Zahwa Chairunisa

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search

OPTIMASI - UAS video : https://youtu.be/IUvsZ8tbt8I ppt dan coding : https://drive.google.com/open?id=1KVTX2Uwgd6Jzx1bNVXA5pG9p3EIfnfGJ


Tugas metnum

https://youtu.be/7N647YzAQzE


Pertemuan 3

Pengaplikasian Python dalam hal sederhana yaitu persamaan linear. Persamaan linear biasanya dilakukan dengan menggunakan matriks dengan ordo 3x3. Dengan python, kita harus bisa menggunakannya dengan bahasanya yang sama, yaitu berkomunikasi dengan komputer.

Tools seperti ini dapat mengolah data dengan cepat. Metode Numerik digunakan untuk menyelesaikan masalah matematis. Sangat penting dalam menggunakan Python untuk paham bahasanya agar kita dapat menjalankannya. Pada eliminasi Gauss dapat dicari dengan langkah-langkah yang biasa dilakukan pada mata kuliah Aljabar Linear. Dengan menggunakan aplikasi phyton, dapat digunakan untuk membentuk pola dari persamaan linear tersebut dan lebih cepat mendapatkan jawaban. Itu membuktikan bahwa kita dapat bekomunikasi dengan komputer.


Pertemuan 2

print ('Persamaan linear dua variabel \n ax + by = c\n px + qy = r ')

a = float(input(" masukan nilai a =")) b = float(input(" masukan nilai b =")) c = float(input(" masukan nilai c =")) p = float(input(" masukan nilai p =")) q = float(input(" masukan nilai q =")) r = float(input(" masukan nilai r ="))


if a == p :

i = b - q
j = c - r
y = j/i
x = (c -(b*y))/a
print("nilai y=",y,"nilai x =",x)

elif a == 0:

y = c / b
x = (r - (q * y)) / p
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif b == 0:

x = c / a
y = (r - (p * x)) / q
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif p == 0:

y = r / q
x = (c - (a * y)) / b
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif q == 0:

x = r / p
y = (c - (a * x)) / b
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

elif a != p :

a2= a*p
b2=b*p
c2=c*p
p2=p*a
q2=q*a
r2=r*a
i2 = b2 - q2
j2 = c2 - r2
y = j2 / i2
x = (c - (b * y))/a
print("nilai y=", y, "nilai x =", x)

input()



Pertemuan 1

Sebelumnya, pada 06/02/19 telah disebutkan hal yang wajib dan mendasar yaitu berakal. Mengapa? Karena akal adalah hal penting yang mencirikan manusia sebagai makhluk hidup. Orang yang berakal adalah orang yang dapat membedakan mana yang benar dan salah, maka dari itu sudah menjadi hal yang wajib bagi manusia untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bijaksana.


Metode Numerik

Kemudian masuk ke metode numerik. Tujuan mata kuliah ini yaitu diharapkan mahasiswa dapat:

1. Memahami konsep dari pembelajaran, juga menerapkannya

2. Menjadi manusia yang mengenal dirinya.

Dari penjelasan tujuan tersebut, tentu saja kita dapat melihat pentingnya akal untuk mewujudkan tujuan pembelajaran mata kuliah ini.


Adapun hal-hal yang akan dipelajari pada perkuliahan Metode Numerik yaitu:

1. Algoritma, flowchart, pemrograman, metode iterative

2. Penyelesaian persamaan-persamaan aljabar simultan

3. Diferensial dan integral

4. Optimasi

5. Studi Kasus.

Itulah yang saya tangkap dari penjelasan dua dosen metode numerik kami, yaitu Dr. Ahmad Indra Siswantara dan Dr. Gunawan. Terima kasih banyak.


Zahwa Chairunisa 1706986920