Difference between revisions of "Muhammad hizrian ayasy"
(→Biodata) |
|||
(92 intermediate revisions by 2 users not shown) | |||
Line 2: | Line 2: | ||
[[File:Brok.PNG|200px|thumb|left|Muhammad Hizrian Ayasy 2019]] | [[File:Brok.PNG|200px|thumb|left|Muhammad Hizrian Ayasy 2019]] | ||
+ | == Biografi == | ||
+ | Muhammad Hizrian Ayasy adalah mahasiswa teknik pekapalan Universitas Indonesia angkatan 2018. Sebelumnya ia merintis pendidikanya dari Sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama di Sekolah Alam Indonesia kemudian melanjutnya ke Sekolah menengah atas negri 2 Depok. | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
== Biodata == | == Biodata == | ||
Nama : Muhammad Hizrian Ayasy | Nama : Muhammad Hizrian Ayasy | ||
Line 17: | Line 25: | ||
== Pendapat terkait MetNum == | == Pendapat terkait MetNum == | ||
− | nama saya Muhammad Hizrian Ayasy, saya adalah seorang mahasiswa teknik perkapalan UI 2018, sebelum berkuliah di teknik perkapalan UI saya bersekolah di SMAN 2 Depok. pada saat duduk dibangku SMA orang tua saya selalu memberi saya wejangan terkait pentingnya bahasa "programing". setelah duduk dibangku kuliahpun akhirnya saya merasakan begitu pentingnya bahasa pemprograman ini karena sedemikian rumit permasalahan permasalhan yang diberikan di perkuliahan yang dapat sangat mudah diselesiakan dengan menggunakan software | + | nama saya Muhammad Hizrian Ayasy, saya adalah seorang mahasiswa teknik perkapalan UI 2018, sebelum berkuliah di teknik perkapalan UI saya bersekolah di SMAN 2 Depok. pada saat duduk dibangku SMA orang tua saya selalu memberi saya wejangan terkait pentingnya bahasa "programing". setelah duduk dibangku kuliahpun akhirnya saya merasakan begitu pentingnya bahasa pemprograman ini karena sedemikian rumit permasalahan permasalhan yang diberikan di perkuliahan yang dapat sangat mudah diselesiakan dengan menggunakan software. |
+ | |||
+ | == Pertemuan Pertama (7 February 2020) == | ||
+ | Pada pertemuan pertama kami berkenalan dengan dosen dari mata kuliah metode numerik itu sendiri yaitu bapak Dr. Ahmad Indra Siswantara. beliau mengajarkan pada kami terkait apa saja yang dapat dilakukan dan dapat dipermudah setelah kami belajar dan memahami Metode numerik itu sendiri, setelah itu beliau mengajarkan kami terkait bagaimana menyunting Wiki page. Mulai dari membuat akun sampai bagaimana cara bergabung dengan group kelas. setelah itu kami diberikan tugas yaitu berupa soal matematika dan harus kami buat penyelesaian langsung dan dengan Metode numeriknya. | ||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | '''TUGAS''' | ||
+ | |||
+ | Kami diberikan tugas untuk mengerjakan persoalan matematika. | ||
+ | |||
+ | [[File:Grow1.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | pada soal diatas fungsi harus kita limitkan karena jika kita memasuka x=1 fungsi akan memiliki hasil 0/0. setelah dilimitkan baru didapati f(x)=(x+1), ketika kita masuka x=1 hasilnya adalah 2 | ||
+ | |||
+ | MENGGUNAKAN PYTHON: | ||
+ | |||
+ | |||
+ | [[File:Giygo.JPG|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | Pertama yang dilakukan saya mengerjakan algoritma dari persoalan yang diberikan seperti pada gambar diatas. setelah itu yang dilakukan adalah menjalankan algoritmanya. | ||
+ | |||
+ | [[File:Goygi.JPG|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | setelah mengisi insert dengan nilai yang diminta yaitu x=1, didapati hasil seperti pada diatas | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | '''KOMENTAR''' | ||
+ | |||
+ | Setelah mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh pak Dr. Ahmad Indra Siswantara dan mengerjakanya saya jadi mengerti cara membuat algoritma dengan menggunakan python. jika soal yang diberikan lebih rumit cara ini akan sangat efektif dan efesien untuk dilakukan dari pada menggunakann cara konvensional. | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | '''LINK TUGAS 1 METNUM''' | ||
+ | |||
+ | [[Tugas 1 Metnnum Muhammad hizrian ayasy]] | ||
+ | |||
+ | == Pertemuan Kedua (14 February 2020) == | ||
