Daniel Meino Soedira

From ccitonlinewiki
Revision as of 23:43, 13 March 2020 by Danielmeino (talk | contribs)
Jump to: navigation, search

Biodata

Foto Daniel Meino Soedira.jpg

Nama  : Daniel Meino Soedira

NPM  : 1706104205

Email  : daniel.meino@ui.ac.id

Jurusan  : Teknik Mesin

Peminatan  : Perancangan dan Manufaktur

Pertemuan ke-1 (3 Februari 2020)

Pada pertemuan kali ini, pembahasan komputasi teknik dimulai dengan pendahuluan. Komputasi teknik merupakan suatu penyelesaian permasalahan teknik untuk mendapatkan solusi dalam bentuk matematis. Komputasi teknik juga sering dikaitkan dengan metode numerik yang juga menyelesaikan permasalahan- permasalahan yang diformulasikan secara matematik dengan cara operasi hitung (aritmetika). Dalam menyelesaikan permasalahan matematika, komputer memiliki alur atau model algoritma operasi matematika tersendiri. Sehingga hal ini memungkinkan seorang engineer dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika yang kompleks.

Alasan dalam pemakaian komputasi teknik ini karena tidak semua permasalahan matematis atau perhitungan matematis dapat diselesaikan dengan mudah. Bahkan dalam prinsip matematik, suatu persoalan matematika yang paling pertama dilihat adalah apakah persoalan itu memiliki penyelesaian atau tidak.

Sehingga, jika kita mendapati suatu persoalan matematika yang tidak diketahui penyelesaiannya, solusi menggunakan komputasi teknik merupakan salah satu alternatif untuk menyelesaikan persoalan matematika tersebut

Tujuan Mempelajari Komputasi Teknik

1. Menambah wawasan dan memahami konsep serta prinsip dalam mata kuliah komputasi teknik

2. Mengaplikasikan wawasan komputasi teknik untuk menyelesaikan persoalan matematis

3. Lebih mengenali diri sendiri melalui muhasabah

Muhasabah

Sederhananya, muhasabah adalah bentuk introspeksi diri terhadap apa yang dilakukan oleh diri kita sendiri sehingga membuat diri berubah menjadi yang asalnya tidak baik menjadi baik atau dari yang baik menjadi lebih baik. Muhasabah adalah media yang dilakukan untuk meningkatkan kesempurnaan hidup. Kritik, protes, saran, nasihat dari orang lain dan yang keluar dari kata hati yang paling dalam adalah pemicu munculnya muhasabah.

Pada perkuliahan pertemuan pertama, Pak Dai selaku pengajar dari mata kuliah komputasi teknik ini, menyampaikan hal tentang akal. Akal merupakan karunia agung yang diberikan oleh Sang Pencipta. Keutamaan akal adalah pembeda antara manusia dengan hewan, dengannya mereka dapat terus berinovasi dan membangun peradaban, dan dengannya mereka dapat membedakan mana yang bermanfaat dan mana yang berbahaya sesuai jangakauan akal mereka.

Pertemuan ke-2 (10 Februari 2020)

Sinopsis Skripsi

Judul : Uji Performa Pencacahan Sampah Elektronik PCB (Printed Circuit Board) dengan Mesin Cacah Konvensional

Penelitian ini sebagai upaya untuk mengurangi sampah elektronik atau e-waste dalam bentuk cacahan PCB (Printed Circuit Board). Sampah elektronik semakin banyak diakibatkan oleh banyaknya perangkat elektronik lawas dan umur perangkat elektronik yang pendek. Pencacahan dilakukan sebagai tahap awal dari usaha untuk mendaur ulang sampah elektronik yang menghasilkan ukuran PCB yang lebih kecil ( dibawah 6 mm ) agar dapat dipisahkan antara bagian logam dan non logam.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan mesin pencacah dari penelitian sebelumnya. Mesin pencacah yang digunakan sebelumnya digunakan untuk mencacah plastik, namun dengan beberapa modifikasi, mesin pencacah ini akan di uji performanya untuk mencacah PCB. Modifikasi paling penting yang dilakukan adalah mengganti ukuran saringan atau mesh (dalam hal ini plat berlubang) dengan ukuran 4 mm, 6 mm dan 8 mm. Dari ketiga mesh ini akan dilihat ukuran PCB paling dominan yang memenuhi ukuran sebesar dibawah 6 mm.

Korelasi terkait Sinopsis Skripsi dengan Komputasi Teknik

Uji coba dilakukan dengan percobaan langsung pencacahan. Perhitungan numerik yang dilakukan adalah menghitung rata- rata ukuran PCB yang terjadi disetiap ukuran mesh dan kecepatan putar pencacahan

Stokastik dan Deterministik

- Deterministik adalah kejadian yang pasti terjadi.

Pada penelitian ini, contoh dari hal deterministik adalah jika ukuran mesh 4 mm, maka akan menghasilkan ukuran cacahan sebesar 4 mm atau lebih kecil. Ukuran cacahan ini merupakan suatu variabel deterministik yang besarannya dapat ditentukkan.

- Stokastik adalah sesuatu yang mempunyai unsur peluang.

Contoh paling sederhana dalam penelitian ini adalah memprediksi suatu data ke tingkat tertentu.

