah metode numerik yaitu bapak DR. Ahmad Indra Siswantara. Beliau memberitahukan seputar air.eng.ui.ac.id. lalu beliau juga mengajarkan cara membuat profil di air.eng.ui.ac.id, beliau meminta kami untuk mengisi biografi dan pengalaman kami terkait pemrograman. Lalu beliau memberitahu bahwa kelas Metnum kami muncul di wiki air.eng.ui.ac.id. | ||
+ | |||
+ | == Tugas 1 Metode numerik == | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan pertama kami diberikan tugas untuk menyelesaikan persoalan matematika. | ||
+ | Berdasarkan penyederhanaan dengan bilangan penyebut, saya mendapatkan hasil sebagai berikut. | ||
+ | |||
+ | [[File:Tugas_1_Metnum_Rifqi_Manual.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | jika langsung memasukan x=1 maka akan mendapatkan hasil 0/0. Maka dari itu saya menggunakan cara ini untuk menyelesaikan persoalan matematika tersebut. saya mendapat hasil f(x)= x+1, jika x=1 maka f(1)= 1+1= 2. | ||
+ | |||
+ | Selanjutnya saya menyelesaikannya dengan menggunakan aplikasi Python: | ||
+ | |||
+ | [[File:Tugas_1_Metnum_Rifqi.JPG|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | Fungsi yang saya gunakan adalah 'if' dan 'else', tahapan pertama saya mengerjakan rumusan dari soal yang diberikan. | ||
+ | |||
+ | [[File:Hasil_tugas_Metnum_Rifqi.JPG|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | selanjutnya saya menjalankan rumusan yang telah saya buat, dengan mengisi angka x=1. Hasil yang saya dapatkan pada aplikasi sesuai dengan hasil saat saya mengerjakan secara manual. Menurut saya penggunaan aplikasi ini mempermudah saya dalam mengerjakan persoalan matematika. | ||
+ | |||
+ | == Pertemuan kedua == | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan kali ini tanggal 14 Februari 2020, pak Dai mereview dari pertemuan pertama dan membahas terkait tugas yang sudah dikerjakan. Pak Dai juga memberitahukan penyelesaian dari tugas yang telah diberikan. Selanjutnya pak Dai memberikan ebook terkait mata kuliah Metode numerik, di ebook ini ada perkenalan terkait aplikasi phyton dan kamipun diminta untuk membaca secara singkat dari isi yang ada di ebook. Pak Dai memberitahukan jika kita ada kemauan untuk belajar, tidak perlu takut untuk salah. Pak Dai meminta kami untuk mencari satu soal yang ingin kami pelajari. | ||
+ | |||
+ | Soal yang membuat saya tertarik ialah soal yang ada di BAB 2 Example 2.8 halaman 54. | ||
+ | [[File:EXAMPLE.jpeg|400px|center|alt text]] | ||
+ | *REFERENSI: Kiusalaas, Jaan. 2013. ''Numerical Methods in Engineering with PYTHON 3''. NEW YORK:Cambridge University Press | ||
+ | Soal ini menarik perhatian saya karena bila kita menggunakan metode manual akan terlihat lebih rumit dan membutuhkan waktu yang lama saat melakukan pengerjaannya, tetapi saat mengunakan python waktu pengerjaannya jauh lebih singkat tetapi mudah dimengerti. | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | '''BAB 7 Initial Value Problems''' | ||
+ | |||
+ | DATA-> INFORMASI-> PENGETAHUAN-> ILMU YANG BERMANFAAT-> HIKMAH-> HIDAYAH-> ANALISIS-> STATISTIKAL | ||
+ | Data A=1 berarti A memiliki nilai numerik atau kuantitas variabel A itu 1. Kumpulan dari data bila disatukan akan menjadi sebuah informasi. Kumpulan dari informasi akan menjadi pengetahuan. Dengan pengetahuan yang lebih, kita bisa membagikan ke sesama sehingga akan menjadi ilmu yang bermanfaat. | ||
+ | |||
+ | == Tugas 2 Merode Numerik == | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan kedua kami diberikan kesempatan untuk memilih satu soal yang membuat kami tertarik. lalu, soal tersebut kami kerjakan dengan menggunakan python saya memilih soal berbentuk matrix Ax = B, dan saya harus mencari x nya. | ||
+ | |||
