http://air.eng.ui.ac.id/api.php?action=feedcontributions&user=Chandra.pratama61&feedformat=atomccitonlinewiki - User contributions [en]2024-03-28T23:05:14ZUser contributionsMediaWiki 1.30.0http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=8421Chandra Pratama Rinaldi2019-05-29T11:55:58Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]<br />
<br />
<br />
== Tugas 4 Membuat Break Even Point ==<br />
Cara membuat BEP disini https://www.youtube.com/watch?v=OamGR_LwZDU&feature=youtu.be<br />
<br />
Hasil BEP dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=UUhLhIaesMA&feature=youtu.be<br />
<br />
== Rangkuman Metode Numerik 06/03/2019 ==<br />
<br />
Regangan merupakan laju perubahan panjang<br />
PR menghitung tentang analisa struktur sederhana<br />
<br />
<br />
== Tugas Pegas Metode Numerik ==<br />
[[File:Langkah_1.PNG]]<br />
[[File:Langkah_2.PNG]]<br />
[[File:Testrun.PNG]]<br />
<br />
<br />
== Flowchart Pegas ==<br />
[[File:Flowchart_pegas.PNG]]<br />
<br />
== Tugas Defleksi Beam ==<br />
<br />
Dapat diakses disini:<br />
https://youtu.be/dMDgmpFigGU<br />
<br />
<br />
== UAS Metode Numerik: Algoritma Root Finding ==<br />
<br />
Dapat diakses disini:<br />
https://www.youtube.com/watch?v=zc139vz-59E&t=19s<br />
[[File:Algoritma_rootfinding.png]]<br />
[[File:Hasil_rootfinding.png]]<br />
<br />
<br />
Link Python: https://drive.google.com/file/d/14VJqEVHpngC7gY07ghllBi_DpQ5aK4RX/view?usp=sharing<br />
Link PowerPoint: https://drive.google.com/file/d/1jEQ5ZvbdaB6iPSZ5NkhkWVLF1B3O7tR_/view?usp=sharing</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=8420Chandra Pratama Rinaldi2019-05-29T11:54:50Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]<br />
<br />
<br />
== Tugas 4 Membuat Break Even Point ==<br />
Cara membuat BEP disini https://www.youtube.com/watch?v=OamGR_LwZDU&feature=youtu.be<br />
<br />
Hasil BEP dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=UUhLhIaesMA&feature=youtu.be<br />
<br />
== Rangkuman Metode Numerik 06/03/2019 ==<br />
<br />
Regangan merupakan laju perubahan panjang<br />
PR menghitung tentang analisa struktur sederhana<br />
<br />
<br />
== Tugas Pegas Metode Numerik ==<br />
[[File:Langkah_1.PNG]]<br />
[[File:Langkah_2.PNG]]<br />
[[File:Testrun.PNG]]<br />
<br />
<br />
== Flowchart Pegas ==<br />
[[File:Flowchart_pegas.PNG]]<br />
<br />
== Tugas Defleksi Beam ==<br />
<br />
Dapat diakses disini:<br />
https://youtu.be/dMDgmpFigGU<br />
<br />
<br />
== UAS Metode Numerik: Algoritma Root Finding ==<br />
<br />
Dapat diakses disini:<br />
https://www.youtube.com/watch?v=zc139vz-59E&t=19s<br />
[[File:Algoritma_rootfinding.png]]<br />
[[File:Hasil_rootfinding.png]]<br />
<br />
Link PowerPoint:<br />
https://drive.google.com/file/d/14VJqEVHpngC7gY07ghllBi_DpQ5aK4RX/view?usp=sharing<br />
https://drive.google.com/file/d/1jEQ5ZvbdaB6iPSZ5NkhkWVLF1B3O7tR_/view?usp=sharing</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=8418Chandra Pratama Rinaldi2019-05-29T11:46:23Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]<br />
<br />
<br />
== Tugas 4 Membuat Break Even Point ==<br />
Cara membuat BEP disini https://www.youtube.com/watch?v=OamGR_LwZDU&feature=youtu.be<br />
<br />
Hasil BEP dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=UUhLhIaesMA&feature=youtu.be<br />
<br />
== Rangkuman Metode Numerik 06/03/2019 ==<br />
<br />
Regangan merupakan laju perubahan panjang<br />
PR menghitung tentang analisa struktur sederhana<br />
<br />
<br />
== Tugas Pegas Metode Numerik ==<br />
[[File:Langkah_1.PNG]]<br />
[[File:Langkah_2.PNG]]<br />
[[File:Testrun.PNG]]<br />
<br />
<br />
== Flowchart Pegas ==<br />
[[File:Flowchart_pegas.PNG]]<br />
<br />
== Tugas Defleksi Beam ==<br />
<br />
Dapat diakses disini:<br />
https://youtu.be/dMDgmpFigGU<br />
<br />
<br />
== UAS Metode Numerik: Algoritma Root Finding ==<br />
<br />
Dapat diakses disini:<br />
https://www.youtube.com/watch?v=zc139vz-59E&t=19s<br />