+ | pada pertemuan kedua Pak DAI memberikan tugas pada kami yaitu mencari soal pada buku yang kami gunakan dan memilih satu soal yang menurut kami menarik. Untuk saya sendiri saya memilih soal di halaman 56 problem set 2.1 soal nomor 11, saya tertarik dengan soal ini karena pada mata kuliah aljabar linear kami sudah belajar soal mengerjaan matrix seripa dengan soal nomor 11 ini, saya tertarik dengan soal seperti ini dikarenakan saya ingin mengetahui cara mengejakan soal aljabar liniear menggunakan metode numerik agar jika suatu saat saya mendapatkan permasalahan yang serupa saya dapat mengerjakanya melalui metode numerik agar mempermudah pekerjaan. jika mengerjakan secara konvensional caranya adalah: | ||
+ | |||
+ | Matrix AX=B, Cari nilai Matrix X | ||
+ | |||
+ | untuk mengerjakanya sebenarnya kita hanya perlu menginverskan matrrix A, hanya saja saya belum pernah mengerjakanya dengan metode numerik. | ||
+ | |||
+ | [[File:Gigsnumet.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | *REFERENSI: Kiusalaas, Jaan. 2013. ''Numerical Methods in Engineering with PYTHON 3.'' NEW YORK:Cambridge University Press halaman : 56 | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | '''BAB 7 (INITIAL VALUE PROBLEM)''' | ||
+ | |||
+ | DATA-->INFORMASI-->PENGETAHUAN-->ILMU-->HIKMAH-->HIDAYAH | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | '''TUGAS''' | ||
+ | |||
+ | pada pertemuan kaliini Pak DAI memberikan kami 2 tugas yaitu mengerjakan soal yang kami rasa menarik pada buku Numerical Methods in Engineering with PYTHON 3, yang pada tulisan diatas saya memilih soal pada hal 56 problem set 2.1 soal nomor 11, dan mengerjakan soal yang harus kita semua kerjakan yaitu terkait buah jatuh. | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | SOAL BUKU | ||
+ | |||
+ | [[File:Gigsnumet.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | Pada soal ini saat mengerjakan untuk pertama kalinya yang saya dapatkan adalah eror karena choleski tidak terbaca kemudian setelah saya membaca ulang buku, saya mendapatkan bahwa sebelum mengerjakan saya harus membuat modul choleski itu sendiri, maka saya membuat modul choleski terlebih dahulu seperti yang terdapat pada buku. | ||
+ | |||
+ | [[File:Gigsmet.PNG|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | setelah modul choleskinya selesai saya kemudian menjalankan modulnya untuk menguji apakah comand yang saya berikan berhasil. ternyata setelah dijalankan hasil yang diingin kan keluar seperti ini: | ||
+ | |||
+ | [[File:Gigsnum.PNG|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | SOAL BUAH JATUH | ||
+ | |||
+ | pertama saya melakukanya dengan cara manual seperti pada: | ||
+ | |||
+ | [[File:Memetnum2.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | setelah itu saya menggunakan python untuk mengerjakan soal ini. Pada soal buah jeruk yang jatuh dari pohon diketahu data dengan angka: | ||
+ | |||
+ | kerapatan udara = 0.08 kg/m^3 | ||
+ | |||
+ | kecepatan saat jatuh = 100 m/s | ||
+ | |||
+ | koefesien hambatan jeruk = 0.04 | ||
+ | |||
+ | luas penampang jeruk = 40 m^2 | ||
+ | |||
+ | massa jeruk = 0.05 kg | ||
+ | |||
+ | gravitasi = 9.8m/s^2 | ||
+ | |||
+ | [[File:JERUKGIGS.PNG|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | setelah mengetahui apa yang diketahui langsung saja kita masukan segala komponen dari soal kedalam python, karena perhitungan yang dilakukan tidak terlalu rumit maka modul pada python pun tidak terlalu rumit, modul yang dibuat: | ||
+ | |||
+ | [[File:GIGSJERUK.PNG|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | '''KOMENTAR''' | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan kedua dan mengerjakan kedua soal dengan menggunakan metode numerik, pelajaran ini menjadi sangat lebih menarik, banyak sekali yang belum dan bias dieksplore menggunakan metode numerik ini, seperti yang pak DAI pernahkatakan bahwa ilmu manusia hanya sebanyak tetesan air laut dibandingkan denga ilmu Allah SWT yang ilmunya sebanyak lautan bahkan melebihi. | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | '''Link tugas 2 Metnum''' | ||
+ | |||
+ | [[Tugas 2 Metnum muhammad hizrian Ayasy]] | ||
