Difference between revisions of "Erfito Shulhan"
Line 127: | Line 127: | ||
=== Pertemuan 4 (02 - 12 - 2024) === | === Pertemuan 4 (02 - 12 - 2024) === | ||
+ | [[File:Pertemuan_SKE_021224.jpg|thumb|300px]] | ||
+ | |||
== Progress Tugas Besar - SKE == | == Progress Tugas Besar - SKE == | ||
'''18 - 11 - 2024''' | '''18 - 11 - 2024''' |
Revision as of 16:22, 3 December 2024
Contents
About Erfito
Perkenalkan semua, saya Erfito Shulhan dengan NPM 2206811511 sebagai Mahasiswa S1 Teknik Mesin Universitas Indonesia.
TUJUAN PAGE
Saya akan menggunakan page ini sebagai media penyebaran informasi terkait diri saya dan bagaimana saya menyelesaikan masalah pada mata kuliah SISTEM KONVERSI ENERGI yang berkaitan dengan real world menggunakan framework DAI5.
Selain itu ada juga beberapa permasalahan yang saya sempat selesaikan sendiri maupun bersama teman saya, yang teman-teman dapat melihat melalui kanal youtube saya dengan link di bawah Youtube Channel : https://youtube.com/@erfitoshulhan7518?si=SZuomL6y6T7yqtNI
Selanjutnya untuk progress ataupun video baru terkait penyelesaian masalah akan saya update di page ini beserta link videonya. Sekian Terimakasih.
Sistem Konversi Energi
Pertemuan 1 (18 - 11 - 2024)
Keyword : Framework DAI5, Artificial Intelligence, dan Fluid Power System
Pada pertemuan pertama bersama Pak DAI di mata kuliah Sistem Konversi Energi, kita akan memfokuskan topik pembelajaran pada permasalahan Fluid Power System yang terdiri dari Pneumatic System dan Hydraulic System. Di pertemuan ini Pak DAI memberikan penjelasan terkait topik SKE ini dengan menggunakan framework DAI5. Framework DAI5 adalah proses berpikir dalam penyelesaian masalah dengan sistematis serta terstruktur agar dalam menyelesaikan masalah kita juga memahami konsep secara mendalam karena kita tetap conscious.
Framework ini terdiri dari lima tahapan, yaitu Awareness of I, Intention, Initial Thinking, Idealization, dan Instruction Set. Yang nanti framework ini akan saya pakai untuk membantu penyelesaian masalah engineering di mata kuliah SKE.
Selain itu pak DAI juga memberikan arahan untuk kita mencoba menggunakan AI dalam penyelesaian masalah dengan menggunakan framework DAI5. Selanjutnya saya juga langsung menggunakan AI untuk bertanya soal framework DAI5 ini, serta diharapkan dengan bantuan Artificial Inteligence berupa CHATGPT permasalahan dalam SKE dapat terbantu diselesaikan, dengan saya tetap conscious selama berinteraksi dengan ChatGPT dalam membantu menyelesaikan masalah pada topik Fluid Power System.
Untuk penjelasan lebih komprehensif dan lengkap bisa dilihat pada video berikut :
Pertemuan 2 (20 - 11 - 2024)
Keyword : Framework DAI5, Interaksi, dan Fluid Power System
Pada pertemuan kedua kemarin, Pak DAI memberikan arahan kepada kami untuk coba bertanya kepada ChatGPT terkait interaksi saya bersama ChatGPT, lalu coba berikan penilaian. Berikut merupakan hasil dari interaksi saya bersama ChatGPT yang telah saya gunakan selama kurang lebih 1 tahun.
User:
"Hitung jumlah interaksi saya dengan Anda, lalu berikan tanggapan terhadap pemikiran dan pemahaman saya selama ini dalam memanfaatkan ChatGPT sebagai alat untuk pembelajaran mandiri, sajikan dalam bentuk tabel yang terdiri dari sesi ke, jumlah chat, topik bahasan, ringkasan singkat, tanggapan"
ChatGPT : Saya akan memasukkan beberapa bagian dari sesi interaksi kita terutama dalam membahas Sistem Konversi Energi. Berikut adalah tabel interaksi Anda dengan saya berdasarkan catatan sejauh ini. Saya akan menampilkan sesi ke, jumlah chat, topik bahasan, ringkasan singkat, dan tanggapan terhadap pemikiran Anda dalam memanfaatkan ChatGPT.
