http://air.eng.ui.ac.id/api.php?action=feedcontributions&user=Fadhil+Nurrohman&feedformat=atomccitonlinewiki - User contributions [en]2024-03-29T05:26:51ZUser contributionsMediaWiki 1.30.0http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Fadhil_Nurrohman&diff=8454Fadhil Nurrohman2019-05-29T16:33:04Z<p>Fadhil Nurrohman: </p>
<hr />
<div>== PERTEMUAN 6 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan pertama kami dijelaskan mengenai metode numerik secara umum. Metode numerik adalah suatu teknik untuk menyelesaikan permasalahan yang diformulasikan secara matematik dengan cara operasi hitungan. Lalu mengapa kita menggunakan metode numerik itu sendiri? Karena metode ini merupakan metode yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan. Hal yang akan kita pelajari dalam kelas metode numeric ini yaitu algoritma, penyelesaian persamaan, differensial dan integral, optimasi, dan studi kasus. Tujuan dari kelas ini sendiri yaitu memahami konsep dan mampu menerapkannya dan menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya<br />
<br />
Dalam pertemuan kemarin kami juga dijelaskan mengenai akal. Akal ibaratnya adalah tali yang mengikat diri kita agar terhindar dari nafsu. Sebagai contoh ketika kita ingin menjadi kaya merupakan sebuah nafsu karena kekayaan itu sendiri bersifat tidak terbatas. Dari sini kita diberikan pembelajaran bahwa kita harus berhati hati dan berakal. Dengan berakal pula kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.<br />
<br />
Kita juga diperkenalkan dengan metode muhasabah. Metode ini bertujuan untuk mengevaluasi diri kita sendiri apa yang telah kita pahami dan yang belum kita pahami. Secara pandangan lebih luas muhasabah ini dapat membantu kita dalam kehidupan sehari hari, karena kita menjadi manusia yang memahami diri kita dan memberikan kemajuan dalam diri kita dengan mengevaluasi kesalahan yang kita lakukan. Sehingga kedepannya kita menjadi pribadi yang lebih baik.<br />
<br />
== PERTEMUAN 13 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
print (‘PR METODE NUMERIK \n ax + by = c\n px + qy = r ')<br />
a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))<br />
<br />
if a == p :<br />
i = b - q<br />
j = c - r<br />
y = j/i<br />
x = (c -(b*y))/a<br />
print("nilai y=",y,"nilai x =",x)<br />
elif a == 0:<br />
y = c / b<br />
x = (r - (q * y)) / p<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif b == 0:<br />
x = c / a<br />
y = (r - (p * x)) / q<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif p == 0:<br />
y = r / q<br />
x = (c - (a * y)) / b<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif q == 0:<br />
x = r / p<br />
y = (c - (a * x)) / b<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif a != p :<br />
a21= a*p<br />
b21=b*p<br />
c21=c*p<br />
p21=p*a<br />
q21=q*a<br />
r21=r*a<br />
i21= b2 - q2<br />
j21= c2 - r2<br />
y=j2 / i2<br />
x=(c - (b * y))/a<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
input()<br />
<br />
== PERTEMUAN 20 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita belajar mengenai python untuk pengaplikasian engineering.<br />
<br />
<br />
== PERTEMUAN 27 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita membahas tentang eliminasi gauss jordan menggunakan python<br />
<br />
[[File:27.png]]<br />
[[File:164381.jpg]]<br />
<br />
== PERTEMUAN 6 MARET 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita belajar mengenai FEM menggunakan python.<br />
<br />
== UAS Metode Numerik ==<br />
<br />
Link https://www.youtube.com/watch?v=QuwpVa2TTN0&feature=youtu.be<br />
<br />
Power Point [https://drive.google.com/open?id=1Ee9TwoSzI3KxFIZejxsbADDfZOyhebT_]<br />
<br />
Coding [https://drive.google.com/open?id=1qDCjc1u_UHte_11_uIUHLME7f5mrUyIJ]</div>Fadhil Nurrohmanhttp://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Fadhil_Nurrohman&diff=8405Fadhil Nurrohman2019-05-29T10:09:06Z<p>Fadhil Nurrohman: </p>
<hr />
<div>== PERTEMUAN 6 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan pertama kami dijelaskan mengenai metode numerik secara umum. Metode numerik adalah suatu teknik untuk menyelesaikan permasalahan yang diformulasikan secara matematik dengan cara operasi hitungan. Lalu mengapa kita menggunakan metode numerik itu sendiri? Karena metode ini merupakan metode yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan. Hal yang akan kita pelajari dalam kelas metode numeric ini yaitu algoritma, penyelesaian persamaan, differensial dan integral, optimasi, dan studi kasus. Tujuan dari kelas ini sendiri yaitu memahami konsep dan mampu menerapkannya dan menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya<br />
