Difference between revisions of "Tugas Besar Zidane Utama"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Created page with "Untuk progress minggu pertama saya dalam mengerjakan tugas besar terkait hydraulic dan pneumatic, saya sudah berkonsultasi dengan ChatGPT terkait kerangka penelitian saya berd...")
 
Line 1: Line 1:
 
Untuk progress minggu pertama saya dalam mengerjakan tugas besar terkait hydraulic dan pneumatic, saya sudah berkonsultasi dengan ChatGPT terkait kerangka penelitian saya berdasarkan framework DAI5. Saya mengambil topik Pneumatic Transmission Shifter untuk mobil Formula Student. Berikut hasilnya:
 
Untuk progress minggu pertama saya dalam mengerjakan tugas besar terkait hydraulic dan pneumatic, saya sudah berkonsultasi dengan ChatGPT terkait kerangka penelitian saya berdasarkan framework DAI5. Saya mengambil topik Pneumatic Transmission Shifter untuk mobil Formula Student. Berikut hasilnya:
  
Kerangka Tugas Besar
+
Berikut adalah kerangka awal untuk presentasi progres tugas besar dengan topik **Pneumatic Transmission Shifter pada Mobil Formula Student**, menggunakan framework **DAI5**:
1. Deep Awareness of I
 
Pemahaman Diri:
 
  
Apa motivasi Anda mengambil topik ini? (Misal: relevansi dengan Formula Student, efisiensi mekanisme shifting, dan kebutuhan inovasi.)
+
---
Apa pengalaman Anda dengan pneumatic system atau mobil Formula Student?
 
Apa kontribusi Anda yang diharapkan terhadap tim atau topik ini?
 
Relevansi:
 
  
Mengapa pneumatic transmission shifter penting untuk Formula Student?
+
### **Kerangka Tugas Besar Pneumatic Transmission Shifter**
Contoh: Efisiensi shifting memengaruhi performa kendaraan balap pada kategori endurance dan autocross.
 
2. Intention
 
Tujuan Utama:
 
Mengembangkan desain dan analisis sistem pneumatic transmission shifter yang efisien, ringan, dan sesuai dengan regulasi Formula Student.
 
Tujuan Spesifik:
 
Mendesain sistem yang dapat memberikan waktu shifting lebih cepat dibandingkan mekanisme manual.
 
Memastikan sistem bekerja optimal dengan energi minimum dari compressed air.
 
Memberikan analisis cost-benefit jika dibandingkan dengan sistem shifting lain seperti elektronik atau manual.
 
3. Initial Thinking
 
Pengetahuan Dasar dan Riset Awal:
 
  
Prinsip kerja sistem pneumatic (compressor, actuator, valve).
+
#### **1. Deep Awareness of I**
Komponen utama yang diperlukan untuk pneumatic shifter:
+
- **Pemahaman Diri:**
Compressor (source udara tekan).
+
  - Apa motivasi Anda mengambil topik ini? (Misal: relevansi dengan Formula Student, efisiensi mekanisme shifting, dan kebutuhan inovasi.)
Solenoid valve untuk pengaturan udara.
+
  - Apa pengalaman Anda dengan pneumatic system atau mobil Formula Student?
Pneumatic actuator untuk memindahkan gear.
+
  - Apa kontribusi Anda yang diharapkan terhadap tim atau topik ini?
Regulator untuk mengatur tekanan.
 
Benchmarking:
 
  
Contoh sistem pneumatic shifter yang sudah digunakan dalam motorsport (seperti MotoGP atau F1).
+
- **Relevansi:**
Masalah Awal:
+
  - Mengapa pneumatic transmission shifter penting untuk Formula Student? 
 +
    Contoh: Efisiensi shifting memengaruhi performa kendaraan balap pada kategori endurance dan autocross. 
  
Bagaimana memilih actuator yang ringan namun cukup kuat untuk menggerakkan gear?
+
#### **2. Intention**
Bagaimana memastikan sistem tidak kehabisan udara saat lomba?
+
- **Tujuan Utama:**
4. Idealization
+
  - Mengembangkan desain dan analisis sistem pneumatic transmission shifter yang efisien, ringan, dan sesuai dengan regulasi Formula Student.
Solusi yang Dibayangkan:
+
 
 +
- **Tujuan Spesifik:**
 +
  - Mendesain sistem yang dapat memberikan waktu shifting lebih cepat dibandingkan mekanisme manual.
 +
  - Memastikan sistem bekerja optimal dengan energi minimum dari compressed air.
 +
  - Memberikan analisis cost-benefit jika dibandingkan dengan sistem shifting lain seperti elektronik atau manual.
  