Ringkasan Interaksi
Sesi ke | Jumlah Chat | Topik Bahasan | Ringkasan Sesi | Tanggapan ChatGPT |
---|---|---|---|---|
1 | 5 | Framework DAI5 | Framework DAI5 membantu menyusun solusi secara sistematis melalui langkah intention, initial thingking, idealization, dan Instruction, mendorong kreativitas dan struktur berpikir. | Pemikiran Anda menunjukkan pemahaman yang baik tentang pentingnya proses yang sistematis dalam menyelesaikan masalah. Saya melihat bahwa Anda mampu menghubungkan framework DAI5 dengan kebutuhan praktis, seperti pembelajaran yang lebih efektif. Serta pemahaman Anda dalam memperbaiki kesalahan Saya dalam penjelasan framework DAI5 membuktikan bahwa Anda dapat bisa menggunakan framework ini dalam permasalahan topik lain selain Sistem Konversi Energi. |
2 | 2 | Fluid Power System | Sistem ini memanfaatkan fluida (baik cair maupun gas) untuk mentransmisikan energi, digunakan di berbagai bidang seperti manufaktur, otomotif, dan alat berat. Sistem yang menggunakan media gas disebut Pneumatic System dan sistem yang menggunakan media cair disebut Hydraulic System yang biasa digunakan untuk menggerakan benda lebih berat | Anda sudah memahami dasar-dasar fluid power system dengan baik. Anda juga sudah memberikan framework DAI5 dalam menjelaskan topik ini sehingga konsep pemahaman Anda dari penjelasan Saya dapat dipahami secara sistematis. Dengan wawasan Anda, saya yakin Anda bisa mengeksplorasi lebih lanjut aplikasi fluid power system, terutama kaitannya dengan permasalahan umum yang berdampak pada efisiensi energi. |
3 | 3 | Hydraulic System | Hydraulic system merupakan sistem pemindahan energi dengan menggunakan cairan sebagai medium. Sistem ini memiliki menghasilkan energi besar dengan presisi tinggi yang sering digunakan dalam penggerak alat berat dan rem kendaraan. | Pemahaman Anda tentang hydraulic system sudah baik, terutama dalam menjelaskan pengertian dan fungsi sistem ini. Sebagai pelengkap, sistem ini juga diaplikasikan dalam alat-alat seperti mesin press hidrolik. Penguasaan Anda terhadap konsep ini hanya perlu diperdalam dengan bantuan rumus-rumus yang dapat dicari melalui studi literatur yang berbeda-beda di setiap skenario permasalahan Hydraulic system. |
4 | 3 | Pneumatic System | Pneumatic system memanfaatkan udara terkompresi sebagai medium yang biasa digunakan untuk sistem dengan kecepatan tinggi. Sistem lebih fleksibel karena lebih ringan dan dapat diletakkan di sistem yang ukurannya kecil. | Anda menunjukkan pemahaman tentang pneumatic system dengan jelas, khususnya mengenai sifatnya yang ringan dan fleksibel. Sebagai tambahan, sistem ini juga sering digunakan dalam otomasi industri seperti sistem pengerak dan pembukaan pintu otomatis. Dengan wawasan ini, Anda dapat memperdalam permasalahan yang sering terjadi di pneumatic system dengan bantuan studi literatur terutama pada rumus yang Saya tidak bisa jelaskan dengan komprehensif. |
5 | 6 | Permasalahan Umum pada Fluid Power System | Pada pneumatic system masalah umum yang terjadi berhubungan dengan penampungan dan transmisi daya dengan media gas seperti tekanan tidak stabil, kebocoran udara, dan kontaminasi udara. Dan hydraulic system biasa terjadi pada bagian komponen yang memiliki seal yang lemah sehingga terjadi kebocoran oli, overheating, dan udara yang terjebak dalam sistem (aerasi). | Anda menganalisis masalah-masalah ini dengan pendekatan sistematis, mengidentifikasi akar penyebab, dan menyusun langkah-langkah penyelesaian yang terstruktur. Misalnya, mengatasi kebocoran dengan mengganti seal atau menggunakan filter untuk mengurangi kontaminasi |
Tanggapan Umum
User: "Berikan nilai dari skala 1-10, dan tanggapan tentang performa saya selama bertukar pikiran dengan anda (chatGPT) pada room chat ini, berikan tanggapan tentang diri saya gunakan 4 poin ini dalam memberi tanggapan:1. aggresive (saya sering bertanya kembali tidak), 2. creative, 3. Quantity, 4. Quality"
ChatGPT:
Berikut adalah penilaian performa Anda selama berinteraksi dengan saya pada room chat ini berdasarkan skala 1-10, diikuti dengan tanggapan berdasarkan empat poin evaluasi:
Aggressive: 9/10 Anda sering mengajukan pertanyaan lanjutan untuk memperdalam pemahaman atau menyempurnakan jawaban. Hal ini menunjukkan keingintahuan dan ketekunan yang sangat baik dalam menggali informasi. Namun, agresivitas Anda baru bisa terarah setelah memberikan Saya standar seperti SNI sebagai acuan desain sebuah sistem.
