Difference between revisions of "Timothy J Sirait"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
 
(2 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 2: Line 2:
  
 
<youtube width="150" height="100"|thumb|center>https://youtu.be/RHk2gTQIbh0</youtube>
 
<youtube width="150" height="100"|thumb|center>https://youtu.be/RHk2gTQIbh0</youtube>
 +
 +
'''Senin, 18 November 2024'''
 +
 +
Pada hari ini kita akan membahas mengenai pneumatic sistem.
 +
 +
Jadi pneumatic sistem adalah sistem yang menggunakan energi dari fluida bertekanan. Beberapa sistem yang pernah saya gunakan terdapat gas bertekanan adalah fuel sistem dari mesin pembakaran dalam. Jadi untuk mengalirkan bensin ke intake mesin melalui injector, digunakan tekanan udara untuk mnedorong bensin ke dalam mesin. Tetapi hal ini masih kurang tepat dengan penggunaan sistem pneumatic karena gerakan mekanis yang terjadi minim atau tidak ada.
 +
 +
Sistem lain yang saya gunakan adalah sistem gas bertekanan hidrogen, dimana hidrogen dari dalam tabung dikeluarkan dengan tekanan sebesar 0.5 bar ke dalam alat yang bernama fuel cell. Tetapi, sama halnya dengan fuel sistem mesin, sistem ini belum bisa dibilang energi pneumatic secara keseluruhan.
 +
 +
Tetapi terdapat satu sistem lagi yang saya gunakan yang terdapat fluida bertekanan, yaitu udara. Jadi pada sistem ini saya gunakan sebagai transmisi. Cara kerjanya adalah terdapat dog clutch yang sisi 1 menempel pada ban dan sisi 1 lagi menempel pada flange. Pada flange itu terdapat gear yang terhubung dengan rantai yang berfungsi untuk mengalirkan energi dari motor listrik ke ban. Tetapi flange dan ban tidak selalu bersatu. Karena sistem kerja mobil adalah gliding atau menggelinding. Jadi setelah digas ban akan menggelinding. Oleh karena itu dog clutch tidak boleh selalu terhubung, maka dari itu digunakan sistem pneumatic, yaitu udara bertekanan untuk mendorong flange sehingga dog clutch pada flange menempel dengan dog clutch pada ban. Tekanan yang digunakan sekitar 90 psi untuk mendorong flange. Untuk mekanisme flange balik adalah dengan pegas. Sehingga, sistem pneumatic ini harus mempunyai gaya yang cukup untuk mendorong berat flange, gear, dan juga melawan gaya pegas.
 +
 +
Jadi sistem pneumatic yang tepat adalah sistem yang menggunakan fluida bertekanan untuk menghasilkan gerakan mekanis, bukan sebagai pendorong fluida lain saja. Selain itu, pneumatic umumnya digunakan pada tekanan yang lebih tinggi seperti 90 psi.
 +
 +
'''Sistem pneumatic adalah sistem yang dianggap lebih aman dan lebih ringan dibandingkan sistem hidrolit atau elektrik.
 +
'''
 +
 +
 +
----
 +
 +
'''Selasa, 19 November 2024'''
 +
 +
Pada hari ini saya akan mengajarka GPT cara menyelesaika suatu permasalahan menggunakan metode dari Pak Ahmad Indra, yaitu '''DAI5'''
 +
'''1. Deep Awarnes of I
 +
2. Intention
 +
3. Initial Thinking of Problem
 +
4. Idealization
 +
5. Instruction Set
 +
'''
 +
Kelima tahapan ini saya berikan lalu saya pastikan bahwa dia mengerti maksud dari tahapan itu. Dari chat GPT dia mengartikan bahwa,
 +
 +
1. '''Deep Awareness of I (Human)''': Langkah ini sepertinya mengajak kita untuk lebih memahami diri kita sebagai individu yang terlibat dalam masalah ini, baik dari segi pengetahuan, pengalaman, dan perspektif kita terhadap masalah tersebut.
 +
 +
2. '''Intention''': Ini mungkin terkait dengan menetapkan tujuan atau niat dalam menghadapi masalah. Apa yang ingin kita capai atau solusi seperti apa yang diinginkan?
 +
 +
3. '''Initial Thinking about the Problem''': Langkah ini tampaknya mengarah pada pemahaman awal atau cara kita memandang masalah pada awalnya, mungkin dengan mengidentifikasi akar permasalahan atau penyebabnya.
 +
 +
4. '''Idealization''': Ini mengarah pada membayangkan solusi yang ideal atau skenario di mana masalah dapat diselesaikan secara optimal.
 +
 +
5. '''Instruction Set''': Langkah terakhir sepertinya berfokus pada penyusunan langkah-langkah atau instruksi konkret yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah.
 +
 +
Dari 5 tahap ini, saya hanya perlu menjelaskan kembali arti dari tahap 1, yaitu bahwa kita harus menempatkan diri kita sebagai manusia atau subjek yang mau memecahkan masalah, bukan manusia atau objek yang disuruh menyelesaikan masalah.