+ | Dalam mengerjakan soal ini menggunakan python saya mengalami satu kesulitan saat saya mendapatkan hasil "Syntax Error". maka dari itu saya mencari tau kesalahan yang terjadi. lalu setelah saya mencari tau kesalahan, ternyata error ini terjadi karena saya belum membuat modul choleski nya. setelah saya dapat menyelesaikan masalah ini saya langsung memasukan rumus ke python. seperti pada foto dibawah | ||
+ | |||
+ | [[File:Soal_menariknya_rifqi.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | setelah saya menyelesaikan modul choleski. saya langsung mencoba running dengan menggunakan python, dan hasilnya seperti gambar berikut ini. | ||
+ | |||
+ | [[File:Jawaban_soal_menariknya_rifqi.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | menurut saya soal ini menarik karena soal ini jauh lebih mudah menggunakan python dibanding dengan cara manual. | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | ''' Soal Buah jatuh dari pohon ''' | ||
+ | |||
+ | Langkah pertama yang saya lakukan ialah mengerjkannya dengan cara manual seperti gambar berikut | ||
+ | |||
+ | [[File:BUAH_APEL_MANUAL_RIFQI.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | ketika menggunakan cara manual ada kesulitan dalam penghitungn bila tidak menggunakan alat bantu hitung. selanjutnya saya mengerjakan dengan menggunakan python | ||
+ | data yang saya gunakan ialah | ||
+ | kerapatan udara(pi) = 0.09 kg/m^3 | ||
+ | kecepatan saat jatuh(V) = 90 m/s | ||
+ | koefesien hambatan apel(cd) = 0.05 koefisien hambatan buah | ||
+ | luas penampang apel(A) = 30 m^2 | ||
+ | massa apel(m) = 0.09 kg | ||
+ | gravitasi (g) = 9.8 m/s^2 | ||
+ | |||
+ | [[File:Soal_buah_jatuh_dari_atas_pohonnya_rifqi.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | Setelah membuat modelan untuk pengisian python. langsung saja isi semua data yang dibutuhkan agar dapat mengetahui hasilnya | ||
+ | |||
+ | [[File:Jawaban_dari_buah_jatuh_dari_atas_pohonnya_rifqi.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | jawaban yang saya dapatkan dengan cara manual dan python hasilnya sama. tetapi menurut saya pribadi lebih mudah menggunakan cara python karena tidak perlu memakan waktu pada saat masa pengitungannya. | ||
+ | |||
+ | '''Link tugas 2 Metnum''' | ||
+ | |||
+ | [[Tugas 2 Metnum Rifqi Muhammad Farid]] | ||
+ | |||
+ | '''PROGRES BELAJAR METODE NUMERIK''' | ||
+ | |||
+ | [[File:Progres_metnum_slide_1_rifqi.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:Progres_metnum_slide_2_rifqi.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:Progres_metnum_slide_3_rifqi.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:Progres_metnum_slide_4_rifqi.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:Progres_metnum_slide_5_rifqi.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | '''Link tugas 3 Metnum''' | ||
+ | |||
+ | [[Tugas 3 Metnum Rifqi Muhammad Farid]] | ||
+ | |||
+ | '''LAPORAN ASISTENSI METODE NUMERIK''' | ||
+ | |||
+ | [[File:Runge_kutta_rifqi_1.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:Runge_kutta_rifqi_2.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:Runge_kutta_rifqi_3.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:Runge_kutta_rifqi_4.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | '''LAPORAN ASISTENSI METODE NUMERIK REGRESI''' | ||
+ | |||
+ | [[File:PPT_REGRESINYA_RIFQI_1.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:PPT_REGRESINYA_RIFQI_2.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:PPT_REGRESINYA_RIFQI_3.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:PPT_REGRESINYA_RIFQI_4.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:PPT_REGRESINYA_RIFQI_5.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | == LINK TUGAS 4 REGRESI == | ||
+ | [[Tugas Regresi Metnum Rifqi Muhammad Farid]] | ||
+ | |||
+ | == Pertemuan Kelima == | ||
+ | |||
+ | '''Perbedaan Initial Value Problem(IVP) dan Boundary Value Problem(BVP)''' | ||
+ | |||
