Ferdy yacobus santoso

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search

Kapal 18 aktif 18


Ferdy Yacobus Santoso

Naval Architecture and Marine Engineering 18 University of Indonesia

hello guys

Biodata

my email : ysferdy@gmail.com

my linkedin : Ferdy Yacobus Santoso

my social media : 1. Instagram : @ferdygo_ 2. facebook : Ferdy Yacobus Santoso

my favorite in Internet : youtube

my skills : Autodesk AutoCAD, Autodesk Inventor, MS Office

Programmming Experiences

Saya tidak terlalu mendalami persoalan programming, dan juga belum mengetahui aplikasi yang merupakan aplikasi programming. Namun untuk beberapa aplikasi dalam dunia keteknikan sudah lumayan bisa dalam mempergunakan aplikasi tersebut. Contoh aplikasi yang saya sudah lumayan mengerti diantaranya seperti AutoCAD, Inventor, dan Microsoft Office. Ferdy juga telah mempelajari aplikasi dunia perkapalan seperti MaxSurf tetapi saya tidak terlalu mengerti part-part sesuai dengan fungsinya aplikasi tersebut.

Tugas Metnum Ferdy

Tugas 1 MetNum Ferdy Yacobus Santoso

Tugas 2 MetNum Ferdy Yacobus Santoso

Tugas 3 MetNum Ferdy Yacobus Santoso

Tugas 4 MetNum Ferdy Yacobus Santoso

Tugas 5 MetNum Ferdy Yacobus Santoso

Pertemuan 1 (7 Februari 2020)

  Pak DAI, tidak mempermasalahkan absen. Dan kita harus setiap harinya merefleksikan diri agar menbdapatkan pembaharuan setiap harinya untuk kita sendiri.


Pertemuan 2 (14 Februari 2020)

  Pada pertemuan kedua, saat membuka ebook Numerical Methods in engineering with Python 3 by Cambridge. Tepatnya pada bab kedua yang berjudul Systems of Linar Algebraic Equations, saya menyadari bahwa contoh-contoh soal Kalkulus, Aljabar Linear, dan Matematika yang lain dapat dikerjakan dengan metode Software. Motto kita harus terinspirasi dengan motto polisi yaitu turn back crime. tetapi dengan motto kita menjadi turn back KEM yaitu dengan K adalah ketidaktahuan, E yaitu egois, dan M yaitu malas. Selanjutnya yaitu dengan milih salah satu contoh soal di dalam buku Numerical Methods in engioneering by Cambridge pada bab 2. Saya memilih contoh soal karena menurut saya soal itu menarik. Yaitu pada example 2.9 pada subbab 2.4. Di soal tesebut diketahui matriks U dan yang ditanya ialah matriks A. Menurut saya soal ini menarik karena soal ini terlihat mudah karena data yang dimiliki hanya sedikit. Teatpi setelah dipelajari lebih lanjut, jawaban yang akan dihasilkan akan lebih sulit didapat karena data yang dimiliki soal tersebut hanya sedikit.
Referensi buku Numerical Methods in engineering by Cambridge


Initial Value Problem (Bab 7)

  DATA --> INFORMASI --> PENGETAHUAN --> ILMU YANG BERMANFAAT --> HIKMAH --> HIDAYAH


Pertemuan 3 (21 Februari 2020)

  dM/dt = 0 --> Prinsip Konservasi Massa

diturunkan jadi Q = V.A = konstan

  F = M.a --> F = M.dv/dt --> Prinsip Konservasi Momentum
  dE/dt = W+Q

1. Prinsip Konservasi Massa 2. Prinsip Konservasi Momentum 3. Prinsip Konservasi Energi Setiap sistem gaya memiliki resultan berarti memiliki percepatan. Bila selisih atau resultan gaya = 0 berarti tidak memiliki percepatan.


Progres Belajar Metnum

Progres Belajar Metnum

Progres Belajar Metnum 2

Asistensi metnum

Asistensi metnum 2


Optimasi

Screenshot (87).png

Diatas merupakan aplikasi optimasi yang dilakukan dengan menggunakan software python.

Contoh soal yang diberikan ialah Toni mempunyai sebuah kayu sepanjang 20 meter. Lalu Toni ingin menjadikan kayu itu menjadi pagar untuk melindungi rumahnya dari pencuri. Ia ingin memiliki seluas mungkin area halaman rumah yang ia huni sekarang tetapi panjang pagar tidak boleh kurang dari 8 meter. Toni mengoptimasi kayu tersebut menjadi pagar yang memiliki Luas maksimum dengan cara?

Jawaban : Kayu = 20 meter

Ditanya Area Maksimum?

Disini saya menggunakan aplikasi python dalam proses pengerjaannya yang di temukan jawaban 25 meter sebgai area maksimum dari kayu yang dijadikan pagar oleh Toni.


Tugas Optimasi

Seorang pembuat kue mempunyai 8 kg tepung dan 2 kg gula pasir. Ia ingin membuat dua macam kue yaitu kue dadar dan kue apem. Untuk membuat kue dadar dibutuhkan 10 gram gula pasir dan 20 gram tepung sedangkan untuk membuat sebuah kue apem dibutuhkan 5 gram gula pasir dan 50 gram tepung. Jika kue dadar dijual dengan harga RP. 1000/ buah dan kue apem dijual dengan harga RP. 2000/ buah, maka pendapatan maksimum pembuat kue tentukanlah.


Penyelesaian


UTS Metode Numerik

Tanggal 27 Maret 2020

Pada UTS Metode Numerik ini, Pak DAI memberikan tugas untuk mengerjakan pola hubungan kecepatan dan hambatan pada sebuah Auronomous Underwater Vehicle atau AUV yang dibuat dalam bentuk video proses pengerjaannya. Dengan menggunakan beberapa Software diantaranya ialah CFDSOF, dan juga Python. Berikut merupakan pengerjaan saya dalam mengerjakan tugas ini dan saya upload di Youtube :

https://www.youtube.com/watch?v=m2UyV1f0huA

Penutup

Terimakasih atas kesempatan dapat diajar oleh Bapak Ahmad Indra Siswantara dikarenakan banyak ilmu baru yang saya dapatkan selama proses KBM bersama Pak DAI berlangsung. Pak DAI mengajarkan bermacam-macam software disini niat Pak DAI untuk mahasiswa dapat memahami dan mengembangkan berbagai software yang telah diajarkan. Sebagaimana software itu sangat penting bila diperoleh oleh saya sebagai mahasiswa Bapak. Kiranya Berkah dari Allah menghampiri Bapak dan sekeluarga. Karena Bapak sendiri tidak ada niatan untuk tidak berbagi ilmu yang sangat bermanfaat. Saya pribadi meminta maaf bila ada kekurangan baik verbal maupun tindakan yang mungkin melukai hati Bapak, terus terang jika terjadi demikian bukanlah keinginan saya atau dapat dibilang dengan tanpa sengaja. Dan terkhusus saya meminta maaf karena proses PJJ ini saya banyak kekurangan yang saya ,iliki karena saya sedang berada di daerah yang notabene lemah akan sinyal. Semoga kita mendapatkan manfaat dan diberkahi oleh Allah. Sekiranya Bapak dan Keluarga selalu diberi kesehatan yang berlimpah dan Allah akan membalas perbuatan baik Bapak pula.