Difference between revisions of "Wahyu Sulistiyo"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
 
(115 intermediate revisions by 2 users not shown)
Line 1: Line 1:
  
 +
== '''Data Diri''' ==
  
----
+
[[File:2.jpg]]
  
PERTEMUAN 2 BAB '''PEMODELAN (MODELING)'''
+
Nama        : Wahyu Sulistiyo
WAHYU SULISTIYO NPM 1706083421
 
  
SYARAT ORANG YANG AKAN MENGGUNAKAN AKAL ADALAH ORANG YANG SELALU MENGINGAT SIAPA PENCIPTANYA DAN MEMIKIRKAN TENTANG PENCIPTAANYA DAN BERKATA YA TUHAN TIDAKLAH ENGKAU CIPTAKAN SEGALA SESUATU DENGAN SIA SIA. MEKANIKA ADALAH SATU ILMU YANG MELINGKUPI ILMU SIPIL, ELEKTRO DAN LAINNYA. SESEORANG APABILA MENGAJAR TENTUNYA MURID AJARNYA HARUS LEBIH PINTAR DARI YANG MENGAJARI. ILMU MEKANIKA ADALAH ILMU YANG MEMPELAJARI PERILAKU ATAU GERAK LAKU BENDA - BENDA ATAU MATERIAL. BAIK MATERIAL PADAT, CAIR ATAU LAINNYA. SESEORANG AKAN MELAKUKAN SESUATU KARENA ADANYA DORONGAN ATAU DALAM ILMU MEKANIKA DI SEBUT FORCE. GAYA ADALAH TARIKAN ATAU DORONGAN.
+
NPM          : 1706083421
METODE NUMERIK BUKAN PELAJARAN MENGGUNAKAN SOFWARE, TETAPI SUATU PELAJARAN YANG MENEKANKAN PADA PENYELESAIN MENGGUNAKAN PEMODELAN. BISA JADI HASIL PEMODELAN TIDAK MASUK AKAL. MODEL ADALAH SEBUAH SIMPLIFIKASI/PENYEDERHANAAN DARI SUATU SISTEM YANG RUMIT. PEMODELAN DALAM BENTUK SKALA. PADA WAKTU SIMPLIFIKASI KITA SUDAH MENGURANGI KESETARAANNYA. PERSEPSI ADALAH APA YANG DIA TANGKAP DENGAN SENSE NYA. YANG PUNYA PERSEPSI ADALAH YANG PUNYA OTAK, KARENA DENGAN PENCIUMAN DENGAN INDERA PERASANYA UNTUK MENGENALI SESUATU. PERSEPSI TIDAK BERFIKIR TETAPI DENGAN PERASAAN. YANG MENGGUNAKAN AKAL PASTI MENELAAH, MENCERNA SESUATU. UNTUK SAMPAI PADA FINITE / TERHINGGA HARUS MENGGUNAKAN AKAL. AKAL ADALAH TALI. TALI BERFUNGSI UNTUK MENGIKAT AGAR HEWAN YANG KITA PELIHARA TIDAK PERGI JAUH ATAU KABUR. KITA MENGGUNAKAN AKAL AGAR KITA BERPIKIRAN PADA BATAS - BATAS MANUSIAWI. ORANG YANG KORUPSI TIDAK PERNAH AKAN SAMPAI BERAPA CUKUPNYA DIA. JADI PADA PELAJARAN SIMULASI, STRESS ANALISIS, TERMODINAMIKA KITA HARUS MENGGUNAKAN AKAL AGAR TERBEBAS DARI PIKIRAN - PIKIRAN YANG MELAMPAUI BATAS.
 
