Difference between revisions of "Ilham Hutama Putra"
Ilhaputra25 (talk | contribs) |
Ilhaputra25 (talk | contribs) |
||
Line 96: | Line 96: | ||
Setelah melakukan proses diatas dengan nilai kecepatan yang berbeda, mahasiswa mendapatkan bahwa terdapat beberapa nilai yang menunjukkan sebuah persamaan yang nantinya akan mengganti nilai yang ada asumsi awal di tugas pertama. Berikut merupakan tabel, kecepatan dan Drag Force dari mobil tersebut: | Setelah melakukan proses diatas dengan nilai kecepatan yang berbeda, mahasiswa mendapatkan bahwa terdapat beberapa nilai yang menunjukkan sebuah persamaan yang nantinya akan mengganti nilai yang ada asumsi awal di tugas pertama. Berikut merupakan tabel, kecepatan dan Drag Force dari mobil tersebut: | ||
− | + | Untuk mendapatkan data yang kita inginkan, yaitu Drag Force (Fd). Kita tambahkan, Filter>Alphabetical>Integrate Variables untuk menampilkan variable yang terhitung pada CFD. | |
− | |||
− | [[ | + | [[File:Drag force.png|600px]] |
− | |||
− | [[ | + | Dari data yang ditampilkan akan diketahui berapa nilai Drag Force atau Fd. Didapatkan nilai Drag Force (Fd) untuk kecepatan fluida 10 meter per detik selama 20 detik, sebesar 3.568. Lalu, untuk mengamati Drag Force yang didapatkan oleh mobil, hanya perlu mengganti nilai kecepatan fluida dengan 15, 20, 25 sampai 40 meter per detik dengan waktu yang sama. Maka didapatkan, |
− | dengan | + | |
+ | [[File:Data Fd.png|600px]] | ||
+ | |||
+ | Langkah terakhir yang dilakukan untuk mempercantik adalah dengan menambahkan grafik agar lebih mudah dibaca dan dimengerti drag force yang dialami pada permukaan mobil dengan variasi kecepatan angin. Grafik yang didapatkan akan tampak seperti berikut, | ||
+ | |||
+ | [[File:Grafik Fd.png|600px]] | ||
− | |||
''' selasa 19 november - 3 desember 2019 ''' | ''' selasa 19 november - 3 desember 2019 ''' | ||
pada minggu ini kita menyelesaikan tugas besar yang diberikan pak dai. hasil dari tugas besar tersebut dapat dilihat di | pada minggu ini kita menyelesaikan tugas besar yang diberikan pak dai. hasil dari tugas besar tersebut dapat dilihat di | ||
− | [[Report Tugas Kelompok 11]] | + | [[Report Tugas Kelompok 11 : Metode Numerik 2019]] |
Line 117: | Line 119: | ||
Artificial Neural Network (ANN), yaitu Jaringan Syaraf Tiruan yang merupakan sebuah teknik atau pendekatan pengolahan informasi yang terinspirasi oleh cara kerja sistem saraf biologis, khususnya pada sel otak manusia dalam memproses informasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mencari suatu hasil dari data airfoil yang telah saya kerjakan pada tugas sebelumnya menggunakan coding yang telah disiapkan oleh asisten dosen. Berikut merupakan hasil dari pemograman: | Artificial Neural Network (ANN), yaitu Jaringan Syaraf Tiruan yang merupakan sebuah teknik atau pendekatan pengolahan informasi yang terinspirasi oleh cara kerja sistem saraf biologis, khususnya pada sel otak manusia dalam memproses informasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mencari suatu hasil dari data airfoil yang telah saya kerjakan pada tugas sebelumnya menggunakan coding yang telah disiapkan oleh asisten dosen. Berikut merupakan hasil dari pemograman: | ||
− | [[ANN 11.png]] | + | [[File:ANN 11.png|500px|center]] |
− | [[ANN 12.png]] | + | [[File:ANN 12.png|500px|center]] |
− | [[ANN 13.png]] | + | [[File:ANN 13.png|500px|center]] |
− | [[ANN 14.png]] | + | [[File:ANN 14.png|500px|center]] |
− | [[ANN 15.png]] | + | [[File:ANN 15.png|500px|center]] |
− | [[ANN 16.png]] | + | [[File:ANN 16.png|500px|center]] |
Setelah mendapatkan nilai yang ada, mahasiswa membuat resumbe berkaitan materi kelas hari ini dengan menjawab pertanyaan apa itu ANN, pembuatan ANN hingga perbandingan antara setiap grafik. | Setelah mendapatkan nilai yang ada, mahasiswa membuat resumbe berkaitan materi kelas hari ini dengan menjawab pertanyaan apa itu ANN, pembuatan ANN hingga perbandingan antara setiap grafik. |
Revision as of 05:36, 17 December 2019
Nama : Ilham Hutama Putra
NPM : 1706036450
Jurusan : Teknik Mesin
MINGGU PERTAMA
minggu lalu saya membahas tentang taylor's Method. menggunakan aplikasi Microsoft excel. saya mencari nilai cos x, phi/7, dan e^x dengan x dibebaskan.
