Difference between revisions of "Yohanes Minardo Halomoan"

From ccitonlinewiki
Jump to: navigation, search
 
(31 intermediate revisions by the same user not shown)
Line 1: Line 1:
''''''Yohanes Minardo Halomoan''''' 1706070665 Teknik Mesin S1 Paralel
+
Halaman ini menjelaskan deskripsi hasil belajar dari setiap pertemuan Metode Numerik dan Mekanika Fluida yang dipimpin oleh pak Ahmad Indra
 +
 
 +
 
 +
== '''Biodata Saya''' ==
 +
 
 +
[[File:Yohanes.jpg|thumb|250px|left]]
 +
 
 +
 
 +
 
 +
Nama : Yohanes Minardo Halomoan
 +
 
 +
 
 +
 
 +
Jurusan : Teknik Mesin
 +
 
 +
 
 +
 
 +
Program S1 Paralel
 +
 
 +
 
 +
 
 +
NPM  :1706070665
 +
 
 +
 
 +
 
 +
Fakultas Teknik Universitas Indonesia
 +
 
 +
 
 +
 
 +
Asal SMA : SMA Santo Thomas 1 Medan
 +
 
 +
 +
 
 +
 
 +
----
 +
 
 +
== '''KELAS METODE NUMERIK''' ==
 +
 
 +
----
  
  
Line 5: Line 43:
 
== Pertemuan Pertama ==
 
== Pertemuan Pertama ==
 
----
 
----
 +
[[PERTEMUAN PERTAMA - Yohanes Minardo]]
  
 +
Pertemuan ini membahas tentang pengenalan metode numerik
  
Saya mengambil mata kuliah Metode Numerik dan diajarkan oleh pak DAI. untuk mata kuliah metode numerik ini juga merupakan lanjutan dari kalkulus dan aljabar linier. untuk mata kuliah ini kita dituntut untuk berakal atau bisa dibilang mengambil langkah dengan cerdas. untuk mata kuliah metode numerik i8ni juga kita menjadi semakin cerdas dan menilai langkah-langkah yang baik bahkan terbaik untuk menyelesaikan atau mencari solusi dari suatu permasalahan.
+
----
  
pada mata kuliah metode numerik ini kita akan mempelajari materi :
+
== Pertemuan Kedua ==
1. Algoritma
+
----
2. Metode Iterative
+
[[PERTEMUAN KEDUA - Yohanes Minardo]]
3. Penyelesaian aljabar simultan
 
4. Diferensiasi dan Integral
 
5. Optimasi
 
6. Studi Kasus
 
  
Metode numerik menggunakan aplikasi python dalam memahaminya. Mata kuliah Metode Numerik oleh pak Dai juga bukanlah merupakan ilmu eksak, merupakan ilmu numerik yang hasilnya juga tidak pasti secara eksak, karena kepastian bukanlah di tangan kita, tetapi merupakan pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa.
+
Pertemuan ini menjelaskan metode penyelesaian 3 variabel
  
 +
----
  
 +
== Pertemuan Ketiga ==
 
----
 
----
== Pertemuan Kedua ==
+
[[PERTEMUAN KETIGA - Yohanes Minardo]]
 +
 
 +
Pertemuan Ketiga ini membahas pengaplikasian Python dalam pembuatan matriks
 +
 
 
----
 
----
  
Pertemuan kedua ini diajar dan dipimpin oleh asisten dosen, karena pak dai berhalangan untuk hadir di kelas. pada pertemuan kedua ini, asisten dosen memberikan materi Bab Kedua yang mana salah satunya adalah materi penyelesaian persamaan 3 variabel, atau yang dikenal sebagai Matriks m x n yang mana merupakan Matriks 3 x 3. Untuk dasar matriks pada python, orde baris maupun kolom dari matriks dimulai dari 0, bukan mulai dari 1. Jadi, jika ada baris matriks yang biasa kita mulai sebagai baris pertama, maka kita akan memulai hitungannya menjadi dimulai dari baris 0, begitupun berlaku pada kolom matriks.
+
== Pertemuan Keempat ==
Asisten dosen juga mengajari dan membantu dalam menjelaskan bagaimana metode penyelesaian persamaan 3 variabel, tapi sebelum asisten dosen mengajari penyelesaian, asisten dosen mengajarkan bagaimana menginput angka seperti
+
----
  >>> a=3
+
[[PERTEMUAN KEEMPAT - Yohanes Minardo]]
  >>> print (a)
 
  3
 
  >>> for a in range (0,10)
 
  
lalu asisten dosen menjelaskan penyelesaian persamaan 3 variabel dan masuk ke materi Sistem dari persamaan aljabar linear.
+
Pertemuan ini membahas tahapan dalam membuat sebuah model matematika
  if a[i.k] i= 0.0:
 
  lam = a[i.k]/a[k.k]
 
  a[i.k+1:n] = a[i.k+1:n] - lam*a[k.k+1:n]
 
  b[i] = b[i] - lam*b[k]
 