  
NO PERSEPSI                    PERSEPSI                    AKAL(RATIO)
+
Departemen  : Teknik Mesin S2
BENDA MATI                    MAKHLUK HIDUP              MANUSIA YANG BERAGAMA 
 
  
DALAM MODELING TERDAPAT SENSE, MASALAH DAN PEMIKIRAN AWAL (ANALISIS AWAL). STRUKTUR YANG BERINTEGRASI ADALAH STRUKTUR YANG TIDAK BERCERAI BERAI. SEORANG ENGINEER ADALAH MEMASTIKAN BAHWA STRUKTUR YANG DI ASSEMBLY ADALAH STRUKTUR YANG BERINTEGRITAS. MASALAH TERBESAR DALAM RISET ADALAH DIA TIDAK TAHU APA YANG TIDAK TAHU.
+
Peminatan    : Perancangan dan Manufaktur Produk
  
HIPOTHESIS ADALAH SUATU PERNYATAAN YANG PERLU DI CARI KEBENARANNYA. MENURUT PAK DAI SEMUA HASIL PENELITIAN DALAH HIPOTHESIS. YANG SUDAH PASTI ADALAH KITAB SUCI. KITAB SUCI ADALAH THE THRULY THESIS ATAU THESIS YANG SEBENARNYA. KOMPUTASI TEKNIK ADALAH MEMPERKIRAKAN APA YANG TERJADI ATAU MENVERIFIKASI DESAIN KITA. KOMPUTASI TEKNIK BISA UNTUK MENGEMBANGKAN ILMU DAN MENGAMALKAN ILMU.
+
Mata Kuliah  : Komputasi Teknik
  
CONTOH INFINITE : A = -10^200 + 10^1000000 + 1/0 MAKA HASILNYA APAPUN ADALAH INFINITE
+
== '''Pertemuan - 1 (4 Februari 2019)''' ==
 +
a. Resume Diskusi Kelas [http://air.eng.ui.ac.id/index.php/Pertemuan_1_wahyu_sulistiyo]   
  
SEMAKIN SEDERHANA SEBUAH PEMROGRAMAN ADALAH SEMAKIN BAIK KARENA MODEL UNTUK MEMPELAJARI SEBUAH BEHAVIOR. YANG MELAKUKAN KOMPUTASI TEKNIK ADALAH SEORANG ANALIS BUKAN OPERATOR. KOMPUTASI TEKNIK ADALAH PROSES TRIAL AND ERROR.
+
== '''Pertemuan - 2 (11 Februari 2019)''' ==
UNTUK MENGETAHUI KEBENARAN SUATU KOMPUTASI TEKNIK ADALAH MENGGUNAKAN AKAL.
+
a. Resume Diskusi Kelas (modeling) [http://air.eng.ui.ac.id/index.php/Modeling_wahyu_sulistiyo]   
  
LANGKAH - LANGKAH DALAM PEMODELAN
+
b. Latihan EES persamaan Matematika [http://air.eng.ui.ac.id/index.php/Latihan_ees_1_wahyu_sulistiyo]   
  
1. MASALAH (PROBLEM)
+
c. Tugas Pondasi Rumah Panggung [http://air.eng.ui.ac.id/index.php/Tugas_pondasi_wahyu_sulistiyo] 
2. PEMIKIRAN AWAL
 
3.
 
4.
 
5.  
 
6. HASIL PERHITUNGAN
 
  
 +
== '''Pertemuan - 3 (18 Februari 2019)''' ==
 +
a. Resume Diskusi kelas [http://air.eng.ui.ac.id/index.php/Resume_3_wahyu_sulistiyo] 
  
 +
b. Tugas Optimasi Biaya Pembangunan Rumah [http://air.eng.ui.ac.id/index.php/Tugas_desain_dan_optimasi_biaya_rumah_wahyu]
  
 +
== '''Pertemuan - 4 (25 Februari 2019)''' ==
 +
a. Quis perhitungan BEP rumah sewa [https://drive.google.com/file/d/1SAqNPwtO_gRseXLQYTYioXC6y4kdCJbH/view?usp=sharing]
  
 +
b. Tugas Belajar Software SAP [https://drive.google.com/file/d/12mFwUneLnGoe6m0zm4zZEEzrdK6oPIaR/view?usp=sharing]
  
----
+
== '''Pertemuan - 5 (4 Maret 2019)''' ==
 +
a. Resume Diskusi Kelas [http://air.eng.ui.ac.id/index.php/Resume_5_wahyu]
  
 +
b. Tugas evaluasi dalam belajar software struktur (SAP) [http://air.eng.ui.ac.id/index.php/Evaluasi_SAP_wahyu]
  
PENDAHULUAN
+
c. Tugas analisa TRUSS bangunan dengan FRAME 3DD [https://drive.google.com/file/d/1S--tuMVto9hxOgupvWtDbQW0l7WQsJFQ/view?usp=sharing]
  
