Difference between revisions of "Faundra Ihsan Pratama"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Pertemuan 1)
 
(13 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 1: Line 1:
 +
Assalamualaikum wrb.
  
 +
Perkenalkan nama saya Faundra Ihsan Pratama. Teknik Mesin Universitas Indonesia Angkatan 2017. Di laman ini saya akan memberi tahu seputar perkuliahan metode numerik kelas paralel.
  
== Pertemuan 1 ==
+
berikut adalah data diri saya:
  
''''''Faundra Ihsan Pratama
+
Nama    : Faundra Ihsan Pratama
1706070583
 
Teknik Mesin
 
Program Paralel''''''
 
  
 +
NPM    : 1706070583
  
'''Metode Numerik''' adalah teknik yang digunakan untuk memformulasikan persoalan matematika sehingga dapat dipecahkan dengan operasi perhitungan biasa (+, – , / , *).
+
Jurusan : Teknik Mesin
  
Metode Numerik dapat menjadi solusi dalam permasalahan perhitungan matematika yang tidak dapat diselesaikan dengan Metode Analitik. Metode Analitik atau Metode Exact adalah teknik yang digunakan pada sejumlah persoalan yang terbatas dan menghasilkan solusi exact atau solusi sejati.
 
  
Perbedaan Metode Numerik dan Metode Analitik :
+
== PERTEMUAN 1 - FAUNDRA IHSAN PRATAMA 1706070583 ==
  
Metode Numerik :
+
[[Pengenalan Terhadap Metode Numerik]]
  
Solusi selalu berbentuk angka.
+
== PERTEMUAN 2 - FAUNDRA IHSAN PRATAMA 1706070583 ==
Solusi yang dihasilkan adalah solusi pendekatan/hampiran (approxomation), solusi hampiran tidak sama dengan solusi sejati, sehingga ada selisih antara keduanya yang disebut galat atau error.
 
Metode Analitik :
 
  
Solusi berupa fungsi matematika yang selanjutnya fungsi matematika tersebut dapat dievaluasi untuk menghasilkan nilai dalam bentuk angka.
+
[[Cara Menggunakan Aplikasi Phyton di Metode Numerik]]
Solusi yang dihasilkan solusi exact atau solusi sejati.
 
Dalam peranannya, Metode Numerik merupakan :
 
  
Alat bantu pemecahan masalah perhitungan matematika yang sangat kompleks.
+
== PERTEMUAN 3 - FAUNDRA IHSAN PRATAMA 1706070583 ==
Mampu menangani sistem persamaan linier yang besar dan persamaan-persamaan yang rumit.
 
Menyederhanakan perhitungan matematika yang lebih tinggi menjadi operasi matematika yang mendasar.
 
Dalam peranan Komputer pada Metode Numerik :
 
  
Perhitungan dalam metode numerik berupa operasi aritmatika dan dilakukan berulang kali, sehingga dengan adanya komputer dapat mempercepat proses perhitungan tanpa menghasilkan kesalahan.
+
[[Pengaplikasian Matriks di dalam Phyton]]
Dengan komputer kita dapat mencoba berbagai kemungkinan solusi yang terjadi akibat perubahan beberapa parameter. Solusi yang diperoleh juga dapat ditingkatkan ketelitiannya dengan mengubah nilai parameter.
 
Perhitungan Matematika yang dapat diselesaikan dengan Metode Numerik :
 
  
1. Persamaan Non-Linier :
+
== PERTEMUAN 4 - FAUNDRA IHSAN PRATAMA 1706070583 ==
  
M. Tertutup : Tabel, Biseksi, Regula Falsi
+
[[Penanaman Konsep Mahasiswa dalam Melakukan Simulasi - Modelling dan Desain]]
M. Terbuka : Secant, Newton Raphson, Iterasi Sederhana
 
2. Persamaan Linier
 
  
Eliminasi Gauss, Eliminasi Gauss Jordan, Gauss Seidel
+
== PERTEMUAN 5 - FAUNDRA IHSAN PRATAMA 1706070583 ==
3. Differensiasi Numerik
 
  
Selisih Maju, Selisih Tengahan, Selisih Mundur
+
[[Menyelesaikan Kasus Permodelan Pegas]]
4. Integrasi Numerik
 