TUGAS METODE NUMERIK (SELASA,29 Oktober 2019)
Governing Equation Pada tugas ini kita diberikan suatu masalah berupa mobil yang bergerak maju akan ada yang namanya hambatan dan gesekan pada mobil tersebut. pada tugas ini kita ditugaskan untuk menentukan waktu untuk mencapai kecepatan maksimal dari mobil tersebut dengan menggunakan bahasa pemrogramman Phyto. berikut adalah hasil analisisnya:
dan berikut adalah pseudocode untuk penyelesaian masalah tersebut:
TUGAS VIDEO GOVERNING EQUATION MENGGUNAKAN BAHASA PYTHON
Video tutorial bagaimana cara mencari waktu sebuah untuk mencapai kecepatan maksimal oleh:
- Muhammad Fadhil Zuhdi (1706036186)
- Ilham Hutama Putra (1706036450)
- Afif Abdurrahman Ilmy (1706036280)
Hasil kerja kelompok kami: [1]
29 Oktober 2019
Pertemuan selasa lalu merupakan pertemuan pertama kami dengan pak Dai. Karena sebelumnya diajari oleh mengenai dasar-dasar Metode Numerik yang diajari oleh pak Engkos, maka kami langsung melanjutkan kuliah dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Sebelum diajari langsung oleh pak Dai mengenai aplikasi dari Python itu sendiri, kami diajari basic-basic dari bahasa pemrograman Python. Poin-poin yang dapat diambil dari penjelasan asisten dosen ialah,
Mudah untuk dipelajari Object-oriented Python direct interpreted alias tidak diperlu compile seperti bahasa pemrograman lainnya Perbedaan terbesar Python dibanding bahasa pemrograman lain ialah, Python tidak menggunakan kata ';' Setelah pengenalan singkat dari bahasa Python, kami juga melakukan latihan dasar dengan bahasa Python seperti penjumlahan variabel, integer type, float type dan strings.
Setelah, asisten menerangkan secara singkat mengenai bahasa Python, pak Dai menerangkan manfaat atau aplikasi dari bahasa pmerograman itu, ialah bahwa 'bahasa pemrograman berfungsi untuk menemukan penyelesaian dari suatu persamaan matematis atau sistem yang tidak dapat diselesaikan oleh manusia'. Contohnya pada menentukan governing equation pada suatu permasalahan. Lalu, kami juga mendapat pengenalan pada metode Runge-Kutta pada E-book yang dikasih oleh pak Dai pada bab 7
Selasa, 05 November 2019
Pada pertemuan ini kami dijelaskan mengenai pentingnya mempelajari mata kuliah Metode Numerik. Salah satu alasan utamanya yaitu Metode Numerik merupakan simulasi penyelesaian masalah engineering.