Dari pembahasan pada pertemuan pertama di diskusikan mengenai bagaimana memahami ilmu komputasi teknik. Untuk memahami ilmu komputasi teknik maka seseorang atau seorang mahasiswa harus mempunyai akal. Mengapa akal menjadi sangat penting dalam ilmu komputasi teknik, karena seorang mahasiswa dalam belajar komputasi teknik memerlukan suatu pemahaman untuk menentukan apakah hasil yang telah dilakukan dalam sebuah simulasi pemodelan sudah tepat atau belum. Komputasi teknik merupakan dasar ilmu dari sebuah software desain pada teknik mesin. Banyak mahasiswa atau user dari sebuah software desain yang hanya bisa menjalankan sofware tanpa tahu apakah hasil yang di dapat dari sebuah simulasi desain itu sudah benar atau tidak. Komputasi teknik akan memberikan ilmu bagaimana software itu bekerja dan bagaimana kita dapat mengetahui error atau kesalahan yang terjadi dalam sebuah simulasi software. Simulasi software pada era sekarang sudah banyak di gunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan sebuah persamaan matematika yang tidak dapat di jangkau oleh penyelesaian secara analitis, atau apabila dapat di selesaikan secara analitis akan memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.  
+
d. File excel.CSV [https://drive.google.com/file/d/1kYkRm4emRXbHDCXfHHeh7AXDFYyAqfGF/view?usp=sharing]
  
PEMBAHASAN MASALAH AKAL
+
e. Tampilan gnuplot [https://drive.google.com/file/d/1aMrzhJ_dLpidLg-8sLUd6oufAJMUm4mZ/view?usp=sharing]
  
Pada diskusi juga dibahas masalah akal dimana akal menurut pembahasan di kelas adalah daya pikir untuk memahami sesuatu, kemampuan melihat cara memahami lingkungan, atau merupakan kata lain dari pikiran dan ingatan. Dengan akal kita dapat mengetahui siapa diri kita dan juga dapat mengetahui hubungan kita dengan masyarakat sekitar. Sedangkan akal menurut wikipedia yang bersumber dari Vardiansyah, Dani. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar  Indeks Jakarta 2008 adalah suatu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk membedakan yang salah dan yang benar serta menganalisis sesuatu yang kemampuannya sangat tergantung luas pengalaman dan tingkat pendidikan, formal maupun informal, dari manusia pemiliknya. Jadi, akal bisa didefinisikan sebagai salah satu peralatan rohaniah manusia yang berfungsi untuk mengingat, menyimpulkan, menganalisis, menilai apakah hhsesuai benar atau salah. Namun, karena kemampuan manusia dalam menyerap pengalaman dan pendidikan tidak sama. Maka tidak ada kemampuan akal antar manusia yang betul-betul sama. Jadi dapat di simpulkan bahwa orang di katakan berakal apabila dalam keadaan duduk, berbaring maupun tidur dia akan ingat dengan pencitanya dan apa yang telah di ciptakannya. Terdapat beberapa sebab orang tidak dapat mengenal dirinya antara lain :
+
f. Data Output excel [https://drive.google.com/open?id=1j7CjO6ncnLcZFZkjcUdv-eKte8pZ9x6D]
1. Kedudukan
 
Seseorang apabila kedudukannya sudah tinggi dan tidak di barengi dengan rasa takut terhadap penciptanya maka seseorang itu akan semakin sombong dan tidak tau darimana dia berasal.
 
2. Harta / materi
 
Demikian pula harta atau materi dimana seseorang yang mempunyai banyak harta dengan tidak di barengi dengan rasa takut terhadap penciptanya maka seseorang itu akan semakin sombong dan tidak tau darimana dia berasal.
 
Mengekor / follower / taklid
 
3. Taklid buta biasanya hanya akan menganggap dirinya atau kelompoknyalah yang paling benar dan yang lain salah sehingga akan muncul juga kesombongan yang menyebabkan lupa dengan diri dan lingkungannya.
 
4. Maksiat
 
Seseorang yang melakukan maksiat karena merasa tidak ada yang mengawasi dirinya berbuat maksiat. Padahal segala perbuatan manusia sang pencipta akan selalu mengawasi. Itulah bentuk kesombongan yang menyebabkan seseorang tidak mengenal siapa dirinya.
 
