Difference between revisions of "Muhammad Fauzan Azhima"
(26 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 1: | Line 1: | ||
− | [[File:azhima.jpg| | + | [[File:azhima.jpg|250px|thumb|right|alt text]] |
Assalamualaikum Wr. Wb. | Assalamualaikum Wr. Wb. | ||
− | + | Nama saya Muhammad Fauzan Azhima, biasa dipanggil Fauzan/Ojan. Saya lahir di Bandung, 26 Oktober 1999. Saya merupakan anak pertama dari 2 bersaudara. Saya mengambil jurusan teknik perkapalan karena tertarik dengan design, pengembangan dunia alutsista dan petualangan laut lepas. | |
---- | ---- | ||
Line 11: | Line 11: | ||
==Summary== | ==Summary== | ||
− | Seseorang yang mencintai pengalaman dan petualangan. Ingin mendedikasikan hidupnya untuk | + | Seseorang yang mencintai pengalaman dan petualangan. Ingin mendedikasikan hidupnya untuk mewujudkan hal yang ia cintai. |
Line 26: | Line 26: | ||
− | ==Pengalaman dengan Komputer dan | + | ==Pengalaman dengan Komputer dan Pemrograman== |
− | Pengalaman di bidang komputer dimulai sejak SD dan sudah menguasai MS word dan excel sejak saat itu. Saat SMP mulai banyak menggunakan MS Power Point dan aplikasi pendukung multimedia lainnya. Masa SMP juga diwarnai dengan mengikuti ekstrakulikuler robotik dan mulai mempelajari coding dan manufaktur sederhana. Pada SMA mulai tertarik untuk mengembangkan kemampuan komputer dengan mulai merakit sendiri komputer dirumah. | + | Pengalaman di bidang komputer dimulai sejak SD dan sudah menguasai MS word dan excel sejak saat itu. Saat SMP mulai banyak menggunakan MS Power Point dan aplikasi pendukung multimedia lainnya. Masa SMP juga diwarnai dengan mengikuti ekstrakulikuler robotik dan mulai mempelajari coding dan manufaktur sederhana. Pada SMA mulai tertarik untuk mengembangkan kemampuan komputer dengan mulai merakit sendiri komputer dirumah. Awal-awal ini mulai belajar maxsurf,autocad,dan python. |
Line 56: | Line 56: | ||
− | Menggunakan bantuan | + | Menggunakan bantuan python akan ddidapatkan solusi yang membutuhkan fungsi if else karena pada penyelesaiannya diperlukan solusi untuk menyederhanakan persamaan pembilang agar tidak menghasilkan 0 pada saat x=1. |
+ | |||
+ | ===Pertemuan (14 Februari 2020)=== | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan kedua, saya diingatkan kembali tentang tujuan saya belajar metode numerik yaitu untuk membantu saya dalam memahami fenomena alam dengan menganalisisnya dengan angka dan membuat | ||
+ | |||
+ | Soal yang menarik perhatian saya | ||
+ | |||
+ | Dikutip dari buku Numerical Method in Engineering with Python 3 karya Jaan Kiusalass | ||
+ | Hal. 197 Nomor 13 | ||
+ | |||
+ | The radar stations A and B separated by distance a=500m, track the airplane C by recording the angles alpha and beta at one-second interval. If three succesive reading are | ||
+ | [[File:soal 13.jpg|500px|thumb|right|Soal]] | ||
+ | * t(s) || 9 | 10 | 11 | | ||
+ | * alpha || 54,8 | 54,06 | 53,34 | | ||
+ | * beta || 65,59 | 64,59 | 63,62 | | ||
+ | |||
+ | calculate the speed v of the plane and the climbing angle gamma at t=10s. The coordinate of the plane can be shown to be : | ||
+ | |||
+ | * x=a(tan betta)/(tan betta-tan alpha) | ||
+ | * y=a(tan alpha*tan betta)/(tan betta-tan alpha) | ||
+ | |||
+ | '''tugas''' | ||
+ | |||
+ | 1. Soal Pilihan | ||
+ | * Metode excel | ||
+ | |||
+ | |||
+ | [[File:nilai x dan y.png|500px|thumb|center|Nilai x dan y]] | ||
+ | |||
+ | Pertama-tama kita mencari nilai x dan y untuk mengetahui jarak dan ketinggian pesawat dari radar pertama dengan memasukan formula yang sudah diketahui. Pada excel sudut harus diubah terlebih dahulu kedalam bentuk radian. | ||
+ | |||
+ | [[File:grafik pergerakan pesawat dan trend line nya.png|500px|thumb|center|Grafik pergerakan pesawat dan trendlinenya]] | ||
+ | |||
+ | Bentuk grafik pergerakan pesawat adalah sebagai berikut. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | [[File:kecepatan dan sudut pesawat.png|500px|thumb|center|Kecepatan dan sudut pesawat]] | ||
