Difference between revisions of "Ricad Ragapati Prihandini"
Line 3: | Line 3: | ||
'''بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ''' | '''بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ''' | ||
− | Saya Ricad Ragapati Prihandini, biasa dipanggil '''Raga/Ricad'''. Saya lahir di Bandarlampung, 6 Maret 1999. Saya adalah mahasiswa teknik perkapalan Universitas Indonesia semester 4. Saya mulai mengenali bahasa pemrograman sejak Saya SMA dulu. Bahasa pemrograman yang pertama kali Saya pelajari adalah bahasa pascal dimana bahasa pascal digunakan dalam soal-soal OSN komputer dalam bentuk ''pseudocode''. Saya berlatih ''competitive programming'' di website yang disediakan oleh panitia Tim Olimpiade Komputer Indonesia yaitu [http://training.ia-toki.org/ TOKI Learning]. Ketertarikan Saya di bidang programming melanjutkan Saya untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya yaitu, C++ dan Phyton. Untuk melatih dan mengembangkan ketertarikan Saya tersebut, sekarang Saya bergabung dalam tim lomba Autonomous Marine Vehicle UI (AMV UI) yaitu tim lomba yang berfokus pada pengembangan kapal tanpa awak dan ''remotely operated vehicle'' (ROV) berbasis pengolahan citra (''image processing'') menggunakan OpenCV. | + | Saya Ricad Ragapati Prihandini, biasa dipanggil '''Raga/Ricad'''. Saya lahir di Bandarlampung, 6 Maret 1999. Saya adalah mahasiswa teknik perkapalan Universitas Indonesia semester 4. Saya mulai mengenali bahasa pemrograman sejak Saya SMA dulu. Bahasa pemrograman yang pertama kali Saya pelajari adalah bahasa pascal dimana bahasa pascal digunakan dalam soal-soal OSN komputer dalam bentuk ''pseudocode''. Saya berlatih ''competitive programming'' di website yang disediakan oleh panitia Tim Olimpiade Komputer Indonesia yaitu [http://training.ia-toki.org/ TOKI Learning]. Ketertarikan Saya di bidang programming melanjutkan Saya untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya yaitu, C++ dan Phyton. Untuk melatih dan mengembangkan ketertarikan Saya tersebut, sekarang Saya bergabung dalam tim lomba Autonomous Marine Vehicle UI (AMV UI) yaitu tim lomba yang berfokus pada pengembangan kapal tanpa awak dan ''remotely operated vehicle'' (ROV) berbasis pengolahan citra (''image processing'') menggunakan OpenCV. Saya berharap, dengan adanya mata kuliah metode numerik ini Saya mendapatkan banyak ilmu yang dapat saya aplikasikan dalam bidang perkapalan ini. Aamiin. |
---- | ---- |
Revision as of 10:29, 13 February 2020
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Saya Ricad Ragapati Prihandini, biasa dipanggil Raga/Ricad. Saya lahir di Bandarlampung, 6 Maret 1999. Saya adalah mahasiswa teknik perkapalan Universitas Indonesia semester 4. Saya mulai mengenali bahasa pemrograman sejak Saya SMA dulu. Bahasa pemrograman yang pertama kali Saya pelajari adalah bahasa pascal dimana bahasa pascal digunakan dalam soal-soal OSN komputer dalam bentuk pseudocode. Saya berlatih competitive programming di website yang disediakan oleh panitia Tim Olimpiade Komputer Indonesia yaitu TOKI Learning. Ketertarikan Saya di bidang programming melanjutkan Saya untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya yaitu, C++ dan Phyton. Untuk melatih dan mengembangkan ketertarikan Saya tersebut, sekarang Saya bergabung dalam tim lomba Autonomous Marine Vehicle UI (AMV UI) yaitu tim lomba yang berfokus pada pengembangan kapal tanpa awak dan remotely operated vehicle (ROV) berbasis pengolahan citra (image processing) menggunakan OpenCV. Saya berharap, dengan adanya mata kuliah metode numerik ini Saya mendapatkan banyak ilmu yang dapat saya aplikasikan dalam bidang perkapalan ini. Aamiin.
Pertemuan Pertama (7 Februari 2020)
Pada pertemuan pertama, kami diberikan pengenalan tentang mata kuliah metode numerik oleh Pak Dr. Ahmad Indra Siswantara (Pak DAI) serta kegunaannya dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bidang teknik perkapalan. Setelah itu kami mendapatkan tugas dari pak DAI untuk menyelesaikan suatu fungsi secara manual dan menggunakan program.
TUGAS MENCARI NILAI SUATU f(x)
Diberikan suatu fungsi
lalu akan dicari nilai f(x) ketika x=1
Karena apabila kita masukan nilai x=1 akan menghasilkan f(x) = 0/0 dimana dalam matematika hal tersebut disebut galat matematika/tidak terdefinisi. Maka dari itu, kita akan menggunakan metode limit dan kita perlu memfaktorkan fungsinya menjadi
Sehingga akan menghasilkan f(x)= (x+1) dimana akan menghasilkan f(x)= 2 ketika dimasukan x=1.
Dengan menggunakan phyton 3.8 algoritmanya seperti berikut
Ketika diberikan input, akan mengeluarkan output sebagai berikut: