Difference between revisions of "Imam Abiyyu Alim"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Tugas 4)
(Tugas 4)
Line 134: Line 134:
 
1. Import file UssAlbacore.stl ke dalam CFDSOF
 
1. Import file UssAlbacore.stl ke dalam CFDSOF
  
 
+
   [[File:Tugas4.1.PNG|200px|thumb|center|alt text]]
   [[File:Tugas4.1.PNG|200px|thumb|left|alt text]]
 
  
  
 
2. Ganti data geometry mesh
 
2. Ganti data geometry mesh
 
 
    
 
    
   [[File:TugasImam4.2.PNG|200px|thumb|left|alt text]]
+
   [[File:TugasImam4.2.PNG|200px|thumb|center|alt text]]
  
 
3. Ganti data base mesh
 
3. Ganti data base mesh
  
 
+
   [[File:Tugas4.3.PNG|200px|thumb|center|alt text]]
   [[File:Tugas4.3.PNG|200px|thumb|left|alt text]]
 
  
 
4. Ganti data pada generate mesh, lalu generate
 
4. Ganti data pada generate mesh, lalu generate
  
 
+
   [[File:Tugas4.4.PNG|200px|thumb|center|alt text]]
   [[File:Tugas4.4.PNG|200px|thumb|left|alt text]]
 
  
 
5. Hasil Generate:
 
5. Hasil Generate:
  
 
+
   [[File:Tugas4.5.PNG|200px|thumb|center|alt text]]
   [[File:Tugas4.5.PNG|200px|thumb|left|alt text]]
 
  
 
6. Gunakan turbulance mode
 
6. Gunakan turbulance mode
  
 
+
   [[File:Tugas4.6.jpg|200px|thumb|center|alt text]]
   [[File:Tugas4.6.jpg|200px|thumb|left|alt text]]
 
  
 
7. Run solution dan didapatkan grafik
 
7. Run solution dan didapatkan grafik
  
 
+
   [[File:Tugas4.7.jpg|200px|thumb|center|alt text]]
   [[File:Tugas4.7.jpg|200px|thumb|left|alt text]]
 
  
 
----
 
----

Revision as of 20:31, 7 May 2020

alt text

Universitas Indonesia memiliki mahasiswa yang sangat membanggakan bernama Imam Abiyyu Alim. Mahasiswa Teknik Perkapalan angkatan 2018. Hobinya adalah bekerja lapangan, bekerja dalam kelas pun juga ia sukai walaupun hasilnya tidak maksimal dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Imam saat ini sedang menjalani kesibukan di tim lomba UI Karting Club dan juga berjuang untuk mendapat nilai yang memuaskan pada mata kuliah metode numerik dan juga mata kuliah lainnya. Amin. Saya dulu pernah belajar cara memasukkan mod pada game gta san andreas. Saya juga pernah membuat blog dan menghias blog tersebut karena tugas sekolah pada saat smp.

Tugas 1

Pada tugas pertama diberikan sebuah persamaan dan kami diminta untuk menyelesaikannya dengan cara manual dan menggunakan software python. Pertama saya mengerjakan dulu secara manual.

Tugas_1.3

Lalu saya menggunakan aplikasi python dengan cara pengerjaan:

-mengetik perintah "def" untuk mendefinisikan fungsi

-mengetik "return" untuk menjelaskan rumus

-mengetik perintah "int" untuk membaca angka

-mengetik perintah "print" untuk memberikan hasil perhitungan

-mengetik f5 atau mengklik command run untuk menyelesaikan perhitungan

Tugas_1.1

Lalu didapatkan hasil perhitungan menggunakan software python

Tugas_1.2


Pertemuan 2

Mengapa 0/0 hasilnya tak terdefinisi? Menurut saya karena tidak ada bilangan pembaginya, ibaratnya seperti kita mempunyai 4 permen akan dibagi kepada 2 anak, makan tiap anak akan mendapatkan 2 permen, jika kita punya 4 permen dan akan dibagikan kepada 0 anak maka tidak bisa, karena tidak ada pembaginya.


Contoh soal :


an n x n matrix A is defined by Aij=Vi^n-j, i=1,2,...,n. , j=1,2,...,n.


vektor v=[1.0 1.2 1.4 1.6 1.8 2.0]T b=[0 1 0 1 0 1]T


Use the function guasseElimin to compute the solution of Ax=b, where A is the 6x6 matrix genereated from the vector


Sumber soal: Buku Numerical Methods in Engineering with Python 3 hal 43


Tugas 2

Tugas pada pertemuan kedua adalah menhgerjakan soal yang telah saya pilih pada buku.

Soal

Gambar diatas adalah soal yang saya pilih untuk dikerjakan


Saya mencoba mengerjakan menggunakan software python. Dengan cara mendefinisikan GaussElimin. Lalu mengimport numPy sebagai np. NumPy adalah sebuah library pada Python untuk melakukan operasi vektor dan matriks dengan mengolah array. Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan data yang sama. Setelah memasukkan data vektor kedalam python, lalu memasukkan perintah perintah perhitungan dan menuliskan command 'print' untuk menuliskan hasil perhitungan.


Perhitungan


Lalu mengklik perintah run untuk mengetahui hasi perhitungannya, diadaptkan hasil:

Hasil

Menyelesaikan suatu masalah matematika di python menurut saya masih sulit untuk memahami perintah-perintahnya, namun jika sudah dapat menguasainya maka akan sangat mudah dan membantu ketika menyelesaikan masalah matematika yang rumit.




Tugas yang kedua adalah menyelesaikan persoalan benda jatuh bebas

Soal

Gambar diatas adalah soal yang akan diselesaikan menggunakan python dan juga telah diselesaikan secara manual dan didapatkan hasil yaitu 25.48 m/s^2

Lalu saya mencoba menyelesaikannya dengan menggunakan python dengan memasukkan semua variabel dan konstantanya lalu mulai masukkan perhitungan rumusnya dan mengetik print untuk menuliskan jawabannya dan ketik f5 untuk menyelesaikan perhitungan tersebut.

Perhitungan

Lalu hasilnya adalah sebagai berikut, sama dengan hasil yang saya kerjakan secara manual

Hasil



Tugas presentasi progress belajar metode numerik

Presentasi



Laporan Asistensi

Rkt1.jpg


Rkt2.jpg


Rkt3.jpg


Rkt4.jpg



Tugas 3


Laporan Asistensi 2

Rl1.jpg

Rl2.jpg

Rl3.jpg


Tugas 4

1. Import file UssAlbacore.stl ke dalam CFDSOF

alt text


2. Ganti data geometry mesh

alt text

3. Ganti data base mesh

alt text

4. Ganti data pada generate mesh, lalu generate

alt text

5. Hasil Generate:

alt text

6. Gunakan turbulance mode

alt text

7. Run solution dan didapatkan grafik

alt text

UTS

Assalamualaikum wr wb. Berikut adalah video membuat model 3d AUV untuk uts metode numerik

https://youtu.be/yMS-DIBm3DI