  
Integral Reimann, Integrasi Trapezoida, Simpson, Gauss
+
== TUGAS - TUGAS ==
5. Interpolasi
 
  
Interpolasi Linier, Quadrat, Kubik, Polinom Lagrange, Polinom Newton
+
[[TUGAS 1 - FLOWCHART ALIR PEMOGRAMAN]]
6. Regresi
 
  
Regresi Linier dan Non Linier
+
[[TUGAS 2 - MENENTUKAN BEP DARI BISNIS KOS-KOSAN]]
7. Penyelesaian Persamaan Differensial
 
  
Euler, Taylor
+
[[TUGAS 3 - PENENTUAN REAKSI TUMPUAN DARI BISNIS KOS-KOSAN]]
  
== Pertemuan 2 ==
 
  
'''Faundra Ihsan Pratama 1706070583 Teknik Mesin Program Paralel'''
 
  
Pertemuan kedua mata kuliah metode numerik kali ini pimpin dan diajar oleh Asisten Dosen. Terdapat 3 mahasiswa Pak DAI pada kuliah kali ini, salah satunya adalah Pak Gungun.
+
== UAS (Ujian Akhir Semester) ==
  
Pada perkuliahan kali ini asisten dosen menjelaskan bagaimana cara menyelesaikan persamaan 3 variabel. metode yang digunakan menggunakan aplikasi phyton. Aplikasi phyton ini bisa menyelesaikan persamaan berbentuk matriks. Matriks yang ada berorde m x n. Matriks kali ini berorde 3x3. Penyelesaian matriks ini dilakukan dengan kode-kode yang biasa kita sebut coding atau mengcoding.  
+
[[1. File PDF terkait problem optimasi yang ditentukan berupa merit/objective function dan constrain. (20%)]]
  
Hasil dari pembelajaran ini kami dapat mengoperasikan phyton dengan model sederhana dan kamipun diberi tugas oleh asisten dosen untuk menyelesaikan suatu persamaan.
+
[[2. File PDF Coding python penyelesaian optimasi numerik. (10%)]]
 +
 
 +
[[3. File video (mp4, avi, mov, dan lain-lain) Video presentasi tugas yang dikerjakan. (30%)]]
 +
 
 +
 
 +
Semoga ilmu yang ada di laman ini dapat bermanfaat bagi orang banyak.
 +
 
 +
Terimakasih.

Latest revision as of 22:41, 22 May 2019

Assalamualaikum wrb.

Perkenalkan nama saya Faundra Ihsan Pratama. Teknik Mesin Universitas Indonesia Angkatan 2017. Di laman ini saya akan memberi tahu seputar perkuliahan metode numerik kelas paralel.

berikut adalah data diri saya:

Nama  : Faundra Ihsan Pratama

NPM  : 1706070583

Jurusan : Teknik Mesin


PERTEMUAN 1 - FAUNDRA IHSAN PRATAMA 1706070583

Pengenalan Terhadap Metode Numerik

PERTEMUAN 2 - FAUNDRA IHSAN PRATAMA 1706070583

Cara Menggunakan Aplikasi Phyton di Metode Numerik

PERTEMUAN 3 - FAUNDRA IHSAN PRATAMA 1706070583

Pengaplikasian Matriks di dalam Phyton

PERTEMUAN 4 - FAUNDRA IHSAN PRATAMA 1706070583

Penanaman Konsep Mahasiswa dalam Melakukan Simulasi - Modelling dan Desain

PERTEMUAN 5 - FAUNDRA IHSAN PRATAMA 1706070583

Menyelesaikan Kasus Permodelan Pegas

TUGAS - TUGAS

TUGAS 1 - FLOWCHART ALIR PEMOGRAMAN

TUGAS 2 - MENENTUKAN BEP DARI BISNIS KOS-KOSAN

TUGAS 3 - PENENTUAN REAKSI TUMPUAN DARI BISNIS KOS-KOSAN


UAS (Ujian Akhir Semester)

1. File PDF terkait problem optimasi yang ditentukan berupa merit/objective function dan constrain. (20%)

2. File PDF Coding python penyelesaian optimasi numerik. (10%)

3. File video (mp4, avi, mov, dan lain-lain) Video presentasi tugas yang dikerjakan. (30%)


Semoga ilmu yang ada di laman ini dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Terimakasih.