Difference between revisions of "Report Tugas Kelompok 12 : Metode Numerik 2019"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Created page with " == Kelompok 12 == Gede Titanandana A.P 1706036495 Hario Gibran 1706036362 Yoshua Lian Calvin 1706036476 == Tugas 3 Optimalisasi Airfoil == Bentuk airfoil memungkinkan a...")
 
(Tugas 1 Governing Equation untuk Mencari Top Speed Mobil)
 
(5 intermediate revisions by 2 users not shown)
Line 3: Line 3:
  
  
Gede Titanandana A.P 1706036495
+
[[Gede Titanandana Andrayuga Pratama]] 1706036495
  
Hario Gibran 1706036362
+
[[Hario Gibran]] 1706036362
  
Yoshua Lian Calvin 1706036476
+
[[Yoshua Lian Calvin]] 1706036476
  
 +
== Tugas 1 Governing Equation untuk Mencari Top Speed Mobil ==
 +
Pada tugas ini kelompok kami menjelaskan pengerjaan governing equation untuk mencari top speed mobil seperti yang diinstruksikan oleh Dr. Ahmad Indra, berikut video penjelasan tugas dari kelompok kami:
 +
 +
[[File:Metode Numerik Governing Equation Kelompok 12.mp4]]
  
 
== Tugas 3 Optimalisasi Airfoil ==
 
== Tugas 3 Optimalisasi Airfoil ==
Line 66: Line 70:
 
Dengan plot grafik dapat ditemukan persamaan dari grafiknya
 
Dengan plot grafik dapat ditemukan persamaan dari grafiknya
  
[[File:Plot Excel.png|800px|thumb|left|]]
+
[[File:Plot Excel.png|500px|thumb|left|]]
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
 +
 
  
  

Latest revision as of 14:45, 17 December 2019

Kelompok 12

Gede Titanandana Andrayuga Pratama 1706036495

Hario Gibran 1706036362

Yoshua Lian Calvin 1706036476

Tugas 1 Governing Equation untuk Mencari Top Speed Mobil

Pada tugas ini kelompok kami menjelaskan pengerjaan governing equation untuk mencari top speed mobil seperti yang diinstruksikan oleh Dr. Ahmad Indra, berikut video penjelasan tugas dari kelompok kami:

Tugas 3 Optimalisasi Airfoil

Bentuk airfoil memungkinkan adanya gaya angkat ketika fluida melewati airfoil. Selain terdapat gaya angkat, aliran fluida juga menghasilkan gaya gesek. Salah satu parameter besar dari gaya angkat yaitu Koefisien gaya angkat (Cl) dan koefisien gaya gesek (Cd) untuk gaya gesek. Besar Cl dan Cd dipengaruhi dari angle of attack airfoil. Agar airfoil optimal, diperlukan kondisi Cl maksimal dan Cd minimum pada angle of attack tertentu. Untuk menentukan angle of attack optimum diperlukan analisis secara komputasi.

Langkah 1 : Membuat modelling CAD

Pada kasus ini kami menggunakan desain CAD dari airfoil NACA 0012 lalu disimpan dalam format stl

CAD Airfoil NACA 0012











Langkah 2 : Membuat Mesh dengan CFDSOF

File CAD format stl diimport ke CFDSOF lalu dilakukan meshing dan penghitungan Cl/Cd dalam rentang interval sudut angle of attack

Mesh dari Airfoil
Tabel Cl per Cd.JPG










Langkah 3 : Memplot grafik Alpha dan Cl/Cd dengan Excel

Dengan plot grafik dapat ditemukan persamaan dari grafiknya

Plot Excel.png















Langkah 4 : Optimasi dengan metode gradient

Optimasi dengan metode gradient dengan phyton

Optimasi Airfoil Metode Gradien.JPG