Difference between revisions of "Achmad Djakaria"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
(Pertemuan 03, 28 Februari 2020)
Line 64: Line 64:
  
  
== Pertemuan 03, 28 Februari 2020 ==
+
== Pertemuan 03, 21 Februari 2020 ==
  
 
pada pertemuan ketiga kita belajar mengenai permodelan. dimana pada suatu permodelan fenomena maka fenomena tersebut tidak akan menyamai dengan fenomena yang actualnya dimana pada saat kita menghitung permasalahan dari suatu fenomena maka akan fenomena tersebut akan memiliki nilai error atau berbedanya nilai fenomena pada soal dengan fenomena pada actualnya.
 
pada pertemuan ketiga kita belajar mengenai permodelan. dimana pada suatu permodelan fenomena maka fenomena tersebut tidak akan menyamai dengan fenomena yang actualnya dimana pada saat kita menghitung permasalahan dari suatu fenomena maka akan fenomena tersebut akan memiliki nilai error atau berbedanya nilai fenomena pada soal dengan fenomena pada actualnya.
Line 73: Line 73:
  
 
[[Tugas Aplikasi soal Runge Kutta]]
 
[[Tugas Aplikasi soal Runge Kutta]]
 +
 +
 +
== Pertemuan 4, 28 Februari 2020 ==
 +
 +
[[Tugas PPT Hasil Asistensi 2]]

Revision as of 19:24, 5 March 2020

Achmad Djakaria
                                               " Assalamualaikum Wr. WB. "



Biografi

Nama : Achmad Djakaria

NPM  : 1806202475

TTL  : Cirebon, 01 November 1999

Jurusan : Teknik Perkapalan

Kampus  : Universitas Indonesia

Perkenalkan Nama saya Achmad Djakaria Mahasiswa Teknik Perkapalan Universitas Indonesia tahun 2018 dengan NPM 1806202475. Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia dan salah satu kampus impian yang akhirnya impian tersebut terwujud bisa kuliah di Universitas Indonesia ini. sekarang sudah memasuki semester 4 di prodi teknik perkapalan, disinilah pembelajaran seputar perkapalan sudah mulai terasa

Pengalaman Programming

Menjadi seorang IT merupakan salah satu cita cita saya pada saat kecil pada saat SD saya sudah mulai belajar bagaimana menggunakan Programming data seperti Ms.word dan juga Excel kemudian pembelajaran itu dilanjut pada saat SMP kita Belajar bagaimana Menggunakan Ms.word kembali dan juga belajar bagaimana cara membuat blogspot namun ilmu itupun masih belum seberapa. kemudian dilanjut belajar pada saat SMA yaitu mulai membuat animasi bergerak yang sederhana. lalu pada saat kuliah pun belajar mulai mempelajari hal baru mengenai aplikasi AutoCad, Maxsurf, dan juga inventor untuk mempermudah pekerjaan perkuliahan dan juga akan bermanfaat di masa kedepannya.

Pertemuan 01, tanggal 7 Februari 2020

pada pertemuan pertama ini yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2020. kami diajarkan oleh bapak dr. Ir Ahmad Indra Siswantara bagaimana cara membuat akun wiki di website air.eng.ui.ac.id disini lah kita diajarkan bagaimana cara membuat dan juga menjalankan serta menjadi salah satu media pembelajaran baru melalui website ini. di hari pertama ini kita sudah belajar mengenai bagaimana cara menguploud foto dan juga membuat sebuah suatu tulisan di website tersebut terutama di akun website kita masing masing. disitulah kita mulai membuat biografi dan juga pengalaman pemograman sebelumnya. setelah itu kita juga mendapatkan tugas yaitu menyelesaikan soal tentang formula F(x) yang nantinya kita akan selesaikan dengan cara manual dan juga melalui komputer (aplikasi).


Tugas Hari ke 1

Tugas 01 Achmad Djakaria

Pertemuan 02, tanggal 14 Februari 2020

Ilmu metode Ilmiah ini dapat di ibaratkan seperti jari kelingking yang dicelupkan kedalam lautan, pada saat kita mengangkat jari kita keatas tetesan air itu merupakan ilmu yang ada di dunia namun lautan yang kita celupkan itu merupakan ilmu yang dimiliki oleh sang pencipta kita. disinilah kita dapat sadari bahwa ilmu kita itu tidak ada apa apanya, oleh karena itu kita harus selalu bersyukur dan semangat dalam mencari ilmu.

pada pertemuan kedua ini kita memulai dengan membaca suatu buku Metode Numerik yaitu Python 3

disinilah kita memulai mengkaji daftar isi dari buku tersebut dan menemukan ketertarikan kita pada suatu bab tertentu lalu jika kita sudah menemukan bab yang kita tertariki dan kita mulai mencari soalnya. disinilah saya mulai tertarik di bab 2 yaitu " SYSTEMS OF LINEAR ALGEBRAIC EQUATIONS " disinilah saya mulai tertarik pada soal di problem set 2.1 pada nomer 2

IMG 20200214 171205.jpg

soal ini diambil dari buku Numerical Methods In Engineering with Python 3 yang ditulis oleh Jaan Kiusalaas

Tugas 2

Tugas 02 Achmad Djakaria

Tugas 02 Initial Value Problem

Power Point Proses Pembelajaran Metode Numerik


selama 2 pekan kita telah belajar mata kuliah Metode Numerik, dan disini saya akan menampilkan sebuah power point mengenai proses pembelajaran Metode Numerik

Ppt 1.PNG

Ppt 2.PNG

Ppt 3.PNG

Ppt 4.PNG


Pertemuan 03, 21 Februari 2020

pada pertemuan ketiga kita belajar mengenai permodelan. dimana pada suatu permodelan fenomena maka fenomena tersebut tidak akan menyamai dengan fenomena yang actualnya dimana pada saat kita menghitung permasalahan dari suatu fenomena maka akan fenomena tersebut akan memiliki nilai error atau berbedanya nilai fenomena pada soal dengan fenomena pada actualnya.

disini kita membahas salah satu contoh mengenai pegas, dimana suatu pegas akan mengalami osilasi, dimana osilasi adalah variasi periodik terhadap waktu dari suatu hasil pengukuran. pada pegas kita mengetahui bahwa rumus dari Pegas adalah F = K dX dan kita juga belajar bagaimana cara penurunan rumus dari rumus pegas tersebut.

Tugas PPT Hasil Asistensi Runge Kutta

Tugas Aplikasi soal Runge Kutta


Pertemuan 4, 28 Februari 2020

Tugas PPT Hasil Asistensi 2