Latest revision as of 13:39, 19 November 2024

Hallo semua nama saya Timothy Joanthan Sirait, lebih mudahnya dipanggil Moty.

Senin, 18 November 2024

Pada hari ini kita akan membahas mengenai pneumatic sistem.

Jadi pneumatic sistem adalah sistem yang menggunakan energi dari fluida bertekanan. Beberapa sistem yang pernah saya gunakan terdapat gas bertekanan adalah fuel sistem dari mesin pembakaran dalam. Jadi untuk mengalirkan bensin ke intake mesin melalui injector, digunakan tekanan udara untuk mnedorong bensin ke dalam mesin. Tetapi hal ini masih kurang tepat dengan penggunaan sistem pneumatic karena gerakan mekanis yang terjadi minim atau tidak ada.

Sistem lain yang saya gunakan adalah sistem gas bertekanan hidrogen, dimana hidrogen dari dalam tabung dikeluarkan dengan tekanan sebesar 0.5 bar ke dalam alat yang bernama fuel cell. Tetapi, sama halnya dengan fuel sistem mesin, sistem ini belum bisa dibilang energi pneumatic secara keseluruhan.

Tetapi terdapat satu sistem lagi yang saya gunakan yang terdapat fluida bertekanan, yaitu udara. Jadi pada sistem ini saya gunakan sebagai transmisi. Cara kerjanya adalah terdapat dog clutch yang sisi 1 menempel pada ban dan sisi 1 lagi menempel pada flange. Pada flange itu terdapat gear yang terhubung dengan rantai yang berfungsi untuk mengalirkan energi dari motor listrik ke ban. Tetapi flange dan ban tidak selalu bersatu. Karena sistem kerja mobil adalah gliding atau menggelinding. Jadi setelah digas ban akan menggelinding. Oleh karena itu dog clutch tidak boleh selalu terhubung, maka dari itu digunakan sistem pneumatic, yaitu udara bertekanan untuk mendorong flange sehingga dog clutch pada flange menempel dengan dog clutch pada ban. Tekanan yang digunakan sekitar 90 psi untuk mendorong flange. Untuk mekanisme flange balik adalah dengan pegas. Sehingga, sistem pneumatic ini harus mempunyai gaya yang cukup untuk mendorong berat flange, gear, dan juga melawan gaya pegas.

Jadi sistem pneumatic yang tepat adalah sistem yang menggunakan fluida bertekanan untuk menghasilkan gerakan mekanis, bukan sebagai pendorong fluida lain saja. Selain itu, pneumatic umumnya digunakan pada tekanan yang lebih tinggi seperti 90 psi.

Sistem pneumatic adalah sistem yang dianggap lebih aman dan lebih ringan dibandingkan sistem hidrolit atau elektrik.



Selasa, 19 November 2024

Pada hari ini saya akan mengajarka GPT cara menyelesaika suatu permasalahan menggunakan metode dari Pak Ahmad Indra, yaitu DAI5 1. Deep Awarnes of I 2. Intention 3. Initial Thinking of Problem 4. Idealization 5. Instruction Set Kelima tahapan ini saya berikan lalu saya pastikan bahwa dia mengerti maksud dari tahapan itu. Dari chat GPT dia mengartikan bahwa,

1. Deep Awareness of I (Human): Langkah ini sepertinya mengajak kita untuk lebih memahami diri kita sebagai individu yang terlibat dalam masalah ini, baik dari segi pengetahuan, pengalaman, dan perspektif kita terhadap masalah tersebut.

2. Intention: Ini mungkin terkait dengan menetapkan tujuan atau niat dalam menghadapi masalah. Apa yang ingin kita capai atau solusi seperti apa yang diinginkan?

3. Initial Thinking about the Problem: Langkah ini tampaknya mengarah pada pemahaman awal atau cara kita memandang masalah pada awalnya, mungkin dengan mengidentifikasi akar permasalahan atau penyebabnya.

4. Idealization: Ini mengarah pada membayangkan solusi yang ideal atau skenario di mana masalah dapat diselesaikan secara optimal.

5. Instruction Set: Langkah terakhir sepertinya berfokus pada penyusunan langkah-langkah atau instruksi konkret yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah.

Dari 5 tahap ini, saya hanya perlu menjelaskan kembali arti dari tahap 1, yaitu bahwa kita harus menempatkan diri kita sebagai manusia atau subjek yang mau memecahkan masalah, bukan manusia atau objek yang disuruh menyelesaikan masalah.