Difference between revisions of "Report Tugas Kelompok 10 : Metode Numerik 2019"
Line 18: | Line 18: | ||
[[File:Capture11111.PNG]] | [[File:Capture11111.PNG]] | ||
+ | |||
+ | [[File:Capture22222.PNG]] | ||
+ | |||
+ | == '''Tugas Kedua, Curve Fitting Drag Force Mobil''' == | ||
+ | |||
+ | Pada tugas ini kami mensimulasikan drag force pada mobil dengan menggunakan CFDSOF-NG. Model mobil yang digunakan dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini. Kami melakukan simulasi dengan rentang kecepatan 0-50m/s dengan interval 5m/s dan didapatkan data sebagai berikut: | ||
+ | |||
+ | Setelah didapatkan data tersebut, kami melakukan coding pada program python, dan dilakukan scatter plot. Dapat dilihat bahwa trend grafik cendrung linear sehingga kami memutuskan untuk menggunakan regresi linear. Code Python dapat dilihat pada gambar dibawah ini. | ||
+ | |||
+ | [[File:Capture33333.PNG]] | ||
+ | |||
+ | [[File:Capture44444.PNG]] | ||
+ | |||
+ | [[File:Capture55555.PNG]] | ||
+ | |||
+ | [[File:Capture66666.PNG]] | ||
+ | |||
+ | [[File:Capture77777.PNG]] | ||
+ | |||
+ | [[File:Capture88888.PNG]] |
Revision as of 16:45, 25 November 2019
Anggota kelompok:
- Bintang Farhan Muhammad
- Punta Singga
- Mizan
- Muhammad Abi Rizky
Tugas Pertama, Pemodelan Matematika Mobil, dan Kecepatan Maksimal dengan Metode Runge-Kutta
Pada tugas ini, kami melakukan pemodelan matematika pada mobil untuk menghitung kecepatan maksimal mobil. Pemodelan dilakukan dengan membuat FBD pada mobil, dengan hanya memperhitungkan drag force dan gaya gesek dengan jalan. Diasumsikan mechanical loss pada transmisi tidak ada, begitu juga dengan loss lainnya sehingga daya baterai mobil ditransmisikan 100% ke roda. Kami memilih mobil Tesla sebagai bahan dalam pemodelan ini, dengan spesifikasi mobil sebagai berikut:
Dengan spesifikasi tersebut, didapatkan hasil pemodelan seperti ini.
Dari hasil pemodelan tersebut kami lakukan perhitungan dengan metode numerik untuk mendapatkan grafik respon transien agar diketahui kecepatan maksimumnya. Code yang kami tulis dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Tugas Kedua, Curve Fitting Drag Force Mobil
Pada tugas ini kami mensimulasikan drag force pada mobil dengan menggunakan CFDSOF-NG. Model mobil yang digunakan dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini. Kami melakukan simulasi dengan rentang kecepatan 0-50m/s dengan interval 5m/s dan didapatkan data sebagai berikut:
Setelah didapatkan data tersebut, kami melakukan coding pada program python, dan dilakukan scatter plot. Dapat dilihat bahwa trend grafik cendrung linear sehingga kami memutuskan untuk menggunakan regresi linear. Code Python dapat dilihat pada gambar dibawah ini.