+ | menurut saya pribadi, salah satu contoh aplikasi initial value problem dan boundary value problem ialah ketika kapal selam melaju dan mengganti arah haluannya. initial value problem dapat digunakan untuk mencari kondisi awal kapal selam saat ingin melaju didalam air dengan kecepatan yang dimilliki dan hambatannya juga sedangkan boundary value problem digunakan untuk mencari tau saat kapal selam mengganti arah dengan sudut yang dibuat akan menghasilkan perubahan hambatan yang akan beragam hasilnya. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | '''LAPORAN ASISTENSI METODE NUMERIK PENYELESAIAN INITIAL VALUE PROBLEM DAN BOUNDARY VALUE PROBLEM''' | ||
+ | |||
+ | [[File:Ppt_asis_10_maret_punya_rifqi_1.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:Ppt_asis_10_maret_punya_rifqi_2.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:Ppt_asis_10_maret_punya_rifqi_3.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | [[File:Ppt_asis_10_maret_punya_rifqi_4.png|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | == TUGAS 5 == | ||
+ | |||
+ | Boundary Value Problem | ||
+ | Data yang saya ambil untuk permasalahan boundary value problem berdasarkan data tugas pengaruh kecepatan terhadap hambatan yang didapat dari pengerjaan di CFDSOF. Untuk permsaalahan boundary value problem saya menggunakan 3 data asal yang saya peroleh dari CFDSOF. | ||
+ | |||
+ | [[File:INPUT_TUGAS_5_RIFQI.JPG]] | ||
+ | [[File:OUTPUT_TUGAS_5_RIFQI.JPG]] | ||
+ | |||
+ | ==Pertemuan 13 Maret 2020== | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan kali ini, Pak Dai tidak menghadiri kelas dan digantikan dengan bang Edo. Saat dikelas Bang Edo mengajari kami mengenai Optimasi.Optimasi merupakan seberapa efektif dan efisien sesuatu hingga mencapai nilai idealnya. Bang Edo memberitahukan bahwa optimasi melalui komputasi sangat membantu untuk mendapatkan nilai yang mendekati sempurna. | ||
+ | |||
+ | [[File:FOTO_PERTEMUAN_SAMA_BANG_EDO.jpg]] | ||
+ | |||
+ | ==TUGAS 6== | ||
+ | |||
+ | Pada tugas ke 6, kami diminta untuk menyelesaikan terkait masalah yang terjadi disekitar kita dengan metode optimasi. Berikut iialah soal yang diberikan untuk melakukan optimasi. | ||
+ | [[File:SOAL_6_RIFQIMF.jpg]] | ||
+ | |||
+ | Soal kali ini mengenai luas maksimal pada sebuah lapangan yang akan diberi pagar dengan panjangnya ialah 20 m. syaratnya ialah panjangnya lebih dari atau sama dengan 8. | ||
+ | |||
+ | [[File:TUGAS_6_RIFQIMF.jpg]] | ||
+ | |||
+ | Berikut ialah penyelesaian dari persoalan yang diberikan dengan menggunakan python sehingga diperoleh Luasan maksimal dari kayu sepanjang 20 m yaitu sebesar 25 m². | ||
+ | |||
+ | ==TUGAS 7== | ||
+ | |||
+ | Kali ini pertemuan kami dilakukan dengan cara PJJ. Pak Dai memberikan tugas untuk membuat video terkait penggunaan Metode numerik untuk optimasi, seperti yang dijelaskan pada pertemuan sebelumnya. berikut ialah video yang sudah saya buat beserta soal tekait optimasi. | ||
+ | |||
+ | [[File:TUGAS_PIDO_RIFQI_CUY.mp4]] | ||
+ | |||
+ | ''Link Tugas 7'' | ||
+ | [[TUGAS 7 Rifqi Muhammad Farid]] | ||
+ | |||
+ | ==UTS METODE NUMERIK== | ||
+ | |||
+ | Berikut ialah link tugas UTS yang di berikan yaitu tentang Simulasi AUV(Autonomus Underwater Vehicle) dengan menggunakan Software CFD SOFT. | ||
+ | |||
+ | https://youtu.be/HTZaCEvxnaE |
Latest revision as of 22:25, 7 July 2020
Contents
Biodata
Nama : Rifqi Muhammad Farid
NPM : 1806202481
Prodi : Teknik Perkapalan
Biografi
Perkenalkan nama saya Rifqi Muhammad Farid dari Teknik perkapalan Universitas Indonesia angkatan 2018. saya anak kedua dari dua bersaudara. saya lahir dibekasi tanggal 28 maret 2000. hobi saya nongkrong dan mendengarkan lagu. Saya ialah orang yang pantang menyerah. pada saat saya masih kecil, saya pernah membuat mod untuk game yang saya mainkan.