  
 +
----
  
 +
== Pertemuan Keenam ==
 
----
 
----
== Pertemuan Ketiga ==
+
[[PERTEMUAN KEENAM - Yohanes Minardo]]
----
 
  
Pertemuan Ketiga ini membahas pengaplikasian Python dalam pembuatan matriks. Matriks ini merupakan kumpulan bilangan yang disusun dalam susunan baris dan kolom, kegunaan matriks ini untuk menyederhanakan penyampaian data agar semakin mudah untuk diolah. Matriks ini memiliki banyak kegunaan, yaitu seperti :
+
Pertemuan ini membahas mengenai budaya titip absen
1. Menyelesaikan masalah matematika deperti persamaan linear
 
2. Dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan engineering seperti pengolahan dan penyelesaian data dan masalah
 
3. Memudahkan analisis beberapa masalah seperti masalah-masalah bisnis yang mengandung variabel.
 
4. Sangat digunakan dalam ilmu statistik, manajemen, perteknikan, perancangan dan perencanaan
 
  
jadi dalam teknik mesin, matriks itu sangat diperlukan dan dibutuhkan, karena sangat berguna dalam menyelesaikan masalah dan mencari solusi terbaik dari sebuah permasalahan. untuk penerapan matriks tersebut ke dalam python dapat dilakukan dengan arahan berikut:
+
----
  
import numpy as np from numpy import numpy
 
  
1 define the matrix
+
----
A=np. array ([[4, -2, 1], [-2, 4, -2], [1, -2, 4]], float) #array berfungsi sebagai library pada python, ini berguna untuk menginstruksikan bentuk yang kita inginkan, disini berupa perintah untuk matriks
 
  
print (A)
+
== Tugas 1 ==
 +
----
 +
[[Diagram Alir - Yohanes Minardo]]
  
setelah tekan run akaan keluar matriks dengan baris dan kolom berisi angka di atas dan memiliki orde 3x3
+
Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk menjelaskan diagram alir Flowchart Eliminasi Gauss
 +
----
  
 +
== Tugas 2 ==
 +
----
 +
[[Pengaplikasian Metode Numerik Bisnis Kos-Kosan - Yohanes Minardo]]
  
 +
Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk membuat bisnis kos-kosan dan menghitung titik BEP
 
----
 
----
== Pertemuan Keempat ==
+
 
 +
== Ujian Akhir Semester ==
 
----
 
----
 +
[[File PDF terkait problem optimasi - Yohanes Minardo]]
 +
 +
[[File PDF coding python penyelesaian optimasi numerik - Yohanes Minardo]]
 +
 +
[[File video presentasi tugas yang dikerjakan - Yohanes Minardo]]
 +
 +
Pada kali ini mahasiswa diminta untuk menyelesaikan model matematika dengan metode optimasi
 +
 +
 +
 +
  
Pada pertemuan keempat yang dipimpin oleh pak DAI, dilakukan penanaman konsep mahasiswa dalam melakukan simulasi.
+
----
  
Dalam melakukan simulasi, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dahulu oleh subject, yaitu pertama kali menganalisis masalah, ketika subject menganalisis masalah maka akan didapatkan model matematika, model matematika ini bisa berupa persamaan. lalu setelah didapatkamn model matematika, model matematika ini akan dipecahkan dan diselesaikan dengan algoritma dan flowchart lain. setelah didapatkan solusi dari masalah tersebut, subject menulis dan menjalankan proses dan hasil dari analisis masalah tersebut. setelah itu baru bisa dilakukan simuulasi.
+
== '''KELAS MEKANIKA FLUIDA''' ==
  
Hal di atas harus dilakukan subject dalammelakukan simulasi, karena simulasi komputer itu bukan hanya ingin membuktikan sesuatu, tapi bisa membawa kita(subject) ke suatu permasalahan untuk kedepannya yang bisa kita(subject) putuskan.
+
----
  
Dalam menganalisis dan membuat model matematika kita juga bisa menyederhanakannya, hal ini seperti mengubah struktur 3d menjadi 2d dan menjadi 1d, begitupun pada permasalahan strukturnya. Mengapa kita harus dapat menyederhanakan sebuah model? hal ini karena jika sebuah model disederhanakan, maka kita bisa lebih mudah menganalisis yang terjadi dan lebih mudah untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi, hal ini juga berdampak kepada permodelan dan simulasinya, karena dengan sederhananya model dan solusi maka akan semakin sederhana juga simulasi dan lebih sederhana untuk dapat dimengerti.
+
== Rangkuman Bab 11 ==
 +
----
 +
[[Rangkuman Bab 11 - Yohanes Minardo]]
  
 +
Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk merangkum Bab 11 Mekanika Fluida
 +
----
  
 +
== Studi Kasus Bab 9 ==
 +
----
 +
[[Studi Kasus Bab 9 - Yohanes Minardo]]
  
 +
Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk mencari dan menyelesaikan sebuah studi kasus yang berkaitan terhadap Bab 9 Mekanika Fluida
 
----
 
----
== Pertemuan Keenam ==
+
 
 +
== Studi Kasus Bab 8, 10, dan 11 ==
 
----
 
----
 +
[[Studi Kasus Bab 8, 10, 11 - Yohanes Minardo]]
  
