Budi Ismoyo

From ccitonlinewiki
Revision as of 15:30, 24 February 2019 by Budi Ismoyo (talk | contribs)
Jump to: navigation, search

Resume Diskusi Kelas Komputasi Teknik, Senin 4 Februari 2019

Komputasi Teknik

Tujuan dari mata ajaran ini adalah agar mahasiswa mengetahui dengan baik dan mampu menerapkan proses dan metoda (algoritma) perhitungan (numerik dan analitik) keteknikan dalam dunia komputasi secara riil berbasis komputer dan parameter yang mempengaruhi kecepatan dan keakuratan hasil perhitungan. Mahasiswa dalam mata kuliah komputasi teknik diharapkan mampu memahami kriteria dalam melakukan komputasi.

Objective :

1. Mahasiwa mampu memahami mengenai konsep algoritma, matematik model, iterasi, error dll

2. Mahasiswa bisa lebih mengenal diri, karena yang bisa melihat perubahan kita adalah diri kita sendiri.

Komponen Komputer Modeling :

1.Software

2.Hardware

3.Brainware : konsep model

Dalam komputer modeling, software dan hardware hanyalah tools sehingga diperlukan kriteria-kriteria komputasi. Brainware dari user merupakan komponen terpenting agar data, model yang dimasukkan ke dalam tools sudah sesuai kriteria yang dibutuhkan oleh tools dan kriteria engineering lainnya agar output yang dihasilkan dapat diterima analisisnya. Sehingga untuk mampu merangkai alur komputasi yang baik, diperlukan user yang berakal. Berakal yang dimaksud disini menurut saya, bahwa manusia diciptakan Tuhan Yang Maha Esa diberi karunia daya cipta, rasa dan karsa sebagai ciptaan-Nya dan dibekali tuntunan agar tetap bersikap tetap rendah hati, lemah lembut dan sabar.

Konsep 'Infinite'

Konsep infinite, merupakan sesuatu yang tidak terbatas, tanpa akhir, tanpa batas. Tiga tipe utama infinite dapat dibedakan: matematika, fisik, dan metafisik. Matematis terjadi, misalnya, sebagai ukuran urutan penghitungan angka tanpa akhir: 1, 2, 3,….dst. Fisika ketika seseorang bertanya apakah alam semesta akan bertahan selamanya. Metafisik tentang Tuhan, ada pertanyaan apakah entitas tertinggi harus tanpa batas dan apakah hal-hal yang lebih kecil juga bisa tanpa batas.

Bagaimana anda menjelaskan secara rasional atas pertanyaan berapa nilai (x^2-1)/(x-1) jika x=1 ?

Jawaban dari pertanyaan diatas apabila dikerjakan secara langsung dengan memasukkan x=1 maka penyebut menjadi sama dengan 0 sehingga y menjadi tidak terdefinisi. Namun secara rasional apabila kita hitung dengan numerik berdasar nilai x mendekati 1 baik dibawah maupun diatasnya maka diperoleh y ≈ 2


Tabel penyelesaian dengan numerik :

Math Budi Ismoyo.JPG




Resume Diskusi Kelas Komputasi Teknik, Senin 11 Februari 2019

Permodelan (Modeling)

Penggunaan akal untuk memaknai sesuatu konsep agar lebih mendalam pemahaman dan manfaatnya bagi kehidupan. Orang yang menggunakan akal adalah orang yang selalu memikirkan penciptanya dan segalah hal dari hasil penciptaan Nya.

Ilmu mekanik adalah disiplin ilmu yang mempelajari gerak laku sebuah benda. material disini memiliki arti luas tidak terbatas pada material logam, tapi seluruh material baik tubuh manusia, angina, tumbuhan dan seterusnya. Sebuah gaya adalah tarikan atau dorongan. jadi mekanikal bisa berbentuk fisik atau non fisik. Dalam fisik, gaya berlaku pada suatu materi.


No persepsi : benda mati

Persepsi : tumbuhan, hewan dan manusia

Akal (rasio) : manusia yang beragama selalu ingat Tuhan, bisa menjaga dari pikiran-pikiran yang melampaui batas. Dari kemampuan akal manuasia bisa memberi judgement.


Model : simplifikasi/penyederhanaan dari suatu keadaan/sistem yang rumit

Permodelan : permodelan fisik & permodelan matematis (bisa diselesaikan dengan numerik)


Alur Permodelan

1. Permodelan Masalah (problem) : Geometri & Material agar diperoleh design yang kokoh, kuat, ekonomis. Permodelan terstruktur merupakan permodelan yang merujuk standard tertentu misal, design vessel berdasar standard ASME. Tidak terstruktur misal dalam mendesign berdasar rule of thumb.

2. Pemikiran Awal (Analisis Awal) >> semua hipotesis (sesuatu yang perlu dibuktikan kebenarannya) kecuali kitab suci (the truly of thesis). Harus memiliki pengetahuan terkait objek yang dianalisis.

3. Algoritma

4. Model Komputasi

5. Simulasi (menjalankan model)

6. Hasil perhitungan (verifikasi dan validasi). Disini kita melakukan validasi (pengecekan persamaannya sudah benar atau belum) dan verifikasi (pengecekan apakah hasil perhitungan dari persamaan sudah benar)

7. Report (jika proses verifikasi dan validasi OK)


FlowChart Budi Ismoyo.PNG

Semakin sederhana model semakin baik, tujuan model adalah untuk mempermudah kita mempelajari behavior objek yang dimodelkan.




Resume Diskusi Kelas Komputasi Teknik, Senin 18 Februari 2019

Orang mencari ilmu bertujuan untuk mendapatkan hikmah, bukan untuk mencari kekayaan maupun popularitas.

Data - Informasi - Pengetahuan - Ilmu - Hikmah


Studi Kasus

Tugas struktur pondasi dengan penyelesaian model matematik menggunakan EES :

Desain Rumah 2 Lantai, Desain Pondasi : [[1]]

Desain Rumah 2 Lantai, Struktur Biaya : [[2]]