Pertemuan pertama
Pada pertemuan pertama tanggal 7 Februari 2020, kami berkenalan dengan dosen mata kuliah metode numerik yaitu bapak DR. Ahmad Indra Siswantara. Beliau memberitahukan seputar air.eng.ui.ac.id. lalu beliau juga mengajarkan cara membuat profil di air.eng.ui.ac.id, beliau meminta kami untuk mengisi biografi dan pengalaman kami terkait pemrograman. Lalu beliau memberitahu bahwa kelas Metnum kami muncul di wiki air.eng.ui.ac.id.
Tugas 1 Metode numerik
Pada pertemuan pertama kami diberikan tugas untuk menyelesaikan persoalan matematika. Berdasarkan penyederhanaan dengan bilangan penyebut, saya mendapatkan hasil sebagai berikut.
jika langsung memasukan x=1 maka akan mendapatkan hasil 0/0. Maka dari itu saya menggunakan cara ini untuk menyelesaikan persoalan matematika tersebut. saya mendapat hasil f(x)= x+1, jika x=1 maka f(1)= 1+1= 2.
Selanjutnya saya menyelesaikannya dengan menggunakan aplikasi Python:
Fungsi yang saya gunakan adalah 'if' dan 'else', tahapan pertama saya mengerjakan rumusan dari soal yang diberikan.
selanjutnya saya menjalankan rumusan yang telah saya buat, dengan mengisi angka x=1. Hasil yang saya dapatkan pada aplikasi sesuai dengan hasil saat saya mengerjakan secara manual. Menurut saya penggunaan aplikasi ini mempermudah saya dalam mengerjakan persoalan matematika.
Pertemuan kedua
Pada pertemuan kali ini tanggal 14 Februari 2020, pak Dai mereview dari pertemuan pertama dan membahas terkait tugas yang sudah dikerjakan. Pak Dai juga memberitahukan penyelesaian dari tugas yang telah diberikan. Selanjutnya pak Dai memberikan ebook terkait mata kuliah Metode numerik, di ebook ini ada perkenalan terkait aplikasi phyton dan kamipun diminta untuk membaca secara singkat dari isi yang ada di ebook. Pak Dai memberitahukan jika kita ada kemauan untuk belajar, tidak perlu takut untuk salah. Pak Dai meminta kami untuk mencari satu soal yang ingin kami pelajari.
Soal yang membuat saya tertarik ialah soal yang ada di BAB 2 Example 2.8 halaman 54.
- REFERENSI: Kiusalaas, Jaan. 2013. Numerical Methods in Engineering with PYTHON 3. NEW YORK:Cambridge University Press
Soal ini menarik perhatian saya karena bila kita menggunakan metode manual akan terlihat lebih rumit dan membutuhkan waktu yang lama saat melakukan pengerjaannya, tetapi saat mengunakan python waktu pengerjaannya jauh lebih singkat tetapi mudah dimengerti.
BAB 7 Initial Value Problems
DATA-> INFORMASI-> PENGETAHUAN-> ILMU YANG BERMANFAAT-> HIKMAH-> HIDAYAH-> ANALISIS-> STATISTIKAL
Data A=1 berarti A memiliki nilai numerik atau kuantitas variabel A itu 1. Kumpulan dari data bila disatukan akan menjadi sebuah informasi. Kumpulan dari informasi akan menjadi pengetahuan. Dengan pengetahuan yang lebih, kita bisa membagikan ke sesama sehingga akan menjadi ilmu yang bermanfaat.
Tugas 2 Merode Numerik
Pada pertemuan kedua kami diberikan kesempatan untuk memilih satu soal yang membuat kami tertarik. lalu, soal tersebut kami kerjakan dengan menggunakan python saya memilih soal berbentuk matrix Ax = B, dan saya harus mencari x nya.
Dalam mengerjakan soal ini menggunakan python saya mengalami satu kesulitan saat saya mendapatkan hasil "Syntax Error". maka dari itu saya mencari tau kesalahan yang terjadi. lalu setelah saya mencari tau kesalahan, ternyata error ini terjadi karena saya belum membuat modul choleski nya. setelah saya dapat menyelesaikan masalah ini saya langsung memasukan rumus ke python. seperti pada foto dibawah
setelah saya menyelesaikan modul choleski. saya langsung mencoba running dengan menggunakan python, dan hasilnya seperti gambar berikut ini.
menurut saya soal ini menarik karena soal ini jauh lebih mudah menggunakan python dibanding dengan cara manual.