Pada pertemuan ke enam ini, di awal perkuliahan pak dai meminta kita para mahasiswa untuk menulis pendapat apakah titip absen itu perbuatan yang salah atau benar, karena sedang maraknya titip absen di dunia perkuliahan. untuk titip absen sendiri itu merupakan perbuatan yang salah, karena ketika kita menitip absen, kita sudah membohongi dosen, kita juga merugikan diri kita sendiri, karena kita telah meminta teman kita menitip absen dengan mengorbankan teman kita, dan kita merugikan diri sendiri bahwa jika kita menitip absen, kita juga tidak mengerti mata kuliah di hari itu.
+
Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk mencari dan menyelesaikan sebuah studi kasus yang berkaitan terhadap Bab 8, 10, dan 11 Mekanika Fluida
 +
----
  
Setelah pak dai meminta pendapat kita mengenai titip absen, pak dai juga meminta pendapat mengenai apakah memakai topi adalah perbuatan salah atau tidak apa apa di dalam kelas. tujuan pak dai meminta pendapat ini adalah melatih tingkat konsisten kita, karena dalam metode numerik point paling utama itu adalah konsisten, karena kita sebagai subjek yang akan menyelesaikan sebuah permasalahan, kita harus konsisten dengan jawaban kita dan kita harus konsisten dengan statemen kita sendiri.
+
== Video Penjelasan Materi ==
 +
----
 +
[[Video Penjelasan Materi - Yohanes Minardo]]
  
setelah semua selesai dilakukan pak dai, pak dai menjelaskan tetntang elemen batasan dalam 2dimensi, sepperti kesetimbangan, pak dai juga menjelaskan sekilas mengenai elemen 1D di dalam ruang 1Dimensi. pak dai juga menjelaskan kalau ada beban bakal ada deformasi, dan variabelnya adalah displacement. untuk menganalisis kita juga membutuhkan frame. pak dai juga memberi asumsi mengenai roket dengan kecepatan tertentu, agar semua orang melihat dengan sama, kita harus membuat frame.
+
Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk menjelaskan materi dari topik yang dipelajari di Mekanika Fluida

Latest revision as of 02:38, 23 May 2019

Halaman ini menjelaskan deskripsi hasil belajar dari setiap pertemuan Metode Numerik dan Mekanika Fluida yang dipimpin oleh pak Ahmad Indra


Biodata Saya

Yohanes.jpg


Nama : Yohanes Minardo Halomoan


Jurusan : Teknik Mesin


Program S1 Paralel


NPM  :1706070665


Fakultas Teknik Universitas Indonesia


Asal SMA : SMA Santo Thomas 1 Medan




KELAS METODE NUMERIK




Pertemuan Pertama


PERTEMUAN PERTAMA - Yohanes Minardo

Pertemuan ini membahas tentang pengenalan metode numerik


Pertemuan Kedua


PERTEMUAN KEDUA - Yohanes Minardo

Pertemuan ini menjelaskan metode penyelesaian 3 variabel


Pertemuan Ketiga


PERTEMUAN KETIGA - Yohanes Minardo

Pertemuan Ketiga ini membahas pengaplikasian Python dalam pembuatan matriks


Pertemuan Keempat


PERTEMUAN KEEMPAT - Yohanes Minardo

Pertemuan ini membahas tahapan dalam membuat sebuah model matematika


Pertemuan Keenam


PERTEMUAN KEENAM - Yohanes Minardo

Pertemuan ini membahas mengenai budaya titip absen




Tugas 1


Diagram Alir - Yohanes Minardo

Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk menjelaskan diagram alir Flowchart Eliminasi Gauss


Tugas 2


Pengaplikasian Metode Numerik Bisnis Kos-Kosan - Yohanes Minardo

Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk membuat bisnis kos-kosan dan menghitung titik BEP


Ujian Akhir Semester


File PDF terkait problem optimasi - Yohanes Minardo

File PDF coding python penyelesaian optimasi numerik - Yohanes Minardo

File video presentasi tugas yang dikerjakan - Yohanes Minardo

Pada kali ini mahasiswa diminta untuk menyelesaikan model matematika dengan metode optimasi




KELAS MEKANIKA FLUIDA


Rangkuman Bab 11


Rangkuman Bab 11 - Yohanes Minardo

Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk merangkum Bab 11 Mekanika Fluida


Studi Kasus Bab 9


Studi Kasus Bab 9 - Yohanes Minardo

Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk mencari dan menyelesaikan sebuah studi kasus yang berkaitan terhadap Bab 9 Mekanika Fluida


Studi Kasus Bab 8, 10, dan 11


Studi Kasus Bab 8, 10, 11 - Yohanes Minardo

Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk mencari dan menyelesaikan sebuah studi kasus yang berkaitan terhadap Bab 8, 10, dan 11 Mekanika Fluida


Video Penjelasan Materi


Video Penjelasan Materi - Yohanes Minardo

Pada tugas ini mahasiswa diminta untuk menjelaskan materi dari topik yang dipelajari di Mekanika Fluida