Difference between revisions of "Metnum03-Virsya Pramesti Salsabila"
(→Tugas) |
|||
Line 194: | Line 194: | ||
'''1. Mempelajari codingan 3D Fahmi''' | '''1. Mempelajari codingan 3D Fahmi''' | ||
− | Pada algoritma soal [https://drive.google.com/drive/folders/1AnQHiRUe-K2XEDtH4xx4_cW30bjYSly-?usp=sharing Quiz No. 4 & 8 Ahmad Muhammad Fahmi], metode yang digunakan untuk penyelesaian sama dengan ''flowchart'' yang sudah saya buat untuk Quiz. Penyelesaian kedua soal ini memiliki ''parameter input'' A (Luas Permukaan), E (Modulus Elastisitas), node, dan load. Walaupun parameter yang tersedia sama, namun terdapat perbedaan input pada node dikarenakan soal nomor 4 merupakan 2 dimensi dan nomor 8 merupakan 3 dimensi | + | Pada algoritma soal [https://drive.google.com/drive/folders/1AnQHiRUe-K2XEDtH4xx4_cW30bjYSly-?usp=sharing Quiz No. 4 & 8 Ahmad Muhammad Fahmi], metode yang digunakan untuk penyelesaian sama dengan ''flowchart'' yang sudah saya buat untuk Quiz. Penyelesaian kedua soal ini memiliki ''parameter input'' A (Luas Permukaan), E (Modulus Elastisitas), node, dan load. Walaupun parameter yang tersedia sama, namun terdapat perbedaan input pada ''boundary node'' dikarenakan soal nomor 4 merupakan 2 dimensi dan nomor 8 merupakan 3 dimensi |
'''2. Mengaplikasikan pada soal Example 3.3''' | '''2. Mengaplikasikan pada soal Example 3.3''' |
Revision as of 11:59, 14 December 2020
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ
Biodata
Nama : Virsya Pramesti Salsabila
NPM : 1806181760
Fakultas/Jurusan : Teknik/Teknik Mesin
Tempat/Tanggal Lahir : Banjarmasin, 21 September 2001
Contents
Kelas Metode Numerik-03
Sebelum UTS
Sebelum UTS kami mempelajari cara mencari akar menggunakan dua metode, yaitu bracketing methods dan open methods.
Pada bracketing methods terdapat:
- Graphical Methods
- metode mencari akar dengan membuat grafik fungsi dan melihat letak perpotongan dengan sumbu x
- Bisection Methods
- False-Position Methods
Pada open methods terdapat:
- Simple Fixed-Point Iteration
- Newton-Raphson Methods
- Secant Methods
- Brent's Method
Setelah itu kita juga mempelajari regresi dan interpolasi linear.
Pertemuan 1 (9 November 2020)
Pada pertemuan pertama ini Pak DAI memulai pembelajaran dengan menjelaskan 4 indikator dasar dalam pembelajaran. Indikator pertama merupakan mengetahui apa yang akan dipelajari dan yang kedua merupakan pemahaman akan konsep yang sudah dipelajari tersebut. Indikator ketiga merupakan memahami pengaplikasian apa yang sudah dipelajari dalam permasalahan yang ditemukan dan indikator terakhir merupakan pengaplikasian apa yang sudah dipelajari dalam diri kita sendiri. Pada akhir kelas kami diminta untuk mempelejari software OpenModelica dan mencoba menggunakan software tersebut. Kami juga diminta untuk menulis pada wikipage serta membuat video mengenai apa yang sudah kita pelajari mengenai OpenModelica.
Saya mencoba membuat suatu Feedback Control System simpel dengan bantuan video dari Youtube. Dibawah ini merupakan gambaran block diagram yang saya buat dengan OpenModelica. Dengan bantuan OpenModelica kita dapat mensimulasikan suatu sistem dan software ini akan membuatkan algoritma berdasarkan sistem dan input yang sudah kita buat.
Parameter step function, PID, dan SecondOrder yang saya gunakan terdapat pada foto dibawah ini
Setelah dilakukan simulasi selama 30 detik, didapatkan grafik output sebagai berikut. Walaupun sudah didapatkan grafik, kita tetap bisa mengubah beberapa variabel dan melakukan simulasi ulang dalam sistem tersebut dan mendapatkan grafik output yang berbeda.
Untuk video penjelasan lebih lengkapnya dapat melihat melalui video yang sudah saya buat:
Pertemuan 2 (16 November 2020)
Pada pertemuan kedua ini, kelas dimulai dengan pemaparan pemahaman masing-masing mengenai OpenModelica. Setelah itu kami diminta untuk membuat sebuah program sederhana untuk menjumlahkan angka dan juga mencari rata-rata.