[[File:Algoritma_rootfinding.png]]<br />
[[File:Hasil_rootfinding.png]]</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=File:Hasil_rootfinding.png&diff=8417File:Hasil rootfinding.png2019-05-29T11:45:11Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div></div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=File:Algoritma_rootfinding.png&diff=8416File:Algoritma rootfinding.png2019-05-29T11:43:03Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div></div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=8340Chandra Pratama Rinaldi2019-05-28T12:48:54Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]<br />
<br />
<br />
== Tugas 4 Membuat Break Even Point ==<br />
Cara membuat BEP disini https://www.youtube.com/watch?v=OamGR_LwZDU&feature=youtu.be<br />
<br />
Hasil BEP dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=UUhLhIaesMA&feature=youtu.be<br />
<br />
== Rangkuman Metode Numerik 06/03/2019 ==<br />
<br />
Regangan merupakan laju perubahan panjang<br />
PR menghitung tentang analisa struktur sederhana<br />
<br />
<br />
== Tugas Pegas Metode Numerik ==<br />
[[File:Langkah_1.PNG]]<br />
[[File:Langkah_2.PNG]]<br />
[[File:Testrun.PNG]]<br />
<br />
<br />
== Flowchart Pegas ==<br />
[[File:Flowchart_pegas.PNG]]<br />
<br />
== Tugas Defleksi Beam ==<br />
<br />
Dapat diakses disini:<br />
https://youtu.be/dMDgmpFigGU<br />
<br />
<br />
== UAS Metode Numerik: Algoritma Root Finding ==<br />
<br />
Dapat diakses disini:<br />
https://www.youtube.com/watch?v=zc139vz-59E&t=19s</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=5035Chandra Pratama Rinaldi2019-03-19T13:46:14Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]<br />
<br />
<br />
== Tugas 4 Membuat Break Even Point ==<br />
Cara membuat BEP disini https://www.youtube.com/watch?v=OamGR_LwZDU&feature=youtu.be<br />
<br />
Hasil BEP dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=UUhLhIaesMA&feature=youtu.be<br />
<br />
== Rangkuman Metode Numerik 06/03/2019 ==<br />
<br />
Regangan merupakan laju perubahan panjang<br />
PR menghitung tentang analisa struktur sederhana<br />
<br />
<br />
== Tugas Pegas Metode Numerik ==<br />
[[File:Langkah_1.PNG]]<br />
[[File:Langkah_2.PNG]]<br />
[[File:Testrun.PNG]]<br />
<br />
<br />
== Flowchart Pegas ==<br />
[[File:Flowchart_pegas.PNG]]<br />
<br />
== Tugas Defleksi Beam ==<br />
<br />
Dapat diakses disini:<br />
https://youtu.be/dMDgmpFigGU</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=5034Chandra Pratama Rinaldi2019-03-19T13:16:40Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]<br />
<br />
<br />
== Tugas 4 Membuat Break Even Point ==<br />
Cara membuat BEP disini https://www.youtube.com/watch?v=OamGR_LwZDU&feature=youtu.be<br />
<br />
Hasil BEP dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=UUhLhIaesMA&feature=youtu.be<br />
<br />
== Rangkuman Metode Numerik 06/03/2019 ==<br />
<br />
Regangan merupakan laju perubahan panjang<br />
PR menghitung tentang analisa struktur sederhana<br />
<br />
<br />
== Tugas Pegas Metode Numerik ==<br />
[[File:Langkah_1.PNG]]<br />
[[File:Langkah_2.PNG]]<br />
[[File:Testrun.PNG]]<br />
<br />
<br />
== Flowchart Pegas ==<br />
[[File:Flowchart_pegas.PNG]]</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=File:Flowchart_pegas.PNG&diff=5033File:Flowchart pegas.PNG2019-03-19T13:15:32Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div></div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=4556Chandra Pratama Rinaldi2019-03-12T23:10:20Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]<br />
<br />
<br />
== Tugas 4 Membuat Break Even Point ==<br />
Cara membuat BEP disini https://www.youtube.com/watch?v=OamGR_LwZDU&feature=youtu.be<br />
<br />
Hasil BEP dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=UUhLhIaesMA&feature=youtu.be<br />
<br />
== Rangkuman Metode Numerik 06/03/2019 ==<br />
<br />
Regangan merupakan laju perubahan panjang<br />
PR menghitung tentang analisa struktur sederhana<br />