Metode Numerik terdiri dari 3 hal utama yaitu:
1. Brainware
2. Software
3. Hardware
Dalam menyelesaikan permasalahan engineering dapat dilakukan dengan berbagai macam alat bantu diatnataranya CFD, FEA, dan AI. Dalam pertemuan ini kami dikenalkan dengan salah satunya yaitu, aplikasi CFDSOF-NG. Berikut merupakan langkah-langkah dalam pengerjaan CFD yang didapatkan selama pembelajaran langsung :
1. Proses pembuatan Meshing dan Boundary-boundary tertentu
2. Proses visualisasi terhadap boundary yang telah ditentukan pada kehidupan nyata
3. Penyederhanaan bentuk agar data yang diinginkan hanya sebatas apa yang diperlukan\
Selasa, 12 November 2019
Pada pertemuan ini, kami mengulang kembali dan mengasah lagi pemahaman kami mengenai cara menggunakan aplikasi CFDSOF-NG. Asisten dosen menjelaskan kembali cara menggunakan aplikasi tersebut seperti di minggu sebelumnya Pada pertemuan ini pula dijelaskan mengenai arahan tugas-tugas yang akan diterima, yaitu:
1. Tugas perhitungan waktu pada kecepatan maksimal dengan runge kutta (dengan nilai yang ditentukan)
2. Tugas membuat CFD dengan menggunakan model yang telah ada, dan mencari nilai Cd dengan Fd yang telah didapatkan pada grafik yang didapatkan. Lalu menghitung ulang nilai pada tugas 1
3. Penggunaan spoiler pada tugas 2
4. Optimalisasi dari sebuah sistem
19 November 2019
Pencarian Nilai Baru
Setelah melakukan proses diatas dengan nilai kecepatan yang berbeda, mahasiswa mendapatkan bahwa terdapat beberapa nilai yang menunjukkan sebuah persamaan yang nantinya akan mengganti nilai yang ada asumsi awal di tugas pertama. Berikut merupakan tabel, kecepatan dan Drag Force dari mobil tersebut:
Untuk mendapatkan data yang kita inginkan, yaitu Drag Force (Fd). Kita tambahkan, Filter>Alphabetical>Integrate Variables untuk menampilkan variable yang terhitung pada CFD.
Dari data yang ditampilkan akan diketahui berapa nilai Drag Force atau Fd. Didapatkan nilai Drag Force (Fd) untuk kecepatan fluida 10 meter per detik selama 20 detik, sebesar 3.568. Lalu, untuk mengamati Drag Force yang didapatkan oleh mobil, hanya perlu mengganti nilai kecepatan fluida dengan 15, 20, 25 sampai 40 meter per detik dengan waktu yang sama. Maka didapatkan,
Langkah terakhir yang dilakukan untuk mempercantik adalah dengan menambahkan grafik agar lebih mudah dibaca dan dimengerti drag force yang dialami pada permukaan mobil dengan variasi kecepatan angin. Grafik yang didapatkan akan tampak seperti berikut,
selasa 19 november - 3 desember 2019
pada minggu ini kita menyelesaikan tugas besar yang diberikan pak dai. hasil dari tugas besar tersebut dapat dilihat di
Report Tugas Kelompok 11 : Metode Numerik 2019
selasa 10 desember 2019
Artificial Neural Network (ANN), yaitu Jaringan Syaraf Tiruan yang merupakan sebuah teknik atau pendekatan pengolahan informasi yang terinspirasi oleh cara kerja sistem saraf biologis, khususnya pada sel otak manusia dalam memproses informasi. Setelah itu dilanjutkan dengan mencari suatu hasil dari data airfoil yang telah saya kerjakan pada tugas sebelumnya menggunakan coding yang telah disiapkan oleh asisten dosen. Berikut merupakan hasil dari pemograman:
Setelah mendapatkan nilai yang ada, mahasiswa membuat resumbe berkaitan materi kelas hari ini dengan menjawab pertanyaan apa itu ANN, pembuatan ANN hingga perbandingan antara setiap grafik.