Difference between revisions of "Yohanes Kevano Pangaribuan"
(One intermediate revision by the same user not shown) | |||
Line 94: | Line 94: | ||
'''Self Reflection''' 13 Maret 2019 | '''Self Reflection''' 13 Maret 2019 | ||
− | Pola Algoritma untuk mencari perubahan panjang pada | + | Pola Algoritma untuk mencari perubahan panjang pada batang |
+ | |||
+ | https://www.youtube.com/watch?v=4AEDyXAYxYg&feature=youtu.be | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | |||
+ | '''Self Reflection''' 20 Maret 2019 | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | '''Self Reflection''' 10 April 2019 | ||
+ | |||
+ | ---- |
Latest revision as of 14:30, 10 April 2019
SELF REFLECTION 6 Februari 2019
Dosen yang mengajar mata kuliah metode numeric yaitu Bapak Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara dan Gunawan, S.T., M.T. Untuk Pak Ahmad Indra, beliau biasa Pak DAI karena terkait efisiensi yang beliau juga lulusan Teknik Mesin sehingga memiliki golongan darah M (Solidarity Mechanical Forever), namun karena beliau sudah memiliki boleh dipanggil Aki DAI. Setiap manusia butuh pengetahuan, terlebih mahasiswa. Mahasiswa yang baik dituntut untuk dapat berfikir dan berakal. Berakal dibutuhkan agar pengetahuan yang dimiliki mahasiswa tidak lupa akan kodrat nya sebagai manusia, berakal sebagai tali atau pembatas manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Berakal membuat manusia tetap di jalan Tuhan walau dengan segala pengetahuan yang dimilikinya. Jadi selama perkuliahan, diharapkan mahasiswa dapat belajar dengan berakal agar memperoleh manfaat yang tepat.
Diatas merupakan salah satu contoh konsep infinite. Kata infinity berasal dari Bahasa Latin infinitas yang berarti tak terhingga. Pada masa Yunani kuno, konsep ketakterhinggaan dalam dunia nyata dapat diamati melalui tiga hal yaitu: waktu yang terlihat tak berujung, ruang dan waktu yang bersifat tak ada akhirnya jika dibagi dan ruang itu tidak memiliki batas. Untuk persoalan diatas, kita harus menyelesaikan masalah tersebut dengan pendekatan limit, karena jika memasukan nilai eksas x=1. Jawaban akan 0/0 yang berarti tak hingga. Dengan pendekatan limit x=1 (menuju 1), maka akan didapat jawaban 2. Konsep infinite juga menunjukkan kalau hanya Tuhan yang memiliki kuasa tak terbatas/ tak terhingga, beda dengan manusia yang finite (terbatas)
Berikut secara garis besar tujuan perkuliahan metode numerik ini:
1. Memahami konsep atau prinsip dan mampu menerapkannya
2. Menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya
Metode Numerik:
1. Pengertian tentang metode numeric: Mempelajari tentang: Algoritma, Flowchart, Pemrograman, Metode iteratur
2. Penyelesaian Persamaan dan Aljabar Simultan
3. Differensial dan Integral: Menyelesaikan persoalan terkait dengan differensial dan integral serta pengaplikasiannya
4. Optimasi
5. Studi Kasus
Self Reflection 13 Februari 2019
Masalah Teknik - Model Matematika - Metode Numerik - Algoritma (Flowchart) - Program Komputer - Hasil Numerik - Visual - Interpretasi (Analisa) - Solusi Teknik
Salah satu contoh masalah Teknik yaitu kerugian karena berkurang nya tekanan aliran fluida dalam pipa yang bias disebut sebagai pressure drop = kehilangan energi. Dalam algoritma, terdapat suatu langkah-langkah untuk mencapai tujuan yang ingin didapat. Program computer menjalankan simulasi rangkaian program dan user harus melakukan trial n error sampai program itu yakin berjalan dengan baik. Untuk visual sendiri, contoh konkrit dalam dunia perkapalan yaitu bentuk kapal yang berwarna warni menggambarkan distribusi tegangan dalam struktur kapal.
Dalam pertemuan ini juga membahas Dimensi, yaitu satu, dua, dan tiga dimensi, serta mencoba memikirkan bentuk dari empat dimensi. Dalam menyelesaikan masalah teknis terdapat 3 tahapan yaitu :
1. Teoritis, 2. Percobaan(eksperimen), 3. Komputasi
Agama membuat manusia berakal dan bekerja dengan benar dan baik. Manusia yang cerdas adalah manusia yang dapat memikirkan suatu masalah dengan luas dan berjangka Panjang
Belajar menggunakan program phyton
Self Reflection 27 Februari 2019
CMD ketik : pip install numpy
import numpy as np
- Define the Matrix A
A=np.array([[4,-2,1],[-2,4,-2],[1,-2,4]],float) print ('Matrix A adalah','\n',A)
- Define the Matrix B
B=np.array([11,-16,17]) print ('Matrix B adalah','\n',B)
n=len(B) print ('Ukuran Matrix =', n) print ('Wayolo Pusing lu python')
x=np.zeros((3),float) for k in range (0,n-1):
for i in range (k+1,n): if A [i,k] !=0,0 : lam = A[i,k]/A[k,k] A
Tugas Metode Numerik BEP
https://www.youtube.com/watch?v=3ntntgC4Djs&t=98s
Self Reflection 6 Maret 2019
Tugas Metode Numerik Pegas
https://www.youtube.com/watch?v=6zNVufpc3x4
Self Reflection 13 Maret 2019
Pola Algoritma untuk mencari perubahan panjang pada batang
https://www.youtube.com/watch?v=4AEDyXAYxYg&feature=youtu.be
Self Reflection 20 Maret 2019
Self Reflection 10 April 2019