Berikut merupakan algoritma yang saya buat untuk penjumlahan angka
Setelah itu dapat dilihat grafik input dan hasil sebagai berikut, dengan nilai input x=6 didapatkan hasil y=16. Kita juga dapat melakukan simulasi kembali apabila ingin merubah nilai x.
Untuk menghitung rata-rata 5 angka, saya menggunakan algoritma sebagai berikut
Dengan input nilai 5, 27, 33, 18, dan 9 didapatkan hasil mean 18.4 seperti pada grafik dibawah ini.
Tugas - Penyelesaian Persamaan Aljabar Simultan
Pada akhir kelas kami diberi tugas untuk membuat suatu program pada OpenModelica untuk menyelesaikan persamaan Aljabar Simultan. Saya menggunakan persamaan aljabar dengan matriks sebagai berikut:
Disini saya menggunakan metode Gauss Elimination. OpenModelica memiliki function yang sudah tersedia untuk menyelesaikan matriks X*a = Y, dimana X merupakan matriks 3 x 3 pada ruas kiri persamaan, Y merupakan hasil dari persamaan yang berada pada ruas kanan persamaan, dan a merupakan nilai yang ingin dicari. Function yang tersedia ini bernama solve dan kita dapat menggunakannya dengan mengetik Modelica.Math.Matrices.solve pada algoritma. Untuk memudahkan eksekusi pada class, saya membuat function terlebih dahulu dengan X dan Y sebagai input serta a sebagai output.
Berikut merupakan class yang saya buat untuk mengeksekusi function terkait:
Setelah ini kita dapat menjalankan simulasi untuk mendapatkan hasil dan grafik. Pada gambar dibawah ini kita dapat mengetahui hasil matriks a, yaitu:
a1 = -1
a2 = 3
a3 = -4
Pertemuan 3 (23 November 2020)
Pada pertemuan ketiga kami diminta untuk menjelaskan tugas minggu lalu yaitu Penyelesaian Persamaan Aljabar Simultan. Setelah itu kami juga diminta untuk membuktikan sebuah persoalan mengenai pegas menggunakan OpenModelica. Disini saya menggunakan function yang sudah saya buat untuk tugas minggu lalu dan membuat class baru sebagai berikut:
Setelah itu dapat kita lakukan simulasi untuk mendapatkan hasil dan grafik seperti pada gambar dibawah ini. Didapatkan hasil yaitu:
a1 = 7.3575
a2 = 10.0552
a3 = 12.5077
Maka dapat kita simpulkan bahwa jawaban yang tertera pada buku sudah sesuai dengan penyelesaian menggunakan OpenModelica.
Tugas 1
Pada akhir pertemuan 3 kami diberi tugas untuk menyelesaikan soal dibawah ini.
Berikut merupakan hasil simulasi dari class matriks yang saya buat
Berikut merupakan hasil simulasi dari model matriks yang saya buat
Berikut merupakan hasil simulasi dari class matriks yang saya buat
Pertemuan 4 (30 November 2020)
Pada pertemuan ini Pak Dai menjelaskan kembali mengenai perbedaan statik dan dinamik. Kami juga diminta untuk memahami dan mencoba mensimulasikan algoritma yang sudah dibuat oleh Christo mengenai penyelesaian persamaan menggunakan metode Gauss Jordan
Quiz
Pada quiz ini kami diminta untuk mengerjakan soal yang tertera pada gambar dibawah ini
Berikut merupakan flowchart quiz yang saya buat untuk nomor 4 dan 8
Penyelesaian nomor 4
Pertemuan 5 (7 Desember 2020)
Pada pertemuan ini kami membahas quiz yang diberikan minggu lalu dengan mempelajari algoritma yang sudah dibuat dan juga flowchartnya. Pertama-tama teman saya Edward Joshua membantu menjelaskan mengenai langkah pengerjaan soal yang diberikan, kemudian dibantu pula oleh Ahmad Muhammad Fahmi untuk menjelaskan algoritma yang sudah dia buat.
Pada algoritma yang sudah dibuat oleh teman saya, dia menggunakan sistem looping untuk penyelasaian soal quiz yang telah diberikan dengan parameter input A (Luas Permukaan), E (Modulus Elastisitas), node, dan load.
Tugas
1. Mempelajari codingan 3D Fahmi
Pada algoritma soal Quiz No. 4 & 8 Ahmad Muhammad Fahmi, metode yang digunakan untuk penyelesaian sama dengan flowchart yang sudah saya buat untuk Quiz. Penyelesaian kedua soal ini memiliki parameter input A (Luas Permukaan), E (Modulus Elastisitas), node, dan load. Walaupun parameter yang tersedia sama, namun terdapat perbedaan input pada boundary node dikarenakan soal nomor 4 merupakan 2 dimensi dan nomor 8 merupakan 3 dimensi
2. Mengaplikasikan pada soal Example 3.3
3. Memberikan masukan atas codingan Fahmi