+ | [[File:rumus gamma(sudut kenaikan).png|500px|thumb|right|Rumus gamma]] | ||
+ | [[File:rumus kecepatan.png|500px|thumb|right|Rumus kecepatan]] | ||
+ | |||
+ | Jika diasumsikan pergerakan adalah sebuah segitiga, maka kita bisa mendapatkan kecepatannya dengan mencari gradiennya dibagi waktu tempuh pesawat dan sudut penerbangan dengan mencari nilai "tan"nya. | ||
+ | |||
+ | 2. Gerak Jatuh | ||
+ | |||
+ | Metode manual : | ||
+ | |||
+ | [[File:metnum aye.jpg|500px|thumb|center|Nilai x dan y]] | ||
+ | |||
+ | Formula ketinggian awal dijatuhkannya benda dapat dicari dengan menurunkan rumus ketinggian benda ditambah dengan jarak tempuh benda apabila ia memiliki kecepatan awal. Pada kasus ini semua komponen sudah diketahui dan dapat langsung dimasukan kedalam rumus h=Vo*t+0,5*g*t^2. Hambatan udara mempengaruhi percepatan karena itu pada rumus ketinggian awal nilai g diganti oleh nilai a hasil perhitungan gaya gravitasi yang terpengaruh oleh hambatan benda. | ||
+ | |||
+ | Metode excel (program perhitungan) : | ||
+ | |||
+ | [[File:jatoh.png|500px|thumb|center|Nilai x dan y]] | ||
+ | |||
+ | Karena hitungan tersebut sederhana maka dapat langsung dimasukan kedalam rumus | ||
+ | |||
+ | ===Pertemuan (21 Februari 2020)=== | ||
+ | |||
+ | PPT Evaluasi Diri | ||
+ | |||
+ | [[File:1.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:2.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:3.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:4.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | '''tugas Runge-Kutta''' | ||
+ | |||
+ | 1 | ||
+ | [[File:rk1.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | 2 | ||
+ | [[File:runge Kutta ojan 1.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:runge Kutta ojan 2.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:runge Kutta ojan 3.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | |||
+ | PPT | ||
+ | |||
+ | [[File:1.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:2.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:3.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:4.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | |||
+ | ===Pertemuan 28 Februari 2020=== | ||
+ | |||
+ | '''tugas''' | ||
+ | |||
+ | PPT Asistensi 3 Maret 2020 | ||
+ | |||
+ | [[File:asis 3 maret 1.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:asis 3 maret 2.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:asis 3 maret 3.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:asis 3 maret 4.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:asis 3 maret 5.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | |||
+ | Perhitungan Hambatan kapal Selam | ||
+ | |||
+ | [[File:sub excel.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:python sub.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:python sub grafik.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ===Pertemuan 6 Maret 2020=== | ||
+ | |||
+ | '''tugas''' | ||
+ | |||
+ | [[File:10 maret 1.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:10 maret 2.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:10 maret 3.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ===Pertemuan 13 Maret 2020=== | ||
+ | '''tugas''' | ||
+ | |||
+ | [[File:opt1.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | [[File:opt2.png|500px|thumb|center|]] | ||
+ | |||
+ | ===Pertemuan 20 Maret 2020=== | ||
+ | '''tugas''' | ||
+ | Video Optimasi | ||
+ | |||
+ | [[File:OptimasiOzan.mp4|500px|thumb|center|]] | ||
+ | |||
+ | ==UTS== | ||
+ | |||
+ | https://www.youtube.com/watch?v=NRGLSZ7LxBU | ||
+ | |||
+ | https://www.youtube.com/watch?v=fVpL_qh4rJQ | ||
+ | |||
+ | https://www.youtube.com/watch?v=8cjxC3C4lTc |
Latest revision as of 18:13, 8 May 2020
Assalamualaikum Wr. Wb.
Nama saya Muhammad Fauzan Azhima, biasa dipanggil Fauzan/Ojan. Saya lahir di Bandung, 26 Oktober 1999. Saya merupakan anak pertama dari 2 bersaudara. Saya mengambil jurusan teknik perkapalan karena tertarik dengan design, pengembangan dunia alutsista dan petualangan laut lepas.
