Difference between revisions of "Dwi Refarianto Nugroho"
(→PERTEMUAN KEEMPAT) |
|||
Line 82: | Line 82: | ||
== PERTEMUAN KEEMPAT == | == PERTEMUAN KEEMPAT == | ||
pada pertemua keempat, kita mempelajari python untuk menyelesaikan persamaan gauss-jordan yang berbentuk matriks. | pada pertemua keempat, kita mempelajari python untuk menyelesaikan persamaan gauss-jordan yang berbentuk matriks. | ||
− | |||
− | |||
== python == | == python == |
Revision as of 14:44, 27 February 2019
Contents
PERTEMUAN PERTAMA
Assalamualaikum Wr. WB.
Pada saat perkuliahan pertemuan pertama Metode Numerik bersama Bapak Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara (yang memiliki sapaan Aki DAI) dan Bapak Dr. Gunawan S.T., M.T dijelaskan pertama adalah tujuan perkuliahan Metode Numerik yaitu
1. Memahami konsep/prinsip Metode Numerik dan mampu menerapkannya 2. Menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya sendiri Selain itu di Metode Numerik kita mempelajari tentang 1. Algoritma, Flowchart, Pemrogaman, Metode Iterative 2. Penyelesaian Persamaan-persamaan , Aljabar Simultan 3. Differensial dan Intergral 4. Optimasi 5. Studi Kasus Aki DAI yang memiliki golongan darah M (Mechanical) menjelaskan juga apa saja yang dipelajari pada Metode Numerik. Pertama kita harus memahami bagaimana perhitungan yang akan dibantu dengan computer, tetapi pertama kita harus membuat perhitungan-perhitungan yang akan di input ke dalam computer dengan hasil yang sederhana.
Selain itu, juga dibahas contoh soal seperti A=x2-1/x-1 dengan x=1. Pada penyelesaiannya memang harus memakai limit dan tidak boleh langsung di input. Ada satu prasyarat untuk mempelajari Metode Numerik yaitu BERAKAL. Dijelaskan bahwa akal merupakan tali yang mengikat pikiran manusia supaya pemikirannya tetap berjalan pada koridor yang seharusnya. Selainitu disinggung juga tentang Muhasabah.
Dwi Refarianto Nugroho 1706042024 Teknik Perkapalan
PERTEMUAN KEDUA
Pada pertemuan kedua, diajarkan bahwa permasalahan yang berkaitan dengan keteknikan dapat diselesaikan dengan permodelan matematis. Selain itu juga dijelaskan penggunaan flowchart yaitu dari; mulai-input-proses-solusi. Permasalahan seperti persamaan aljabar dapat diselesaikan seperti
ax+by=c px=qy=r
Disisi lain kita juga diajarkan untuk aktif dalam kelas. seperti saling memeberi pertanyaan dan jawaban supaya suasana pembelajaran terasa hidup. Disinggung juga mengenai dimensi, 1D, 2D, 3D dan diatasnya. 1D berupa garis, 2D berupa bidang datar, 3D berupa ruang.
Tugas Metnum
if b==q:
m=a-p n=c-r x=n/m y=(c-(a*x))/b print('nilai x=',x,'nilai y=',y)
elif a==0:
y=c/b x=(r-q*(y))/p print('nilai x=',x,'nilai y=',y)
elif p==0:
y=r/q x=(c-b*(y))/a print('nilaix=',x,'nilai y=',y)
elif b==0:
x=c/a y=(r-p*(x))/q print('nilaix=',x,'nilai y=',y)
elif q==0:
x=r/p y=(c-a*(x))/b print('nilaix=',x,'nilai y=',y)
elif b!=q:
i=(a*q) j=(b*q) k=(c*q) ii=(p*b) jj=(q*b) kk=(r*b) x=(k-kk)/(i-ii) y=(c-(b*x))/a print('nilai x=',x,'nilai y=',y)
input()
PERTEMUAN KETIGA
pada pertemuan ketiga diajarkan penggunaan python untuk menyelesaikan sistem persamaan matriks pada aljabar linier. Harus ada baris yang menjadi acuan dalam matriks tersebut. Dalam menggunakan python, pertama kita harus memahami bahasanya. Selain itu prinsip dari python adalah looping atau memiliki pola tertentu dalam komputasinya.
PERTEMUAN KEEMPAT
pada pertemua keempat, kita mempelajari python untuk menyelesaikan persamaan gauss-jordan yang berbentuk matriks.
python
import numpy as np
- 1 define the matrix A
A=np.array([[4,-2,1],[-2,4,-2],[1,-2,4]], float)
print (A, '\n')
B=np.array([11,-16,17],float) print ('matrix B adalah','\n',B)
- --mendefinisikan ukuran matrix