  
Akal bisa di pahami dengan dua cara yaitu persepsi dan rasio. Contoh pada kasus gambar vas bunga dimana orang akan menebak dalam 2 pandangan yaitu gambar vas bunga apabila melihat dari sisi warna hitam dan akan melihat dua wajah yang saling berhadapan apabila melihat dari sisi warna putih. Itulah persepsi, seseorang akan memandang kebenaran dari sisi mana dia memandangnya. Jadi jawabannya tidak ada yang salah.
+
== '''Pertemuan - 6 (11 Maret 2019)''' ==
Contoh hal yang rasional kenapa pesawat terbang yang beratnya ratusan ton, kok bisa terbang? Jawabannya adalah karena pesawat telah di rancang sesuai dengan hukum-hukum secara keilmuan yang mendukung. Contoh lain dalam ilmu agama adalah perjalanan isro mi`roj nabi muhammad yang dilakukan dalam waktu singkat, secara akal tidak mungkin tetapi karena yang berbicara adalah kitab suci yang di yakini kebenarannya maka hal itu menjadi rasional.  
+
a. Resume Diskusi Kelas [http://air.eng.ui.ac.id/index.php/Diskusi_kelas_wahyu]
  
Menurut wikipedia Persepsi (dari bahasa Latin perceptio, percipio) adalah tindakan menyusun, mengenali, dan menafsirkan informasi sensoris guna memberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan. Persepsi meliputi semua sinyal dalam sistem saraf, yang merupakan hasil dari stimulasi fisik atau kimia dari organ pengindra. Seperti misalnya penglihatan yang merupakan cahaya yang mengenai retina pada mata, pencium yang memakai media molekul bau (aroma), dan pendengaran yang melibatkan gelombang suara. Persepsi bukanlah penerimaan isyarat secara pasif, tetapi dibentuk oleh pembelajaran, ingatan, harapan, dan perhatian. Persepsi bergantung pada fungsi kompleks sistem saraf, tetapi tampak tidak ada karena terjadi di luar kesadaran.
+
b. Tugas Analisa Beam dengan Frame 3DD [https://drive.google.com/open?id=1odlNF3wfB8D7zStcS95Kgx4xDQPmUBAN]
Rasionalitas merupakan konsep normatif yang mengacu pada kesesuaian keyakinan seseorang dengan alasan seseorang untuk percaya, atau tindakan seseorang dengan alasan seseorang untuk bertindak. Namun, istilah "rasionalitas" cenderung digunakan secara berbeda dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk diskusi khusus ekonomi, sosiologi, psikologi, biologi evolusioner dan ilmu politik. Sebuah keputusan yang rasional adalah salah satu yang tidak hanya beralasan, tetapi juga optimal untuk mencapai tujuan atau memecahkan masalah. Menentukan optimal untuk perilaku rasional membutuhkan formulasi diukur dari masalah, dan membuat beberapa asumsi utama. Ketika tujuan atau masalah melibatkan membuat keputusan, faktor rasionalitas dalam berapa banyak informasi yang tersedia (misalnya lengkap atau pengetahuan yang tidak lengkap).
 
 
PENYELESAIN KONSEP MATEMATIKA
 
  
Pada diskusi kelas komputasi teknik juga dibahas tentang bagaimana penyelesain dari sebuah konsep matematika di bawah ini :
+
c. File input CSV [https://drive.google.com/open?id=1Vi1JZ4OOGHl1hOu0lmk-So2TxcOfIVBO]
  
Soal:
+
d. File Output [https://drive.google.com/open?id=11rn6xqjK6RTJTedXrToodU7FckpgnkvA]
Berapa nilai Y dari persamaan di bawah ini jika x=1
 
y=(x^2-1)/(x-1)
 
