Difference between revisions of "Nur Kholis Majid"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
 
(17 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 27: Line 27:
 
*Resume 01 Oktober 2019[[https://ccitonline.com/wiki/index.php/Resume_01_Oktober_2019_Nur_Kholis_Majid]]
 
*Resume 01 Oktober 2019[[https://ccitonline.com/wiki/index.php/Resume_01_Oktober_2019_Nur_Kholis_Majid]]
  
'''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 29 Oktober 2019)'''
+
== '''PEMBELAJARAN MATA KULIAH METODE NUMERIK SETELAH UJIAN TENGAH SEMESTER''' ==
  
*Resume 29 Oktober 2019[[https://ccitonline.com/wiki/index.php/Resume_29_Oktober_2019_Nur_Kholis_Majid]]
+
== '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 29 Oktober 2019)''' ==
  
 
Minggu ini kelas mempelajari tentang python yaitu merupakan salah satu bahasa mesin yang tidak rumit karena mudah dioperasikan. Bahasa mesin ini dituangkan dalam code yang merupakan gagasan apa yang akan dikomunikasikan.
 
Minggu ini kelas mempelajari tentang python yaitu merupakan salah satu bahasa mesin yang tidak rumit karena mudah dioperasikan. Bahasa mesin ini dituangkan dalam code yang merupakan gagasan apa yang akan dikomunikasikan.
  
Kelas dimulai dengan membaca buku python yang diberikan dosen, kemudian dibantu asisten dosen dalam membuat dan mengoperasikan code python yang diberikan, code-code tersebut merupakan aplikasi operasi matematika sederhana. Komputer merupakan alat bantu yang "lebih jujur" dalam memecahkan sebuah masalah matematika.
+
Kelas dimulai dengan membaca buku python yang diberikan dosen, kemudian dibantu asisten dosen dalam membuat dan mengoperasikan code python yang diberikan, code-code tersebut merupakan aplikasi operasi matematika sederhana. Komputer merupakan alat bantu yang "lebih jujur" dalam memecahkan sebuah masalah matematika. Code atau perintah tersebut yaitu:
 +
 
 +
import math
 +
 
 +
math.sqrt (x)
 +
 
 +
perintah import math diatas membuat Phyton DLB memuat fungsi matematika, sedangkan perintah math.sqrt (x) adalah perintah akar kuadrat, dan x adalah angka yang dikehendaki dicari akarnya.
 +
 
 +
Perintah math.sqrt juga bisa diganti menjadi perintah lain, yaitu dengan memasukkan kata perintah yang dikehendaki diikuti sama dengan math.sqrt, contohnya:
 +
 
 +
akar = math.sqrt
 +
 
 +
'''TUGAS'''
  
 
Kemudian kelas dilanjutkan dengan dosen yang memberikan suatu kasus yaitu:
 
Kemudian kelas dilanjutkan dengan dosen yang memberikan suatu kasus yaitu:
 
Mencari waktu untuk menempuh kecepatan maksimum pada sebuah mobil, seperti berikut
 
Mencari waktu untuk menempuh kecepatan maksimum pada sebuah mobil, seperti berikut
  
[[File:Waktu.PNG|600px]]
+
[[File:Waktu.PNG|1000px]]
 +
 
 +
F drive = Gaya dorong yang dilakukan mesin mobil
 +
F drag = Gaya tekan udara terhadap mobil
 +
F friction = Gaya gesek ban dengan jalan
 +
 
 +
Untuk mencari waktu yang diperlukan untuk mencapai kecepatan maksimum, maka perlu mengetahui akselerasi. Akselerasi dapat diketahui dengan mengurangi F Drive dengan F Drag dan F Friction lagu membaginya dengan massa mobil. Nilai akselerasi nanti akan membagi nilai kecepatan maksimum agar mendapat nilai t maksimal. Dengan persamaan demikian, maka program yang dituliskan di Phyton adalah sebagai berikut
 +
 
 +
[[File:Code.PNG|400px]]
 +
 
 +
'''Untuk pekerjaan rumah berikutnya dikerjakan berkelompok, dengan susunan anggota sebagai berikut:'''
 +
 
