Difference between revisions of "Fauzan Zuhdi"
Fauzan.zuhdi (talk | contribs) |
Fauzan.zuhdi (talk | contribs) |
||
Line 48: | Line 48: | ||
array([0.30434783, 1.86956522]) | array([0.30434783, 1.86956522]) | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | '''week03''' | ||
+ | |||
+ | Aplikasi python cthnyaa menyelesaikan persamaan pada mata kuliah aljabar linear | ||
+ | agar bisa menggunakan python, kita harus paham secara fisik tujuan dan bahasa python sendiri | ||
+ | menggunakan python untuk memempermudah perhitungan namun python hanya mengerti bentuk +,-,*,: | ||
+ | kunci dari pengerjaan python terletak pada pola matriks | ||
+ | mengulang matkul alin dasar(gauss jordan equation) | ||
+ | |||
+ | tugas | ||
+ | book page 40 | ||
+ | pake code doi, bikin matriks lain 3x3, kasih penjelasan |
Revision as of 14:46, 20 February 2019
week01
Tujuan Perkuliahan Metode Numerikal • Memahami konsep atau prinsip dan aplikasi mata kuliah ini • Menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya
Prasyarat perkuliahan -> berakal, memiliki makna menarik yang dapat dijelaskan dalam persamaan X’2 – 1 / X – 1, X = 1. Dalam soal ini, kebanyakan orang akan menjawab dengan langsung menggunakan cara turunan atau membagi persamaan diatas dan mendapatkan hasil satu. Sedikit yang memahami arti dari angka satu tersebut. Dalam pelajaran kalkulus pun telah diajarkan bahwa angka satu muncul akibat asumsi pendekatan angka karena pada dasarnya angka satu sangat sulit ditemukan bahkan oleh orang yang paham betul bidang ini. Aki Dai menjelaskan bahwa hal ini adalah tanda dari Tuhan bahwa tidak semua hal dapat manusia peroleh. Menusia memiliki keterbatasan daya pikir dan sepatutnya taat kepada Tuhan yang memahami Alam Semesta. Pemahaman manusia akan hal ini menjadi parameter manusia yang menunjukkan bahwa dirinya berakal. Dengan berakal manusia akan paham Batasan-batasan mereka, akan tertuntun kepada matematika yang mencerdaskan bukan menyesatkan. Berakal menghentikan kita dari ego pribadi kepada kayakinan yang bertambah terhadap adanya Tuhan pencipta alam semesta.
Pembahasan kuliah
1. Algoritma, pemrograman, flowchart, metode iterative
2. Penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan
3. Diferensial integral
4. Optimasi
5. Studi kasus
Ujian Pada ujian MetNum, sesuai dengan tujuan pembelajaran mata kuliah ini, selain uji pengetahuan, kompetensi, dan skil atau keahlian kita dalam mata kuliah ini akan ada bagian muhasabah diri kita terhadap apa yang telah kita pelajari.
week02
persamaan
5x+4y=9 3x+7y=14 tentukan x dan y
gunakan cmd
pip install numpy
python
>>import numpy
>>kiri = numpy.array([[5,4],[3,7]])
>>kanan = numpy.array([9,14])
>>hasil = numpy.linalg.solve(persamaan,hasil)
>>hasil
array([0.30434783, 1.86956522])
week03
Aplikasi python cthnyaa menyelesaikan persamaan pada mata kuliah aljabar linear agar bisa menggunakan python, kita harus paham secara fisik tujuan dan bahasa python sendiri menggunakan python untuk memempermudah perhitungan namun python hanya mengerti bentuk +,-,*,: kunci dari pengerjaan python terletak pada pola matriks mengulang matkul alin dasar(gauss jordan equation)
tugas book page 40 pake code doi, bikin matriks lain 3x3, kasih penjelasan