<br />
Dalam pertemuan kemarin kami juga dijelaskan mengenai akal. Akal ibaratnya adalah tali yang mengikat diri kita agar terhindar dari nafsu. Sebagai contoh ketika kita ingin menjadi kaya merupakan sebuah nafsu karena kekayaan itu sendiri bersifat tidak terbatas. Dari sini kita diberikan pembelajaran bahwa kita harus berhati hati dan berakal. Dengan berakal pula kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.<br />
<br />
Kita juga diperkenalkan dengan metode muhasabah. Metode ini bertujuan untuk mengevaluasi diri kita sendiri apa yang telah kita pahami dan yang belum kita pahami. Secara pandangan lebih luas muhasabah ini dapat membantu kita dalam kehidupan sehari hari, karena kita menjadi manusia yang memahami diri kita dan memberikan kemajuan dalam diri kita dengan mengevaluasi kesalahan yang kita lakukan. Sehingga kedepannya kita menjadi pribadi yang lebih baik.<br />
<br />
== PERTEMUAN 13 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
print (‘PR METODE NUMERIK \n ax + by = c\n px + qy = r ')<br />
a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))<br />
<br />
if a == p :<br />
i = b - q<br />
j = c - r<br />
y = j/i<br />
x = (c -(b*y))/a<br />
print("nilai y=",y,"nilai x =",x)<br />
elif a == 0:<br />
y = c / b<br />
x = (r - (q * y)) / p<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif b == 0:<br />
x = c / a<br />
y = (r - (p * x)) / q<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif p == 0:<br />
y = r / q<br />
x = (c - (a * y)) / b<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif q == 0:<br />
x = r / p<br />
y = (c - (a * x)) / b<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif a != p :<br />
a21= a*p<br />
b21=b*p<br />
c21=c*p<br />
p21=p*a<br />
q21=q*a<br />
r21=r*a<br />
i21= b2 - q2<br />
j21= c2 - r2<br />
y=j2 / i2<br />
x=(c - (b * y))/a<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
input()<br />
<br />
== PERTEMUAN 20 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita belajar mengenai python untuk pengaplikasian engineering.<br />
<br />
<br />
== PERTEMUAN 27 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita membahas tentang eliminasi gauss jordan menggunakan python<br />
<br />
[[File:27.png]]<br />
[[File:164381.jpg]]<br />
<br />
== PERTEMUAN 6 MARET 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita belajar mengenai FEM menggunakan python.<br />
<br />
== UAS Metode Numerik ==<br />
<br />
Link https://www.youtube.com/watch?v=QuwpVa2TTN0&feature=youtu.be<br />
Power Point dan Coding https://drive.google.com/drive/u/0/folders/1TOspvpfLX0zO7O_2Z_OjNfYyaXQgvvto</div>Fadhil Nurrohmanhttp://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Fadhil_Nurrohman&diff=4050Fadhil Nurrohman2019-03-06T07:19:50Z<p>Fadhil Nurrohman: </p>
<hr />
<div>== PERTEMUAN 6 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan pertama kami dijelaskan mengenai metode numerik secara umum. Metode numerik adalah suatu teknik untuk menyelesaikan permasalahan yang diformulasikan secara matematik dengan cara operasi hitungan. Lalu mengapa kita menggunakan metode numerik itu sendiri? Karena metode ini merupakan metode yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan. Hal yang akan kita pelajari dalam kelas metode numeric ini yaitu algoritma, penyelesaian persamaan, differensial dan integral, optimasi, dan studi kasus. Tujuan dari kelas ini sendiri yaitu memahami konsep dan mampu menerapkannya dan menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya<br />
<br />
Dalam pertemuan kemarin kami juga dijelaskan mengenai akal. Akal ibaratnya adalah tali yang mengikat diri kita agar terhindar dari nafsu. Sebagai contoh ketika kita ingin menjadi kaya merupakan sebuah nafsu karena kekayaan itu sendiri bersifat tidak terbatas. Dari sini kita diberikan pembelajaran bahwa kita harus berhati hati dan berakal. Dengan berakal pula kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.<br />
<br />
Kita juga diperkenalkan dengan metode muhasabah. Metode ini bertujuan untuk mengevaluasi diri kita sendiri apa yang telah kita pahami dan yang belum kita pahami. Secara pandangan lebih luas muhasabah ini dapat membantu kita dalam kehidupan sehari hari, karena kita menjadi manusia yang memahami diri kita dan memberikan kemajuan dalam diri kita dengan mengevaluasi kesalahan yang kita lakukan. Sehingga kedepannya kita menjadi pribadi yang lebih baik.<br />
<br />
== PERTEMUAN 13 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
print (‘PR METODE NUMERIK \n ax + by = c\n px + qy = r ')<br />
a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))<br />
<br />
if a == p :<br />
i = b - q<br />
j = c - r<br />
y = j/i<br />
x = (c -(b*y))/a<br />
print("nilai y=",y,"nilai x =",x)<br />
elif a == 0:<br />
y = c / b<br />
x = (r - (q * y)) / p<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif b == 0:<br />
x = c / a<br />
y = (r - (p * x)) / q<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif p == 0:<br />
y = r / q<br />
x = (c - (a * y)) / b<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif q == 0:<br />
x = r / p<br />
y = (c - (a * x)) / b<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif a != p :<br />
a21= a*p<br />
b21=b*p<br />
c21=c*p<br />
p21=p*a<br />
q21=q*a<br />
r21=r*a<br />
i21= b2 - q2<br />
j21= c2 - r2<br />
y=j2 / i2<br />
x=(c - (b * y))/a<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
input()<br />
<br />
== PERTEMUAN 20 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita belajar mengenai python untuk pengaplikasian engineering.<br />
<br />
<br />
== PERTEMUAN 27 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita membahas tentang eliminasi gauss jordan menggunakan python<br />
<br />
[[File:27.png]]<br />
[[File:164381.jpg]]<br />
<br />
== PERTEMUAN 6 MARET 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita belajar mengenai FEM menggunakan python.</div>Fadhil Nurrohmanhttp://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=File:164381.jpg&diff=4048File:164381.jpg2019-03-06T07:19:25Z<p>Fadhil Nurrohman: </p>
<hr />
<div></div>Fadhil Nurrohmanhttp://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=File:27.png&diff=4045File:27.png2019-03-06T07:18:07Z<p>Fadhil Nurrohman: </p>
<hr />
<div></div>Fadhil Nurrohmanhttp://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Fadhil_Nurrohman&diff=2750Fadhil Nurrohman2019-02-20T16:03:48Z<p>Fadhil Nurrohman: </p>
<hr />
<div>== PERTEMUAN 6 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan pertama kami dijelaskan mengenai metode numerik secara umum. Metode numerik adalah suatu teknik untuk menyelesaikan permasalahan yang diformulasikan secara matematik dengan cara operasi hitungan. Lalu mengapa kita menggunakan metode numerik itu sendiri? Karena metode ini merupakan metode yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan. Hal yang akan kita pelajari dalam kelas metode numeric ini yaitu algoritma, penyelesaian persamaan, differensial dan integral, optimasi, dan studi kasus. Tujuan dari kelas ini sendiri yaitu memahami konsep dan mampu menerapkannya dan menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya<br />
<br />
Dalam pertemuan kemarin kami juga dijelaskan mengenai akal. Akal ibaratnya adalah tali yang mengikat diri kita agar terhindar dari nafsu. Sebagai contoh ketika kita ingin menjadi kaya merupakan sebuah nafsu karena kekayaan itu sendiri bersifat tidak terbatas. Dari sini kita diberikan pembelajaran bahwa kita harus berhati hati dan berakal. Dengan berakal pula kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.<br />
<br />
Kita juga diperkenalkan dengan metode muhasabah. Metode ini bertujuan untuk mengevaluasi diri kita sendiri apa yang telah kita pahami dan yang belum kita pahami. Secara pandangan lebih luas muhasabah ini dapat membantu kita dalam kehidupan sehari hari, karena kita menjadi manusia yang memahami diri kita dan memberikan kemajuan dalam diri kita dengan mengevaluasi kesalahan yang kita lakukan. Sehingga kedepannya kita menjadi pribadi yang lebih baik.<br />
<br />
== PERTEMUAN 13 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
print (‘PR METODE NUMERIK \n ax + by = c\n px + qy = r ')<br />
a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))<br />
<br />
if a == p :<br />
i = b - q<br />
j = c - r<br />
y = j/i<br />
x = (c -(b*y))/a<br />
print("nilai y=",y,"nilai x =",x)<br />
elif a == 0:<br />
y = c / b<br />
x = (r - (q * y)) / p<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif b == 0:<br />
x = c / a<br />
y = (r - (p * x)) / q<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif p == 0:<br />
y = r / q<br />