+ | |||
+ | == PERSENTASI == | ||
+ | |||
+ | [[File:GIGIGO.PNG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:GIGOW.PNG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:HIZIGIGO.PNG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:RIAN.PNG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:HIZIRIANG.PNG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | == Pertemuan ketiga (21 February 2020) == | ||
+ | |||
+ | -frekuensi | ||
+ | |||
+ | -pemodelan | ||
+ | |||
+ | -terflu yang banyak rumus bisa dipermudah | ||
+ | |||
+ | -rumus dasar (kestimbangan massa) | ||
+ | |||
+ | -massa pada sebuah sistem tetap | ||
+ | |||
+ | -1. dm/dt=0 (hulu rumus) | ||
+ | |||
+ | -2. f=m.a | ||
+ | |||
+ | -3. de/dt=W+Q | ||
+ | -apa perbedaan dv/dt dengan do v/ do t | ||
+ | -laju perubahan total dan laju perubahan parsial | ||
+ | - | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | '''TUGAS 3''' | ||
+ | |||
+ | [[File:Rimbej.jpg|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | pada soal kali ini saya mencoba mengerjakan soal problem set 7.1 namun angkanya saya ubah. | ||
+ | |||
+ | [[File:Rimbe.JPG|400px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | setelah mengerjakan hasil yang didapati adalah ini | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | '''KOMENTAR''' | ||
+ | |||
+ | pada soal kali ini saya berhasil mengerjakan persoalan sederhana menggunakan metode runge kutta, namun untuk mengerjakan soal yang lebih rumit dan memunculkan grafik menggunakan matplotlib saya belum mengerti. | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | LINK TUGAS 3 METNUM | ||
+ | |||
+ | [[Tugas 3 metnum muhammad hizrian ayasy]] | ||
+ | |||
+ | == Asistensi (25 February 2020) == | ||
+ | |||
+ | [[File:AHLIBRO.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:AHLIGUYS.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:AHLICUY.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:AHLIGAES.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | == Pertemuan keempat (29 February 2020) == | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan kali ini Pak DAI memberikan kami materi terkait bagaimana menggunakan CFDSOF, CFDSOF sangat membantu segala kalangan dalam masalah apapun terkait pergerakah suatu fluida. Pak DAI Bersama dengan asisten mengajarkan bagaimana melihat dan menghitung hambatan pada kapalselam menggunakan CFDSOF | ||
+ | |||
+ | '''ASISTENSI''' | ||
+ | |||
+ | [[File:RAGA.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:RAGA2.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:RAGA3.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:RAGA4.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | TUGAS 4 | ||
+ | |||
+ | Setelah mengerjakan CFDSOF dan didapatka data seperti dibawah ini, saya mengerjakan penyelesaianya menggunakan metode regresi linear menggunakan python. | ||
+ | |||
+ | [[File:JANTEM2.PNG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:JANTEM3.PNG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | LINK TUGAS 4 | ||
+ | |||
+ | [[Tugas 4 metnum muhammad hizrian ayasy]] | ||
+ | |||
+ | == Pertemuan kelima (6 maret 2020) == | ||
+ | |||
+ | '''Perbedaan BVP dan IVP''' | ||
+ | |||
+ | BVP adalah kasus kasus terkait apa yang terjadi di boundary tanpa harus mengetahui apa yang terjadi di dalam, seperti contoh perpindahan panas di suatu pelat. kita tidak mengetahui apa yang terjadi didalam namun kita dapat mengetahui suhu masuk dan suhu keluar | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | '''ASISTENSI''' | ||
+ | |||
+ | [[File:SYIR.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:SYIR1.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:SYIR2.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:SYIR3.JPG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | TUGAS 5 | ||
+ | |||
+ | Boundary Value problem | ||
+ | |||
+ | untuk permasalhan boundary value problem saya mengambil data dari perkerjaan tugas kemarin terkait pengaruh kecepatan terhadap hambatan yang dikerjakan di CFDSOF, kali ini untuk mengerjakan contoh tugas boundary value problem saya mengambil hanya 3 data | ||