  
Penyelesaian:
+
e. Tampilan Gnuplot [https://drive.google.com/open?id=1-Z4oZMNVVmgg7-75jf07oXp4IsVJsHmN]
Ada 2 cara penyelesaian untuk memecahkan persoalan matematika di atas yaitu dengan metode subsitusi langsung yaitu dengan memasukkan nilai x = 1 ke dalam persamaan y sehingga hasilnya
 
y=(1^2-1)/(1-1)=0/0
 
  
Yang ke dua adalah dengan cara menyederhanakan persamaan diatas, sebaiknya dilakukan pemfaktoran terlebih dahulu sebagai berikut:
+
== '''Pertemuan - 7 (18 Maret 2019)''' ==
y=(x^2-1)/(x-1)=((x+1)(x-1))/((x-1))=(x+1)
+
a. Resume Diskusi Kelas [https://drive.google.com/open?id=16W9n6-Xsc8U8q51huvhs1LyU2oyAfNCy]
Sehingga persamaan menjadi lebih sederhana dengan bentuk y = x+1 Untuk x = 1 maka y = 2
 
 
KOMPUTER MODELLING
 
  
Pada pembahasan selanjutnya di bahas mengenai komputer modelling, dimana unsur dari sebuah komputer modelling meliputi : software, hardware, dan brainware
+
b. Analisa Balok dengan Frame 3DD [https://drive.google.com/open?id=1a6IQAZ84HkfKf1H4AARFuGyTS78vLIdV]
Software dalam bahasa Indoensia adalah perangkat lunak. Software adalah bagian tidak terpisahkan dalam perangkat keras atau hardware. Pengertian software secara umum dapat diartikan sebagai sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu perintah. Dalam sebuah komputer, software bisa diibaratkan sebagai jiwanya komputer. Tanpa adanya software, sebuah komputer hanyalah seonggok barang mewah yang tidak mempunyai fungsi.
 
Hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
 
Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Seperti contoh dari brainware yaitu programmer, netter (sebutan untuk orang yang sedang melakukan surfing di internet), serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer. Atau definisi brainware yaitu manusia yang terlibat dalam mengoperasikan atau pemakaian serta mengatur sistem di dalam perangkat komputer.
 
Dapat diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Yang mengoprasikan komputer sering disebut dengan user, user atau brainwere ada beberapa macam, contohnya seperti dibagian bawah ini:
 
1. Progaramer yaitu orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai salah satu ataupun banyak bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
 
2. Administrator Adalah orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan juga program yang berjalan pada sebuah sistem komputer ataupun pada jaringan komputer.
 
3. Operator yaitu orang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan sebagainya.
 
Brainware termasuk bagian yang sangat penting dari sebuah sistem komputer. Hardware komputer tidak akan dapat bekerja tanpa adanya software, sedangkan software dan hardware tidak akan bekerja tanpa adanya brainware. Jadi 3 (tiga) komponen ini saling terkait dan saling membutuhkan satu sama lain.
 
Konsep antara perangkat keras/hardware – perangkat lunak/software – Brainware adalah merupakan konsep Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk tahap pertama, manusia harus memasukkan program terlebih dahulu ke dalam perangkat komputer. Lalu setelah program tersimpan di dalam komputer, maka komputer baru dapat bekerja untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan maupun pekerjaannya.
 
 
INFINITE
 
  
Pembahasan selanjutnya adalah mengenai infinity atau tidak terhingga. Definisi dari (Infinity atau infinite) yang sering ditulis ∞, adalah bilangan yang lebih besar daripada tiap-tiap yang kemungkinan dapat dibayangkan. Kata tak terhingga / infinity tersebut berasal dari kata Latin, yang berarti “tanpa akhir”. Tak terhingga itu berlangsung selamanya,
+
c. File input CSV [https://drive.google.com/open?id=1mHBF8_AG_lDkv30n4ZvHJETAUncAKVHS]
Konsep Infinite atau tak hingga  bisa di jabarkan dalam 2 keilmuan yang berbeda yaitu dalam bidang matematika dan dalam bidang spiritual. Dalam matematika suatu bilangan di katakan tak hingga atau infinite apabila suatu bilangan tersebut besarnya sudah tidak dapat ditentukan lagi karena sangat luar biasa besarnya. Seseorang tidak dapat lagi menuliskan dengan menggunakan rangkaian digit bilangan 0 hingga 9. Bilangan tak hingga selalu lebih besar nilainya dibandingkan dengan bilangan berhingga. Berapa pun besarnya suatu bilangan berhingga, pastilah bilangan tersebut nilainya lebih kecil jika dibandingkan dengan bilangan tak hingga. Bilangan ini biasa ditulis dengan simbol ∞. Sedangkan dalam konteks spiritual infinite atau tak hingga adalah kekuasaan ALLAH yang tidak terbatas atas apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ia tak dapat ditandingi oleh apa pun dan siapa pun. Secerdas apa pun seseorang, seluas apa pun lautan, setinggi apa pun langit, sebesar apa pun gunung, sekaya apa pun manusia, mereka semua adalah kecil jika dibandingkan dengan ALLAH. Allah melebihi segala-galanya dibandingkan dengan apa yang ada di bumi dan di langit, sebab Dia-lah pemilik ketakhinggaan yang sebenarnya.
+
 