 +
Ahmad Muzakki - 1706986284
 +
 
 +
Andi Aditya - 1706036463
 +
 
 +
Nur Kholis Majid - 1706036531
 +
 
 +
Mahasiswa diberi tugas untuk membuat video presentasi mengenai kode di atas. Untuk kelompok kami, video dapat dilihat di bawah:
 +
 
 +
[[File:MetNum-04_November_2019.mp4]]
 +
 
 +
== '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 5 November 2019)''' ==
 +
 
 +
Pertemuan 5 November 2019 mahasiswa mempelajari Metode Runge-Kutta untuk menyelesaikan suatu penyelesaian matematika. Metode ini adalah metode yang termasuk dalam golongan metode iteratif implisit dan eksplisit, sama seperti dengan metode Euler.
 +
 
 +
Lalu, mahasiswa diajarkan perangkat lunak CFDSOF-NG oleh asisten dosen. CFDSOF-NG berguna untuk mempelajari aliran fluida pada suatu benda. Langkah yang diajarkan menggunakan CFDSOF adalah sebagai berikut:
 +
 
 +
1. Buat ''case'' baru dengan memasukkan nama proyek, lalu tekan ''create case''
 +
 
 +
[[File:CFDSOF_1.JPG|500px]]
 +
 
 +
2. Masukkan model STL yang akan disimulasikan dengan menekan ''import geometry''
 +
 
 +
[[File:CFDSOF_2.JPG|1000px]]
 +
 
 +
3. Pindah ke bagian ''base mesh'' dan ubah ''mesh'' sesuai kehendak.
 +
 
 +
[[File:CFDSOF_3_1.JPG|1000px]]
 +
 
 +
4. Pindah ke bagian ''generate mesh'', dan pastikan titik kuning (titik referensi) berada di luar benda. Untuk memunculkan titik kuning, tekan tombol yang dilingkari dengan lingkaran kuning. Setelah itu tekan ''generate mesh''
 +
 
 +
[[File:CFDSOF_4.JPG|1000px]]
 +
 
 +
5. Pindah ke bagian ''check mesh'' lalu klik ''check mesh''. Jika muncul tulisan ''mesh OK'' maka ia siap dipakai
 +
 
 +
[[File:CFDSOF_5.JPG|1000px]]
 +
 
 +
6. Pindah ke bagian ''Simulation model'' dan atur kondisi simulasi sesuai keinginan
 +
 
 +
[[File:CFDSOF_6.JPG|1000px]]
 +
 
 +
7. Lalu pindah ke CFD Solve
 +
 
 +
== '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 12 November 2019)''' ==
 +
 
 +
Pada perkuliahan 12 November 2019 mahasiswa diminta untuk menggunakan CFDSOF namun menggunakan airfoil sesuai keinginan mahasiswa. Tugas ini dikerjakan berkelompok. Airfoil yang kelompok kami gunakan adalah airfoil MH-43. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendesain airfoil menggunakan perangkat lunak desain 3D.
 +
 
 +
[[File:Airfoil22.jpg|1000px]]
 +
 
 +
Setelah itu file dikonversi menjadi format STL dan dicari nilai drag dan lift melalui tahapan CFDSOF
 +
 
 +
[[File:Airfoil2.jpg|1000px]]
 +
 
 +
== '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 19 November - 03 Desember 2019)''' ==
 +
 
 +
Pada 3 pertemuan tersebut saya dan kedua teman kelompok (Andi Aditya dan Ahmad Muzakki) memfokuskan pembelajaran pada proses dari Tugas Besar yang diberikan oleh Pak Dai, Tugas ini menggunakan aplikasi CFD, excel hingga hasilnya bisa dicek pada laman berikut:
 +
 
 +
    [[Report Tugas Kelompok 6 : Metode Numerik 2019]]
 +
 
 +
== '''Kuliah Metode Numerik (Selasa, 10 Desember 2019)''' ==
 +
 
 +
Kali ini saya belajar suatu materi baru yaitu tentang Artificial Neural Network (ANN), yaitu Jaringan Syaraf Tiruan yang merupakan sebuah teknik atau pendekatan pengolahan informasi yang terinspirasi oleh cara kerja sistem saraf biologis, khususnya pada sel otak manusia dalam memproses informasi.
 +
Setelah itu dilanjutkan dengan mencari suatu hasil dari data airfoil yang telah saya kerjakan pada tugas sebelumnya menggunakan coding yang telah disiapkan oleh asisten dosen.
 +
Berikut merupakan hasil dari pemograman:
 +
 