Sistem pneumatic dengan konfigurasi dual-acting cylinder untuk shifting maju-mundur.
+
#### **3. Initial Thinking**
Penggunaan solenoid valve 3/2 untuk kontrol presisi udara tekan.
+
- **Pengetahuan Dasar dan Riset Awal:**
Integrasi dengan ECU mobil untuk kontrol shifting otomatis berdasarkan RPM atau kondisi lainnya.
+
  - Prinsip kerja sistem pneumatic (compressor, actuator, valve).
Reservoir udara ringan berbahan karbon komposit untuk penyimpanan tekanan.
+
  - Komponen utama yang diperlukan untuk pneumatic shifter: 
Kriteria Ideal:
+
    - Compressor (source udara tekan).
 +
    - Solenoid valve untuk pengaturan udara.
 +
    - Pneumatic actuator untuk memindahkan gear.
 +
    - Regulator untuk mengatur tekanan.
  
Berat sistem < 2 kg.
+
- **Benchmarking:** 
Waktu shifting < 200 ms.
+
  - Contoh sistem pneumatic shifter yang sudah digunakan dalam motorsport (seperti MotoGP atau F1). 
Konsumsi energi udara tidak lebih dari 3 liter per shift.
+
 
5. Instruction Set
+
- **Masalah Awal:**
Langkah-Langkah yang Direncanakan:
+
  - Bagaimana memilih actuator yang ringan namun cukup kuat untuk menggerakkan gear?
Analisis Desain Awal:
+
  - Bagaimana memastikan sistem tidak kehabisan udara saat lomba?
Gambar skematik sistem (aktuator, valve, dan jalur udara).
+
 
Simulasi desain menggunakan software (misalnya, SolidWorks atau ANSYS).
+
#### **4. Idealization**
Perhitungan Teknis:
+
- **Solusi yang Dibayangkan:**
Menentukan tekanan udara yang dibutuhkan untuk menggerakkan gear.
+
  - Sistem pneumatic dengan konfigurasi dual-acting cylinder untuk shifting maju-mundur.
Perhitungan daya kompresor dan volume udara.
+
  - Penggunaan solenoid valve 3/2 untuk kontrol presisi udara tekan.
Analisis Performansi:
+
  - Integrasi dengan ECU mobil untuk kontrol shifting otomatis berdasarkan RPM atau kondisi lainnya.
Simulasi sistem shifting pada kecepatan tertentu (autocross vs endurance).
+
  - Reservoir udara ringan berbahan karbon komposit untuk penyimpanan tekanan.
Analisis keandalan terhadap kondisi ekstrem (tekanan drop, temperatur tinggi).
+
 
Estimasi Biaya dan Efisiensi:
+
- **Kriteria Ideal:**
Perbandingan biaya dan efisiensi terhadap sistem shifting lain (manual vs elektronik).
+
  - Berat sistem < 2 kg.
Prototipe dan Uji Coba:
+
  - Waktu shifting < 200 ms.
Membuat prototipe sistem (jika waktu memungkinkan).
+
  - Konsumsi energi udara tidak lebih dari 3 liter per shift.
Melakukan pengujian di mobil Formula Student untuk mengevaluasi performa.
+
 
 +
#### **5. Instruction Set**
 +
- **Langkah-Langkah yang Direncanakan:**
 +
  1. **Analisis Desain Awal:** 
 +
    - Gambar skematik sistem (aktuator, valve, dan jalur udara).
 +
    - Simulasi desain menggunakan software (misalnya, SolidWorks atau ANSYS).
 +
  2. **Perhitungan Teknis:** 
 +
    - Menentukan tekanan udara yang dibutuhkan untuk menggerakkan gear.
 +
    - Perhitungan daya kompresor dan volume udara.
 +
  3. **Analisis Performansi:** 
 +
    - Simulasi sistem shifting pada kecepatan tertentu (autocross vs endurance).
 +
    - Analisis keandalan terhadap kondisi ekstrem (tekanan drop, temperatur tinggi).
 +
  4. **Estimasi Biaya dan Efisiensi:** 
 +
    - Perbandingan biaya dan efisiensi terhadap sistem shifting lain (manual vs elektronik).
 +
  5. **Prototipe dan Uji Coba:** 
 +
    - Membuat prototipe sistem (jika waktu memungkinkan).
 +
    - Melakukan pengujian di mobil Formula Student untuk mengevaluasi performa.
 +
 
 +
#### **Tampilan Slide Presentasi:**
 +
1. **Judul dan Latar Belakang:** Mengapa pneumatic shifter dipilih?
 +
2. **Framework DAI5:** Jelaskan pendekatan berpikir yang digunakan.
 +
3. **Riset Awal:** Prinsip kerja pneumatic, benchmarking, dan regulasi Formula Student.
 +
4. **Desain Awal:** Skematik sistem dan komponen utama.
 +
5. **Analisis Awal:** Perhitungan tekanan, konsumsi udara, dan waktu shifting.
 +
6. **Roadmap Proyek:** Timeline hingga penyelesaian tugas besar.
 +
 
 +
---
 +
 
 +
Apakah format ini sesuai dengan kebutuhan presentasi Anda? Jika ada tambahan atau revisi, beri tahu saya!

