Difference between revisions of "M Nabil Arta"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
Line 143: Line 143:
  
  
[[File:Rungekuttanbl.jpg]]
+
[[File:Rungekuttanblsoal.jpg]]

Revision as of 14:13, 28 February 2020

Nabil.JPG


Data Pribadi

Nama  : M Nabil Arta

NPM  : 1506734885

TTL  : Jakarta, 18 Desember 1996

Jurusan  : Teknik Perkapalan

Angkatan : 2015

Email  : thenabilarta@gmail.com


Perkenalan Singkat

Saya merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Makanan favorit saya adalah mie ayam bakso apalagi kalau gratis pasti lebih enak lagi.


Pengalaman Pemrograman

Kebetulan saya sudah menyelesaikan program skripsi tetapi masih ada mata kuliah yang belum selesai. Ketika skripsi, saya dibimbing dosen saya Pak Dr. Ir. Gunawan, M.Eng. untuk membuat sebuah program menggunakan bahasa C#. Program tersebut dibuat untuk memperkirakan tata letak komponen pada kamar mesin kapal seefisien mungkin.


Pertemuan Pertama

Pertemuan pertama kelas metode numerik ini diisi oleh perkenalan dosen yang akan mengajar kelas metode numerik yaitu Dr. Ir. Ahmad Indra Siswantara dan Prof.Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng. dilanjutkan oleh langsung membuat halaman pada wiki.

Tugas 1 : Menentukan nilai f(x)= x^2-1/x-1 dengan x=1


Manualnabil1.jpg



Menggunakan Phyton Spyder 3.7


12nabil.jpg


23nabil.jpg


34nabil.jpg



Analisis: Phyton terbukti dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah perhitungan matematika sederhana. Penggunaan Phyton akan jauh lebih baik digunakan ketimbang perhitungan manual apabila melibatkan perhitungan yang banyak dan rumit. Akan tetapi, untuk dapat menyelesaikan persoalaan menggunakan Phyton, kita terlebih dahulu harus mempelajari bahasa pemrograman dari Phyton itu sendiri.


Pertemuan Kedua

Metode Numerik sangat baik untuk digunakan oleh mahasiswa atau orang-orang yang berkutat di ilmu pengetahuan karena kemampuannya menyelesaikan persoalan rumit apabila sudah mengerti bahasa pemrogramannya.

Ilmu metode numerik sangat menarik dan menyenangkan untuk dipelajari. Dengan mempelajari ilmu ini kita seharusnya semakin kagum dengan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Diibaratkan seperti mencelupkan jari ke dalam lautan. Ketika jari kembali diangkat dari air, tetesan air dari jari tersebut adalah ilmu metode numerik dibandingkan dengan lautan yang merupakan ilmu pengetahuan sang pencipta.

Kita juga harus berjuang melawan KEM (Ketidaktahuan, Egois, dan Malas). Caranya adalah mendorong diri kita sendiri agar selalu menjadi pribadi yang lebih baik.


Tugas pertemuan kedua (1) : Penyelesaian matrix menggunakan Phyton

Tugas pertemuan kedua berkaitan dengan membahas soal tentang aljabar linear dan teori Newton Fisika diselesaikan dengan menggunakan Phyton.


Soaltugas2nbl.jpg



Menggunakan kalkulator matrix didapatkan


Jawabantugasnbl.jpg


Jawabantugasnbl2.jpg



Perhitungan matrix menggunakan Phyton Spyder


Jawabannbl.jpg



Tugas pertemuan kedua (2) : Initial Value Problem

Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan GLBB gerak jatuh bebas di Phyton.


Soalnbl2.jpeg


Dengan menggunakan Phyton Spyder


Jawabannbltugas2.jpg



Tugas pertemuan kedua (3) : Power Point

Progres belajar metode numerik.


Nblppt1.jpg


Nblppt2.jpg


Nblppt3.jpg


Pertemuan Ketiga

Semua rumus hanya berupa pendekatan karena tidak ada rumus atau simulasi yang akan sama dengan kejadian aslinya. Permodelan diantaranya yaitu : prinsip konservasi massa, hukum newton (F = m.a), hukum konservasi energi.

Mencari modul matematis dari pegas yaitu gerakan bolak-balik.

Tugas Asistensi : PPT Laporan Asistensi


Pptnbl1.JPG


Pptnbl2.JPG


Pptnbl3.JPG


Tugas Aplikasi Runge-Kutta pada soal


Rungekuttanblsoal.jpg