I Gede Nyoman Ari Bhaskara Wiraputra

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
alt text

I Gede Nyoman Ari Bhaskara Wiraputra lahir di Bintaro, 13 Maret 2000.

Dalam belajar Python, saya menggunakan website: http://anh.cs.luc.edu/python/hands-on/3.1/handsonHtml/index.html

Pertemuan Hari Pertama Metode Numerik

Mengapa seorang anak mesin harus menguasai kalkulus?

Menurut Nyoman seorang anak Departemen Teknik Mesin harus menguasai kalkulus karena dengan menguasai kalkulus anak tersebut dapat memahami esensi dari ke-teknikan.

Bahasa Python

Python adalah sebuah bahasa pemrograman. Digunakan sebagai tools bagi engineers untuk menggunakan matematika dalam menyelesaikan masalahnya. Banyak hal yang tidak dapat secara langsung dihitung, maka bahasa pemrograman python digunakan. Selain python, bahasa C juga dapat digunakan.

Materi

Pak Dr. Ahmad Indra pun lebih memilih mahasiswa yang belajar lebih dan mengerti dalam mempelajari python, walaupun pada awalnya mahasiswa tersebut tidak memiliki basic knowledge di awal pengajaran Metode Numerik. Masalah yang biasanya dapat diselesaikan dengan metode limit, setelah mempelajari Metode Numerik, mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan dengan algoritma/flowchart/program. Soal yang diberikan untuk pertama kali adalah

Rums.png

Maka dari itu dengan menggunakan bahasa pemrograman python dapat menjawab permasalahan sebagai berikut dengan flowchart dalam python

Jawabans.png

Pertemuan Hari Kedua Metode Numerik

Pada awalnya Dr. Ahmad Indra menjelaskan python dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya bagaikan papan catur. Selain itu, dalam pelajaran hidup-nya juga diajarkan untuk membahagiakan diri sendiri dengan empowering yourself. Setelah diberikan ke Pak Radon, Pak Radon menjelaskan SAP untuk satu semester ke depan. Hari pertama dalam pembelajaran, kita memulai dengan membuat "Hello world" dalam aplikasi python.

Selain itu kita membuat tuple dengan cara seperti berikut.

rec = ("Nyoman","Ari","Bhaskara", "13,03,2000")
NamaAwal, NamaTengah, NamaAkhir, tanggallahir = rec
TahunLahir =tanggallahir[6:10]
print(NamaTengah)
print(TahunLahir)

Pertemuan Hari Ketiga Metode Numerik

Pada hari ini kita diawali dengan kuis yang membuat kita perlu mengerjakan bilangan fibonacci dengan 3 cara. 3 cara yang dimaksud adalah Algoritma, Flowchart, dan menulis kode python bilangan fibonacci di secarik kertas.

Algoritma dan Flowchart

Algoritma adalah sebuah cara kita mengekspresikan sebuah notasi dengan bahasa yang kita gunakan sehari-hari, ini dapat kita lakukan dengan menulis logika yang kita pikirkan dan menulisnya di secarik kertas. Flowchart adalah sebuah cara kita menngerjakan soal yang menggunakan logika dengan sistem diagram yang menghasilkan yes/no untuk hasil yang berbeda.

Metode loop dan Metode function

Kuis yang diberikan menurut mahasiswa yang ada di kelas Metode Numerik-02 adalah soal yang cukup sulit. Maka Pak Radon memberi kita kesempatan kedua untuk mengerjakan kuis tersebut dengan kondisi kita dapat mengerjakan dalam aplikasi python dengan 2 metode. Kedua metode ini adalah metode loop dan metode function. Metode loop mengharuskan kita menggunakan command yang tersedia untuk dapat menghasilkan hasil yang diinginkan, ini berarti loop akan terus menerus mencari hasil yang benar dan akan memakan waktu yang lebih lama. Sedangkan metode function sudah diprogramkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Keunggulan metode loop dibandingkan metode function adalah metode loop dapat digunakan untuk penghitungan angka yang tidak memiliki persamaan tersebut.

Kuis 1 2.0

Metode loop

def fb(n):
   if n < 0:
       print("please put a positive integer")
   elif n == 0:
       print("please put a positive integer")
   elif n == 1:
       return 1
   elif n == 2:
       return 1
   else:
       return fb(n-1)+fb(n-2)
a = int(input("Masukkan nilai ke:"))
print (fb(a))

Metode function

var = 1
while var == 1
      n = int(input("masukan nilai x: ")
      a = (1+2.23606798)/2
      b = (1/2.23606798)*(a**float(n)-(1-a)**float(n))
      if n>0:
         print (int(b))
      else:
         print("mohon masukan bilangan lain")

Pertemuan Hari Kelima Metode Numerik

Bang Edo mengawali pembelajaran di kelas dengan doa. Setelah itu ia memberi website untuk belajar python secara otodidak yaitu https://www.learnpython.org. Alasan dalam metode numerik kita tidak menggunakan matlab adalah karena dengan menggunakan python kita lebih menegerti suatu alasan dalam pengerjaan programming, sedangkan di matlab semua fungsi sudah ada dan kita hanya tinggal menggunakan fungsi tersebut untuk menegerjakan dan tidak menggunakan logika pengerjaan. Penggunaan Aljabar Linear selain dalam penghitungan variabel adalah untuk penghitungan sistem pegas. Untuk membuat sebuah SPL untuk pegas maka harus dibuat sebuah superposisi dari pegas tersebut menggunakan sistem nodes. Dan setelah membuat matriks tiap pegas tersebut tinggal dihitung sesaui jenis rangkaian pegas tersebut.

Pertemuan Hari Ketujuh Metode Numerik

Pada hari ke 7, kita mengerjakan kuis. Soal kuis tersebut diambil dari Buku "Numerical Methods in Engineering with Python 3" halaman 55 no 6 dan hal 263 no 2.

Berikut penyelesaian beberapa nomor tersebut.

Penyelesaian 2a Nyoman

Penyelesaian 2b Nyoman

Algoritma UTS

Soal 2A

Soal 2B

Video Muhasabah(Cerminan Diri)

Video Penjelasan Soal 3A dan 3B

Pertemuan Ke delapan Metode Numerik

Pada pertemuan ini kammi diajarkan untuk


Wahyu.nugroho81

8 months ago
Score 0++

Untuk soal nomor 2b

sebelum membuat coding harus membuat persamaan turunan terlebih dahulu agar coding yang dihasilkan benar
Add your comment
ccitonlinewiki welcomes all comments. If you do not want to be anonymous, register or log in. It is free.