+ | |||
+ | [[File:FAQS.PNG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:FAQS1.PNG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | Initial Value Problem | ||
+ | |||
+ | pada soal kali ini saya membuat modul untuk mengetahui jarak tempuh dari mobil hendak berhenti, nilai yang saya masukan adalah | ||
+ | |||
+ | kecepatan awal : 100m/s | ||
+ | waktu berhenti : 20 s | ||
+ | kecepatan akhir : 0 | ||
+ | |||
+ | [[File:FAQS2.PNG|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | namun modul idak berjalan dengan baik | ||
+ | |||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | Lnk tugas | ||
+ | |||
+ | [[Tugas 5 muhammad hizrian ayasy]] | ||
+ | |||
+ | == Pertemuan ke-enam (13 maret 2020) == | ||
+ | |||
+ | Pada pertemuan ke 6 ini yang tidak dapat dihadiri oleh pak dai bang edo mengajarkan kami terkait optimasi, contoh dari optimasi seperti berikut | ||
+ | |||
+ | [[File:Fah2.jpg|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | [[File:Fah3.jpg|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | TUGAS 6 | ||
+ | |||
+ | pada tugas ini saya mengerjakan soal optimasi seperti berikut | ||
+ | |||
+ | [[File:Fah1.jpg|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | Link Tugas | ||
+ | |||
+ | [[Tugas 6 muhammad hizrian ayasy]] | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | KOMENTAR | ||
+ | |||
+ | menurut saya dengan diajarkanya optimasi semakin membuka pemikaran saya terkait metnum, dan bentuk pengaplikasianya di setiap permodelan soal | ||
+ | |||
+ | == Pertemuan Ke-tujuh (20 maret 2020) == | ||
+ | |||
+ | pada pertemuan kali ini yang dilakukan dengan pjj pak dai memberikan kami tugas terkait membuat video penggunaan metode numerik dalam optimasi | ||
+ | |||
+ | [[File:GIGSOP.mp4|800px|center|alt text]] | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | LINK TUGAS | ||
+ | |||
+ | [[Tugas 7 Muhammad Hizrian Ayasy]] | ||
+ | |||
+ | ---- | ||
+ | |||
+ | == UTS == | ||
+ | |||
+ | https://youtu.be/csIXI4bJJlU |
Latest revision as of 17:25, 3 April 2020
Contents
- 1 Biografi
- 2 Biodata
- 3 Pendapat terkait MetNum
- 4 Pertemuan Pertama (7 February 2020)
- 5 Pertemuan Kedua (14 February 2020)
- 6 PERSENTASI
- 7 Pertemuan ketiga (21 February 2020)
- 8 Asistensi (25 February 2020)
- 9 Pertemuan keempat (29 February 2020)
- 10 Pertemuan kelima (6 maret 2020)
- 11 Pertemuan ke-enam (13 maret 2020)
- 12 Pertemuan Ke-tujuh (20 maret 2020)
- 13 UTS
Biografi
Muhammad Hizrian Ayasy adalah mahasiswa teknik pekapalan Universitas Indonesia angkatan 2018. Sebelumnya ia merintis pendidikanya dari Sekolah Dasar dan sekolah menengah pertama di Sekolah Alam Indonesia kemudian melanjutnya ke Sekolah menengah atas negri 2 Depok.
Biodata
Nama : Muhammad Hizrian Ayasy
NPM: 1806202544
Tempat lahir : Depok
tanggal Lahir: 25 mei 2000
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Pendapat terkait MetNum
nama saya Muhammad Hizrian Ayasy, saya adalah seorang mahasiswa teknik perkapalan UI 2018, sebelum berkuliah di teknik perkapalan UI saya bersekolah di SMAN 2 Depok. pada saat duduk dibangku SMA orang tua saya selalu memberi saya wejangan terkait pentingnya bahasa "programing". setelah duduk dibangku kuliahpun akhirnya saya merasakan begitu pentingnya bahasa pemprograman ini karena sedemikian rumit permasalahan permasalhan yang diberikan di perkuliahan yang dapat sangat mudah diselesiakan dengan menggunakan software.
Pertemuan Pertama (7 February 2020)
Pada pertemuan pertama kami berkenalan dengan dosen dari mata kuliah metode numerik itu sendiri yaitu bapak Dr. Ahmad Indra Siswantara. beliau mengajarkan pada kami terkait apa saja yang dapat dilakukan dan dapat dipermudah setelah kami belajar dan memahami Metode numerik itu sendiri, setelah itu beliau mengajarkan kami terkait bagaimana menyunting Wiki page. Mulai dari membuat akun sampai bagaimana cara bergabung dengan group kelas. setelah itu kami diberikan tugas yaitu berupa soal matematika dan harus kami buat penyelesaian langsung dan dengan Metode numeriknya.
