Difference between revisions of "Yohanes Kevano Pangaribuan"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 51: Line 51:
  
 
'''Self Reflection''' 27 Februari 2019
 
'''Self Reflection''' 27 Februari 2019
 +
 +
CMD ketik : pip install numpy
  
 
import numpy as np
 
import numpy as np

Revision as of 14:34, 27 February 2019

SELF REFLECTION 6 Februari 2019

Dosen yang mengajar mata kuliah metode numeric yaitu Bapak Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara dan Gunawan, S.T., M.T. Untuk Pak Ahmad Indra, beliau biasa Pak DAI karena terkait efisiensi yang beliau juga lulusan Teknik Mesin sehingga memiliki golongan darah M (Solidarity Mechanical Forever), namun karena beliau sudah memiliki boleh dipanggil Aki DAI. Setiap manusia butuh pengetahuan, terlebih mahasiswa. Mahasiswa yang baik dituntut untuk dapat berfikir dan berakal. Berakal dibutuhkan agar pengetahuan yang dimiliki mahasiswa tidak lupa akan kodrat nya sebagai manusia, berakal sebagai tali atau pembatas manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Berakal membuat manusia tetap di jalan Tuhan walau dengan segala pengetahuan yang dimilikinya. Jadi selama perkuliahan, diharapkan mahasiswa dapat belajar dengan berakal agar memperoleh manfaat yang tepat.

Example.jpg

Diatas merupakan salah satu contoh konsep infinite. Kata infinity berasal dari Bahasa Latin infinitas yang berarti tak terhingga. Pada masa Yunani kuno, konsep ketakterhinggaan dalam dunia nyata dapat diamati melalui tiga hal yaitu: waktu yang terlihat tak berujung, ruang dan waktu yang bersifat tak ada akhirnya jika dibagi dan ruang itu tidak memiliki batas. Untuk persoalan diatas, kita harus menyelesaikan masalah tersebut dengan pendekatan limit, karena jika memasukan nilai eksas x=1. Jawaban akan 0/0 yang berarti tak hingga. Dengan pendekatan limit x=1 (menuju 1), maka akan didapat jawaban 2. Konsep infinite juga menunjukkan kalau hanya Tuhan yang memiliki kuasa tak terbatas/ tak terhingga, beda dengan manusia yang finite (terbatas)

Berikut secara garis besar tujuan perkuliahan metode numerik ini:

1. Memahami konsep atau prinsip dan mampu menerapkannya

2. Menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya


Metode Numerik:

1. Pengertian tentang metode numeric: Mempelajari tentang: Algoritma, Flowchart, Pemrograman, Metode iteratur

2. Penyelesaian Persamaan dan Aljabar Simultan

3. Differensial dan Integral: Menyelesaikan persoalan terkait dengan differensial dan integral serta pengaplikasiannya

4. Optimasi

5. Studi Kasus




Self Reflection 13 Februari 2019

Masalah Teknik - Model Matematika - Metode Numerik - Algoritma (Flowchart) - Program Komputer - Hasil Numerik - Visual - Interpretasi (Analisa) - Solusi Teknik

Salah satu contoh masalah Teknik yaitu kerugian karena berkurang nya tekanan aliran fluida dalam pipa yang bias disebut sebagai pressure drop = kehilangan energi. Dalam algoritma, terdapat suatu langkah-langkah untuk mencapai tujuan yang ingin didapat. Program computer menjalankan simulasi rangkaian program dan user harus melakukan trial n error sampai program itu yakin berjalan dengan baik. Untuk visual sendiri, contoh konkrit dalam dunia perkapalan yaitu bentuk kapal yang berwarna warni menggambarkan distribusi tegangan dalam struktur kapal.

Dalam pertemuan ini juga membahas Dimensi, yaitu satu, dua, dan tiga dimensi, serta mencoba memikirkan bentuk dari empat dimensi. Dalam menyelesaikan masalah teknis terdapat 3 tahapan yaitu :

1. Teoritis, 2. Percobaan(eksperimen), 3. Komputasi

Agama membuat manusia berakal dan bekerja dengan benar dan baik. Manusia yang cerdas adalah manusia yang dapat memikirkan suatu masalah dengan luas dan berjangka Panjang

Belajar menggunakan program phyton




Self Reflection 27 Februari 2019

CMD ketik : pip install numpy

import numpy as np

  1. Define the Matrix A

A=np.array([[4,-2,1],[-2,4,-2],[1,-2,4]],float) print ('Matrix A adalah','\n',A)

  1. Define the Matrix B

B=np.array([11,-16,17]) print ('Matrix B adalah','\n',B)

n=len(B) print ('Ukuran Matrix =', n) print ('Wayolo Pusing lu python')

x=np.zeros((3),float) for k in range (0,n-1):

   for i in range (k+1,n):
       if A [i,k] !=0,0 :
           lam = A[i,k]/A[k,k]
           A