 +
d. File Output [https://drive.google.com/open?id=1IdScaDEIFHmmuug_SVNGPPlzdoiAhqeg]
 +
 
 +
e. Tampilan gnuplot [https://drive.google.com/open?id=1-gtrXosNcez98KyHVKN4vMzdYVdbgpeq]
 +
 
 +
f. Review konsep dinamik dan aplikasinya [https://drive.google.com/open?id=1kpDYv-t8NBtZM9nra2NHrfdPqt5Fkk21]
 +
 
 +
== '''Pertemuan - 8 (25 Maret 2019)''' ==
 +
a. Resume diskusi kelas [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Resume_kelas_8]
 +
 
 +
b. Tugas UTS momen inertia [https://drive.google.com/open?id=134uTQhqFWANrqpKsNUYvoT7Tw2ecO8-f]
 +
 
 +
c. Program EES penampang persegi [https://drive.google.com/open?id=1qjGJHXZuN8kMsRwc2W9qnrtjScemX5nD]
 +
 
 +
d. Program EES penampang IWF [https://drive.google.com/open?id=1rfmKLrILlWKJ518MTyomsbfB9TRHgCD2]
 +
 
 +
== '''Pertemuan - 9 (1 April 2019)''' ==
 +
a. Resume diskusi kelas [https://drive.google.com/open?id=1H70gakICNvuVUiWGkCYG_pGOTV2TtU4I]
 +
 
 +
b. Tugas bangunan dengan beban dinamik [https://drive.google.com/open?id=1zZwNhxsMGcKKJs2ICBShwZ405M03zyHv]
 +
 
 +
c. File input CSV [https://drive.google.com/open?id=1yiLjPMD7ZLsgkAJFdd09gcnbZYC-xVeU]
 +
 
 +
d. File Output [https://drive.google.com/open?id=1N4KT-_edttVs9941cbBKz8mdx_xdikJM]
 +
 
 +
e. Tampilan gnuplot [https://drive.google.com/open?id=14y7u1KH5kytPUwW1YzaaTwCt0PZOR8r5]
 +
 
 +
e. Tugas CFDSOF statik pada bangunan [https://drive.google.com/open?id=1cOsdRBkDTdgo_XCPVwo4W-UM2ZaXxfy-]
 +
 
 +
== '''Pertemuan - 10 (8 April 2019)''' ==
 +
a. Resume diskusi kelas [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Resume_10_wahyu]
 +
 
 +
b. Pemahaman dari ceramah Habib umar [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Ceramah_habib_umar]
 +
 
 +
c. Tugas analisa distribusi temperatur dengan komputasi teknik pada bidang 2D dan 3D [https://drive.google.com/open?id=1hkmdP7Nyl4aV5fJ0PZ084aUXuQwQ2E8F]
 +
 
 +
d. File EES 2D [https://drive.google.com/open?id=1r6GNy-NCu5j9zZvKZBEue8dF3WHQlwsq]
 +
 
 +
e. File EES 3D [https://drive.google.com/open?id=1-G_CawcQQMHn-5WyBMT_2OjLUJsCIWKg]
 +
 
 +
== '''Pertemuan - 11 (15 April 2019)''' ==
 +
a. Resume diskusi kelas [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Resume_11]
 +
 
 +
b. Sinopsis Tugas Besar ZEB [https://drive.google.com/open?id=1sm1o4mvi8t9QcS4h1BkctNVQAkO-Cv_f]
 +
 