Soal Buah jatuh dari pohon
Langkah pertama yang saya lakukan ialah mengerjkannya dengan cara manual seperti gambar berikut
ketika menggunakan cara manual ada kesulitan dalam penghitungn bila tidak menggunakan alat bantu hitung. selanjutnya saya mengerjakan dengan menggunakan python data yang saya gunakan ialah kerapatan udara(pi) = 0.09 kg/m^3 kecepatan saat jatuh(V) = 90 m/s koefesien hambatan apel(cd) = 0.05 koefisien hambatan buah luas penampang apel(A) = 30 m^2 massa apel(m) = 0.09 kg gravitasi (g) = 9.8 m/s^2
Setelah membuat modelan untuk pengisian python. langsung saja isi semua data yang dibutuhkan agar dapat mengetahui hasilnya
jawaban yang saya dapatkan dengan cara manual dan python hasilnya sama. tetapi menurut saya pribadi lebih mudah menggunakan cara python karena tidak perlu memakan waktu pada saat masa pengitungannya.
Link tugas 2 Metnum
Tugas 2 Metnum Rifqi Muhammad Farid
PROGRES BELAJAR METODE NUMERIK
Link tugas 3 Metnum
Tugas 3 Metnum Rifqi Muhammad Farid
LAPORAN ASISTENSI METODE NUMERIK
LAPORAN ASISTENSI METODE NUMERIK REGRESI
LINK TUGAS 4 REGRESI
Tugas Regresi Metnum Rifqi Muhammad Farid
Pertemuan Kelima
Perbedaan Initial Value Problem(IVP) dan Boundary Value Problem(BVP)
menurut saya pribadi, salah satu contoh aplikasi initial value problem dan boundary value problem ialah ketika kapal selam melaju dan mengganti arah haluannya. initial value problem dapat digunakan untuk mencari kondisi awal kapal selam saat ingin melaju didalam air dengan kecepatan yang dimilliki dan hambatannya juga sedangkan boundary value problem digunakan untuk mencari tau saat kapal selam mengganti arah dengan sudut yang dibuat akan menghasilkan perubahan hambatan yang akan beragam hasilnya.
LAPORAN ASISTENSI METODE NUMERIK PENYELESAIAN INITIAL VALUE PROBLEM DAN BOUNDARY VALUE PROBLEM
TUGAS 5
Boundary Value Problem Data yang saya ambil untuk permasalahan boundary value problem berdasarkan data tugas pengaruh kecepatan terhadap hambatan yang didapat dari pengerjaan di CFDSOF. Untuk permsaalahan boundary value problem saya menggunakan 3 data asal yang saya peroleh dari CFDSOF.
Pertemuan 13 Maret 2020
Pada pertemuan kali ini, Pak Dai tidak menghadiri kelas dan digantikan dengan bang Edo. Saat dikelas Bang Edo mengajari kami mengenai Optimasi.Optimasi merupakan seberapa efektif dan efisien sesuatu hingga mencapai nilai idealnya. Bang Edo memberitahukan bahwa optimasi melalui komputasi sangat membantu untuk mendapatkan nilai yang mendekati sempurna.
TUGAS 6
Pada tugas ke 6, kami diminta untuk menyelesaikan terkait masalah yang terjadi disekitar kita dengan metode optimasi. Berikut iialah soal yang diberikan untuk melakukan optimasi.
Soal kali ini mengenai luas maksimal pada sebuah lapangan yang akan diberi pagar dengan panjangnya ialah 20 m. syaratnya ialah panjangnya lebih dari atau sama dengan 8.
Berikut ialah penyelesaian dari persoalan yang diberikan dengan menggunakan python sehingga diperoleh Luasan maksimal dari kayu sepanjang 20 m yaitu sebesar 25 m².
TUGAS 7
Kali ini pertemuan kami dilakukan dengan cara PJJ. Pak Dai memberikan tugas untuk membuat video terkait penggunaan Metode numerik untuk optimasi, seperti yang dijelaskan pada pertemuan sebelumnya. berikut ialah video yang sudah saya buat beserta soal tekait optimasi.
Link Tugas 7 TUGAS 7 Rifqi Muhammad Farid
UTS METODE NUMERIK
Berikut ialah link tugas UTS yang di berikan yaitu tentang Simulasi AUV(Autonomus Underwater Vehicle) dengan menggunakan Software CFD SOFT.