Revision as of 08:11, 25 November 2024

Untuk progress minggu pertama saya dalam mengerjakan tugas besar terkait hydraulic dan pneumatic, saya sudah berkonsultasi dengan ChatGPT terkait kerangka penelitian saya berdasarkan framework DAI5. Saya mengambil topik Pneumatic Transmission Shifter untuk mobil Formula Student. Berikut hasilnya:

Berikut adalah kerangka awal untuk presentasi progres tugas besar dengan topik **Pneumatic Transmission Shifter pada Mobil Formula Student**, menggunakan framework **DAI5**:

---

      1. **Kerangka Tugas Besar Pneumatic Transmission Shifter**
        1. **1. Deep Awareness of I**

- **Pemahaman Diri:**

 - Apa motivasi Anda mengambil topik ini? (Misal: relevansi dengan Formula Student, efisiensi mekanisme shifting, dan kebutuhan inovasi.)
 - Apa pengalaman Anda dengan pneumatic system atau mobil Formula Student?
 - Apa kontribusi Anda yang diharapkan terhadap tim atau topik ini?

- **Relevansi:**

 - Mengapa pneumatic transmission shifter penting untuk Formula Student?  
   Contoh: Efisiensi shifting memengaruhi performa kendaraan balap pada kategori endurance dan autocross.  
        1. **2. Intention**

- **Tujuan Utama:**

 - Mengembangkan desain dan analisis sistem pneumatic transmission shifter yang efisien, ringan, dan sesuai dengan regulasi Formula Student.
 

- **Tujuan Spesifik:**

 - Mendesain sistem yang dapat memberikan waktu shifting lebih cepat dibandingkan mekanisme manual.
 - Memastikan sistem bekerja optimal dengan energi minimum dari compressed air.
 - Memberikan analisis cost-benefit jika dibandingkan dengan sistem shifting lain seperti elektronik atau manual.
        1. **3. Initial Thinking**

- **Pengetahuan Dasar dan Riset Awal:**

 - Prinsip kerja sistem pneumatic (compressor, actuator, valve).
 - Komponen utama yang diperlukan untuk pneumatic shifter:  
   - Compressor (source udara tekan).  
   - Solenoid valve untuk pengaturan udara.  
   - Pneumatic actuator untuk memindahkan gear.  
   - Regulator untuk mengatur tekanan.  

- **Benchmarking:**

 - Contoh sistem pneumatic shifter yang sudah digunakan dalam motorsport (seperti MotoGP atau F1).  

- **Masalah Awal:**

 - Bagaimana memilih actuator yang ringan namun cukup kuat untuk menggerakkan gear?
 - Bagaimana memastikan sistem tidak kehabisan udara saat lomba?
        1. **4. Idealization**

- **Solusi yang Dibayangkan:**

 - Sistem pneumatic dengan konfigurasi dual-acting cylinder untuk shifting maju-mundur.
 - Penggunaan solenoid valve 3/2 untuk kontrol presisi udara tekan.
 - Integrasi dengan ECU mobil untuk kontrol shifting otomatis berdasarkan RPM atau kondisi lainnya.
 - Reservoir udara ringan berbahan karbon komposit untuk penyimpanan tekanan.

- **Kriteria Ideal:**

 - Berat sistem < 2 kg.
 - Waktu shifting < 200 ms.
 - Konsumsi energi udara tidak lebih dari 3 liter per shift.
        1. **5. Instruction Set**

- **Langkah-Langkah yang Direncanakan:**

 1. **Analisis Desain Awal:**  
    - Gambar skematik sistem (aktuator, valve, dan jalur udara).  
    - Simulasi desain menggunakan software (misalnya, SolidWorks atau ANSYS).
 2. **Perhitungan Teknis:**  
    - Menentukan tekanan udara yang dibutuhkan untuk menggerakkan gear.  
    - Perhitungan daya kompresor dan volume udara.  
 3. **Analisis Performansi:**  
    - Simulasi sistem shifting pada kecepatan tertentu (autocross vs endurance).  
    - Analisis keandalan terhadap kondisi ekstrem (tekanan drop, temperatur tinggi).  
 4. **Estimasi Biaya dan Efisiensi:**  
    - Perbandingan biaya dan efisiensi terhadap sistem shifting lain (manual vs elektronik).  
 5. **Prototipe dan Uji Coba:**  
    - Membuat prototipe sistem (jika waktu memungkinkan).  
    - Melakukan pengujian di mobil Formula Student untuk mengevaluasi performa.
        1. **Tampilan Slide Presentasi:**

1. **Judul dan Latar Belakang:** Mengapa pneumatic shifter dipilih? 2. **Framework DAI5:** Jelaskan pendekatan berpikir yang digunakan. 3. **Riset Awal:** Prinsip kerja pneumatic, benchmarking, dan regulasi Formula Student. 4. **Desain Awal:** Skematik sistem dan komponen utama. 5. **Analisis Awal:** Perhitungan tekanan, konsumsi udara, dan waktu shifting. 6. **Roadmap Proyek:** Timeline hingga penyelesaian tugas besar.

---

Apakah format ini sesuai dengan kebutuhan presentasi Anda? Jika ada tambahan atau revisi, beri tahu saya!