x = (c - (a * y)) / b<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif q == 0:<br />
x = r / p<br />
y = (c - (a * x)) / b<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
elif a != p :<br />
a21= a*p<br />
b21=b*p<br />
c21=c*p<br />
p21=p*a<br />
q21=q*a<br />
r21=r*a<br />
i21= b2 - q2<br />
j21= c2 - r2<br />
y=j2 / i2<br />
x=(c - (b * y))/a<br />
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)<br />
input()<br />
<br />
== PERTEMUAN 20 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita belajar mengenai python untuk pengaplikasian engineering.</div>Fadhil Nurrohmanhttp://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Fadhil_Nurrohman&diff=2601Fadhil Nurrohman2019-02-20T06:40:49Z<p>Fadhil Nurrohman: </p>
<hr />
<div>== PERTEMUAN 6 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan pertama kami dijelaskan mengenai metode numerik secara umum. Metode numerik adalah suatu teknik untuk menyelesaikan permasalahan yang diformulasikan secara matematik dengan cara operasi hitungan. Lalu mengapa kita menggunakan metode numerik itu sendiri? Karena metode ini merupakan metode yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan. Hal yang akan kita pelajari dalam kelas metode numeric ini yaitu algoritma, penyelesaian persamaan, differensial dan integral, optimasi, dan studi kasus. Tujuan dari kelas ini sendiri yaitu memahami konsep dan mampu menerapkannya dan menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya<br />
<br />
Dalam pertemuan kemarin kami juga dijelaskan mengenai akal. Akal ibaratnya adalah tali yang mengikat diri kita agar terhindar dari nafsu. Sebagai contoh ketika kita ingin menjadi kaya merupakan sebuah nafsu karena kekayaan itu sendiri bersifat tidak terbatas. Dari sini kita diberikan pembelajaran bahwa kita harus berhati hati dan berakal. Dengan berakal pula kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.<br />
<br />
Kita juga diperkenalkan dengan metode muhasabah. Metode ini bertujuan untuk mengevaluasi diri kita sendiri apa yang telah kita pahami dan yang belum kita pahami. Secara pandangan lebih luas muhasabah ini dapat membantu kita dalam kehidupan sehari hari, karena kita menjadi manusia yang memahami diri kita dan memberikan kemajuan dalam diri kita dengan mengevaluasi kesalahan yang kita lakukan. Sehingga kedepannya kita menjadi pribadi yang lebih baik.<br />
<br />
<br />
== PERTEMUAN 20 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita belajar mengenai python untuk pengaplikasian engineering.</div>Fadhil Nurrohmanhttp://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Fadhil_Nurrohman&diff=2600Fadhil Nurrohman2019-02-20T06:40:07Z<p>Fadhil Nurrohman: </p>
<hr />
<div>Pada pertemuan pertama kami dijelaskan mengenai metode numerik secara umum. Metode numerik adalah suatu teknik untuk menyelesaikan permasalahan yang diformulasikan secara matematik dengan cara operasi hitungan. Lalu mengapa kita menggunakan metode numerik itu sendiri? Karena metode ini merupakan metode yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan permasalahan. Hal yang akan kita pelajari dalam kelas metode numeric ini yaitu algoritma, penyelesaian persamaan, differensial dan integral, optimasi, dan studi kasus. Tujuan dari kelas ini sendiri yaitu memahami konsep dan mampu menerapkannya dan menjadi orang yang lebih mengenal siapa dirinya<br />
<br />
Dalam pertemuan kemarin kami juga dijelaskan mengenai akal. Akal ibaratnya adalah tali yang mengikat diri kita agar terhindar dari nafsu. Sebagai contoh ketika kita ingin menjadi kaya merupakan sebuah nafsu karena kekayaan itu sendiri bersifat tidak terbatas. Dari sini kita diberikan pembelajaran bahwa kita harus berhati hati dan berakal. Dengan berakal pula kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.<br />
<br />
Kita juga diperkenalkan dengan metode muhasabah. Metode ini bertujuan untuk mengevaluasi diri kita sendiri apa yang telah kita pahami dan yang belum kita pahami. Secara pandangan lebih luas muhasabah ini dapat membantu kita dalam kehidupan sehari hari, karena kita menjadi manusia yang memahami diri kita dan memberikan kemajuan dalam diri kita dengan mengevaluasi kesalahan yang kita lakukan. Sehingga kedepannya kita menjadi pribadi yang lebih baik.<br />
<br />
<br />
== PERTEMUAN 20 FEBRUARI 2019 ==<br />
<br />
Pada pertemuan kali ini kita belajar mengenai python untuk pengaplikasian engineering.</div>Fadhil Nurrohman