Creative: 8/10 Anda kreatif dalam mencetuskan ide dan mencoba menghubungkan konsep yang dibahas dengan aplikasi nyata, seperti menggunakan framework DAI5 untuk memecahkan masalah sistem hidrolik atau pneumatic. Walaupun, pertanyaan Anda lebih mendorong kepada simplifikasi permasalahan agar dapat dipahami lebih komprehensif, seperti permasalahan yang sering terjadi pada desain teknis sederhana penggerak excavator.
Quantity: 7/10 Jumlah interaksi Anda tergolong cukup tinggi, dengan banyak pertanyaan dan lanjutannya. Hal ini mencerminkan usaha besar untuk mendapatkan penjelasan yang mendalam. Setiap percakapan menunjukkan bahwa Anda berusaha memanfaatkan sesi secara maksimal. Meskipun Anda lebih mengutamakan standar SNI sebagai acuan agar mendapatkan jawaban yang lebih akurat dibandingkan Saya.
Quality: 8/10 Kualitas pertanyaan Anda sangat baik karena menyentuh aspek teknis yang relevan didukung dengan standar SNI sebagai acuan. Anda tidak hanya meminta jawaban tetapi juga solusi yang bisa diterapkan melalui rumus-rumus. Pendekatan ini menunjukkan pola pikir Anda yang terstruktur dan fokus pada detail.
Untuk penjelasan lebih dalam terkait interaksi saya dengan ChatGPT (Artificial Intelligence), berikut link video yang dapat membantu :
Pertemuan 3 (25 - 11 - 2024)
- Pada pertemuan SKE kemarin Pak DAI tidak bisa hadir di kelas, namun ada presentasi untuk menunjukkan progress tugas besar. Untuk link video tugas besar kelas SKE - 02
tersebut dapat di-akses melalui link berikut: https://drive.google.com/file/d/1sq_wlCqQQ49HNT9H5TscbS9gjm3BPQrM/view?usp=drivesdk
Tugas besar saya adalah Sistem Rem Pneumatic di Kereta, saya sampai hari senin tanggal tersebut baru saja mencari standar SNI untuk rem kereta yang saya gunakan untuk dipelajari. Serta pada hari tersebut saya juga memberikan hasil analisis dan studi literatur saya dari standar SNI untuk diberikan kepada chatGPT. Dan tanggapan chatgpt adalah standar tersebut bisa menjadi basis dasar untuk dimasukkan ke tugas besar saya. standar-standar yang saya gunakan adalah sebagai berikut :
- SNI 11-1653-1989 : Standar yang digunakan untuk rem kereta serta bahan-bahan dari rem kereta tersebut. Standar ini digunakan untuk mengetahui kekuatan minimal untuk sistem pneumatik agar kereta bisa berhenti
- SNI ISO/IEC 17025 : Standar ini digunakan untuk pengetesan dan kalibrasi.
Untuk penjelasan lebih dalam terkait hasil analisis dan studi literatur saya, berikut link video yang dapat membantu :
Pertemuan 4 (02 - 12 - 2024)
Progress Tugas Besar - SKE
18 - 11 - 2024