 +
[[File:ANN 11.png|500px|center]]
 +
[[File:ANN 12.png|500px|center]]
 +
[[File:ANN 13.png|500px|center]]
 +
[[File:ANN 14.png|500px|center]]
 +
[[File:ANN 15.png|500px|center]]
 +
[[File:ANN 16.png|500px|center]]
 +
 
 +
Setelah mendapatkan nilai yang ada, mahasiswa membuat resumbe berkaitan materi kelas hari ini dengan menjawab pertanyaan apa itu ANN, pembuatan ANN hingga perbandingan antara setiap grafik.
 +
 
 +
[https://colab.research.google.com/drive/1GyOrUQjvwkCcW0Dzf1DajbarcjVLwBt-#scrollTo=AME_Dl8QORS5 Pengerjaan ANN Majid]

Latest revision as of 14:48, 17 December 2019

Mata Kuliah Metode Numerik

Nur Kholis Majid 1706036431

Kholis.jpg

BERIKUT ADALAH RIWAYAT PEMBELAJARAN MINGGUAN

Kuliah Metode Numerik (Selasa, 03 September 2019)

  • Resume 3 September 2019[[1]]

Kuliah Metode Numerik (Selasa, 10 September 2019)

  • Resume 10 September 2019[[2]]

Kuliah Metode Numerik (Selasa, 17 September 2019)

  • Resume 17 September 2019[[3]]

Kuliah Metode Numerik (Selasa, 24 September 2019)

  • Resume 24 September 2019[[4]]

Kuliah Metode Numerik (Selasa, 01 Oktober 2019)

  • Resume 01 Oktober 2019[[5]]

PEMBELAJARAN MATA KULIAH METODE NUMERIK SETELAH UJIAN TENGAH SEMESTER

Kuliah Metode Numerik (Selasa, 29 Oktober 2019)

Minggu ini kelas mempelajari tentang python yaitu merupakan salah satu bahasa mesin yang tidak rumit karena mudah dioperasikan. Bahasa mesin ini dituangkan dalam code yang merupakan gagasan apa yang akan dikomunikasikan.

Kelas dimulai dengan membaca buku python yang diberikan dosen, kemudian dibantu asisten dosen dalam membuat dan mengoperasikan code python yang diberikan, code-code tersebut merupakan aplikasi operasi matematika sederhana. Komputer merupakan alat bantu yang "lebih jujur" dalam memecahkan sebuah masalah matematika. Code atau perintah tersebut yaitu:

import math

math.sqrt (x)

perintah import math diatas membuat Phyton DLB memuat fungsi matematika, sedangkan perintah math.sqrt (x) adalah perintah akar kuadrat, dan x adalah angka yang dikehendaki dicari akarnya.

Perintah math.sqrt juga bisa diganti menjadi perintah lain, yaitu dengan memasukkan kata perintah yang dikehendaki diikuti sama dengan math.sqrt, contohnya:

akar = math.sqrt

TUGAS

Kemudian kelas dilanjutkan dengan dosen yang memberikan suatu kasus yaitu: Mencari waktu untuk menempuh kecepatan maksimum pada sebuah mobil, seperti berikut

Waktu.PNG

F drive = Gaya dorong yang dilakukan mesin mobil F drag = Gaya tekan udara terhadap mobil F friction = Gaya gesek ban dengan jalan

Untuk mencari waktu yang diperlukan untuk mencapai kecepatan maksimum, maka perlu mengetahui akselerasi. Akselerasi dapat diketahui dengan mengurangi F Drive dengan F Drag dan F Friction lagu membaginya dengan massa mobil. Nilai akselerasi nanti akan membagi nilai kecepatan maksimum agar mendapat nilai t maksimal. Dengan persamaan demikian, maka program yang dituliskan di Phyton adalah sebagai berikut

