Difference between revisions of "Muhammad Faja Taufiqurrahman"
Line 64: | Line 64: | ||
parameter Real y2=48;//(derajat Celcius) | parameter Real y2=48;//(derajat Celcius) | ||
parameter Real x=7;//(menit) | parameter Real x=7;//(menit) | ||
− | |||
Real y; | Real y; | ||
Revision as of 18:21, 24 November 2020
Contents
Biodata
Nama : Muhammad Faja Taufiqurrahman
NPM : 1906301223
Angkatan : 2019
Program Studi : Teknik Mesin, S1 Reguler
Tempat, Tanggal lahir : Jakarta, 09 Juni 2001
Domisili : Jakarta Selatan
Alamat Surel : muhammadfaja87@gmail.com / muhammad.faja@ui.ac.id
Metode Numerik
Metode numerik merupapakan teknik dalam penyelesaian permsalahan yang diformulasikan secara matematis dengan menggunakan operasi hitungan (aritmatik) yaitu operasi tambah, kurang, kali, dan bagi. Metode ini digunakan karena banyak permasalahan matematis tidak dapat diselesaikan menggunakan metode analitik.
Pada kelas Metode Numerik-02 semester gasal 2020/2021, perkuliahan pekan pertama sampai UTS diisi oleh Bapak Dr. Ir. Engkos A. Kosasih, M.T. telah membahas beberapa topik, antara lain:
- Pseudocode
- Sistem Persamaan
- Turunan Numerik
- Metode Newton Rhapson, Secant, dan Bisection
- Regresi Linear
- Interpolasi
Setelah UTS proses pembelajaran diisi oleh Bapak Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara
Pertemuan Perkuliahan
Pertemuan Pertama (Rabu, 11 November 2020)
Pada pertemuan pertama setelah UTS ini, Bapak Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara mengenalkan mengenai situs Wiki AIR. Dalam Wiki AIR tersebut, kami dijelaskan mengenai cara pembuatan akun dan membuat page sendiri. Dalam page tersebut lah nantinya akan digunakan sebagai review pembelajaran serta tempat pengumpulan tugas. Selain itu juga dijelaskan terkait esensi atau tujuan pembelajaran metode numerik, yaitu:
1. Memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar dalam metode numerik seperti : Persamaan algoritma, aljabar, pencocokan kurva, persamaan diferensial parsial, dll.
2. Mengerti dan mampu menerapkan pemahaman atau aplikasi terhadap konsep metode numerik.
3. Mampu menerapkan metode numerik dalam hal terkait persoalan keteknikan.
4. Mendapat nilai tambah/adab sehingga kita menjadi orang yang lebih beradab.
Selain empat poin tersebut, kami juga mendapat pelajaran terkait awalan memakai OpenModelica. Dimana kami diperlihatkan praktek sederhana penggunaan OpenModelica ini. Hingga kami tahu bila komputer selain dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan namun juga memiliki batasan atau limit tertentu dan kita sebagai manusia lah yang dapat mengoperasikannya.
Tugas Minggu Pertama
- Mempelajari aplikasi OpenModelica melalui video Youtube serta menyertakan link hasil pembelajaran.
Saya mempelajari bagaimana mengoperasikan OpenModelica melalui video berikut :
Interpolasi
model Interpolasi
parameter Real x1=5;//(menit) parameter Real y1=42;//(derajat Celcius) parameter Real x2=10;//(menit) parameter Real y2=48;//(derajat Celcius) parameter Real x=7;//(menit) Real y;
equation
(x-x1)/(x2-x1)=(y-y1)/(y2-y1);
end Interpolasi;
Video hasil pembelajaran yang telah saya buat :