Difference between revisions of "Muhamad Iqbal Kurniawan"
(→Sinopsis SKripsi) |
|||
Line 144: | Line 144: | ||
[https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/21798/0] | [https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/21798/0] | ||
+ | |||
+ | |||
+ | |||
+ | == '''Sinopsis Skripsi Yang BErkaitan Dengan Komputasi Teknik''' == | ||
+ | |||
+ | Dalam menyelesaikan peneliitian ini, terdapat beberapa inti : | ||
+ | |||
+ | 1. Pengambilan data, berupa hasil kebisingan yang terjadi. | ||
+ | |||
+ | 2. Pengolahan data | ||
+ | |||
+ | 3.Pembuatan model | ||
+ | |||
+ | 4. Analisa menggunakan CFD | ||
+ | |||
+ | Penelitian ini sangat berhubungan dengan komputasi teknik, dimana dari awal penyelesaian digunakan tools-tools yang berkaitan dengan numerik. Selain itu, penggunaaan sofrware ansys sebagai penyelesaian analisa cfd |
Revision as of 11:33, 16 February 2020
Contents
Perkenalan Singkat Penulis
Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Nama : Muhamad Iqbal Kurniawan
Program Studi : S2 Teknik Mesin
NPM : 1906324170
Peminatan : Teknologi dan Sumber Daya Maritim
Universitas Sebelumnya : S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro
Motto Hidup : RIdhollahu Fii RIdhol Walidayn
email : muhamad.iqbal94@ui.ac.id
Pada perkuliahan Komputasi Teknik ini kami akan menjelaskan dan menuliskan kembali ilmu yang telah kami dapatkan di kelas. Selain bermanfaat untuk para pembaca juga bermanfaat untuk penulis pribadi. Sehingga kami dapat mengulang ilmu yang telah kami dapatkan. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum Warahmatulllah Wabarakatuh
Pertemuan 1 (Senin, 3 Februari 2020)
Mata Kuliah Komputasi Teknik
Dosen Pengampu : Dr. Ahmad Indra (Pak DAI)
Tujuan Pertama Belajar Komputasi Teknik
1. Memahami Konsep-konsep dan prinsip-prinsip di dalam komputasi teknik.
Salah satu prinsip yang dipakai di dalam Komputasi Teknik selalu terdapat angka-angka/numerik/alfanumerik
2. Mampu menerapkan pemahaman dalam kasus-kasus teknik mesin atau teknik pada umumnya
3. Lebih mengenal diri
Tujuan utama ada Komputasi Teknik sebenarnya yang kami dapatkan bukan mengenai apa dan tujuan dari mata kuliah ini. Tapi lebih mengedepankan pada muhasabah diri yaitu mengenal dan mengevaluasi diri sendiri. Karena pada awal kuliah 20% dari mahasiswa yang terdaftar, terlambat memasuki kelas. Pak DAI Menekankan kepada kami, untuk tidak mengulangi kesalahan datang terlambat. Dalam memulai perkuliah, ilmu saja tidak cukup tapi perlu memiliki adab dan etika. Oleh karena itu, penting untuk bermuhasabah diri. Apakah hari ke hari kita selalu mengarah kepada kebaikan atau malah sebaliknya. Di akhir kelas beliau menyampaikan sebuah nasihat “Penghalang ilmu dan Doa adalah Dosa. Maka perbanyaklah berstighfar, mohon ampun, dan bertaubat” Agar ilmu yang didapatkan hari ini bisa diserap dengan baik. Menjadi amal kebaikan untuk semuanya. Dan perkuliahan kedepan untuk tidak terlambat kembali.
Pengetahuan dan Kemampuan Penulis Terhadap komputasi Teknik
Kami sedikit mengetahui bagaimana penerapan ilmu komutasi teknik ini dilapangan. Karena sebelumya kami membuat analisa perubahan desain muffler di kapal untuk mengurangi efek kebisingan yang terjadi diruang mesin. Sebelumya penulis mengunakan software Ansys untuk mendapatkan gambaran analisa dari penggunaaan Muffler. Hasilnya dari beberapa Muffler yang diajukan oleh penulis. Cukup signifikan mengurangi kebisingan yang terjadi pada ruang mesin kapal. Berikut penulis lampirkan contoh analisa menggunakan ansy
Pertemuan 2 ( Senin, 10 Februari 2020)
PAda awal pertemuan ke dua, Pak DAI memulai dengan mengevaluasi tugaas yang dikerjakan oleh mahasisawa. Beliau menggaris bawahi mengenai beberapa orang yang ketika diberikan tugas sorenya langsung mengerjakan (Up normal) atau dalam bahasa jerman Mahiwal yang artinya berbeda dari yang lainnya. Padahal 'mahasiswa pada umumnya' mengerjakan pada saat batas terakhir tugas atau dikenal sebagai deadliner. Beliau menyampaikan beberapa pesan terkait hal ini. Diantaranya :
1. Rajin atau tidak rajinnya seseoarang it's depend. Kamu mau mengikuti arus seperti pada umumnya atau tidak mengikuri arus. Jika kamu mengikuri arus seperti pada umumnya, maka akan seperti buih di lautan.
2. Untuk melakukan perubahan kamu harus melawan beberapa hal yang 'tidak biasa'. Seperti ikkan salmon selalu berenang melawan arus ke hulu untuk bertelur.
3. COnfident adalah buah dari ilmu yang nyata, yaitu ilmu yang bermanfaat.
Ditengah perkuliahan Pak DAI melemparkan beberapa pertanyaan untuk diskusi, apakah itu Inersia dan apakah itu analisa ?