<br />
<br />
== Tugas Pegas Metode Numerik ==<br />
[[File:Langkah_1.PNG]]<br />
[[File:Langkah_2.PNG]]<br />
[[File:Testrun.PNG]]</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=File:Testrun.PNG&diff=4554File:Testrun.PNG2019-03-12T23:08:47Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div></div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=File:Langkah_2.PNG&diff=4553File:Langkah 2.PNG2019-03-12T23:08:29Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div></div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=File:Langkah_1.PNG&diff=4552File:Langkah 1.PNG2019-03-12T23:04:20Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div></div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=4040Chandra Pratama Rinaldi2019-03-06T07:14:26Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]<br />
<br />
<br />
== Tugas 4 Membuat Break Even Point ==<br />
Cara membuat BEP disini https://www.youtube.com/watch?v=OamGR_LwZDU&feature=youtu.be<br />
<br />
Hasil BEP dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=UUhLhIaesMA&feature=youtu.be<br />
<br />
== Rangkuman Metode Numerik 06/03/2019 ==<br />
<br />
Regangan merupakan laju perubahan panjang<br />
PR menghitung tentang analisa struktur sederhana</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=4016Chandra Pratama Rinaldi2019-03-06T06:43:38Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]<br />
<br />
<br />
== Tugas 4 Membuat Break Even Point ==<br />
Cara membuat BEP disini https://www.youtube.com/watch?v=OamGR_LwZDU&feature=youtu.be<br />
<br />
Hasil BEP dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=UUhLhIaesMA&feature=youtu.be<br />
<br />
== Rangkuman Metode Numerik 06/03/2019 ==<br />
<br />
Regangan merupakan laju perubahan panjang</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=3932Chandra Pratama Rinaldi2019-03-05T22:34:05Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]<br />
<br />
<br />
== Tugas 4 Membuat Break Even Point ==<br />
Cara membuat BEP disini https://www.youtube.com/watch?v=OamGR_LwZDU&feature=youtu.be<br />
<br />
Hasil BEP dapat diakses di https://www.youtube.com/watch?v=UUhLhIaesMA&feature=youtu.be</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png&diff=3287File:Chandra Pratama R 1606835355 Latihan Elimination Gauss Screenshot.png2019-02-26T16:19:51Z<p>Chandra.pratama61: Chandra.pratama61 uploaded a new version of File:Chandra Pratama R 1606835355 Latihan Elimination Gauss Screenshot.png</p>
<hr />
<div></div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=3282Chandra Pratama Rinaldi2019-02-26T15:48:47Z<p>Chandra.pratama61: /* Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss */</p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
[[File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png]]</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=File:Chandra_Pratama_R_1606835355_Latihan_Elimination_Gauss_Screenshot.png&diff=3281File:Chandra Pratama R 1606835355 Latihan Elimination Gauss Screenshot.png2019-02-26T15:48:19Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div></div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=3280Chandra Pratama Rinaldi2019-02-26T15:47:43Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=3279Chandra Pratama Rinaldi2019-02-26T15:47:04Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b<br />
<br />
== Tugas 3 Latihan Eliminasi Gauss ==<br />
<br />
[[File:Example.jpg]]</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=3188Chandra Pratama Rinaldi2019-02-25T03:48:24Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot<br />
<br />
def gaussElimin(a,b): <br />
<br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=3187Chandra Pratama Rinaldi2019-02-25T03:47:26Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot<br />
<br />
Pengkodingan eliminasi Gauss seperti yang tercantum dalam Bab I adalah sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
from numpy import dot <br />