Pertemuan ke-3 (17 Februari 2020)

Ppt sinopsis skripsi

Ppt17feb1.png
Ppt17feb2.png
Ppt17feb3.png
Ppt17feb4.png
Ppt17feb5.png
Ppt17feb6.png
















































Pertemuan ke-4 (24 Februari 2020)

Pada pertemuan ke-4, diawali dengan quiz seputar komputasi teknik dan aplikasinya pada matematika teknik yang kemudian dilanjutkan ke materi seputar software atau aplikasi simulasi yang ada kaitannya dengan komputasi teknik.

Abstrak Skripsi

Judul : Uji Performa Pencacahan Limbah Elektronik PCB (Printed Circuit Board) dengan Mesin Cacah Konvensional

Papan elektronik atau PCB (Printed Circuit Board) merupakan bagian yang tidak terlepas dari perangkat elektronik seperti telepon genggam, televisi, komputer, lemari es dan mesin cuci. Seiring dengan perkembangan zaman, perangkat elektronik semakin mutakhir dan semakin banyak diproduksi. Manusia saat ini juga tidak bisa lepas dari telepon genggam dalam kehidupan sehari- harinya. Model atau tipe baru dari telepon genggam terus bertambah setiap tahunnya dan banyak konsumen yang selalu mengganti telepon genggam mereka dengan yang baru. Ditambah dengan peralatan rumah tangga seperti mesin cuci dan lemari es yang sudah rusak, membuat banyaknya sampah elektronik yang menumpuk. Pemanfaatan kembali bahan elektronik yang sudah dibuang, akan meningkatkan nilai jual dari sampah elektronik tersebut. Adapun material berharga seperti emas, tembaga, aluminium dan timah yang terkandung dalam sampah elektronik terutama pada bagian papan elektronik atau PCB (Printed Circuit Board). Untuk mendapatkan material tersebut, diperlukan adanya pemisahan. Salah satunya adalah dengan cara dicacah dengan mesin pencacah. Papan elektronik akan dicacah sehingga diperoleh ukuran yang lebih kecil dari papan tersebut. Dengan ukuran yang sudah dicacah, akan mudah diproses lebih lanjut dan lebih spesifik untuk perolehan material berharga yang diinginkan.

Pertemuan ke-5 (2 Maret 2020)
Kalori Harian Manusia

Rata-rata pria membutuhkan 2.700 kkal per hari dan rata-rata wanita membutuhkan 2.200 kkal per hari.

Tidak semua orang membutuhkan jumlah kalori yang sama setiap hari. Orang memiliki metabolisme yang berbeda yang membakar energi pada tingkat yang berbeda, dan beberapa orang memiliki gaya hidup yang lebih aktif daripada yang lain.

Asupan kalori yang direkomendasikan per hari tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

kesehatan umum secara keseluruhan tuntutan aktivitas fisik seks bobot tinggi bentuk tubuh

Untuk rangkuman akan kebutuhan kalori, akan di update kemudian.

Pertemuan ke-6 (9 Maret 2020)

Pertemuan ke 6 pada tanggal 9 Maret 2020, diawali dengan muhasabah. Dan setelah muhasabah ada satu kalimat yang saya petik dari Pak Dai di awal jam perkuliahan yaitu “Betapa manisnya ilmu yang bermanfaat”. Dari situ saya memahami bahwa memang suatu ilmu jika kita sudah peroleh namun hanya disimpan untuk diri sendiri tiada artinya, namun akan berbeda ketika ilmu itu kita gunakan untuk supaya berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Adapun beberapa istilah sekaligus sebagai resume dari pertemuan mata kuliah komputasi teknik saat ini:
1. Initial Thinking
Initial Thinking atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai pemikiran awal. Yang dimaksud adalah suatu ide atau rencana yang mengawali suatu masalah atau proyek. Sebagai contoh suatu pembuatan skripsi. Untuk membuat skripsi tentunya akan ada ide awal yang akan dijadikan patokan sebagai topik skripsi nantinya. Selain ide awal, hal- hal seperti rencana pelaksanaannya juga bisa disebut sebagai initial thinking. Initial thinking juga bisa dimulai dengan metode 5W+1H untuk memastikan bahwa ide yang dicetuskan bisa dieksekusi.

2. Rule of Thumb pada Komputasi Teknik
Dimulai dari Initial Thinking kemudian dilanjutkan dengan membuat persamaan matematika yang relevan. Setelah itu dibuat permodellannya yang nantinya model ini akan disimulasikan. Biasanya dalam simulasi ada kesalah numerik seperti penentuan ukuran mesh. Hasil dari simulasi akan di verifikasi dan di validasi.

3. Hipotesis
Adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya. Dalam suatu penelitian, hipotesis digunakan untuk membuktikan tingkat kebenaran.

4. Asumsi
Adalah dugaan yang diterima sebagai dasar dan sebagai landasan berpikir karena dianggap benar. Biasanya berupa dugaan, perkiraan, prediksi dan ramalan.

5. Model
Model adalah sesuatu yang merupakan interpretasi dari ide awal. Contohnya dapat berupa gambar tiga dimensi dalam software.

6. Simulasi
Simulasi adalah eksekusi terhadap model. Biasanya simulai ini perlu di verifikasi kebenarannya. Setelah itu di validasi biasanya di bandingkan dengan teori- teori yang ada.