Abdul Aziz Ananta

From ccitonlinewiki
Revision as of 13:19, 6 March 2019 by Abdul.aziz67 (talk | contribs)
Jump to: navigation, search

Tugas Metode Numerik 1

6 Februari 2018

Hingga Paling Dasar

Sebagai pembelajar, ilmu adalah tujuan utama dari hasil belajar, namun yang jadi pertanyaan adalah apakah ilmu yang kita dapatkan sudah benar-benar didapatkan? maksudnya hingga paling dasar.

Contohnya = (X^2-1)/(X-1) , dengan x = 1 seperti yang dicontohkan di papan tulis pada mata kuliah Metode Numerik. Pertanyaannya mengapa x=1 tidak bisa langsung dimasukkan?, banyak yang menjawab karena harus di-diferensialkan dan disederhanakan terlebih dahulu, namun banyak yang tidak tahu mengapa hal itu harus dilakukan dan apa penyebabnya?. Nah inilah yang dimaksud mengambil ilmu setengah-setengah.

Pada kelas Metode Numerik, Aki DAI mengatakan bahwa pada saat belajar kita harus selalu menyertakan pertanyaan-pertanyaan sampai paling mendasar hingga pertanyaan tersebut habis. Sehingga kita dapat paham sepenuhnya dengan dicerna dan tidak menelan ilmu mentah-mentah. Dengan begitu proses belajar menjadi lebih banyak manfaat dan jika ada pertanyaan-pertanyaan seputar pelajaran tsb, kita dapat menjawab hingga ke akar layaknya seorang ahli.

Mudah-mudahan kita sebagai mahasiswa dapat selalu menerapkan proses pembelajaran seperti ini, dan selalu menjadi orang yang merasa bodoh sehingga selalu penasaran dengan hal-hal yang belum diketahui serta tidak malu untuk bertanya.

-Abdul Aziz Ananta-



Tugas Metode Numerik 2

13 Februari 2019

Tugas Metode Numerik 2

ax + by = c dan px + qy =r dengan a,b,c,d,p,g,r adalah koeffisien dan x,y adalah variabel. buatlah algoritma dan flowchart dengan outputnya adalah syntax dengan 7-9 instruksi.

import numpy as np

A=np.array([

[a,b,c] 
])

B=np.array([

[p,q,r] 
])

Print A+B print A-B



Pertemuan 3 Kelas Metode Numerik

20 Februari 2019

penggunaan python yaitu untuk pengoprasian matematika yang lebih kompleks. seperi dari matrix n x n (anggap 50 x 50)

Materi : pengoprasian pengubahan matrix 3x3 diubah menjadi matrix segitiga bawah 0, dengan metode Gauss. Notasi : n : Jumlah baris/kolom i : Baris ke .. j : kolom k : pivot

Python memiliki bahasa sendiri, dan harus dipelajari sendiri di buku python BAB 1. contoh bahasa :

for k in range (0, n-1) :
  for i in range (k+1,n) :
if a[i,k] != 0.0: 
  lam = a[i,k]/a[k,k] (lam=lamda, dan a[i,k]=U1]
  a[i,k+l:n] = a[i,k+1:n] - lam*a[k,k+1:n]
  b[i] = b[i] - lam*b[k]

penggunaan "if" ialah menjadi pengecualian.




Tugas Metode Numerik 3

20 Februari 2019

Latihan Eliminasi Gauss


C--Users-lenovo-Pictures-Screenshots-Screenshot (201).png


Screenshot (202).png




Pertemuan 4 Metode Numerik

Rabu, 27 Februari 2019

Install numpy! command prompt -> pip install numphy

Fungsi-fungsi :

  array    : berfungsi mendefinisakan sebuah matrix
  [ ]      : berfungsi untuk memberi batasan pada matrix
  print(A) : berfungsi untuk menampilkan matrix A
  np       : berfungsi untuk komando memanggil kode seperti 
  array,dll np juga sebagai library dari python
  ' (kutip): berfungsi untuk menampilkan teks yang dikutip
  #        : notes/catatan yang diinginkan
  len      : berfungsi untuk membaca panjang array
  for      : tidak sejajar dengan yang lain
  range(o,n-1) -> x=baris, y=kolom

contoh matrix A = [U11, U12, U13], [U21, U22, U23], [U31, U32, U33] agar menjadikan segitiga 0 bawah, ialah dengan langkah-langkah, seperti;

  langkah I : 
  U21-Lam*U11=0, dengan Lamda = U21/U11
  U31-Lam*U11=0
  Langkah II :
  U32-Lam*U22=0
  dst

salah satu fungsi Eliminasi gauss dalam python adalah mencari nilai X tiap kolomnya.

Screenshot (203).png

Screenshot (204).png



Pertemuan 5 Metode Numerik

Rabu, 6 Maret 2019