def gaussElimin(a,b): <br />
n = len(b)<br />
for k in range(0,n-1):<br />
for i in range(k+1,n):<br />
if a[i,k] != 0.0: <br />
lam = a [i,k]/a[k,k]<br />
a[i,k+1:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n] <br />
b[i] = b[i] - lam*b[k]<br />
for k in range(n-1,-1,-1): <br />
b[k] = (b[k] - dot(a[k,k+1:n],b[k+1:n]))/a[k,k]<br />
return b</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=2626Chandra Pratama Rinaldi2019-02-20T07:04:11Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>== Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019 ==<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=2625Chandra Pratama Rinaldi2019-02-20T07:03:41Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
<br />
i = baris ke<br />
<br />
j = kolom<br />
<br />
k = pivot</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=2623Chandra Pratama Rinaldi2019-02-20T07:03:12Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019 ==<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
i = baris ke<br />
j = kolom<br />
k = pivot</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=2622Chandra Pratama Rinaldi2019-02-20T07:02:57Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
print A - B<br />
<br />
<br />
== Pertemuan 3 Metode Numerik 20/02/2019<br />
<br />
Operasi hitung dengan Python mirip penjumlahan deret. Namun, Python hanya mampu melakukan operasi bilangan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian). Operasi Python menggunakan metode eliminasi Gauss dengan menetapkan satu pivot baris dan kolom sehingga matriks tersebut membentuk matriks segitiga bawah.<br />
<br />
Notasi dalam baris Python adalah sebagai berikut:<br />
<br />
n = jumlah baris/kolom<br />
i = baris ke<br />
j = kolom<br />
k = pivot ==</div>Chandra.pratama61http://air.eng.ui.ac.id/index.php?title=Chandra_Pratama_Rinaldi&diff=2583Chandra Pratama Rinaldi2019-02-20T06:31:24Z<p>Chandra.pratama61: </p>
<hr />
<div>Pertemuan Pertama Metode Numerik 06/02/2019<br />
<br />
<br />
Tujuan Perkuliahan Metode Numerik adalah '''memahami''' konsep/prinsip dan '''mampu''' menerapkannya. Selama ini kita belajar di sekolah, saya hanya membaca melalui satu/dua buku saja. Terlebih, pada pelajaran Matematika, saya hanya mengetahui rumus untuk menyelesaikan suatu masalah, bukan memahami mengapa kita harus menggunakan rumus tersebut. Ketika memasuki kuliah, saya baru mengerti asal mula rumus tersebut dikonsepkan. Dalam mata kuliah Metode Numerik, akan lebih banyak belajar tentang pemrograman dasar, seperti algoritma, flowchart, metode iterative, penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan, diferensial dan integral, optimasi, serta studi kasus.<br />
<br />
Pemrograman pada masa kini sangat penting karena banyak persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan metode menghitung secara manual. Contohnya dalam membuat analisis tegangan balok (''beam'') serta metode ''finite element analysis'' yang dapat mengetahui distribusi beban. Kemudian, pemrograman dapat membantu mendesain suatu benda menjadi lebih mudah seperti adanya program Matlab, Autodesk Inventor, dan lain sebagainya.<br />
<br />
Dalam hakikatnya, manusia senantiasa harus mengenal siapa dirinya sendiri, karena manusia diberikan kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal. Dalam mengenal diri sendiri, manusia akan terus belajar, memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik di masa depan kelak.<br />
<br />
Diskusi dan Tugas Metode Numerik<br />
<br />
== Tugas Metode Numerik 2 ==<br />
<br />
Tugas Metode Numerik 2<br />
<br />
<br />
<br />
Untuk membuat persamaan seperti "Ax + By = C" dan "Px + Qy = R", maka dapat menggunakan program pengkodingan Python dengan menuliskan persamaan tersebut sebagai matriks, dengan cara sebagai berikut:<br />
<br />
<br />
import numpy as np<br />
<br />
A = np.array([<br />
[a, b, c]<br />
])<br />
B = np.array([<br />
[p, q, r]<br />
])<br />
<br />
print A + B<br />
print A - B</div>Chandra.pratama61