TUGAS
Kami diberikan tugas untuk mengerjakan persoalan matematika.
pada soal diatas fungsi harus kita limitkan karena jika kita memasuka x=1 fungsi akan memiliki hasil 0/0. setelah dilimitkan baru didapati f(x)=(x+1), ketika kita masuka x=1 hasilnya adalah 2
MENGGUNAKAN PYTHON:
Pertama yang dilakukan saya mengerjakan algoritma dari persoalan yang diberikan seperti pada gambar diatas. setelah itu yang dilakukan adalah menjalankan algoritmanya.
setelah mengisi insert dengan nilai yang diminta yaitu x=1, didapati hasil seperti pada diatas
KOMENTAR
Setelah mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh pak Dr. Ahmad Indra Siswantara dan mengerjakanya saya jadi mengerti cara membuat algoritma dengan menggunakan python. jika soal yang diberikan lebih rumit cara ini akan sangat efektif dan efesien untuk dilakukan dari pada menggunakann cara konvensional.
LINK TUGAS 1 METNUM
Tugas 1 Metnnum Muhammad hizrian ayasy
Pertemuan Kedua (14 February 2020)
pada pertemuan kedua Pak DAI memberikan tugas pada kami yaitu mencari soal pada buku yang kami gunakan dan memilih satu soal yang menurut kami menarik. Untuk saya sendiri saya memilih soal di halaman 56 problem set 2.1 soal nomor 11, saya tertarik dengan soal ini karena pada mata kuliah aljabar linear kami sudah belajar soal mengerjaan matrix seripa dengan soal nomor 11 ini, saya tertarik dengan soal seperti ini dikarenakan saya ingin mengetahui cara mengejakan soal aljabar liniear menggunakan metode numerik agar jika suatu saat saya mendapatkan permasalahan yang serupa saya dapat mengerjakanya melalui metode numerik agar mempermudah pekerjaan. jika mengerjakan secara konvensional caranya adalah:
Matrix AX=B, Cari nilai Matrix X
untuk mengerjakanya sebenarnya kita hanya perlu menginverskan matrrix A, hanya saja saya belum pernah mengerjakanya dengan metode numerik.
- REFERENSI: Kiusalaas, Jaan. 2013. Numerical Methods in Engineering with PYTHON 3. NEW YORK:Cambridge University Press halaman : 56
BAB 7 (INITIAL VALUE PROBLEM)
DATA-->INFORMASI-->PENGETAHUAN-->ILMU-->HIKMAH-->HIDAYAH
TUGAS
pada pertemuan kaliini Pak DAI memberikan kami 2 tugas yaitu mengerjakan soal yang kami rasa menarik pada buku Numerical Methods in Engineering with PYTHON 3, yang pada tulisan diatas saya memilih soal pada hal 56 problem set 2.1 soal nomor 11, dan mengerjakan soal yang harus kita semua kerjakan yaitu terkait buah jatuh.
SOAL BUKU
Pada soal ini saat mengerjakan untuk pertama kalinya yang saya dapatkan adalah eror karena choleski tidak terbaca kemudian setelah saya membaca ulang buku, saya mendapatkan bahwa sebelum mengerjakan saya harus membuat modul choleski itu sendiri, maka saya membuat modul choleski terlebih dahulu seperti yang terdapat pada buku.
setelah modul choleskinya selesai saya kemudian menjalankan modulnya untuk menguji apakah comand yang saya berikan berhasil. ternyata setelah dijalankan hasil yang diingin kan keluar seperti ini:
SOAL BUAH JATUH
pertama saya melakukanya dengan cara manual seperti pada:
setelah itu saya menggunakan python untuk mengerjakan soal ini. Pada soal buah jeruk yang jatuh dari pohon diketahu data dengan angka:
kerapatan udara = 0.08 kg/m^3
kecepatan saat jatuh = 100 m/s
koefesien hambatan jeruk = 0.04
luas penampang jeruk = 40 m^2
massa jeruk = 0.05 kg
gravitasi = 9.8m/s^2
setelah mengetahui apa yang diketahui langsung saja kita masukan segala komponen dari soal kedalam python, karena perhitungan yang dilakukan tidak terlalu rumit maka modul pada python pun tidak terlalu rumit, modul yang dibuat:
KOMENTAR
Pada pertemuan kedua dan mengerjakan kedua soal dengan menggunakan metode numerik, pelajaran ini menjadi sangat lebih menarik, banyak sekali yang belum dan bias dieksplore menggunakan metode numerik ini, seperti yang pak DAI pernahkatakan bahwa ilmu manusia hanya sebanyak tetesan air laut dibandingkan denga ilmu Allah SWT yang ilmunya sebanyak lautan bahkan melebihi.