Menurutu Kaidah Besar Bahasa Indonesia, Inersia adalah kecenderungan benda untuk menolak perubahan terhadap arah geraknya. Sementara itu, Isaac Newton mendefinisikan inersia sebagai:[1]
"vis insita", atau gaya dalam materi, adalah daya untuk menahan, yang dengannya setiap benda berusaha untuk mempertahankan keadaannya saat itu, apakah diam, atau bergerak beraturan ke depan dalam garis lurus.
Contoh nyata yang terjadi pada umat muslim. Yang terjadi pada saat waktu untuk Sholat Subuh. Orang yanng benar-benar niat untuk melaksanakan Sholat Subuh dan orang yang tidak niat untuk melaksanakan Sholat Subuh. Inersia yang terjadi akan sangat besar
Sedangkan apa itu analisa ?
Beberapa teman kami memberikan pendapat, tetapi Pak DAI menyarankan untuk menyamakan pendapat agar dari awal kuliah terjadi sebuah 'Kesepakatan' mengenai hal ini. Setelah dilakukan diskusi yang dipimpin oleh perwakilan mahasiswa di kelas yakni Pak Iwan. Maka tersimpulkan sebuah pendapat yang mufakat dari keseluruhan mahasisawa "Suatu proses penyelidikan yang memuat kegiatan untuk memecahkan masalah dengan dikaji sebaik-baiknya. Menggunakan suatu pemikiran yang terstruktur"
Sementara penjelasan yang diberikan oleh Pak DAI adalah Metode untuk menganalisis suatu sistem model. Selain itu, analisis adalah kegiatan untuk mendapatkan langkah-langkah solusi
Agar ilmu teknik dengan komputasi teknik rasional maka digunakan analysis
Diakhir kuliah menyampaikan untuk tidak menyombongkan atau meremehkan sebuah ilmu.
"Semua ilmu yang ada di dunia digabung jika dibandingkan dengan Ilmu Tuhan Maha Esa, maka hanya seperti ujung jari kelingking yang dicelupkan di samudra lautan yang luas hanya setetes"
Maka dari itu, bermuhasabah dan senantiasa instropeksi diri itu penting.
Catatan Kaki
[1][ Isaac Newton, Mathematical Principles of Natural Philosophy translated into English by Andrew Motte, First American Edition, New York, 1846, page 72.]
Sinopsis SKripsi
Analisa Penggunaan Muffler dan Absorber Sebagai Alternative System Peredam Kebisingan Pada Kamar Mesin Akibat Pengoperasian Permesinan Kapal Pada KMP. Feri Siginjai
Penulis melakukan penelitian dilatarbelakangi oleh 'Bising' yang disebabkan oleh pengoperasian mesin kapal. Kebisingan yang terjadi seringkali melampaui batas kebisingan yang telah ditentukan oleh beberapa regulasi baik nasional maupun internasional. Kebisingan dengan tingkat intensitas tinggi yang tidak disadari menyebabkan dampak serius bagi crew kapal serta ketidaknyamanan untuk setiap penumpang. Tingkat kebisingan yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif yang sangat berbahaya dalam banyak hal, yaitu dampak dari segi kesehatan dan juga dari segi psikologis serta teknis. Penyakit fisik yang sering terjadi dan dialami oleh awak kapal adalah tuli dan untuk penyakit psikologis orang yang sering terpapar kebisingan tinggi akan mengalami stress tinggi, emosi yang tidak terkontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh penggunaan muffler dan absorber yang tepat guna mereduksi kebisingan yang terjadi pada kapal. Sehingga keamanan, kesehatan, serta kenyamanan bagi crew dan penumpang kapal bisa didapatkan.
Dalam melakukan pengukuran kebisingan, terdapat beberapa rumus utama yang dipakai sebagai acuan utama :
P=Fn x Pm
Dimana :
P adalah sumber daya mesin (Watt),
Pm adalah daya mesin (Watt),
Fn= faktor konversi.
Dengan rumus tersebut dilanjutkan dengan menggunakan persamaan berikut :
"Lw = 10 log 10 " P/Pref
Dimana :
Lw adalah tingkat daya bunyi (dB),
P adalah daya bunyi yang diradiasikan oleh sumber bunyi (Watt),
Pref adalah daya bunyi referensi yaitu sebesar 10-12 (Watt)
Metode dalam melaksanakan penelitian :
1. Pengumpulan Data (Gambar Rencana Umum, Daftar Mesin yang ada dikamar mesin, penentuan titik pengukuran)
2. Analisa kebisingan pada kapal ( Analisa manual, pengolahan data membandingkan apakah kebisingan yang terjadi di kapal esuai dengan regulasi yang berlaku )
3. Analisa Software ( Melakukan analisa, sebelumnya melakukan desain model muffler pada solidworks dan dilanjutkan dengan menganalisa model menggunakan Ansys
4. Hasil dan kesimpulan.
Untuk mengetahui secara lengkap peneltian yang dilakukan penulis dapat dicek pada laman berikut
Sinopsis Skripsi Yang BErkaitan Dengan Komputasi Teknik
Dalam menyelesaikan peneliitian ini, terdapat beberapa inti :
1. Pengambilan data, berupa hasil kebisingan yang terjadi.
2. Pengolahan data
3.Pembuatan model
4. Analisa menggunakan CFD
Penelitian ini sangat berhubungan dengan komputasi teknik, dimana dari awal penyelesaian digunakan tools-tools yang berkaitan dengan numerik. Selain itu, penggunaaan sofrware ansys sebagai penyelesaian analisa cfd