 +
== '''Pertemuan - 12 (22 April 2019)''' ==
 +
a. Resume diskusi kelas (latihan EES konveksi) [https://drive.google.com/open?id=1h5sCdehS2dbtNdpEya2J3WvMyiNf6fRC]
 +
 
 +
b. Tugas Menentukan Arah, Material dan Tebal Dinding Bangunan [https://drive.google.com/open?id=1t81_PYtUlOXvWr5XoFy0wREhFNpICBb3]
 +
 
 +
== '''Pertemuan - 13 (29 April 2019)''' ==
 +
a. Presentasi Tugas Besar [http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Presentasi_tugas_besar_wahyu]
 +
 
 +
== '''Pertemuan - 14 (05 Mei 2019)''' ==
 +
a. Progess Tugas Besar PhotoVoltaic Youtube [https://www.youtube.com/watch?v=QehQXEs3CwM]
 +
 
 +
== '''Pertemuan - 15 (13 Mei 2019)''' ==

Latest revision as of 07:55, 13 May 2019

Data Diri

2.jpg

Nama  : Wahyu Sulistiyo

NPM  : 1706083421

Departemen  : Teknik Mesin S2

Peminatan  : Perancangan dan Manufaktur Produk

Mata Kuliah  : Komputasi Teknik

Pertemuan - 1 (4 Februari 2019)

a. Resume Diskusi Kelas [1]

Pertemuan - 2 (11 Februari 2019)

a. Resume Diskusi Kelas (modeling) [2]

b. Latihan EES persamaan Matematika [3]

c. Tugas Pondasi Rumah Panggung [4]

Pertemuan - 3 (18 Februari 2019)

a. Resume Diskusi kelas [5]

b. Tugas Optimasi Biaya Pembangunan Rumah [6]

Pertemuan - 4 (25 Februari 2019)

a. Quis perhitungan BEP rumah sewa [7]

b. Tugas Belajar Software SAP [8]

Pertemuan - 5 (4 Maret 2019)

a. Resume Diskusi Kelas [9]

b. Tugas evaluasi dalam belajar software struktur (SAP) [10]

c. Tugas analisa TRUSS bangunan dengan FRAME 3DD [11]

d. File excel.CSV [12]

e. Tampilan gnuplot [13]

f. Data Output excel [14]

Pertemuan - 6 (11 Maret 2019)

a. Resume Diskusi Kelas [15]

b. Tugas Analisa Beam dengan Frame 3DD [16]

c. File input CSV [17]

d. File Output [18]

e. Tampilan Gnuplot [19]

Pertemuan - 7 (18 Maret 2019)

a. Resume Diskusi Kelas [20]

b. Analisa Balok dengan Frame 3DD [21]

c. File input CSV [22]

d. File Output [23]

e. Tampilan gnuplot [24]

f. Review konsep dinamik dan aplikasinya [25]

Pertemuan - 8 (25 Maret 2019)

a. Resume diskusi kelas [26]

b. Tugas UTS momen inertia [27]

c. Program EES penampang persegi [28]

d. Program EES penampang IWF [29]

Pertemuan - 9 (1 April 2019)

a. Resume diskusi kelas [30]

b. Tugas bangunan dengan beban dinamik [31]

c. File input CSV [32]

d. File Output [33]

e. Tampilan gnuplot [34]

e. Tugas CFDSOF statik pada bangunan [35]

Pertemuan - 10 (8 April 2019)

a. Resume diskusi kelas [36]

b. Pemahaman dari ceramah Habib umar [37]

c. Tugas analisa distribusi temperatur dengan komputasi teknik pada bidang 2D dan 3D [38]

d. File EES 2D [39]

e. File EES 3D [40]

Pertemuan - 11 (15 April 2019)

a. Resume diskusi kelas [41]

b. Sinopsis Tugas Besar ZEB [42]

Pertemuan - 12 (22 April 2019)

a. Resume diskusi kelas (latihan EES konveksi) [43]

b. Tugas Menentukan Arah, Material dan Tebal Dinding Bangunan [44]

Pertemuan - 13 (29 April 2019)

a. Presentasi Tugas Besar [45]

Pertemuan - 14 (05 Mei 2019)

a. Progess Tugas Besar PhotoVoltaic Youtube [46]

Pertemuan - 15 (13 Mei 2019)