Difference between revisions of "Tugas 1 Vinia Permata Kusuma"
(→Tugas Metode Numerik 1) |
m (→Tugas Metode Numerik 1) |
||
(2 intermediate revisions by the same user not shown) | |||
Line 1: | Line 1: | ||
== Tugas Metode Numerik 1== | == Tugas Metode Numerik 1== | ||
Pada tugas ke-1, diberikan persoalan matematika yang berupa soal ((x^2-1)/x-1) yang dikerjakan melalui dua metode yaitu manual dan menggunakan software | Pada tugas ke-1, diberikan persoalan matematika yang berupa soal ((x^2-1)/x-1) yang dikerjakan melalui dua metode yaitu manual dan menggunakan software | ||
− | + | ||
+ | ---- | ||
== Manual == | == Manual == | ||
+ | |||
Pengerjaan secara manual pada awalnya dikerjakan dengan cara substitusi namun akan menghasilkan hasil 0/0 jika memasukkan x=1 sehingga pengerjaannya dikerjakan dengan cara limit dan didapatkan hasil 2. | Pengerjaan secara manual pada awalnya dikerjakan dengan cara substitusi namun akan menghasilkan hasil 0/0 jika memasukkan x=1 sehingga pengerjaannya dikerjakan dengan cara limit dan didapatkan hasil 2. | ||
[[File:Manual Metnum1.jpg|750px|thumb|center|Vinia Permata Kusuma]] | [[File:Manual Metnum1.jpg|750px|thumb|center|Vinia Permata Kusuma]] | ||
− | == Menggunakan Python 3.7== | + | ---- |
+ | |||
+ | == Menggunakan Python 3.7 == | ||
Pengerjaan dengan software dilakukan dengan Spyder Python 3.7 dengan memasukkan input-input dalam softwarenya. | Pengerjaan dengan software dilakukan dengan Spyder Python 3.7 dengan memasukkan input-input dalam softwarenya. |
Latest revision as of 18:47, 13 February 2020
Tugas Metode Numerik 1
Pada tugas ke-1, diberikan persoalan matematika yang berupa soal ((x^2-1)/x-1) yang dikerjakan melalui dua metode yaitu manual dan menggunakan software
Manual
Pengerjaan secara manual pada awalnya dikerjakan dengan cara substitusi namun akan menghasilkan hasil 0/0 jika memasukkan x=1 sehingga pengerjaannya dikerjakan dengan cara limit dan didapatkan hasil 2.
Menggunakan Python 3.7
Pengerjaan dengan software dilakukan dengan Spyder Python 3.7 dengan memasukkan input-input dalam softwarenya.
Setelah dimasukkan algoritmanya langsung dapat kita masukkan nilai x dan muncul hasilnya
Komentar: Perhitungan menggunakan software lebih efektif dan efisien, tidak memerlukan banyak rumus untuk menyelesaikan sebuah persoalan matematis. Saya memilih Spyder Python 3.7 karena pengoperasian nya lebih simple dan semi otomatis dengan menginput data nilai x dan nilai soal yanh di ketahui lalu dapat di klik lagi untuk dapat dilihat hasilnya