Contents
Summary
Seseorang yang mencintai pengalaman dan petualangan. Ingin mendedikasikan hidupnya untuk mewujudkan hal yang ia cintai.
Biodata
- Nama Lengkap : Muhammad Fauzan Azhima
- TTL : Bandung, 26 Oktober 1999
- Alamat : Jalan Kalijati 4 Nomor 5 Antapani, Bandung
- Email : azhima26@gmail.com
Pengalaman dengan Komputer dan Pemrograman
Pengalaman di bidang komputer dimulai sejak SD dan sudah menguasai MS word dan excel sejak saat itu. Saat SMP mulai banyak menggunakan MS Power Point dan aplikasi pendukung multimedia lainnya. Masa SMP juga diwarnai dengan mengikuti ekstrakulikuler robotik dan mulai mempelajari coding dan manufaktur sederhana. Pada SMA mulai tertarik untuk mengembangkan kemampuan komputer dengan mulai merakit sendiri komputer dirumah. Awal-awal ini mulai belajar maxsurf,autocad,dan python.
Pertemuan dan Tugas
Pertemuan (7 Februari 2020)
Pada pertemuan pertama saya mempelajari tentang kegunaan dan aplikasi metode numerik dan keunggulannya dalam menyelesaikan analisis dan mempermudah pengambilan keputusan didunia perkapalan.
tugas
mencari nilai f(x)=(x^2-1)/(x-1) dengan metode manual dan dengan bantuan program
- metode manual
-dengan bantuan program
Menggunakan bantuan python akan ddidapatkan solusi yang membutuhkan fungsi if else karena pada penyelesaiannya diperlukan solusi untuk menyederhanakan persamaan pembilang agar tidak menghasilkan 0 pada saat x=1.
Pertemuan (14 Februari 2020)
Pada pertemuan kedua, saya diingatkan kembali tentang tujuan saya belajar metode numerik yaitu untuk membantu saya dalam memahami fenomena alam dengan menganalisisnya dengan angka dan membuat
Soal yang menarik perhatian saya
Dikutip dari buku Numerical Method in Engineering with Python 3 karya Jaan Kiusalass Hal. 197 Nomor 13
The radar stations A and B separated by distance a=500m, track the airplane C by recording the angles alpha and beta at one-second interval. If three succesive reading are
- t(s) || 9 | 10 | 11 |
- alpha || 54,8 | 54,06 | 53,34 |
- beta || 65,59 | 64,59 | 63,62 |
calculate the speed v of the plane and the climbing angle gamma at t=10s. The coordinate of the plane can be shown to be :
- x=a(tan betta)/(tan betta-tan alpha)
- y=a(tan alpha*tan betta)/(tan betta-tan alpha)
tugas
1. Soal Pilihan
- Metode excel
Pertama-tama kita mencari nilai x dan y untuk mengetahui jarak dan ketinggian pesawat dari radar pertama dengan memasukan formula yang sudah diketahui. Pada excel sudut harus diubah terlebih dahulu kedalam bentuk radian.
Bentuk grafik pergerakan pesawat adalah sebagai berikut.
Jika diasumsikan pergerakan adalah sebuah segitiga, maka kita bisa mendapatkan kecepatannya dengan mencari gradiennya dibagi waktu tempuh pesawat dan sudut penerbangan dengan mencari nilai "tan"nya.
2. Gerak Jatuh
Metode manual :
Formula ketinggian awal dijatuhkannya benda dapat dicari dengan menurunkan rumus ketinggian benda ditambah dengan jarak tempuh benda apabila ia memiliki kecepatan awal. Pada kasus ini semua komponen sudah diketahui dan dapat langsung dimasukan kedalam rumus h=Vo*t+0,5*g*t^2. Hambatan udara mempengaruhi percepatan karena itu pada rumus ketinggian awal nilai g diganti oleh nilai a hasil perhitungan gaya gravitasi yang terpengaruh oleh hambatan benda.
Metode excel (program perhitungan) :
Karena hitungan tersebut sederhana maka dapat langsung dimasukan kedalam rumus
Pertemuan (21 Februari 2020)
PPT Evaluasi Diri
tugas Runge-Kutta
1
2
PPT
Pertemuan 28 Februari 2020
tugas
PPT Asistensi 3 Maret 2020
Perhitungan Hambatan kapal Selam
Pertemuan 6 Maret 2020
tugas
Pertemuan 13 Maret 2020
tugas
Pertemuan 20 Maret 2020
tugas Video Optimasi
UTS
https://www.youtube.com/watch?v=NRGLSZ7LxBU