Code.PNG

Untuk pekerjaan rumah berikutnya dikerjakan berkelompok, dengan susunan anggota sebagai berikut:

Ahmad Muzakki - 1706986284

Andi Aditya - 1706036463

Nur Kholis Majid - 1706036531

Mahasiswa diberi tugas untuk membuat video presentasi mengenai kode di atas. Untuk kelompok kami, video dapat dilihat di bawah:

Kuliah Metode Numerik (Selasa, 5 November 2019)

Pertemuan 5 November 2019 mahasiswa mempelajari Metode Runge-Kutta untuk menyelesaikan suatu penyelesaian matematika. Metode ini adalah metode yang termasuk dalam golongan metode iteratif implisit dan eksplisit, sama seperti dengan metode Euler.

Lalu, mahasiswa diajarkan perangkat lunak CFDSOF-NG oleh asisten dosen. CFDSOF-NG berguna untuk mempelajari aliran fluida pada suatu benda. Langkah yang diajarkan menggunakan CFDSOF adalah sebagai berikut:

1. Buat case baru dengan memasukkan nama proyek, lalu tekan create case

CFDSOF 1.JPG

2. Masukkan model STL yang akan disimulasikan dengan menekan import geometry

CFDSOF 2.JPG

3. Pindah ke bagian base mesh dan ubah mesh sesuai kehendak.

CFDSOF 3 1.JPG

4. Pindah ke bagian generate mesh, dan pastikan titik kuning (titik referensi) berada di luar benda. Untuk memunculkan titik kuning, tekan tombol yang dilingkari dengan lingkaran kuning. Setelah itu tekan generate mesh

CFDSOF 4.JPG

5. Pindah ke bagian check mesh lalu klik check mesh. Jika muncul tulisan mesh OK maka ia siap dipakai

CFDSOF 5.JPG

6. Pindah ke bagian Simulation model dan atur kondisi simulasi sesuai keinginan

CFDSOF 6.JPG

7. Lalu pindah ke CFD Solve

Kuliah Metode Numerik (Selasa, 12 November 2019)

Pada perkuliahan 12 November 2019 mahasiswa diminta untuk menggunakan CFDSOF namun menggunakan airfoil sesuai keinginan mahasiswa. Tugas ini dikerjakan berkelompok. Airfoil yang kelompok kami gunakan adalah airfoil MH-43. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendesain airfoil menggunakan perangkat lunak desain 3D.

Airfoil22.jpg

Setelah itu file dikonversi menjadi format STL dan dicari nilai drag dan lift melalui tahapan CFDSOF

Airfoil2.jpg

Kuliah Metode Numerik (Selasa, 19 November - 03 Desember 2019)

Pada 3 pertemuan tersebut saya dan kedua teman kelompok (Andi Aditya dan Ahmad Muzakki) memfokuskan pembelajaran pada proses dari Tugas Besar yang diberikan oleh Pak Dai, Tugas ini menggunakan aplikasi CFD, excel hingga hasilnya bisa dicek pada laman berikut:

   Report Tugas Kelompok 6 : Metode Numerik 2019

Kuliah Metode Numerik (Selasa, 10 Desember 2019)

Kali ini saya belajar suatu materi baru yaitu tentang Artificial Neural Network (ANN), yaitu Jaringan Syaraf Tiruan yang merupakan sebuah teknik atau pendekatan pengolahan informasi yang terinspirasi oleh cara kerja sistem saraf biologis, khususnya pada sel otak manusia dalam memproses informasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mencari suatu hasil dari data airfoil yang telah saya kerjakan pada tugas sebelumnya menggunakan coding yang telah disiapkan oleh asisten dosen. Berikut merupakan hasil dari pemograman:

ANN 11.png
ANN 12.png
ANN 13.png
ANN 14.png
ANN 15.png
ANN 16.png

Setelah mendapatkan nilai yang ada, mahasiswa membuat resumbe berkaitan materi kelas hari ini dengan menjawab pertanyaan apa itu ANN, pembuatan ANN hingga perbandingan antara setiap grafik.

Pengerjaan ANN Majid