Link tugas 2 Metnum
Tugas 2 Metnum muhammad hizrian Ayasy
PERSENTASI
Pertemuan ketiga (21 February 2020)
-frekuensi
-pemodelan
-terflu yang banyak rumus bisa dipermudah
-rumus dasar (kestimbangan massa)
-massa pada sebuah sistem tetap
-1. dm/dt=0 (hulu rumus)
-2. f=m.a
-3. de/dt=W+Q -apa perbedaan dv/dt dengan do v/ do t -laju perubahan total dan laju perubahan parsial -
TUGAS 3
pada soal kali ini saya mencoba mengerjakan soal problem set 7.1 namun angkanya saya ubah.
setelah mengerjakan hasil yang didapati adalah ini
KOMENTAR
pada soal kali ini saya berhasil mengerjakan persoalan sederhana menggunakan metode runge kutta, namun untuk mengerjakan soal yang lebih rumit dan memunculkan grafik menggunakan matplotlib saya belum mengerti.
LINK TUGAS 3 METNUM
Tugas 3 metnum muhammad hizrian ayasy
Asistensi (25 February 2020)
Pertemuan keempat (29 February 2020)
Pada pertemuan kali ini Pak DAI memberikan kami materi terkait bagaimana menggunakan CFDSOF, CFDSOF sangat membantu segala kalangan dalam masalah apapun terkait pergerakah suatu fluida. Pak DAI Bersama dengan asisten mengajarkan bagaimana melihat dan menghitung hambatan pada kapalselam menggunakan CFDSOF
ASISTENSI
TUGAS 4
Setelah mengerjakan CFDSOF dan didapatka data seperti dibawah ini, saya mengerjakan penyelesaianya menggunakan metode regresi linear menggunakan python.
LINK TUGAS 4
Tugas 4 metnum muhammad hizrian ayasy
Pertemuan kelima (6 maret 2020)
Perbedaan BVP dan IVP
BVP adalah kasus kasus terkait apa yang terjadi di boundary tanpa harus mengetahui apa yang terjadi di dalam, seperti contoh perpindahan panas di suatu pelat. kita tidak mengetahui apa yang terjadi didalam namun kita dapat mengetahui suhu masuk dan suhu keluar
ASISTENSI
TUGAS 5
Boundary Value problem
untuk permasalhan boundary value problem saya mengambil data dari perkerjaan tugas kemarin terkait pengaruh kecepatan terhadap hambatan yang dikerjakan di CFDSOF, kali ini untuk mengerjakan contoh tugas boundary value problem saya mengambil hanya 3 data
Initial Value Problem
pada soal kali ini saya membuat modul untuk mengetahui jarak tempuh dari mobil hendak berhenti, nilai yang saya masukan adalah
kecepatan awal : 100m/s waktu berhenti : 20 s kecepatan akhir : 0
namun modul idak berjalan dengan baik
Lnk tugas
Tugas 5 muhammad hizrian ayasy
Pertemuan ke-enam (13 maret 2020)
Pada pertemuan ke 6 ini yang tidak dapat dihadiri oleh pak dai bang edo mengajarkan kami terkait optimasi, contoh dari optimasi seperti berikut
TUGAS 6
pada tugas ini saya mengerjakan soal optimasi seperti berikut
Link Tugas
Tugas 6 muhammad hizrian ayasy
KOMENTAR
menurut saya dengan diajarkanya optimasi semakin membuka pemikaran saya terkait metnum, dan bentuk pengaplikasianya di setiap permodelan soal
Pertemuan Ke-tujuh (20 maret 2020)
pada pertemuan kali ini yang dilakukan dengan pjj pak dai memberikan kami tugas terkait membuat video penggunaan metode numerik dalam optimasi
LINK TUGAS
Tugas 7 Muhammad Hizrian Ayasy